
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Pembelajaran Seni Budaya |
8820902299 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
3 Maret 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.Syaiful Qadar Basri S.Pd., M.Hum
|
WELLY SURYANDOKO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan untuk menguasai teori belajar dan pembelajaran serta kurikulum sekolah. |
PLO-7 |
Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran
|
PO - 2 |
Mampu merancang perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan berbagai model dan strategi pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran
|
PO - 4 |
Menganalisis dan mengevaluasi perencanaan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran
|
PO - 5 |
Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas konsep, prinsip, dan teknik perencanaan pembelajaran khususnya dalam bidang seni dan budaya. Mahasiswa akan mempelajari cara merancang kurikulum, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif dan menarik sesuai dengan karakteristik peserta didik serta muatan seni budaya. Selain itu, matakuliah ini menekankan pengembangan pendekatan kreatif dan inovatif dalam pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan pemahaman, apresiasi, dan keterampilan seni peserta didik. Topik juga mencakup aspek evaluasi pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar, serta integrasi nilai-nilai budaya dalam proses pembelajaran seni. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Suyanto. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas
- Arikunto, E. M. S. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Modul Perencanaan Pembelajaran.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. Prof. Dr. Trisakti, M.Si. Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pendidikan seni budaya, ruang lingkup, dan fungsinya dalam pembelajaran di sekolah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pendidikan seni budaya, ruang lingkup, dan fungsinya dalam pembelajaran di sekolah. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: konsep dasar perencanaan pembelajaran dan peranannya dalam proses pendidikan. Pustaka: Suyanto. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan komponen pembelajaran (tujuan, materi, metode, media, evaluasi) dalam konteks seni budaya. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan komponen pembelajaran (tujuan, materi, metode, media, evaluasi) dalam konteks seni budaya. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: Perencanaan Pustaka: Suyanto. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis KI, KD/CP, dan TP dalam kurikulum seni budaya untuk jenjang pendidikan tertentu. |
Mahasiswa mampu menganalisis KI, KD/CP, dan TP dalam kurikulum seni budaya untuk jenjang |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis KI, KD/CP, dan TP dalam kurikulum seni budaya untuk jenjang pendidikan tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa untuk merancang pembelajaran yang sesuai. Pustaka: Arikunto, E. M. S. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait karakteristik belajar seni rupa, musik, tari, dan teater. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait karakteristik belajar seni rupa, musik, tari, dan teater |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait karakteristik belajar seni rupa, musik, tari, dan teater. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Menyusun Tujuan Pembelajaran Seni Budaya Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait karakteristik belajar seni rupa, musik, tari, dan teater |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait karakteristik belajar seni rupa, musik, tari, dan teater |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pembelajaran seni budaya menggunakan format ABCD/SMART. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Strategi perencanaan Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun indikator capaian pembelajaran dan sub-CPMK yang terukur, relevan, serta selaras dengan kurikulum seni budaya. |
Mahasiswa mampu menyusun indikator capaian pembelajaran dan sub-CPMK yang terukur, relevan, serta selaras dengan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun CPMK, Sub-CPMK, dan indikator capaian pembelajaran sesuai standar kurikulum. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring
|
|
Materi: Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran Seni Budaya Pustaka: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Modul Perencanaan Pembelajaran. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengorganisasi materi pembelajaran seni budaya berdasarkan prinsip kedalaman, keluasan, keberlanjutan |
Mahasiswa mampu mengorganisasi materi pembelajaran seni budaya berdasarkan prinsip kedalaman, keluasan, keberlanjutan, dan relevansi. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Merancang Rencana Pembelajaran Harian (RPH) Seni Budaya Pustaka: Suyanto. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengorganisasi materi pembelajaran seni budaya berdasarkan prinsip kedalaman, keluasan, keberlanjutan |
Mahasiswa mampu mengorganisasi materi pembelajaran seni budaya berdasarkan prinsip kedalaman, keluasan, keberlanjutan |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Mengembangkan pembelajaran berbasis proyek dalam seni budaya yang melibatkan eksplorasi kreatif siswa. Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber belajar seni budaya yang relevan, termasuk budaya lokal, lingkungan, narasumber, dan sumber digital. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber belajar seni budaya yang relevan, termasuk budaya lokal, lingkungan, narasumber, dan sumber digital. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Merancang pembelajaran interaktif yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan seni budaya. Pustaka: Suyanto. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen penilaian pembelajaran seni budaya yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor secara valid. |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen penilaian pembelajaran seni budaya yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor secara valid. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Merancang dan menerapkan evaluasi yang efektif untuk mengukur pencapaian pembelajaran seni budaya. Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen penilaian pembelajaran seni budaya yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor secara valid. |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen penilaian pembelajaran seni budaya yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor secara valid. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Memanfaatkan teknologi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran seni budaya. Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat rubrik performa karya seni yang reliabel dan mencerminkan proses estetik, kreativitas, dan ketepatan teknik.\ |
Mahasiswa mampu membuat rubrik performa karya seni yang reliabel dan mencerminkan proses estetik, kreativitas, dan ketepatan teknik. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Mengembangkan pembelajaran seni budaya yang dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Pustaka: Arikunto, E. M. S. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun RPP/Modul Ajar Seni Budaya lengkap (tujuan, materi, metode, media, asesmen) sesuai standar kurikulum. |
Mahasiswa mampu menyusun RPP/Modul Ajar Seni Budaya lengkap (tujuan, materi, metode, media, asesmen) sesuai standar kurikulum. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Mengimplementasikan strategi pengelolaan kelas yang efektif untuk pembelajaran seni budaya. Pustaka: Suryandoko, Welly. (Tahun Terbit). Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Strategis untuk Efektivitas |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan isu aktual (digitalisasi seni, budaya global, kecakapan abad 21, dan nilai karakter) ke dalam perencanaan pembelajaran seni budaya |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan isu aktual (digitalisasi seni, budaya global, kecakapan abad 21, dan nilai karakter) ke dalam perencanaan pembelajaran seni budaya |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Merancang pembelajaran seni budaya yang mengintegrasikan kearifan lokal dan budaya setempat. Pustaka: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Modul Perencanaan Pembelajaran. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mensimulasikan rancangan pembelajaran seni budaya secara profesional, komunikatif, dan sistematis |
Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mensimulasikan rancangan pembelajaran seni budaya secara profesional, komunikatif, dan sistematis |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Merancang pembelajaran seni budaya yang dapat mendukung pengembangan karakter siswa. Pustaka: Arikunto, E. M. S. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis dan merevisi perangkat pembelajaran seni budaya berdasarkan evaluasi diri, umpan balik dosen, dan rekan sejawat. |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis dan merevisi perangkat pembelajaran seni budaya berdasarkan evaluasi diri, umpan balik dosen, dan rekan sejawat. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Menyusun portofolio perencanaan pembelajaran seni budaya yang mencakup seluruh aspek perencanaan. Pustaka: Arikunto, E. M. S. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |