
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Desain Grafis
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian |
9034203466 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
0 |
6 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ASIDIGISIANTI SURYA PATRIA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihak lain yang membutuhkan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur penelitian Desain Grafis
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merencanakan proses perancangan Desain Grafis dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merencanakan Design Thinking Process dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan ujicoba, dalam menyelesaikan permasalahan desain
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah untuk menjelaskan prosedur penelitian untuk mendapatkan sebagai landasan dalam proses perancangan karya Desain Grafis. Mata kuliah ini juga menjelaskan metode, prosedur, strategi dalam perancangan proyek desain berdasarkan proses beperpikir desainer (design thinking). Perkuliahan dilakukan melalui ceramah tatap muka, tanya jawab dan diskusi di dalam kelas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni . Semarang: Cipta Prima Nusantara.
- Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Sumartono. 2017. Metodologi Peneletian Kualitatif Seni Rupa dan Desain . Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan.
- Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual .
- Kumar, Vijay. 2016. 101 Metode Desain. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
- Lawson, B. 2007. Bagaimana Cara Berpikir Desainer. Yogyakarta: Jalasutra
- Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers
- Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
- Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA
|
Pendukung : |
|
- Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89
|
Dosen Pengampu
|
ASIDIGISIANTI SURYA PATRIA Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd. Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami ruang lingkup metodologi penelitian dan jenis-jenis penelitian |
- Dapat mendefinisikan pengertian Metodologi Penelitian
- Dapat mendeskripsikan ruang lingkup Metodologi Penelitian
- Dapat mendeskripsikan jenis-jenis penelitian
|
Kriteria:
Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas dan LMS. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
Asinkronus, vinesa, mengerjakan quis 2 X 50 |
Materi: Rruang lingkup Metodologi Penelitian Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016. Materi: Jenis-jenis penelitian Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan |
- Mahasiswa dapat dapat mendeskripsikan penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kualitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengembangan
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS.
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint. 4 X 50 |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa. 4 X 50 |
Materi: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu memahami Research Problem and Problem Statement dalam penelitian desain
- Mampu menentukan latar belakang penelitian desain
|
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan research problem dalam penelitian desain
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan latar belakang peneltian desain
- Mahasiswa dapat menyatakan problem statement dalam penelitian desain
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. 4 X 50 |
Sinkronous webmeeting, diskusi 4 X 50 |
Materi: Research Problem and Problem Statement dalam penelitian Desain. Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual . |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahani dan membuat Kajian Pustaka dalam konteks penelitian |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan tujuan kajian pustaka.
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi kajian pustaka
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan teori-teori yang relevan untuk penelitian
- Mahasiswa dapat membuat peta konsep kajian pustaka
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan hubungan teori, asumsi, dan hipotesis dalam penelitian
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous mmelalui forum diskusi di Vinesa. 4 X 50 |
Materi: Tujuan dan fungsi kajian pustaka Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016. Materi: Teori-teori yang relevan untuk penelitian desain Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual . Materi: Peta konsep kajian pustaka Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual . |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami teknik pengumpulan data dan menganalisis data |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan teknik pengumpulan data: wawncara, observasi dan dokumentasi
- Mahasiswa dapat menerapkan analisis matriks SWOT, 5W 1H, STP
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
asinkronous diskusi di vinesa 2 X 50 |
Materi: Teknik pengumpulan data Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016. Materi: Teknik analisis data Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami kategori metode desain |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode desain vernakular
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode design by drawing
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode desain baru
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous Melalui forum diskusi di Vinesa. 4 X 50 |
Materi: Kategori metode desain Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami literasi visual untuk Desain Grafis |
- Mahasiswa dapat menentukan kebutuhan image visual
- Mahasiswa dapat mencari dan mengakses image visual
- Mahasiswa dapat menginterpretasi dan analisis image visual
- Mahasiswa dapat mengevaluasi image visual
- Mahasiswa dapat menggunakan image visual secara efektif
- Mahasiswa dapat membuat media visual
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspository, diskusi, tanya jawab 2 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 2 x 50 menit |
Materi: Model Literasi visual Pustaka: Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89 |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu memahami literasi visual untuk Desain Grafis |
- Mahasiswa dapat menentukan kebutuhan image visual
- Mahasiswa dapat mencari dan mengakses image visual
- Mahasiswa dapat menginterpretasi dan analisis image visual
- Mahasiswa dapat mengevaluasi image visual
- Mahasiswa dapat menggunakan image visual secara efektif
- Mahasiswa dapat membuat media visual
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis Bentuk Penilaian : Tes |
Ekspository, diskusi, tanya jawab 2 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 2 x 50 menit |
Materi: Model Literasi visual Pustaka: Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89 |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Empathize
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Define
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis Bentuk Penilaian : Tes |
Ekspository, diskusi 4 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 4 x 50 menit |
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Emphatize dan Define Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Emphatize dan Define Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking). |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Ideate
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Prototype, dan Evaluasi Desain
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis Bentuk Penilaian : Tes |
Ekspository, diskusi 4 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 4 x 50 menit |
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers |
20% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking). |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Ideate
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Prototype, dan Evaluasi Desain
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ekspository, diskusi 4 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 4 x 50 menit |
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami proses dan metode berfikir dalam desain dan menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan proses dan metode berfikir dalam desain
- Mahasiswa dapat menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian
|
Kriteria:
- Originalitas
- Kreativitas
- Kesesuaian dengan ketentuan soal
- Kerapian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Diskusi dengan tahapan PjBL sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa tentang proses dan metode beripikir desain.
2. Desain dan pengembangan: menerapkan metode pengambilan keputusan
3. Menentukan deadline project pada mingu ke-11:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok 4 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 4 x 50 menit |
Materi: proses dan metode berfikir dalam desain Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami proses dan metode berfikir dalam desain dan menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan proses dan metode berfikir dalam desain
- Mahasiswa dapat menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian
|
Kriteria:
- Originalitas
- Kreativitas
- Kesesuaian dengan ketentuan soal
- Kerapian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Diskusi dengan tahapan PjBL sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa tentang proses dan metode beripikir desain.
2. Desain dan pengembangan: menerapkan metode pengambilan keputusan
3. Menentukan deadline project pada mingu ke-11:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok 4 x 50 menit |
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa 4 x 50 menit |
Materi: proses dan metode berfikir dalam desain Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu membuat moodboard dalam proses desain |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
- Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Originalitas
- Kreativitas
- Kerapian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok 4 x 50 menit |
|
Materi: Moodboard dalam proses desain Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu membuat moodboard dalam proses desain |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
- Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Originalitas
- Kreativitas
- Kerapian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok 4 x 50 menit |
|
Materi: Moodboard dalam proses desain Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu membuat moodboard dalam proses desain |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
- Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
|
Kriteria:
- Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
- Originalitas
- Kreativitas
- Kerapian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok 4 x 50 menit |
|
Materi: Moodboard dalam proses desain Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA |
10% |