Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Sistem Pengelolaan Pendidikan

8603104960

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=10.08

2

29 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. ; Dr. Muhamad Sholeh, M.Pd.; Dr. Ayu Wulandari, M.Pd




Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd




Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

PO - 2

Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan Menengah, Dikti dan Vokasi melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji

PO - 3

Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin

PO - 4

Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah Dikti dan Vokasi dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien. Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi. Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan tugas akhir. Adapun sistematika penulisan tugas akhir meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan kajian yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, dilaksanakan dengan system ceramah secara online maupun offline (sinkronus dan asinkronus) melalui platform pembelajaran, baik melalui zoom meetings, google meet, WA Group, presentasi, diskusi, penugasan dan refleksi (hal-hal apa saja yang sudah dipahami dan hal-hal apa saja yang belum dipahami) serta penguatan mata kuliah.

Pustaka

Utama :

  1. Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning
  2. Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
  3. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer.
  4. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd.

Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.

Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: development of administrative theory

keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan

Kriteria:

Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: development of administrative theory
Pustaka: Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational structure

  1. Menjelaskan what is organizational structure?, the bureaucratic model, the participatory management model, alternative models of organizational structure, the school as a social system;
  2. Menjelaskan struktur organisasi kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi. di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational structure
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational culture

  1. Menjelaskan what is organizational culture?, creating, maintaining and changing organizational culture, effect of organizational culture, organizational climate;
  2. Menjelaskan budaya organisasi kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational culture
Pustaka: Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: motivation

  1. Menjelaskan defining motivation, content theories, process theories
  2. Menjelaskan motivasi kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: motivation
Pustaka: Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: leadership

  1. Menjelaskan the nature of leadership, trait theories, behavior theories, contingency theories, leadership style, other contemporary perspectives;
  2. Menjelaskan kepemimpinan kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: leadership
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
10%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: decision making

  1. Menjelaskan the nature of decision making, types of decisions, how are decision made?, benefits of group decision making, problems with group decision making, group decision making techniques;
  2. Menejlaskan pengambilan keputusan kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: decision making
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
10%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: communication

  1. Menjelaskan the importance of communication, the communication process, nonverbal communication, direction communication, communication networks, communication and technology, barriers of communication, overcoming barriers to communication
  2. Menjelaskan komunikasi kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: communication
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengan Semester (UTS)

Kesesesuai materi 1-7

Kriteria:

Kesesesuai materi 1-7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: UTS
Pustaka: Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer.
15%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational change

  1. Menjelaskan forces for change, resistance to change, overcoming resistance to change, managing change, kotter’s eight step plan, organizational development
  2. Menjelaskan perubahan organisasi kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational change
Pustaka: Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: government and education

  1. Menjelaskan the federal role in education, changing roles in the federal government and education, federal programs and activities in education, state government and education, state education agencies, state reform movements, organization of school districts, local school boards, the school superintendent, the central staff, the principal and the school
  2. Menjelaskan Pemerintah dan pendidikan kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan Menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: government and education
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill

Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: government and education
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: excellence, equality and education

  1. Menjelaskan definitions and labels, the role of the schools, do schools make a difference?large scale studies, international achievement gaps in education
  2. Menjelaskan keunggulan, kesetaraan dan pendidikan kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: excellence, equality and education
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: school finance and productivity

  1. Menjelaskan education and economics, tax sources of school revenues, local financing of public schools, state financing of public schools, state financial responsibility, school effectiveness and productivity, school finance trends, financing school constructions, international comparisons of education spending;
  2. Menjelaskan keuangan dan produktivitas sekolah kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: school finance and productivity
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: legal considerations and education

  1. Menjelaskan legal framework for public education, the law and professional personnel, the law and students, the law and state issues
  2. Menganalisis pertimbangan hukum dan pendidikan kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: legal considerations and education
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: curriculum development and implementation

  1. Menjelaskan curriculum definitions and approaches, curriculum development, components of curriculum development, what knowledge is of most worth?, the roles of the curriculum worker, implementation as a change process;
  2. Menejelaskan pengembangan dan implementasi kurikulum kaitannya dengan system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi di Indonesia
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: curriculum development and implementation
Pustaka: Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: analyzing and improving teaching

  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.
Kriteria:
  1. Bentuk penilaian dilakukan melalui keefektifan dan partisipasi individu dalam proses pembelajaran dan penugasan- penugasan
  2. Penilaian dilakukan pada saat proses perkuliahan dengan mengidentifikasi partisipasi mahasiswa melalui tanya jawab dan diskusi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Online
3x50
Materi: Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: analyzing and improving teaching
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
5%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian UAS

Kriteria:

Rubrik Penilaian UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

Online
3x50
Materi: Materi 9-15
Pustaka: Hoy, W.K9 & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 40%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.