
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perancangan Teknologi Informasi |
2010102134 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) secara mendalam pada bidang Teknik Elektro |
PLO-6 |
Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasa Teknik Elektro terkini |
PLO-7 |
Mampu menguasai konsep teoritis dan metode perancangan pada Sistim Tenaga dan Inteligensi,Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi |
PLO-10 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui riset atau eksperiment menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner |
PLO-11 |
Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengetahuan nasional dan internasional |
PLO-13 |
Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin |
PLO-16 |
Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mampu menjelaskan konsep sistem informasi dan pengambilan keputusan
|
PO - 2 |
Mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi sistem informasi
|
PO - 3 |
Mampu menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi
|
PO - 4 |
Mampu mendefinisikan kebutuhan untuk merancang sistem informasi
|
PO - 5 |
Mampu memodelkan dan merancang proses bisnis untuk perancangan sistem informasi dalam sebuah organisasi
|
PO - 6 |
Mampu membuat pemodelan proses menggunakan Ms. Visio dan Ms. Access
|
PO - 7 |
Mampu memodelkan data untuk persiapan rancangan data dalam sistem informasi
|
PO - 8 |
Mampu menjelaskan konsep dan pemodelan arsitektur sistem informasi
|
PO - 9 |
Mampu merancang basis data sederhana untuk sistem informasi
|
PO - 10 |
Merancang pemrograman search dan query yang mendukung basis data
|
PO - 11 |
Mampu merancang sistem informasi sederhana
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-13 | PLO-16 | PO-1 | | | | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | ✔ | | | | PO-8 | | | | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas secara komprehensif konsep dan proses perancangan sistem teknologi informasi dalam konteks pengambilan keputusan dan pemecahan masalah organisasi. Materi mencakup pemahaman konsep dasar sistem informasi, aplikasi-aplikasi khusus sistem informasi, serta metodologi pengembangan sistem informasi seperti Structured Design dan Object-Oriented Design. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Samiaji Sarosa, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Penerbit PT Index, Jakarta, 2017
- N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Raden Roro Hapsari Peni Agustin Tjahyaningtijas, S.Si., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem informasi dan pengambilan keputusan
- Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi sistem informasi
|
- 1. Mampu menjelaskan a. Pengertian sistem b. Karakteristik sistem c. Pengertian sistem informasi d. Elemen-elemen sistem informasi e. Peran sistem informasi di dalam organisasi
- 2. Mampu menjelaskan proses pengambilan keputusan: a. Identifikasi permasalahan b. Pengembangan solusi-solusi alternatif tindakan c. Pelaksanaan tindakan terpilih
- 3.Mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi khusus sistem informasi: 1. Definisi jenis-jenis sistem informasi: a. Transaction Processing System (TPS) b. Management Information System (MIS) c. Decision Support System (DSS) d. Expert System (ES)
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi
|
|
Materi: Konsep sistem informasi dan pengambilan keputusan, Aplikasi-aplikasi khusus sistem informasi: Pustaka: Samiaji Sarosa, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Penerbit PT Index, Jakarta, 2017 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem informasi dan pengambilan keputusan
- Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi sistem informasi
|
- 1. Mampu menjelaskan a. Pengertian sistem b. Karakteristik sistem c. Pengertian sistem informasi d. Elemen-elemen sistem informasi e. Peran sistem informasi di dalam organisasi
- 2. Mampu menjelaskan proses pengambilan keputusan: a. Identifikasi permasalahan b. Pengembangan solusi-solusi alternatif tindakan c. Pelaksanaan tindakan terpilih
- 3.Mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi khusus sistem informasi: 1. Definisi jenis-jenis sistem informasi: a. Transaction Processing System (TPS) b. Management Information System (MIS) c. Decision Support System (DSS) d. Expert System (ES)
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi
|
|
Materi: Konsep sistem informasi dan pengambilan keputusan, Aplikasi-aplikasi khusus sistem informasi: Pustaka: Samiaji Sarosa, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Penerbit PT Index, Jakarta, 2017 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi-aplikasi sistem informasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi
|
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan tiap tahapan siklus pengembangan sistem informasi (problem definition sampai implementation)
- 2. Mahasiswa mampu menjelaskan hasil dari setiap fase pada analisis sistem
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan untuk merancang sistem informasi |
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan tiap tahapan siklus pengembangan sistem informasi (problem definition sampai implementation)
- 2. Mahasiswa mampu menjelaskan hasil dari setiap fase pada analisis sistem
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pengembangan sistem informasi: 2. Siklus pengembangan sistem informasi: a. Problem definition b. Feasibility study c. System analysis d. System design e. System implementation f. Post-implementation 3. Model-model analisis sistem: a. Analisis terstruktur b. Rekayasa informasi dan pemodelan data c. Object Oriented Analysis (OOA) 4. Fase-fase dalam tahap analisis sistem: a. Fase pendefinisian lingkup batas sistem b. Fase analisis masalah c. Fase analisis kebutuhan d. Fase desain e. logical f. Fase analisis Pustaka: Samiaji Sarosa, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Penerbit PT Index, Jakarta, 2017 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendokumentasikan kebutuhan pengembangan sistem informasi (analisis kebutuhan perancangan sistem dan dokumentasi kebutuhan)
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses untuk mendefiniskan kebutuhan dalam perancangan sistem informasi
|
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan tiap tahapan siklus pengembangan sistem informasi (problem definition sampai implementation)
- 2. Mahasiswa mampu menjelaskan hasil dari setiap fase pada analisis sistem
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pendefinisian kebutuhan: 1. Proses pendefinisian dan identifikasi kebutuhan a. Penemuan permasalahan dan analisis b. Penemuan kebutuhan c. Pendokumentasian dan analisis kebutuhan d. Pengelolaan kebutuhan 2.Teknik pengumpulan kebutuhan a. Analisis dokumen b. Observasi dan inspeksi c. lapangan d. Kuesioner e. Wawancara f. Join Application Development 3.Pendokumentasian kebutuhan: a. Konsep analisis use-cases b. Proses pemodelan use-cases Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memodelkan dan merancang proses bisnis untuk perancangan sistem informasi dalam sebuah organisasi |
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai diagram konteks dan dekomposisi proses
- 2.Mahasiswa dapat memodelkan proses bisnis sesuai analisis kebutuhan yang sudah dilakukan sebelumya menjadi DFD dimulai dari diagram konteks sampai DFD level
- 3.Mahasiswa mampu men-dekomposisi beberapa proses di dalam DFD
- 4.Mahasiswa mampu membuat process specification dan data dictionary
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemodelan proses: 1. Diagram konteks a. Definisi diagram konteks dan Data Flow Diagram (DFD) b. Elemen yang menyusun DFD dan lambangnya c. Level DFD d. Contoh gambar DFD dari level 0 dan level 2 e. Standar dalam pembuatan DFD 2. Dekomposisi proses a. Langkah dalam dekomposisi proses. b. Penggunaan event-response dan use-cases list c. Event decomposition diagram d. Event diagram e. Standar dalam pembuatan pemodelan proses 3. Pemeriksaan model proses dan proses validasi: a. Membuat deskpripsi proses (process specification dan data dictionary) b. Memeriksa kebenaran proses Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu membuat pemodelan proses menggunakan Ms. Visio dan Ms. Access |
1. mampu membuat diagram konteks, DFD, dekomposisi proses, process specification, dan data dictionary |
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu membuat diagram dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat membuat diagram kurang lengkap
- Skor (2) jika mahasiswa mampumembuat diagram namun tidak lengkap beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat membuat diagram
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa mampu memodelkan data untuk persiapan rancangan data dalam sistem informasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi
|
- 1.Mahasiswa mampu menjelaskan teknik ERD
- 2. Mahasiswa mampu membuat ERD
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat ERD dengan benar dengan rinci
- Skor (3) jika Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat ERD dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menjelaskan dan membuat ERD dengan benar namun tidak rinci
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemodelan Data: 1. Definisi, peran, jenis, dan penyusunan dalam pemodelan data 2. Teknik ERD a. Definisi ERD b. Elemen-elemen ERD dan simbolnya c. Aturan pemakaian ERD d. Pedoman memvalidasi ERD 3. Normalisasi a. Definisi normalisasi b. Langkah-langkah normalisasi c. Bentuk normal 1NF, 2NF, dan 3NF 4. Menyeimbangkan ERD terhadap DFD Pustaka: Materi: Pemodelan Data: 1. Definisi, peran, jenis, dan penyusunan dalam pemodelan data 2. Teknik ERD a. Definisi ERD b. Elemen-elemen ERD dan simbolnya c. Aturan pemakaian ERD d. Pedoman memvalidasi ERD 3. Normalisasi a. Definisi normalisasi b. Langkah-langkah normalisasi c. Bentuk normal 1NF, 2NF, dan 3NF 4. Menyeimbangkan ERD terhadap DFD Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan physical DFD
- Mahasiswa mampu menyebutkan model-model arsitektur sistem informasi yang lain.
|
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan physical DFD
- 2. Mahasiswa mampu menyebutkan model-model arsitektur sistem informasi yang lain.
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) mampu menjelaskan konsep dan pemodelan arsitektur sistem informasi dengan rinci
- Skor (3) jika mampu menjelaskan konsep dan pemodelan arsitektur sistem informasi sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Arsitektur sistem informasi: 1. Konsep arsitektur sistem informasi a. Pengertian arsitektur aplikasi untuk sistem informasi b. Physical DFD (processes, data flows, external agents, data stores) 2. Jenis-jenis arsitektur sistem informasi a. Distributed system b. Data architecture c. Interface architecture d. Process architecture 3. Teknik pemodelan arsitektur sistem informasi a. Menggambar physical DFD b. Persyaratan membuat physical DFD c. Network architecture d. Data distribution and technology assignments e. Process distribution and technology assignments f. Batasan manusia-mesin Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana untuk sistem informasi |
- 1. Mahasiswa mampu mengerjakan tes pendahuluan mengenai pemrograman SQL.
- 2.Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana sesuai dengan tugas sebelumnya
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar dan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa dapat merancang dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa dapat merancang sebagian
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat merancang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemrograman basis data dengan bahasa pemrograman SQL 1. Definisi SQL 2. Konsep SQL 3. Sintaks pada pemrograman SQL 4. Cara membuat record 5. Cara membuat form 6. Cara membuat table Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana untuk sistem informasi |
- 1. Mahasiswa mampu mengerjakan tes pendahuluan mengenai pemrograman SQL.
- 2.Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana sesuai dengan tugas sebelumnya
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar dan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa dapat merancang dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa dapat merancang sebagian
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat merancang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemrograman basis data dengan bahasa pemrograman SQL 1. Definisi SQL 2. Konsep SQL 3. Sintaks pada pemrograman SQL 4. Cara membuat record 5. Cara membuat form 6. Cara membuat table Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana untuk sistem informasi |
- 1. Mahasiswa mampu mengerjakan tes pendahuluan mengenai pemrograman SQL.
- 2.Mahasiswa mampu merancang basis data sederhana sesuai dengan tugas sebelumnya
|
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar dan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa dapat merancang dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa dapat merancang sebagian
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat merancang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemrograman basis data dengan bahasa pemrograman SQL 1. Definisi SQL 2. Konsep SQL 3. Sintaks pada pemrograman SQL 4. Cara membuat record 5. Cara membuat form 6. Cara membuat table Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu merancang pemrograman search dan query yang mendukung basis data
- Mahasiswa mampu menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi
|
1. Mahasiswa mampu merancang search dan query sesuai dengan tugas sebelumnya. |
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar dan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat merancang dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat merancang dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemrograman menggunakan bahasa SQL untuk mendukung proses search dan query yang sesuai kebutuhan 1. Konsep query dan search 2. Sintaks bahasa SQL untuk membuat query dan search 3. Cara membuat query 4. Cara membuat search Pustaka: Materi: Pemrograman menggunakan bahasa SQL untuk mendukung proses search dan query yang sesuai kebutuhan 1. Konsep query dan search 2. Sintaks bahasa SQL untuk membuat query dan search 3. Cara membuat query 4. Cara membuat search Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu merancang pemrograman search dan query yang mendukung basis data
- Mahasiswa mampu menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi
|
1. Mahasiswa mampu merancang search dan query sesuai dengan tugas sebelumnya. |
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar dan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat merancang dengan benar namun kurang rinci
- Skor (2) jika mahasiswa mampu merancang dengan benar
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat merancang dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pemrograman menggunakan bahasa SQL untuk mendukung proses search dan query yang sesuai kebutuhan 1. Konsep query dan search 2. Sintaks bahasa SQL untuk membuat query dan search 3. Cara membuat query 4. Cara membuat search Pustaka: Materi: Pemrograman menggunakan bahasa SQL untuk mendukung proses search dan query yang sesuai kebutuhan 1. Konsep query dan search 2. Sintaks bahasa SQL untuk membuat query dan search 3. Cara membuat query 4. Cara membuat search Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang sistem informasi sederhana |
1. Mahasiswa mampu merancang sistem informasi (problem definition sampai implementation mulai DFD, ERD, Data Base dan Aplikasi Web) |
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pengelolaan Proyek Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu merancang sistem informasi sederhana |
1. Mahasiswa mampu merancang sistem informasi (problem definition sampai implementation mulai DFD, ERD, Data Base dan Aplikasi Web) |
Kriteria:
- Metode skor (4 ) jika mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan dengan rinci
- Skor (3) jika mahasiswa Mahasiswa dapat menjelaskan sebagian
- Skor (2) jika mahasiswa mampu menyebutkan beberapa bagian saja
- Skor (1) jika mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi
|
|
Materi: Pengelolaan Proyek Pustaka: N Azis, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Widina Media Utama, Bandung, 2022 |
20% |