Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Karakter dan Budipekerti

8620603241

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM Rumpun PPKn




Hendrik Pandu Paksi




PUTRI RACHMADYANTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-9

Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia

PO - 2

Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter

PO - 3

Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur

PO - 4

Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia

PO - 5

Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar

PO - 6

Mahasiswa mampu menunjukkan Budi pekerti dan akhlak mulia dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

PO - 7

Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter dan Budi Pekerti di sekolah dasar melalui aksi nyata

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pendidikan Karakter dan Budipekerti mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di Sekolah Dasar. Mata kuliah ini juga mempelajari cara menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter dan budipekerti di Sekolah Dasar.

Pustaka

Utama :

  1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
  3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.

Pendukung :

  1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya
  2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
  3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
  4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
  5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
  6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
  7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
  8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
  9. Pustaka Utama dan Pendukung

Dosen Pengampu

ULHAQ ZUHDI

HENDRIK PANDU PAKSI

RONI RODIYANA

RICKY SETIAWAN

ARI METALIN IKA PUSPITA

ULFI AMINATUZ ZAHROH

VICKY DWI WICAKSONO

MARETHA DELLAROSA

Dr. Mujahidin Farid, S.Pd., M.Pd.

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed.

Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed.

Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd.

Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd.

Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd.

Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd.

Ulhaq Zuhdi, S.Pd., M.Pd.

Ulhaq Zuhdi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd.

Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd.

Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D.

Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D.

Roni Rodiyana, M.Pd.

Roni Rodiyana, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Mata Kuliah

Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan

Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah
3x50
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah
3x50
Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
2%

2

Minggu ke 2

Definisi dan Faktor Pembentuk Karakter

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis

Kriteria:
  1. Penilaian kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS
3x50
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS
3x50
Materi: Definisi dan Faktor Pembentuk Karakter
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

3

Minggu ke 3

Macam-macam Karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia

  1. Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS
3x50
Penyampaian materi oleh Dosen
1. Mahasiswa membuat resume dari materi yang disampaikan
2. Mahasiswa mengisi diskusi pada LMS
3x50
Materi: Macam-macam Karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

4

Minggu ke 4

Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 1
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 1
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

5

Minggu ke 5

Mendidik untuk Membentuk Karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan Guru berdurasi 10-15 menit. Unggah di Media Sosial
3x50
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan Guru berdurasi 10-15 menit. Unggah di Media Sosial
3x50
Materi: Mendidik untuk Membentuk Karakter
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
10%

6

Minggu ke 6

Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter

Mahasiswa memahami hubungan antara Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam membangun pendidikan karakter di Sekolah Dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 2
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 2
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

7

Minggu ke 7

Keberagaman Karakter dan Dampaknya

Mahasiswa mampu menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 3
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 3
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Keberagaman Karakter dan Dampaknya
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

8

Minggu ke 8

Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan

Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik yang timbul karena perbedaan karakter, lalu membuat opini bagaimana kasus tersebut diselesaikan
3x50
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik yang timbul karena perbedaan karakter, lalu membuat opini bagaimana kasus tersebut diselesaikan
3x50
Materi: Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
10%

9

Minggu ke 9

Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal

Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

10

Minggu ke 10

Karakteristik Manusia Indonesia

Mahasiswa mampu menunjukkan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi Masyarakat yang memiliki karakter yang kurang baik. Unggah di medsos, Boleh setingan.
3x50
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi Masyarakat yang memiliki karakter yang kurang baik. Unggah di medsos, Boleh setingan.
3x50
Materi: Karakteristik Manusia Indonesia
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
10%

11

Minggu ke 11

Pendidikan Karakter Anti Perundungan

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 5
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 5
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

12

Minggu ke 12

Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD

Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD

Kriteria:

Penilaian Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya disertai foto
3x50
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya disertai foto
3x50
Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
10%

13

Minggu ke 13

Budi Pekerti dan Akhlak Mulia

Mahasiswa memahami pentingnya menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 6
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Presentasi Kelompok 6
1. Membuat PPT, Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
3x50
Materi: Budi Pekerti dan Akhlak Mulia
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
4%

14

Minggu ke 14

Studi Budi pekerti dan Akhlak Mulia di Sekolah Dasar

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kasus yang berhubungan dengan pelanggaran prinsip budi pekerti dan akhlak mulia di Sekolah Dasar

Kriteria:

Penilaian Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 5 : PBL
1. Cari 1 kasus yang berhubungan dengan kemerosotan moral dan akhlak siswa/guru SD
2. Buat opini bagaimana Solusi dari kasus tersebut
3x50
Individu 5 : PBL
1. Cari 1 kasus yang berhubungan dengan kemerosotan moral dan akhlak siswa/guru SD
2. Buat opini bagaimana Solusi dari kasus tersebut
3x50
Materi: Studi Budi pekerti dan Akhlak Mulia di Sekolah Dasar
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
10%

15

Minggu ke 15

Iklan Layanan Masyarakat di Sekolah Dasar

Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter dan Budi Pekerti melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar

Kriteria:

Penilaian Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 6 : PjBL
Membuat Poster Iklan Layanan Masyarakat dipublikasikan dalam expo campus
3x50
Individu 6 : PjBL
Membuat Poster Iklan Layanan Masyarakat dipublikasikan dalam expo campus
3x50
Materi: Iklan Layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
14%

16

Minggu ke 16

Refleksi Akhir Semester

Mahasiswa mampu melakukan refleksi dari semua aktivitas perkuliahan yang dilalui

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membuat Jurnal Refleksi
3x50
Membuat Jurnal Refleksi
3x50
Materi: Refleksi Akhir Semester
Pustaka: Pustaka Utama dan Pendukung
2%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 64%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.