Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Profesi dan Komunikasi

8321103205

T=2

P=1

ECTS=4.77

3

20 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. ; Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. ; Novia Tesalonika A R, S.Par., M.Sc.




Luthfiyah Nurlaela




SRI HANDAJANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan konsep dasar Etika Profesi dan Komunikasi

PO - 2

Menerapkan Keterampilan Berkomunikasi

PO - 3

Mahasiswa mampu merepresentasikan Etika dan Estetika Berbusana

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis Konflik dan Tantangan dalam menerapkan Etika Profesi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Etika Profesi dan Komunikasi akan membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip etika profesi dan komunikasi yang berlaku dalam bidang pendidikan dan kuliner. Mahasiswa akan mempelajari konsep etika, kode etik profesi, serta estetika profesional seperti grooming dan etika berbusana. Selain itu, mata kuliah ini mengajarkan keterampilan komunikasi efektif, termasuk komunikasi digital, melalui teori dan praktik roleplay. Mahasiswa juga akan memahami pentingnya pelayanan prima dan hubungan antara budaya organisasi dengan penerapan etika profesi. Mata kuliah ini bertujuan membentuk profesional yang berintegritas, komunikatif, dan mampu menghadapi tantangan etika dalam karier mereka

Pustaka

Utama :

  1. Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
  2. Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto

Pendukung :

Dosen Pengampu

LUTHFIYAH NURLAELA

AULIA BAYU YUSHILA

NOVIA TESALONIKA AMANDA RERUNG

Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T.

Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T.

Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengenalan ruang lingkup Etika Profesi dan Komunikasi

Mampu menjelaskan ruang lingkup mata kuliah Etika Profesi dan Komunikasi

Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
Diskusi
3 x 50

Materi: Konsep Etika Profesi dan Komunikasi
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi ruang lingkup etika profesi dan komunikasi

  1. Mampu menjelaskan Sejarah, Azas dan Tujuan Etika
  2. Mampu menjelaskan pengertian dan prinsip etika profesi
  3. Mampu menjelaskan pengertian komunikasi
  4. Mampu menganalisis ruang lingkup etika profesi dan komunikasi
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Ruang lingkup Etika Profesi dan Komunikasi
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis konsep profesi dalam bidang kuliner dan keguruan

  1. Mampu menjelaskan konsep Profesi, Profesional dan Profesionalisme
  2. Mampu menganalisis Jenis dan karakteristik profesi dalam bidang kuliner
  3. Mampu menjelaskan Etika profesi keguruan
  4. Mampu menjelaskan Kode etik profesi guru
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Konsep Profesi dalam bidang Kuliner dan Keguruan
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis Estetika Profesi guru dan Estetika Profesi dalam bidang Kuliner

  1. Menganalisis Studi kasus terkait Etika dan Estetika Profesi guru
  2. Menganalisis Studi kasus terkait Etika dan Estetika dalam bidang Kuliner.
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Estetika Profesi guru dan Estetika Profesi dalam bidang Kuliner
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

5

Minggu ke 5

Menerapkan Keterampilan Komunikasi

  1. Mampu menjelaskan pengertian komunikasi
  2. Mampu menjelaskan tujuan komunikasi
  3. Mampu menjelaskan unsur komunikasi
  4. Mampu menjelaskan Jenis Komunikasi
  5. Mampu menjelaskan Keterampilan Dasar Komunikasi
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Keterampilan Komunikasi
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

6

Minggu ke 6

Menampilkan Roleplay Keterampilan Berkomunikasi

  1. Mencari contoh Keterampilan Berkomunikasi di bidang pendidikan dan kuliner
  2. Diskusi terkait video yang ditampilkan terkait Keterampilan Berkomunikasi
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Keterampilan Berkomunikasi
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis Etika Komunikasi Digital

Kriteria:
  1. Mampu menjelaskan Pengertian Komunikasi Digital
  2. Mampu menjelaskan Etika Komunikasi Digital
  3. Mampu menganalisis Studi Kasus Komunikasi Digital

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3 x 50

Materi: Etika Komunikasi Digital
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Essay

Kriteria:

Penilaian Sumatif


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis

10%

9

Minggu ke 9

Penyajian Estetika dan Citra Guru

  1. Mampu menjelaskan Konsep Estetika dan Citra Guru
  2. Mampu merepresentasikan Grooming
  3. Mampu merepresentasikan Etika dan Estetika Berbusana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: Estetika dan Citra Guru
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis Konflik Etika dalam bidang Pendidikan

  1. Mampu mengidentifikasi contoh konflik
  2. Mampu menganalisis Bedah Kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: Konflik Etika dalam bidang Pendidikan
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis Konflik Etika dalam bidang Kuliner

  1. Mampu mengidentifikasi contoh konflik
  2. Mampu menganalisis Bedah Kasus
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: Etika dalam bidang Kuliner
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis tantangan Profesi Guru Boga

  1. Mampu menjelaskan Jenis tantangan
  2. Mampu menjelaskan cara mengatasi tantangan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: tantangan Profesi Guru Boga
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

13

Minggu ke 13

Merumuskan tantangan Profesi bidang Kuliner

  1. Mampu menjelaskan Jenis tantangan
  2. Mampu menjelaskan Cara mengatasi tantangan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: tantangan Profesi bidang Kuliner
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

14

Minggu ke 14

Menerapkan Pelayanan prima sesuai dengan profesi guru dan profesi bidang kuliner lainnya

  1. Mampu menjelaskan Pengertian pelayanan prima
  2. Mampu menjelaskan konsep pelayanan prima
  3. Mampu menjelaskan Pelayanan prima sesuai profesi bidang kuliner serta profesi guru

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: Pelayanan prima sesuai dengan profesi guru dan profesi bidang kuliner
Pustaka: Etika Bisnis dan Profesi Sebuah Pencarian Hendi Prihanto
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis kaitan antara Budaya Organisasi dan Etika Profesi

Mampu menjelaskan Konsep budaya organisasi yang kaitannya dengan etika profesi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
Diskusi
Ceramah
3x50

Materi: Budaya Organisasi dan Etika Profesi
Pustaka: Etika Filsafat dan Komunikasi Muhamad Mufid
5%

16

Minggu ke 16

Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project
3x50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.