Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Penyelenggaraan dan Perwasitan Cabor Wushu

8520204645

T=1

P=3

ECTS=6.36

6

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep manajemen penyelenggaraan event Wushu.

PO - 2

Menganalisis peraturan pertandingan Wushu (Taolu & Sanda).

PO - 3

Menunjukkan keterampilan sebagai wasit/juri dalam kompetisi Wushu.

PO - 4

Mengevaluasi sistem scoring dan keputusan wasit.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola penyelenggaraan kompetisi Wushu serta memahami peran dan teknik perwasitan sesuai standar nasional/internasional. Melalui pendekatan teoritis dan praktik, mahasiswa akan mempelajari sistem pertandingan, regulasi, prosedur wasit, hingga manajemen event Wushu.

Pustaka

Utama :

  1. Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
  2. https://www.iwuf.org/

Pendukung :

  1. Buana, T. I. (2018). IMPELEMENTASI MANAJEMEN WUSHU SUMATERA UTARA TAHUN 2017.

Dosen Pengampu

Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes.

DEWANGGA YUDHISTIRA

Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen event Wushu dan struktur organisasi pertandingan.

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

Kehadiran, partisipasi diskusi, tugas kelompok analisis struktur event.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen event Wushu dan struktur organisasi pertandingan.

Ketepatan mengidentifikasi peran stakeholder (panitia, wasit, sponsor) dalam presentasi kelompok.

Kriteria:

Kehadiran, partisipasi diskusi, tugas kelompok analisis struktur event.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis peraturan IWUF untuk nomor Taolu dan Sanda.

Mahasiswa mampu membuat serta memahami peraturan pertandingan.

Kriteria:

Membuat ringkasan peraturan perandingan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis peraturan IWUF untuk nomor Taolu dan Sanda.

Mahasiswa mampu membuat serta memahami peraturan pertandingan.

Kriteria:

Membuat ringkasan peraturan perandingan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menilai performa atlet Taolu berdasarkan kriteria IWUF.

Mahasiswa mampu memahami scoring sesuai kriteria (akurasi, kekuatan, ritme).

Kriteria:

Konsistensi scoring sesuai kriteria (akurasi, kekuatan, ritme).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menilai performa atlet Taolu berdasarkan kriteria IWUF.

Mahasiswa mampu memahami scoring sesuai kriteria (akurasi, kekuatan, ritme).

Kriteria:

Konsistensi scoring sesuai kriteria (akurasi, kekuatan, ritme).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerapkan sistem scoring dan pelanggaran dalam Sanda.

Mahasiswa mampu memberikan sinyal pelanggaran dan akurasi pencatatan poin.

Kriteria:

Mahasiswa dapat melakukan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menerapkan sistem scoring dan pelanggaran dalam Sanda.

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menerapkan sistem scoring dan pelanggaran dalam Sanda.

Mahasiswa mampu memberikan sinyal pelanggaran dan akurasi pencatatan poin.

Kriteria:

Mahasiswa dapat melakukan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merancang proposal penyelenggaraan event Wushu.

Mahasiswa mampu membuat proposal, kreativitas, kelengkapan dokumen event wushu.

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuat proposal event wushu sesuai dengan kebutuhan pertandingan wushu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang proposal penyelenggaraan event Wushu.

Mahasiswa mampu membuat proposal, kreativitas, kelengkapan dokumen event wushu.

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuat proposal event wushu sesuai dengan kebutuhan pertandingan wushu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu merancang proposal penyelenggaraan event Wushu.

Mahasiswa mampu membuat proposal, kreativitas, kelengkapan dokumen event wushu.

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuat proposal event wushu sesuai dengan kebutuhan pertandingan wushu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memimpin pertandingan Wushu secara mandiri.

Mahasiswa mampu bersikap profesionalisme dalam mengambil keputusan selama simulasi.

Kriteria:

Mahasiswa mampu bersikap profesionalisme dalam mengambil keputusan selama simulasi dalan hal kinerja wasit, teamwork dan evaluasi diri maupun kelompok.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memimpin pertandingan Wushu secara mandiri.

Mahasiswa mampu bersikap profesionalisme dalam mengambil keputusan selama simulasi.

Kriteria:

Mahasiswa mampu bersikap profesionalisme dalam mengambil keputusan selama simulasi dalan hal kinerja wasit, teamwork dan evaluasi diri maupun kelompok.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengkritisi kesalahan umum dalam perwasitan.

Mahasiswa mampu menganalisis terhadap kasus yang terjadi pada saat event wushu berlangsung.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis terhadap kasus dalam pengambilan keputusan selama event wushu berlangsung.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Rencana Penyelenggaraan Pertandingan
Pustaka: Allen, J. (2010). Event Planning: The Ultimate Guide to Successful Meetings, Corporate Events, Fundraising Galas, Conferences, Conventions, Incentives, and Other Special Events. Wiley.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.38%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 33.38%
3. Praktik / Unjuk Kerja 33.38%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.