
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Karakter dan Budipekerti |
8620603241 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM Rumpun PPKn
|
Hendrik Pandu Paksi
|
PUTRI RACHMADYANTI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menunjukkan Budi pekerti dan akhlak mulia dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter dan Budi Pekerti di sekolah dasar melalui aksi nyata
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | PO-6 | | ✔ | | | PO-7 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan Karakter dan Budipekerti mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di Sekolah Dasar. Mata kuliah ini juga mempelajari cara menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter dan budipekerti di Sekolah Dasar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
- Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.
|
Pendukung : |
|
- Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya
- Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
- Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
- Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
- Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
- Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
- Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
- Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
- Pustaka Utama dan Pendukung
|
Dosen Pengampu
|
ULHAQ ZUHDI HENDRIK PANDU PAKSI RONI RODIYANA RICKY SETIAWAN ARI METALIN IKA PUSPITA ULFI AMINATUZ ZAHROH VICKY DWI WICAKSONO MARETHA DELLAROSA Dr. Mujahidin Farid, S.Pd., M.Pd. Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed. Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed. Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd. Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd. Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd. Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd. Ulhaq Zuhdi, S.Pd., M.Pd. Ulhaq Zuhdi, S.Pd., M.Pd. Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd. Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd. Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D. Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D. Roni Rodiyana, M.Pd. Roni Rodiyana, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Mata Kuliah |
Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan |
Kriteria:
- Kehadiran
- Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah 3x50 |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah 3x50 |
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Definisi dan Faktor Pembentuk Karakter |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis |
Kriteria:
- Penilaian kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS 3x50 |
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS 3x50 |
Materi: Definisi dan Faktor Pembentuk Karakter Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Macam-macam Karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia |
- Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS 3x50 |
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS 3x50 |
Materi: Macam-macam Karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 1
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 1
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mendidik untuk Membentuk Karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan Guru berdurasi 10-15 menit. Unggah di Media Sosial 3x50 |
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan Guru berdurasi 10-15 menit. Unggah di Media Sosial 3x50 |
Materi: Mendidik untuk Membentuk Karakter Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter |
Mahasiswa memahami hubungan antara Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam membangun pendidikan karakter di Sekolah Dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 2
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 2
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Keberagaman Karakter dan Dampaknya |
Mahasiswa mampu menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 3
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 3
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Keberagaman Karakter dan Dampaknya Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik yang timbul karena perbedaan karakter, lalu membuat opini bagaimana kasus tersebut diselesaikan 3x50 |
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik yang timbul karena perbedaan karakter, lalu membuat opini bagaimana kasus tersebut diselesaikan 3x50 |
Materi: Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Karakteristik Manusia Indonesia |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi Masyarakat yang memiliki karakter yang kurang baik. Unggah di medsos, Boleh setingan. 3x50 |
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi Masyarakat yang memiliki karakter yang kurang baik. Unggah di medsos, Boleh setingan. 3x50 |
Materi: Karakteristik Manusia Indonesia Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Pendidikan Karakter Anti Perundungan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 5
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 5
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD |
Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya disertai foto 3x50 |
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya disertai foto 3x50 |
Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Budi Pekerti dan Akhlak Mulia |
Mahasiswa memahami pentingnya menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 6
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Presentasi Kelompok 6
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 3x50 |
Materi: Budi Pekerti dan Akhlak Mulia Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Studi Budi pekerti dan Akhlak Mulia di Sekolah Dasar |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kasus yang berhubungan dengan pelanggaran prinsip budi pekerti dan akhlak mulia di Sekolah Dasar |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 5 : PBL
1. Cari 1 kasus yang berhubungan dengan kemerosotan moral dan akhlak siswa/guru SD
2. Buat opini bagaimana Solusi dari kasus tersebut 3x50 |
Individu 5 : PBL
1. Cari 1 kasus yang berhubungan dengan kemerosotan moral dan akhlak siswa/guru SD
2. Buat opini bagaimana Solusi dari kasus tersebut 3x50 |
Materi: Studi Budi pekerti dan Akhlak Mulia di Sekolah Dasar Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Iklan Layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter dan Budi Pekerti melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 6 : PjBL
Membuat Poster Iklan Layanan Masyarakat dipublikasikan dalam expo campus 3x50 |
Individu 6 : PjBL
Membuat Poster Iklan Layanan Masyarakat dipublikasikan dalam expo campus 3x50 |
Materi: Iklan Layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
14% |
16
Minggu ke 16 |
Refleksi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi dari semua aktivitas perkuliahan yang dilalui |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Membuat Jurnal Refleksi 3x50 |
Membuat Jurnal Refleksi 3x50 |
Materi: Refleksi Akhir Semester Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung |
2% |