Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Desain Grafis

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian

9034203466

T=3

P=0

ECTS=4.77

0

6 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




ASIDIGISIANTI SURYA PATRIA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur penelitian Desain Grafis

PO - 2

Mahasiswa mampu merencanakan proses perancangan Desain Grafis dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir

PO - 3

Mahasiswa mampu merencanakan Design Thinking Process dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan ujicoba, dalam menyelesaikan permasalahan desain

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah untuk menjelaskan prosedur penelitian untuk mendapatkan sebagai landasan dalam proses perancangan karya Desain Grafis. Mata kuliah ini juga menjelaskan metode, prosedur, strategi dalam perancangan proyek desain berdasarkan proses beperpikir desainer (design thinking). Perkuliahan dilakukan melalui ceramah tatap muka, tanya jawab dan diskusi di dalam kelas.

Pustaka

Utama :

  1. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni . Semarang: Cipta Prima Nusantara.
  2. Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  3. Sumartono. 2017. Metodologi Peneletian Kualitatif Seni Rupa dan Desain . Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan.
  4. Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual .
  5. Kumar, Vijay. 2016. 101 Metode Desain. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  6. Lawson, B. 2007. Bagaimana Cara Berpikir Desainer. Yogyakarta: Jalasutra
  7. Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers
  8. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
  9. Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA

Pendukung :

  1. Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89

Dosen Pengampu

ASIDIGISIANTI SURYA PATRIA

Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.

Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami ruang lingkup metodologi penelitian dan jenis-jenis penelitian

  1. Dapat mendefinisikan pengertian Metodologi Penelitian
  2. Dapat mendeskripsikan ruang lingkup Metodologi Penelitian
  3. Dapat mendeskripsikan jenis-jenis penelitian
Kriteria:

Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas dan LMS.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ekspository, diskusi, tanya jawab.
2 X 50
Asinkronus, vinesa, mengerjakan quis
2 X 50
Materi: Rruang lingkup Metodologi Penelitian
Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Materi: Jenis-jenis penelitian
Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan

  1. Mahasiswa dapat dapat mendeskripsikan penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kualitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengembangan
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS.
  2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint.
4 X 50
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa.
4 X 50
Materi: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan
Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
2%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu memahami Research Problem and Problem Statement dalam penelitian desain
  2. Mampu menentukan latar belakang penelitian desain
  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan research problem dalam penelitian desain
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan latar belakang peneltian desain
  3. Mahasiswa dapat menyatakan problem statement dalam penelitian desain
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspository, diskusi, tanya jawab.
4 X 50
Sinkronous webmeeting, diskusi
4 X 50
Materi: Research Problem and Problem Statement dalam penelitian Desain.
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual .
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahani dan membuat Kajian Pustaka dalam konteks penelitian

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan tujuan kajian pustaka.
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi kajian pustaka
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan teori-teori yang relevan untuk penelitian
  4. Mahasiswa dapat membuat peta konsep kajian pustaka
  5. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hubungan teori, asumsi, dan hipotesis dalam penelitian
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous mmelalui forum diskusi di Vinesa.
4 X 50
Materi: Tujuan dan fungsi kajian pustaka
Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Materi: Teori-teori yang relevan untuk penelitian desain
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual .

Materi: Peta konsep kajian pustaka
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual .
10%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami teknik pengumpulan data dan menganalisis data

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan teknik pengumpulan data: wawncara, observasi dan dokumentasi
  2. Mahasiswa dapat menerapkan analisis matriks SWOT, 5W 1H, STP
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspository, diskusi, tanya jawab.
2 X 50
asinkronous diskusi di vinesa
2 X 50
Materi: Teknik pengumpulan data
Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Materi: Teknik analisis data
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2%

6

Minggu ke 6

Memahami kategori metode desain

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode desain vernakular
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode design by drawing
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan metode desain baru
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous Melalui forum diskusi di Vinesa.
4 X 50
Materi: Kategori metode desain
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami literasi visual untuk Desain Grafis

  1. Mahasiswa dapat menentukan kebutuhan image visual
  2. Mahasiswa dapat mencari dan mengakses image visual
  3. Mahasiswa dapat menginterpretasi dan analisis image visual
  4. Mahasiswa dapat mengevaluasi image visual
  5. Mahasiswa dapat menggunakan image visual secara efektif
  6. Mahasiswa dapat membuat media visual
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspository, diskusi, tanya jawab
2 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
2 x 50 menit
Materi: Model Literasi visual
Pustaka: Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89
2%

8

Minggu ke 8

Mampu memahami literasi visual untuk Desain Grafis

  1. Mahasiswa dapat menentukan kebutuhan image visual
  2. Mahasiswa dapat mencari dan mengakses image visual
  3. Mahasiswa dapat menginterpretasi dan analisis image visual
  4. Mahasiswa dapat mengevaluasi image visual
  5. Mahasiswa dapat menggunakan image visual secara efektif
  6. Mahasiswa dapat membuat media visual
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis


Bentuk Penilaian :
Tes
Ekspository, diskusi, tanya jawab
2 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
2 x 50 menit
Materi: Model Literasi visual
Pustaka: Hattwig, Denise, dkk, Visual literacy standards in higher education: New opportunities for libraries and student learning, 2013, Jurnal Protal, Vol 13 No 1. hal 61-89
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking)

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Empathize
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Define
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis


Bentuk Penilaian :
Tes
Ekspository, diskusi
4 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
4 x 50 menit
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Emphatize dan Define
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA

Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Emphatize dan Define
Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking).

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Ideate
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Prototype, dan Evaluasi Desain
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis


Bentuk Penilaian :
Tes
Ekspository, diskusi
4 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
4 x 50 menit
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA

Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi
Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers
20%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Proses Berpikir Desain (Design Thinking).

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Ideate
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Proses Berpikir Desain (Design Thinking) tahapan Prototype, dan Evaluasi Desain
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam quis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ekspository, diskusi
4 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
4 x 50 menit
Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA

Materi: Proses Berpikir Desain (Design Thinking): Ideate, Prototype dan Evaluasi
Pustaka: Martin, B. & Hanington, B. 2012. Universal Methods of Design. Baverly, MA: Rockport Publishers
15%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami proses dan metode berfikir dalam desain dan menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan proses dan metode berfikir dalam desain
  2. Mahasiswa dapat menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian
Kriteria:
  1. Originalitas
  2. Kreativitas
  3. Kesesuaian dengan ketentuan soal
  4. Kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Diskusi dengan tahapan PjBL sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa tentang proses dan metode beripikir desain.
2. Desain dan pengembangan: menerapkan metode pengambilan keputusan
3. Menentukan deadline project pada mingu ke-11:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
4 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
4 x 50 menit
Materi: proses dan metode berfikir dalam desain
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami proses dan metode berfikir dalam desain dan menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan proses dan metode berfikir dalam desain
  2. Mahasiswa dapat menerapkan metode pengambilan keputusan dan pengujian
Kriteria:
  1. Originalitas
  2. Kreativitas
  3. Kesesuaian dengan ketentuan soal
  4. Kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Diskusi dengan tahapan PjBL sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa tentang proses dan metode beripikir desain.
2. Desain dan pengembangan: menerapkan metode pengambilan keputusan
3. Menentukan deadline project pada mingu ke-11:
4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
4 x 50 menit
Self-regulated menggunakan LMS Vinesa secara asinkronous melalui forum diskusi di Vinesa
4 x 50 menit
Materi: proses dan metode berfikir dalam desain
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu membuat moodboard dalam proses desain

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
  3. Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Originalitas
  3. Kreativitas
  4. Kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:

4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok
4 x 50 menit

Materi: Moodboard dalam proses desain
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA
5%

15

Minggu ke 15

Mampu membuat moodboard dalam proses desain

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
  3. Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Originalitas
  3. Kreativitas
  4. Kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:

4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok
4 x 50 menit

Materi: Moodboard dalam proses desain
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA
5%

16

Minggu ke 16

Mampu membuat moodboard dalam proses desain

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian moodboard
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi moodboard
  3. Mahasiswa dapat menerapakan moodboard
Kriteria:
  1. Pengamatan aktivitas mahasiswa di kelas/LMS
  2. Originalitas
  3. Kreativitas
  4. Kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspository, diskusi, tanya jawab. Lanjutan tahapan PjBL sebagai berikut:

4. Monitoring: memonitor progres kerja kelompok
5. Uji hasil: presetasi hasil kerja kelompok
4 x 50 menit

Materi: Moodboard dalam proses desain
Pustaka: Ambrose, Gavin dan Harris, Paul, Basics design 08: Design Thinking, 2010, Switzerland: AVA Publishing SA
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.5%
3. Tes 40.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.