Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PRAKTiK PENGECATAN DAN PERBAIKAN BODI

8320303318

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=3

ECTS=4.77

4

26 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




saiful anwar,SPd,MT.




saiful anwar, SPd,MT




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai dan mendemonstrasikan kompetensi pedagogik pada pembelajaran teknik mesin secara berkelanjutan sepanjang hayat

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

PLO-8

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

PLO-10

Mampu menerapkan technopreneurship pada bidang teknologi otomotif/manufaktur

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan teknik dan prosedur dalam pengecatan dan perbaikan bodi kendaraan sesuai denganstandar industri (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis kerusakan pada bodi kendaraan dan menentukan metode perbaikan yang tepat (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pengecatan dan perbaikan bodi kendaraan berdasarkan kriteria kualitas yangditetapkan (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah yang kompleks dalam pengecatan dan perbaikanbodi (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip matematika dalam menghitung biaya dan bahan yang dibutuhkan untuk pengecatandan perbaikan bodi (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis efisiensi proses pengecatan dan perbaikan bodi menggunakan prinsip-prinsip teknik mesin(C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi penggunaan alat dan bahan dalam pengecatan dan perbaikan bodi untuk memastikankesesuaian dengan standar keselamatan dan lingkungan (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan metode baru dalam proses pengecatan dan perbaikan bodi yang lebih efisien dan ramahlingkungan (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1        
PO-2        
PO-3        
PO-4        
PO-5        
PO-6        
PO-7        
PO-8        

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman tentang cat dan macam-macamnya, dempul, perlengkapanpengecatan, gangguan pengecatan dan cara mengatasinya, faktor-faktor yangmempengaruhi hasil pengecatan perbaikan body, teknik pengecatan

Pustaka

Utama :

  1. Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Saiful Anwar, S.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

4

Minggu ke 4

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

8

Minggu ke 8

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

9

Minggu ke 9

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
8%

12

Minggu ke 12

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
8%

13

Minggu ke 13

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
8%

14

Minggu ke 14

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
8%

15

Minggu ke 15

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
8%

16

Minggu ke 16

Memahami konsepdasar TeknologiPengecatanMengetahui berbagaijenis teknologipengecatan

1.1. Menjelaskantentangpengetahuan dankonsep dasarTeknologiPengecatan 1.2.Mengembangkanperilaku karakter,meliputi: jujur,disiplin, danbertanggungjawab.1.3.Mengembangkanketerampilansosial, meliputi:bertanya,berpendapat, dansaling menghargai

Kriteria:

PresentaseKehadiranKetepatanWaktu PengerjaanInovasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: TeknikPengecatanKendaraan,ProsedurPerbaikanBodiKendaraan,StandarIndustri dalamPengecatandan PerbaikanBodiPustaka:HandbookPerkuliahan
Pustaka: Moch. Yadi. 1996.Teknologi Pengecatan. Surabaya: Unesa.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.