Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DIGITAL CROWDFUNDING

6120903054

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

16 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

C6. Mahasiswa mampu memahami perkembangan teori dan praktik digital crowdfunding

PO - 2

P5. Mahasiswa mampu melakukan melakukan review artikel ilmiah crowdfunding memanfaatkan teknologi informasi secara jujur dan bertanggung jawab

PO - 3

P5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, teliti, beretika dan bertanggung jawab di dalam kegiatan pembelajaran Crowdfunding.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Digital Crowdfunding dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dasar hingga Kemajuan dalam Penelitian dan Praktek Crowdfunding, Sejarah Crowdfunding dalam Konteks Pasar Keuangan Modern, Model, Strategi, dan Pilihan Crowdfunding, Status Global Industri Crowdfunding, Lending Crowdfunding: Prinsip dan Perkembangan Pasar, Equity Crowdfunding: Prinsip dan Perilaku Investor, Pertimbangan Etis dalam Crowdfunding, Aspek Hukum Equity Crowdfunding, Peran Lembaga dalam Equity Crowdfunding, dan Perlindungan Data dan Privasi pada Equity Crowdfunding. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas bagaimana teknologi dan internet telah merevolusi cara individu dan organisasi mengumpulkan dana untuk proyek atau bisnis mereka. Mahasiswa akan mempelajari strategi yang efektif untuk menjalankan kampanye crowdfunding, termasuk perencanaan kampanye, promosi, dan analisis pasar. Selain aspek teoritis, mata kuliah ini juga akan memberikan pengalaman praktis melalui review artikel terkait. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan meluncurkan kampanye crowdfunding yang efektif dan inovatif, serta memahami tantangan dan peluang yang ada dalam ekosistem crowdfunding digital.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/oer/files/original/ee6e8a735cf3f01df0ea440e4844b693.pdf
  2. 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/34388/2/Equity%20Crowdfunding%20di%20Indonesia.pdf

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Achmad Kautsar, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan Dasar-dasar Crowdfunding hingga Kemajuan dalam Penelitian dan Praktek Crowdfunding

  1. Mahasiswa mengetahui Definisi dan dasar Crowdfunding
  2. Mahasiswa mengetahui siapa saja yang menjadi Stakeholders dalam Crowdfunding
  3. Mahasiswa mengetahui bagaimana proses Crowdfunding
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 1 (1), (a), (b), (c), (d)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/......
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan Dasar-dasar Crowdfunding hingga Kemajuan dalam Penelitian dan Praktek Crowdfunding

Mahasiswa mampu memetakan perkembangan penelitian corwdfunding saat ini

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 1 (1), (a), (b), (c), (d)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan Sejarah Crowdfunding dalam Konteks Pasar Keuangan Modern

  1. Mahasiswa mampu mengetahui Dasar-dasar Sistem Keuangan
  2. Mahasiswa mampu mengetahui Sejarah Singkat Sistem Keuangan Modern
  3. Mahasiswa mampu mengetahui Sejarah Singkat Crowdfunding
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 10 (1), (a), (b)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Model, Strategi, dan Pilihan Crowdfunding

  1. Mahasiswa mampu memetakan Model Crowdfunding: Sebuah Tipologi
  2. Mahasiswa mampu membedakan keunggulan dalam Pilihan Model Penggalangan Dana
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 2 (1), (a), (b)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengetahui perkembangan Industri Crowdfunding secara Global

  1. Mahasiswa mampu memberikan Gambaran Global tentang Volume dan Pertumbuhan Pasar Crowdfunding
  2. Mahasiswa mampu mengetahui perbedaan perkembangan crowdfunding di China, Inggris, Amerika, Asia
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 3 (1), (a), (b)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan Lending Crowdfunding: Prinsip dan Perkembangan Pasar

  1. Mahasiswa mengetahui Keadaan Pasar Crowdlending
  2. Mahasiswa mampu memberikan Penilaian Risiko dalam Crowdlending
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 3 (1), (a), (b), (e)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan Lending Crowdfunding: Prinsip dan Perkembangan Pasar

Mahasiswa mampu menjelaskan studi kasus yang terjadi terkait crowdfunding

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 3 (1), (a), (b), (e)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

  1. Originality: Kreativitas ide kampanye
  2. Feasibility: Kelayakan strategi yang dirancang
  3. Impact: Potensi keberhasilan crowdfunding dalam menarik backers
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning: Mahasiswa diberikan tugas membuat desain dan analisis kampanye crowdfunding digital.

Materi: BAB 1 - 3; BAB 10
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan Equity Crowdfunding: Prinsip dan Perilaku Investor

  1. Mahasiswa mampu mengetahui prosip dalam Equity Crowdfunding
  2. Mahasiswa mampu mengetahui Karacteristik dan motivasi para Investor
  3. Mahasiswa mampu memahami perilaku investor
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 4 (1), (a), (b)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memberikan Pertimbangan Etis dalam Crowdfunding

  1. Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Klasik terhadap Keputusan Etis
  2. Mahasiswa mampu memahami Kemajuan Crowdfunding dalam Bisnis
  3. Mahasiswa menilai Crowdfunding: Solusi atau Masalah yang Etis?
  4. Mahassiwa mampu Memetakan Pertimbangan Etis dalam Crowdfunding
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 8 (1), (a), (b), (f), (g)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memberikan Pertimbangan Etis dalam Crowdfunding

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mereview artikel Etika Crowdfunding di UMKM

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 8 (1), (a), (b), (f), (g)
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengetahui Aspek Hukum Equity Crowdfunding di Indonesia

  1. Mahasiswa mampu mengetahui Dasar Hukum Equity Crowdfunding di Indonesia
  2. Mahasiswa mampu mengetahui Perubahan Equity Crowdfunding menjadi Securities Crowdfunding
  3. Mahasiswa mampu menganalisis Efek dalam Securities Crowdfunding
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 1 (2), (h), (i), dan (j)
Pustaka: 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/...
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengetahui Aspek Hukum Equity Crowdfunding di Indonesia

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mereview artikel Aspek Hukum Crowdfunding

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 1 (2), (h), (i), dan (j)
Pustaka: 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/...
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memetakan Peran Lembaga dalam Equity Crowdfunding di Indonesia

  1. mahasiswa mengetahui Kewenangan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia
  2. mahasiswa mengetahui Peran Kementrian Komunikasi dan Informatika
  3. mahasiswa mengetahui Bank Kustodian untuk Equity Crowdfunding di Indonesia
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 2 (2), (h), (i), dan (j)
Pustaka: 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/...
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melakukan Perlindungan Data dan Privasi pada Equity Crowdfunding di Indonesia

  1. Mahasiswa mampu melakukan Pengelolaan dan Perlindungan Data di Indonesia
  2. Mahasiswa mampu melakukan Perlindungan Data dan Privasi di Berbagai Negara
  3. Mahasiswa mampu melakukan Perlindungan Data dan Privasi Pemilik Usaha serta Pemodal Platform Equity Crowdfunding Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan Indonesia
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
3x50

Materi: BAB 3 (2), (a), (b)
Pustaka: 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/...
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi proyek crowdfunding dengan cermat dan sistematis

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning yang berfokus pada evaluasi dan presentasi hasil proyek

Materi: BAB 1 - 3; BAB 10
Pustaka: 1. Rotem Shneor, Liang Zhao, Bjorn-Tore Flaten. 2014. Advances in Crowdfunding Research and Practice. This Palgrave Macmillan: Switzerland. https://uilis.usk.ac.id/...

Materi: BAB 1 - BAB 3
Pustaka: 2. Fithriatus Shalihah, M. Habibi Miftakhul Marwa, M. Farid Alwajdi, Uni Tsulasi Putri, Deslaely Putranti. 2022. Equity Crowdfunding di Indonesia. UAD PRESS: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/...
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 8.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.