
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Genetika dan Genomik |
8420504322 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
1 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Isnawati, M.Si.
|
Prof. Dr. Isnawati, M.Si.
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-10 |
Mampu mengomunikasikan ide, gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan. |
PLO-11 |
Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 2 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari.
|
PO - 3 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan gen ganda/poligen, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
PO - 4 |
Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika
|
PO - 5 |
Mendeskripsikan gen-gen pada gonosombeserta pemanfaatannya dalam kesejahteraan organisme utamanya manusia
|
PO - 6 |
Mendeskripsikan penentuan jens kelamin pada berbagai makhluk hidup
|
PO - 7 |
Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan perannya dalam pewarisan sifat
|
PO - 8 |
Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya
|
PO - 9 |
Mengkomunikasikan pemahaman dan keterampilan terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing)
|
PO - 10 |
Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang
|
PO - 11 |
Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai dan pindah silang
|
PO - 12 |
Membuat peta kromosom makhluk hidup berdasarkan data hasil persilangan
|
PO - 13 |
Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia dan cara penanggulangannya
|
PO - 14 |
mendeskripsikan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | | | ✔ | PO-11 | | ✔ | | PO-12 | | ✔ | | PO-13 | | | ✔ | PO-14 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Meliputi lingkup pendahuluan (pengenalan istilah-istilah yang digunakan dalam belajar genetika, genetika Mendel (Hukum Mendel I & II, persilangan dengan berbagai sifat beda, penyimpangan semu Hukum Mendel), alel ganda, gen ganda, teori kemungkinan, uji X2, pautan dan pindah silang, pembuatan peta kromosom, kariotipe pada manusia dan penyimpangannya, genetika biokimia dan kesalahan metabolisme bawaan, dasar-dasar rekayasa genetika, dasar-dasar genetika populasi, materi genetik dan ekspresinya, dasar-dasar mutasi gen & kromosom. Pada mata kuliah ini juga membekali mahasiswa terkait genomik yang meliputi organisasi dan struktur genom, serta implikasinya, teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning , pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing ) dan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang. Penyajian melalui aktivitas perkuliahan, praktikum lab basah dan lab kering dan penugasan/riset dan kajian kasus-kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam kemasan case methods |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Strachan, T., & Lucassen, A. (2022). Genetics and genomics in medicine (2nd ed.). CRC Press.
- Cohn, R., Scherer, S., & Hamosh, A. (2023). Thompson & Thompson genetics and genomics in medicine (9th ed.). Elsevier.
- Korf, B. R., & Irons, M. B. (2024). Human genetics and genomics: Includes Wiley E-Text (5th ed.). Wiley-Blackwell.
- Strachan, T., & Read, A. P. (2021). Human molecular genetics (5th ed.). Garland Science.
- Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley.
|
Pendukung : |
|
- Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press
- Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Prof. Dr. Isnawati, M.Si. Guntur Trimulyono, S.Si., M.Sc. Dr. Nurul Jadid Mubarakati, S.Si., M.Si. Ahmad Fudhaili, S.Si., M.Sc., Ph.D. Putut Rakhmad Purnama, S.Si, M.Si. Fitriari Izzatunnisa Muhaimin, B.Sc., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menerapkan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari |
a. Mendeskripsikan pengertian istilah-istilah yang lazim digunakan dalam genetika. b. Menjelaskan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. c. Menemukan variasi gamet yang dihasilkan pada berbagai genotip individu. d. Menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan berbagai sifat beda. e. Mengimplementasikan cara cepat dalam menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan banyak sifat beda. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Diskusi b. Penemuan terbimbing c. Mengerjakan soal latihan (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pertemuan di ruang zoom SiDia membahas konsep terkait Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda 4 x 50 |
Materi: Genetika Mendel Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press Materi: Penyimpangan semu Hukum Mendel Pustaka: Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan penyimpangan semu angka-angka perbandingan klasik Mendel dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. |
a. Memberi contoh persilangan-persilangan yang mencerminkan fenomena alel ganda b. Menghitung perbandingan fenotip dan genotip beberapa macam persilangan yang mencerminkan fenomena alel ganda. c. Menjelaskan penyebab terjadinya fenomena alel ganda d. Mendeskripsikan pengertian alel ganda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study, mencermati berbagai ragam fenomena alel ganda, diakhiri dengan presentasi atas fenomena yang dikaji 4 X 50 |
pertemuan seperti dilakukan pada pembelajaran luring tetapi menggunakan zoom SiDia
|
Materi: Alel ganda pada manusia terkait golongan darah sistem ABO Pustaka: Korf, B. R., & Irons, M. B. (2024). Human genetics and genomics: Includes Wiley E-Text (5th ed.). Wiley-Blackwell. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, dan gen ganda/poligen mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari. |
a. Mendeskripsikan gambaran posisi gen dan alelnya pada kromosom. b. Mendeskripsikan pengertian alel ganda. c. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh alel ganda yang terdapat pada tumbuhan, hewan, dan manusia. d. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan alel ganda. e. Menjelaskan pengertian perkawinan yang cocok secara biologi dan yang tidak cocok secara biologi. f. Mendeskripsikan pasangan yang cocok untuk dirinya sendiri ditinjau dari aspek golongan darah ABO g. Memetakan dalam bentuk grafik / diagram batang penyebaran fenotip pada sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. h. Mendeskripsikan pengertian gen ganda. i. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. j. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan gen ganda. Mendeskripsikan sifat-sifat pasangannya supaya mempunyai keturunan dengan sifat tertentu yang dikontrol oleh gen ganda (misalnya dalam hal warna kulit dan tinggi tubuh) |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
melalui case study mengkaji berbagai fenomena di kehidupan sehari-hari untuk menentukan pemanfaatan konsep gen ganda dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan pemanfaatan konsep gen ganda/poligen dalam kehidupan sehari-hari (3 x 50 menit) 4 X 50 |
Aktivitas pembelajaran case study melalui zoom meeting di SiDia 4 x 50 |
Materi: gen ganda pada manusia, hewan dan tumbuhan Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
8% |
4
Minggu ke 4 |
Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika |
a. Menerapkan penggunaan sebaran binomial untuk menghitung besarnya kemungkinan peristiwa terjadi b. Menerapkan uji Chi-square pada persilangan monohibrid, dihibrida |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
a. Diskusi b. Praktek Presentasi hasil 4 X 50 |
mengerjakan virtual Lab untuk mendapatkan data yang diuji Chi square dan dipresentasikan lewat zoom meeting di SiDia
|
Materi: analisis hasil riset bidang genetika dengan Chi-square Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press Materi: Teori kemungkinan dan uji chi square Pustaka: Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley. |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan konsep pautan kelamin pada gonosom manusia, hewan dan tumbuhan serta penentuan jenis kelamin pada berbagai organisme |
a. mendeskripsikan gen-gen yang terdapat pada autosom dan gonosom b. mendeskripsikan pola pewarisan gen-gen yang terdapat pada autosom dan gonosom |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
a. Diskusi. b. Praktek c. Mengerjakan tugan latihan soal (1 x 50 menit) 4 X 50 |
perkuliahan dengan zoom meeting di SiDia
|
Materi: Kromosom autosomal dan kromosom gonosom Pustaka: Strachan, T., & Lucassen, A. (2022). Genetics and genomics in medicine (2nd ed.). CRC Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan replikasinya pada pewarisan sifat |
a. Menjelaskan struktur dan fungsi DNA b. Menjelaskan struktur dan fungsi RNA c. Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom d. Menjelaskan proses replikasi bahan genetik |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
a. Diskusi b. Praktek c. Pembuatan model DNA sebagai tugas (1 x 50 menit) 4 X 50 |
perkuliahan secara Daring via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: materi genetik Pustaka: Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley. Materi: Ekspresi gen Pustaka: Korf, B. R., & Irons, M. B. (2024). Human genetics and genomics: Includes Wiley E-Text (5th ed.). Wiley-Blackwell. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan ekspresi gen dalam pewarisan sifat makhluk hidup |
a.Mendeskripsikan struktur gemon b. memaparkan abnormalitas genetik akibat kesalahan struktur dan ekspresi gen |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji kasus-kasus gangguan dan ketidaknormalan pada ekspresi gen serta sifat yang muncul dalam kemasan Case Study dan hasilnya dipresentasikan 4 X 50 |
pelaksanaan Case study via zoom di SiDia
|
Materi: Ragam kelainan genetik pada manusia Pustaka: Cohn, R., Scherer, S., & Hamosh, A. (2023). Thompson & Thompson genetics and genomics in medicine (9th ed.). Elsevier. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
4 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya |
a. Menjelaskan berbagai ragam penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup b. memberi contoh organisme dengan penentuan jenis kelamin tertentu |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi presentasi 4 X 50 |
perkuliahan via zoom SiDia 4 x 50 |
Materi: Penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengkomunikasikan pemahaman terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing) |
a.Mendeskripsikan teknik isolasi DNA b.Mendeskripsikan teknik PCR c.Mendeskripsikan teknik gene cloning d.Mendeskripsikan teknik pemetaan dan sekuensing genom e.Mendeskripsikan teknik analisis mutagenesis f.Mendeskripsikan teknik gene silencing |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
demonstrasi, diskusi, presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia
|
Materi: penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup Pustaka: Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang |
a.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang medis b.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang konservasi c.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang biologi sintesis dan bioteknologi d.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang antropologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik di berbagai bidang 4 X 50 |
penugasan mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik secara asinkronous dan presentasi hasil secara sinkronous via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: penerapan konsep genomik pada berbagai bidang kehidupan Pustaka: Strachan, T., & Read, A. P. (2021). Human molecular genetics (5th ed.). Garland Science. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai dan pindah silang |
a. Menjelaskan pengertian gen berangkai. b. Membuat bagan persilangan pada gen-gen yang berangkai secara sempurna dan tidak sempurna pada c. Menghitung nilai pindah silang. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mengkaji modul , diskusi dan presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: gen berangkai dan pindah silang Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan prinsip-prinsip pembuatan peta kromosom makhluk hidup tertentu |
a. Menentukan jarak antar gen. b. Menggambarkan peta kromosom relatif dengan langkah-langkah yang runtut. c. Menghitung nilai interferensi. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
. Diskusi b. Presentasi c. Membuat peta kromosom berdasarkan data hasil persilangan yang diberikan (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: pembuatan peta kromosom berbasis hasil persilangan pada berbagai makhluk hidup Pustaka: Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2022). Principles of genetics (7th ed.). Wiley. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia, pencegahan dan cara menghindarkan munculnya gejala |
a. Menjelaskan jalur metabolisme Phe-Tir. b. Memperkirakan jalur reksi biokimia yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri c. Mendeskripsikan cara pencegahan dan menghindakan munculnya gejala penyakit metabolism bawaan |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji modul, diskusi dan presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: Kelainan metabolisme bawaan, pencegahan dan pengobatannya Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Menerapkan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi |
a. Menjelaskan asumsi yang digunakan dalam Hukum Hardy-Weinberg. b. Menghitung frekuensi alel ganda pada golongan darah sistem ABO. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Diskusi. b. Praktek c. Melakukan riset kecil penghitungan frekuensi alel yang ada di masyarakat sekitar (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia
|
Materi: Hukum Hardy-Weinberg Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tes tulis
|
|
|
17% |