Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktek Tari

8820902336

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

8 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain).

PLO-7

Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

PLO-10

Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu Bertanggung jawab dan disiplin dalam menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok dalam pembelajaran tari

PO - 2

Mampu mengekspresikan tari Jaranan secara individu dan kelompok

PO - 3

Mampu mengimplementasikan tari jaranan dari awal sampai akhir secara individu dan kelompokj

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-6PLO-7PLO-10
PO-1  
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Praktik Tari berbasis Project-Based Learning (PJBL) mengintegrasikan keterampilan tari dengan pembelajaran sepanjang hayat dan kewirausahaan. Mahasiswa akan berkolaborasi dalam proyek kreatif dan melatih ketrampilan tari. Fokusnya adalah mengembangkan kompetensi seni tari sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha yang siap menghadapi dunia profesional.

Pustaka

Utama :

  1. Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya.

Mendiskripsikandan menjelaskan latar belakang tari bentuk yang meliputi wilayah etnik secara umum. 2. Mendiskripsikan dan menjelaskan ruang lingkup tari tari bentuk dari wilayah etnik secara umum. 3. Mendiskripsikan dan menjelaskan materi tari bentuk dari wilayah etnik.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem Solfing, Discution.

Materi: Materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

2

Minggu ke 2

Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya.

Mampu Mendiskripsikan materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Materi tari bentuk & dapat menjelaskan ruang lingkupnya.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman

Mampu mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem solving

Materi: Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik tentang tari bentuk dari Jawa Timur Mataraman
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

4

Minggu ke 4

Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)

Mampu mengetahui & menguasai elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran praktik

Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

5

Minggu ke 5

Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)

Mampu mengetahui & menguasai elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari bentuk Jaranan Sentherewe (rias, busana & musik)
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

6

Minggu ke 6

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran praktik

Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

7

Minggu ke 7

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu m,enguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Memenuhi kriteria pengerjaan UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Praktik

Materi: UTS
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
20%

9

Minggu ke 9

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
4%

10

Minggu ke 10

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
4%

11

Minggu ke 11

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Praktik

Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
4%

12

Minggu ke 12

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran praktik

Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
3%

13

Minggu ke 13

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajran praktik

Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
4%

14

Minggu ke 14

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran praktik

Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
5%

15

Minggu ke 15

Menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Mampu menguasai berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran praktik

Materi: Berbagai elemen yang terdapat pada tari bentuk Jaranan Sentherewe.
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Mampu menjelaskan sangat maksimal = 5; Mampu menjelaskan maksimal = 4; Mampu menjelaskan cukup maksimal = 3; Mampu menjelaskan kurang maksimal = 2; Mampu menjelaskan tidak maksimal = 1.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penyajian praktik tari

Materi: UAS
Pustaka: Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta. 2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur. 3. Artikel tentang Jaranan.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 63.17%
2. Praktik / Unjuk Kerja 29.17%
3. Tes 6.67%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.