
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktek Tari |
8820902336 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
8 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain). |
PLO-7 |
Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu Bertanggung jawab dan disiplin dalam menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok dalam pembelajaran tari
|
PO - 2 |
Mampu mengekspresikan tari Jaranan secara individu dan kelompok
|
PO - 3 |
Mampu mengimplementasikan tari jaranan dari awal sampai akhir secara individu dan kelompokj
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Praktik Tari berbasis Project-Based Learning (PJBL) mengintegrasikan keterampilan tari dengan pembelajaran sepanjang hayat dan kewirausahaan. Mahasiswa akan berkolaborasi dalam proyek kreatif dan melatih ketrampilan tari. Fokusnya adalah mengembangkan kompetensi seni tari sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha yang siap menghadapi dunia profesional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Bambang Sugito, M.Sn. Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya. |
Mendiskripsikandan menjelaskan latar belakang tari bentuk yang meliputi wilayah etnik secara umum. 2. Mendiskripsikan dan menjelaskan ruang lingkup tari tari bentuk dari wilayah etnik secara umum. 3. Mendiskripsikan dan menjelaskan materi tari bentuk dari wilayah etnik. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Solfing, Discution.
|
|
Materi: Materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya. |
Mampu Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman |
Mampu mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem solving
|
|
Materi: Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) |
Mampu mengetahui & menguasai elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) |
Mampu mengetahui & menguasai elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik) Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu m,enguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Memenuhi kriteria pengerjaan UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Praktik
|
|
Materi: UTS Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Praktik
|
|
Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajran praktik
|
|
Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran praktik
|
|
Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe. Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penyajian praktik tari
|
|
Materi: UAS Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan. |
30% |