
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Philosophy And Educational Policy |
8811102122 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
29 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan filsafat dan kebijakan pendidikan dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis pendidikan sebagai sistem kompleks yang terkait dengan sistem sosial, politik, dan budaya, serta kebijakan-kebijakan baru dalam bidang pendidikan melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk meng-hasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury.
- Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia.Bandung: Kaifa.
- Chatib, M. (2012). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara.Bandung: Kaifa.
- Chatib, M. (2012). Orangtuanya manusia: melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrahsetiap anak.Bandung: Kaifa.
- Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka.
- Haynes, J., Gale, K., & Parker, M. (2015). Philosophy and Education: An IntroductionTo Key Questions and Themes.New York: Routledge.
- Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars.
- Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelaja
|
Pendukung : |
|
- 3. Kebijakan-kebijakan terbaru bidang pendidikan
|
Dosen Pengampu
|
OIKUREMA PURWATI |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
PBL
|
Materi: ruang lingkup filsafat Pustaka: Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia.Bandung: Kaifa. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Kriteria:
Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Kriteria:
Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Kriteria:
Mampu menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
Materi: implementasi filsafat dalam pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
- Mendefinisikan ilmu filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara ontology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara epistemology
- Menguraikan makna filsafat pendidikan bahasa dan sastra secara aksiologi
- Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra
|
Kriteria:
Menganalisis implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
PBL
|
Materi: implementasinya dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Pustaka: Lone, J. M., & Israeloff, R. (Penyunt.). (2012). Philosophy and Education: Introducing Philosophy to Young People.Newcastle: Cambridge Scholars. Materi: kebijakan-kebijakan pendidikan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
|
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
|
Materi: Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Pustaka: Rohman, S., & Wibowo, A. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan: Kajian Filsafat Pendidikan Masa Depan di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelaja |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Chatib, M., & Fatimah, I. (2013). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan fungsi otak belajar dengan manajemen display kelas.Bandung: Mizan Pustaka. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
Kriteria:
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengimplementasikan dalam metodologi keilmuan filsafat pendidikan bahasa dan sastra |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: - Pustaka: Bailey, R. (Penyunt.). (2014). The Philosophy of Education: An Introduction.London: Bloomsbury. |
10% |