
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Nutrisi dan Pengasuhan AUD |
8610702037 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
15 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan hasil berpikir kritis dengan menganalisis informasi dan data serta mengadvokasi kebijakan, hukum dan perlindungan pada anak usia dini pada tingkat lokal dan nasional berbasis keilmuan dan riset
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan hasil berpikir kritis dengan menganalisis informasi dan data serta mengadvokasi kebijakan, hukum dan perlindungan pada anak usia dini pada tingkat lokal dan nasional berbasis keilmuan dan riset
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep pengembangan kurikulum, pertumbuhan dan perkembangan anak, teori belajar, seni kreativitas, model dan strategi pembelajaran serta asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD, yang dianalisis melalui berbagai kegiatan studi dan riset literasi digital untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif yang menjunjung nilai kemanusiaan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep pengembangan kurikulum, pertumbuhan dan perkembangan anak, teori belajar, seni kreativitas, model dan strategi pembelajaran serta asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD, yang dianalisis melalui berbagai kegiatan studi dan riset literasi digital untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif yang menjunjung nilai kemanusiaan
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengkaji kebijakan,hukum, dan perlindungan anak dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai upaya memecahkan berbagai permasalahan serta kendala yang dihadapi anak usia dini sepanjang rentang tumbuh kembangnya
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengkaji kebijakan,hukum, dan perlindungan anak dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai upaya memecahkan berbagai permasalahan serta kendala yang dihadapi anak usia dini sepanjang rentang tumbuh kembangnya
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang hakekat keluarga yang mencakup pengertian, tujuan, peran, tanggung jawab keluarga, kajian tentang perilaku anak serta interaksi sosial edukatif orang tua dan anak, pengenalan pola-pola pengasuhan anak usia dini (AUD), jenis-jenis stimulasi fisik, psikis dan sosial pada anak usia dini (AUD), teori dan praktek pengasuhan anak, perawatan dan pengasuhan anak (asih, asah, asuh), kemampuan mendeteksi dini secara sederhana pengetahuan dasar kesehatan dan penyakit, keamanan dan keselamatan anak, serta merencanakan dan menilai komposisi makanan untuk anak dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat, serta cara memberikan stimulasi yang tepat dengan memanfaatkan berbagai teknologi sesuai dengan tahap perkembangan AUD. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media.
- Byrd Bredbenner, Carol, dkk. 2009
- Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga
- Chamidah, Atien Nur. 2012. Status Gizi Anak Usia Dini . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
- Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
- Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
- llingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone
- Muhammad, Kartono. 1993. P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Piziali Nichol MD, Kathryn. Panduan Menyusui . Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
- Kemdikbud. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD . Jakarta: Kemdikbud.
- Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
- Nicola Graines. 2005. Brain Foods for Kids . Jakarta: Erlangga.
- Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
- Ningrum, Mallevi Agustin. 2017. Permasalahan dan Bimbingan AUD . Surabaya: Unesa University Press.
- Devi, Nirmala. 2010. Nutrition and Food (Gizi untuk Keluarga) . Jakarta: Kompas.
- Noe’man, Rani Razak. 2012. Amazing Parenting (Menjadi Orangtua Asyik, Membentuk Anak Hebat) . Jakarta: Noura Books.
- Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
- Moehji, Sjahmien. 2002. Ilmu Gizi . Jakarta: Erlangga.
- Dowshen, Steven A, dkk. 2002. Panduan Kesehatan Balita . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Almatsier, Sunita. 2006. Prinsip Dasar Ilmu Gizi . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Santoso, Soegeng. 2008. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Universitas Terbuka.
|
Pendukung : |
|
- Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang hakikat sehat dan kesehatan |
- Mahasiswa mampu mendefinisikan pengertian sehat dan kesehatan
- Mahasiswa mampu mengemukakan ciri-ciri anak sehat
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya kesehatan bagi anak
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Hakikat dan ilmu gizi Pustaka: Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman tentang konsep dasar pengembangan anak usia dini secara holistik integratif |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengembangan AUD secara holistik integratif
- Mahasiswa mampu menjelaskan program holistik integratif di lembaga PAUD
- Mahasiswa mampu memahami layanan holistik integratif di lembaga PAUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Program pengembangan PAUD HI Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga Materi: Program pengembangan PAUD HI Pustaka: 3. Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman tentang keamanan dan keselamatan anak |
- Mahasiswa mampu memahami materi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS)
- Mahasiswa mampu memahami dan mendiskusikan tentang pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Konsep keamanan dan keselamatan anak usia dini Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman tentang pengukuran antropometri bagi AUD |
- Mahasiswa dapat mengemukakan definisi pengukuran antropometri bagi AUD
- Mahasiswa dapat menjelaskan cara mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu melakukan praktikum dengan sangat baik
- 3 = Mahasiswa mampu melakukan praktikum dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan mendiskusikan tentang pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman tentang pengetahuan dasar kesehatan dan penyakit |
- Mahasiswa dapat menjelaskan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )
- Mahasiswa mampu mengemukakan pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami materi mengenai dasar kesehatan dan penyakit pada anak usia dini dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Pemah aman kesehatan dan penyakit yang diderita oleh anak usia dini Pustaka: Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pemahaman tentang penerapan PHBS pada anak usia dini |
- Mahasiswa dapat menjelaskan peningkatan kesehatan melalui pembiasaan cuci tangan yang benar
- Mahasiswa mampu menerapkan PHBS (Perilaku hidup bersih dan sehat) melalui pembiasaan cuci tangan
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami peningkatan kesehatan anak melalui deteksi dini dengan mengetahui penyakit pada anak dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Penerapan PHBS pada anak usia dini Pustaka: Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui imunisasi |
- Menjelaskan definisi imunisasi dan manfaatnya
- Menjelaskan macam-macam imunisasi
- Menjelaskan jadwal pemberian imunisasi
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- Mahasiswa tidak mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Peningkatan kesehatan anak melalui imunisasi Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi Kesehatan dan Gizi AUD dari pertemuan 1-7 |
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui deteksi dini secara sederhana |
Mahasiswa dapat menjelaskan penyakit-penyakit yang dialami AUD |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Penyakit-penyakit anak Pustaka: Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui deteksi dini secara sederhana |
Mahasiswa dapat menjelaskan penyakit-penyakit yang dialami AUD |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Peningkatan kesehatan anak sejak dini Pustaka: Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman pemberian ASI bagi tumbuh kembang AUD |
Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya ASI bagi tumbuh kembang anak |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak dan penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: ASI bagi anak usia dini Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makan AUD
- Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
- Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Perencanaan makanan sehat bagi anak usia dini Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makan AUD
- Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
- Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
- Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makanan AUD
- Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
- Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
- Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Menu Makanan Sehat Untuk Anak Usia Dini Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Penguasaan dalam melaksanakan praktek menyusun menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun |
Mahasiswa dapat melaksanakan proses pengolahan menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
- Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
- Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 |
|
Materi: Materi kesehatan dan gizi secara keseluruhan Pustaka: Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Penguasaan dalam melaksanakan praktek menyusun menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi Kesehatan dan Gizi AUD |
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengerjakan ujian akhir semester |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan sangat baik
- Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan baik
- Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2X50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Chamidah, Atien Nur. 2012. Status Gizi Anak Usia Dini . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. |
15% |