
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika Profesi dan Komunikasi |
8321103205 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
3 |
20 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. ; Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. ; Novia Tesalonika A R, S.Par., M.Sc.
|
Luthfiyah Nurlaela
|
SRI HANDAJANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan konsep dasar Etika Profesi dan Komunikasi
|
PO - 2 |
Menerapkan Keterampilan Berkomunikasi
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merepresentasikan Etika dan Estetika Berbusana
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Konflik dan Tantangan dalam menerapkan Etika Profesi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Etika Profesi dan Komunikasi akan membekali mahasiswa dengan
pemahaman tentang prinsip-prinsip etika profesi dan komunikasi yang berlaku dalam
bidang pendidikan dan kuliner. Mahasiswa akan mempelajari konsep etika, kode etik
profesi, serta estetika profesional seperti grooming dan etika berbusana.
Selain itu, mata kuliah ini mengajarkan keterampilan komunikasi efektif, termasuk
komunikasi digital, melalui teori dan praktik roleplay. Mahasiswa juga akan memahami
pentingnya pelayanan prima dan hubungan antara budaya organisasi dengan penerapan
etika profesi. Mata kuliah ini bertujuan membentuk profesional yang berintegritas,
komunikatif, dan mampu menghadapi tantangan etika dalam karier mereka |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
- Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
LUTHFIYAH NURLAELA AULIA BAYU YUSHILA NOVIA TESALONIKA AMANDA RERUNG Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengenalan ruang lingkup Etika Profesi dan Komunikasi |
Mampu menjelaskan ruang lingkup mata kuliah Etika Profesi dan Komunikasi |
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Konsep Etika Profesi dan Komunikasi Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi ruang lingkup etika profesi dan komunikasi |
- Mampu menjelaskan Sejarah, Azas dan Tujuan Etika
- Mampu menjelaskan pengertian dan prinsip etika profesi
- Mampu menjelaskan pengertian komunikasi
- Mampu menganalisis ruang lingkup etika profesi dan komunikasi
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Ruang lingkup Etika Profesi dan Komunikasi Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis konsep profesi dalam bidang kuliner dan keguruan |
- Mampu menjelaskan konsep Profesi, Profesional dan Profesionalisme
- Mampu menganalisis Jenis dan karakteristik profesi dalam bidang kuliner
- Mampu menjelaskan Etika profesi keguruan
- Mampu menjelaskan Kode etik profesi guru
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Konsep Profesi dalam bidang Kuliner dan Keguruan Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis Estetika Profesi guru dan Estetika Profesi dalam bidang Kuliner |
- Menganalisis Studi kasus terkait Etika dan Estetika Profesi guru
- Menganalisis Studi kasus terkait Etika dan Estetika dalam bidang Kuliner.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Estetika Profesi guru dan Estetika Profesi dalam bidang Kuliner Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menerapkan Keterampilan Komunikasi |
- Mampu menjelaskan pengertian komunikasi
- Mampu menjelaskan tujuan komunikasi
- Mampu menjelaskan unsur komunikasi
- Mampu menjelaskan Jenis Komunikasi
- Mampu menjelaskan Keterampilan Dasar Komunikasi
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Keterampilan Komunikasi Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menampilkan Roleplay Keterampilan Berkomunikasi |
- Mencari contoh Keterampilan Berkomunikasi di bidang pendidikan dan kuliner
- Diskusi terkait video yang ditampilkan terkait Keterampilan Berkomunikasi
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Keterampilan Berkomunikasi Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis Etika Komunikasi Digital |
|
Kriteria:
- Mampu menjelaskan Pengertian Komunikasi Digital
- Mampu menjelaskan Etika Komunikasi Digital
- Mampu menganalisis Studi Kasus Komunikasi Digital
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3 x 50 |
|
Materi: Etika Komunikasi Digital Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Essay |
Kriteria:
Penilaian Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Penyajian Estetika dan Citra Guru |
- Mampu menjelaskan Konsep Estetika dan Citra Guru
- Mampu merepresentasikan Grooming
- Mampu merepresentasikan Etika dan Estetika Berbusana
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: Estetika dan Citra Guru Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis Konflik Etika dalam bidang Pendidikan |
- Mampu mengidentifikasi contoh konflik
- Mampu menganalisis Bedah Kasus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: Konflik Etika dalam bidang Pendidikan Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis Konflik Etika dalam bidang Kuliner |
- Mampu mengidentifikasi contoh konflik
- Mampu menganalisis Bedah Kasus
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: Etika dalam bidang Kuliner Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis tantangan Profesi Guru Boga |
- Mampu menjelaskan Jenis tantangan
- Mampu menjelaskan cara mengatasi tantangan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: tantangan Profesi Guru Boga Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merumuskan tantangan Profesi bidang Kuliner |
- Mampu menjelaskan Jenis tantangan
- Mampu menjelaskan Cara mengatasi tantangan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: tantangan Profesi bidang Kuliner Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menerapkan Pelayanan prima sesuai dengan profesi guru dan profesi bidang kuliner lainnya |
- Mampu menjelaskan Pengertian pelayanan prima
- Mampu menjelaskan konsep pelayanan prima
- Mampu menjelaskan Pelayanan prima sesuai profesi bidang kuliner serta profesi guru
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: Pelayanan prima sesuai dengan profesi guru dan profesi bidang kuliner Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis kaitan antara Budaya Organisasi dan Etika Profesi |
Mampu menjelaskan Konsep budaya organisasi yang kaitannya dengan etika profesi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi
Diskusi
Ceramah 3x50 |
|
Materi: Budaya Organisasi dan Etika Profesi Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Project |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project 3x50 |
|
|
20% |