Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Philosophy And Educational Policy

8811102122

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

29 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan filsafat dan kebijakan pendidikan dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis pendidikan sebagai sistem kompleks yang terkait dengan sistem sosial, politik, dan budaya, serta kebijakan-kebijakan baru dalam bidang pendidikan melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk meng-hasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.

Pustaka

Utama :

  1. Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury.
  2. Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia.Bandung: Kaifa.
  3. Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa.
  4. Chatib, M. (2012). Orangtuanya manusia: melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrahsetiap anak.Bandung: Kaifa.
  5. Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
  6. Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes.New York: Routledge.
  7. Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.
  8. Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Pendukung :

  1. 3. Kebijakan-kebijakan terbaru bidang pendidikan

Dosen Pengampu

OIKUREMA PURWATI

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
PBL
Materi: ruang lingkup filsafat
Pustaka: Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury.
10%

2

Minggu ke 2

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
Materi: -
Pustaka: Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia.Bandung: Kaifa.
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Kriteria:

Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan
Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Kriteria:

Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan
Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Kriteria:

Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan
Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

  1. Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
  2. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
  3. Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
  4. Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Kriteria:

Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL
PBL
Materi: implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.

Materi: kebijakan-kebijakan pendidikan
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

uts

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

Materi: Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
Pustaka: Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelaja
15%

9

Minggu ke 9

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
5%

15

Minggu ke 15

Kriteria:

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring

10%

16

Minggu ke 16

Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Praktik / Unjuk Kerja 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.