Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keuangan Publik

6320103662

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

27 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.




EVA HANY FANIDA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai konsep dasar manajemen publik, teori organisasi, manajemen sumber daya manusia (SDM) sektor publik, keuangan publik, serta kepemimpinan dan pengambilan keputusan.

PLO-9

Mampu mentransformasi aktivitas, berkomunikasi, dan mengambil keputusan dalam berorganisasi dan bermasyarakat berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

PLO-12

Mampu memimpin dan mengelola organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu bekerja sama dan memiliki kepedulian untuk berkontribusi terhadap berbagai permasalahan yang timbul terkait administrasi keuangan negara di masyarakat dan di berbagai lingkungan organisasi

PO - 2

Mampu menguasai konsep teoritis administrasi keuangan publik untuk mewujudkan nilai-nilai good governance

PO - 3

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi keuangan negara di organisasi

PO - 4

Mampu memahami, mendeskripsikan dan menjelaskan siklus(perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban) APBN, APBD, APBDes

PO - 5

Mampu memahami, mendeskripsikan dan menjelaskan pengawasan keuangan publik

PO - 6

Mampu menganalisis kebijakan moneter dan kebijakan fiskal

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-9PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentangsistem keuangan negara, sistem keuangan daerah, hubungan keuangan pusat dan daerah proses penyusunan,implementasi dan evaluasi anggaran pendapatan dan belanja negara, siklus anggaran negara, pengawasan dan pengelolaankeuangan negara

Pustaka

Utama :

  1. Adisasmita,Rahardjo. 2011.Pengelolaan Pendapatandan Anggaran Daerah. Graha Ilmu
  2. Ismail,Gusnar. 2009.Pengelolaan Keuangan padaSatuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan BLU. Indeks
  3. Mardiasmo. 2011.Perpajakan. Andi Offset
  4. SoetrisnoPH. 1981.Dasar Dasar Ilmu KeuanganNegara.Jakarta: FE UGM.
  5. Richard A Mmusgrave, Peggy. Public Finance in Theory and Practice.1989. McGraw Hill Higher Education.
  6. Holley H Ulbrich. Public Finance in Theory and Practice. Taylor and Francis Routledge. 2011.
  7. Hillman, Arye L. Public Finance and Public Policy : Responsibilities and Limitations of Government 2rd Edition. 2009
  8. IAPA. 2024. Surat Keputusan Ketua Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia Nomor SK.113/KA.IAPA/KEP/01//2025 RPS Mata Kuliah Keuangan Publik Jenjang S1

Pendukung :

  1. Nota Keuangan. 2024. Kementerian Keuangan
  2. Nota Keuangan. 2025. Kementerian Keuangan
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2024 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2025
  4. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa
  5. Hidayat, Melda dkk. 2025. Gaining Insight into Fiscal Decentralization at Producing Public Value (Accountability) Through Public Goods and Public Interest: literature review of Fiscal Decentralization in the Indonesian and Global Context. KnE Social Sciences Knowledge E

Dosen Pengampu

MUHAMMAD FARID MA'RUF

EVA HANY FANIDA

GALIH WAHYU PRADANA

MELDA FADIYAH HIDAYAT

REVIENDA ANITA FITRIE

Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A.

Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A.

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si.

Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si.

Revienda Anita Fitrie, S.I.P., M.P.A.

Revienda Anita Fitrie, S.I.P., M.P.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis ruang lingkup keuangan negara/sektor publik.

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian keuangan negara
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hak-hak negara
  3. Mahasiswa dapat memahami penerimaan dan pengeluaran Negara
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh penerimaan dan pengeluaran Negara dalam perekonomian
Kriteria:

Kriteria: Rubrik Holistik Bentuk : Non Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: 1. Pengertian dan ruang lingkup keuangan negara.
Pustaka:

Materi: 2. Pembangunan ekonomi dan kebijakan keuangan negara.
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis ruang lingkup keuangan negara/sektor publik.

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian keuangan negara
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hak-hak negara
  3. Mahasiswa dapat memahami penerimaan dan pengeluaran Negara
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh penerimaan dan pengeluaran Negara dalam perekonomian
Kriteria:

Kriteria: Rubrik Holistik Bentuk : Non Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3 X 50

Materi: Pengertian dan ruang lingkup keuangan negara.
Pustaka:

Materi: 2. Pembangunan ekonomi dan kebijakan keuangan negara.
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis ruang lingkup keuangan negara/sektor publik.

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian keuangan negara
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hak-hak negara
  3. Mahasiswa dapat memahami penerimaan dan pengeluaran Negara
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh penerimaan dan pengeluaran Negara dalam perekonomian
Kriteria:

Kriteria: Rubrik Holistik Bentuk : Non Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Pengertian dan ruang lingkup keuangan negara.
Pustaka:

Materi: 2. Pembangunan ekonomi dan kebijakan keuangan negara.
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber pendapatan Negara

Mahasiswa dapat menjelaskan sumber-sumber pendapatan Negara beserta contoh- contohnya

Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Pajak
Pustaka:
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber pendapatan Negara

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi perbedaan pajak dan retribus
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengelolaan pajak negara
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya utang luar negeri
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pengelolan utang luar negeri.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi siklus penyususnan APBN
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Utang Luar Negeri
Pustaka:
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber pendapatan Negara

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi perbedaan pajak dan retribus
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengelolaan pajak negara
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya utang luar negeri
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pengelolan utang luar negeri.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi siklus penyususnan APBN
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Anggaran Negara
Pustaka:
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber pendapatan Negara

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi perbedaan pajak dan retribus
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengelolaan pajak negara
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya utang luar negeri
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pengelolan utang luar negeri.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi siklus penyususnan APBN
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
Pustaka:
4%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Indikator Pertemuan 1-7

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
3 X 50

Materi: Materi 1-8
Pustaka: Mardiasmo. 2011.Perpajakan. Andi Offset
25%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami siklus APBN

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara Keuangan Pusat dan Daerah
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses penyusunan dana perimbangan
Kriteria:

Rubrik Holistik Bentuk : Non Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Hubungan antara keuangan pusat dan daerah
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami siklus APBN

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara Keuangan Pusat dan Daerah
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses penyusunan dana perimbangan
Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3 X 50

Materi: Dana Perimbangan
Pustaka: Mardiasmo. 2011.Perpajakan. Andi Offset
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami siklus perencanaan, pembahasan, penetapan APBN, APBD, dan APBDes

  1. Mahasiswa mampu memahami Proses Pengesahan APBN, APBD, APBDes
  2. Mahasiswa mampu memahami Proses Penetapan UU APBN, Perda APBD, dan Perdes APBDes
  3. Mahasiswa mampu memahami terkait kemungkinan hasil pembahasan oleh DPR /DPRD terhadap RAPBN dan RAPBD a. Diterima, b. Ditolak, c. Amandemen
  4. Mahasiswa mampu memahami Permasalahan- permasalahan seputar pengesahan APBN, APBD, dan APBDes
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50
Daring
3 X 50
Materi: Pembahasan dan penetapan keuangan publik lingkup APBN
Pustaka: Nota Keuangan. 2024. Kementerian Keuangan

Materi: Pembahasan dan penetapan keuangan publik lingkup APBN
Pustaka: Nota Keuangan. 2025. Kementerian Keuangan

Materi: Pembahasan dan Penetapan keuangan publik lingkup APBD
Pustaka: Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2024 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2025

Materi: Pembahasan dan Penetapan keuangan publik lingkup APBDes
Pustaka: Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa

Materi: Materi Siklus hubungan APBN dan APBD (Review terkait Dana Perimbangan dan Desentralisasi Fiskal)
Pustaka: Hidayat, Melda dkk. 2025. Gaining Insight into Fiscal Decentralization at Producing Public Value (Accountability) Through Public Goods and Public Interest: literature review of Fiscal Decentralization in the Indonesian and Global Context. KnE Social Sciences Knowledge E
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami pejabat perbendaharaan, penatausahaan, dan pelaksanaan APBN, APBD, APBDes

  1. Mahasiswa mampu memahami pejabat perbendaharaan negara
  2. Mahasiswa mampu memahami penatausahaan pelaksanaan APBN, APBD, APBDes
  3. Mahasiswa mampu memahami pelaksanaan anggaran pendapatan, anggaran belanja dan pembiayaan APBN, APBD, APBDes
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50
Daring
3 X 50
Materi: Penatausahaan dan Pelaksanaan APBN
Pustaka: Nota Keuangan. 2025. Kementerian Keuangan

Materi: Penatausahaan dan Pelaksanaan APBD
Pustaka: Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2024 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2025

Materi: Penatausahaan dan Pelaksanaan APBDes
Pustaka: Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami konsep akuntabilitas, proses pertanggungjawaban, dan permasalahan APBN, APBD, dan APBDes

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep/teori umum pertanggungjawaban (Akuntabilitas) anggaran
  2. Proses Pertanggungjawaban pada APBN, APBD, APBDes
  3. Status Penilaian Oleh BPK (WTP, WDP, DIsclaimer, dll)
  4. Permasalahan dalam pertanggungjawaban anggaran pada APBN, APBD, APBDes
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara
Pustaka:

Materi: Pertanggungjawaban Keuangan Publik
Pustaka: Hillman, Arye L. Public Finance and Public Policy : Responsibilities and Limitations of Government 2rd Edition. 2009

Materi: Akuntabilitas
Pustaka: Hidayat, Melda dkk. 2025. Gaining Insight into Fiscal Decentralization at Producing Public Value (Accountability) Through Public Goods and Public Interest: literature review of Fiscal Decentralization in the Indonesian and Global Context. KnE Social Sciences Knowledge E
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami proses pengawasan lembaga internal, eksternal, masyarakat, dan permasalahannya

  1. Mahasiswa mampu memahami pengawasan oleh Lembaga Internal Pemerintah (Inspektorat, SPI, dll)
  2. Mahasiswa mampu memahami pengawasan oleh Lembaga Eksternal Pemerintah (BPKP, BPK, dll)
  3. Mahasiswa mampu memahami pengawasan oleh masyarakat
  4. Mahasiswa mampu memahami permasalahan-permasalahan dalam pengawansan APBN, APBD, dan APBDes
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: pengawan keuangan publik
Pustaka: Hillman, Arye L. Public Finance and Public Policy : Responsibilities and Limitations of Government 2rd Edition. 2009
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami kebijakan moneter dan fiskal

  1. Mahasiwa mampu memahami Pengertian dan ruang lingkup,tujuan, dan jenis kebijakan fiskal
  2. Mahasiwa mampu memahami Pengertian dan ruang lingkup,tujuan, dan jenis kebijakan moneter
Kriteria:

Rubrik Analitik Membentuk:Bukan Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3 X 50

Materi: Presentasi kajian tentang kuangan negara
Pustaka:

Materi: Kebijakan fiskal dan moneter
Pustaka: Hillman, Arye L. Public Finance and Public Policy : Responsibilities and Limitations of Government 2rd Edition. 2009

Materi: Kebijakan fiskal dan moneter
Pustaka: Richard A Mmusgrave, Peggy. Public Finance in Theory and Practice.1989. McGraw Hill Higher Education.
4%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Pertemuan 9-15

Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
3 X 50

Materi: Materi 9-15
Pustaka: Mardiasmo. 2011.Perpajakan. Andi Offset
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.