Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Nutrisi dan Pengasuhan AUD

8610702037

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan hasil berpikir kritis dengan menganalisis informasi dan data serta mengadvokasi kebijakan, hukum dan perlindungan pada anak usia dini pada tingkat lokal dan nasional berbasis keilmuan dan riset

PO - 2

Mahasiswa mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan hasil berpikir kritis dengan menganalisis informasi dan data serta mengadvokasi kebijakan, hukum dan perlindungan pada anak usia dini pada tingkat lokal dan nasional berbasis keilmuan dan riset

PO - 3

Mahasiswa mampu menguasai konsep pengembangan kurikulum, pertumbuhan dan perkembangan anak, teori belajar, seni kreativitas, model dan strategi pembelajaran serta asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD, yang dianalisis melalui berbagai kegiatan studi dan riset literasi digital untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif yang menjunjung nilai kemanusiaan

PO - 4

Mahasiswa mampu menguasai konsep pengembangan kurikulum, pertumbuhan dan perkembangan anak, teori belajar, seni kreativitas, model dan strategi pembelajaran serta asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD, yang dianalisis melalui berbagai kegiatan studi dan riset literasi digital untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif yang menjunjung nilai kemanusiaan

PO - 5

Mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengkaji kebijakan,hukum, dan perlindungan anak dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai upaya memecahkan berbagai permasalahan serta kendala yang dihadapi anak usia dini sepanjang rentang tumbuh kembangnya

PO - 6

Mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengkaji kebijakan,hukum, dan perlindungan anak dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai upaya memecahkan berbagai permasalahan serta kendala yang dihadapi anak usia dini sepanjang rentang tumbuh kembangnya

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang hakekat keluarga yang mencakup pengertian, tujuan, peran, tanggung jawab keluarga, kajian tentang perilaku anak serta interaksi sosial edukatif orang tua dan anak, pengenalan pola-pola pengasuhan anak usia dini (AUD), jenis-jenis stimulasi fisik, psikis dan sosial pada anak usia dini (AUD), teori dan praktek pengasuhan anak, perawatan dan pengasuhan anak (asih, asah, asuh), kemampuan mendeteksi dini secara sederhana pengetahuan dasar kesehatan dan penyakit, keamanan dan keselamatan anak, serta merencanakan dan menilai komposisi makanan untuk anak dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat, serta cara memberikan stimulasi yang tepat dengan memanfaatkan berbagai teknologi sesuai dengan tahap perkembangan AUD.

Pustaka

Utama :

  1. Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media.
  2. Byrd Bredbenner, Carol, dkk. 2009
  3. Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga
  4. Chamidah, Atien Nur. 2012. Status Gizi Anak Usia Dini . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
  6. Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
  7. Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
  8. llingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone
  9. Muhammad, Kartono. 1993. P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  10. Piziali Nichol MD, Kathryn. Panduan Menyusui . Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
  11. Kemdikbud. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD . Jakarta: Kemdikbud.
  12. Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  13. Nicola Graines. 2005. Brain Foods for Kids . Jakarta: Erlangga.
  14. Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
  15. Ningrum, Mallevi Agustin. 2017. Permasalahan dan Bimbingan AUD . Surabaya: Unesa University Press.
  16. Devi, Nirmala. 2010. Nutrition and Food (Gizi untuk Keluarga) . Jakarta: Kompas.
  17. Noe’man, Rani Razak. 2012. Amazing Parenting (Menjadi Orangtua Asyik, Membentuk Anak Hebat) . Jakarta: Noura Books.
  18. Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
  19. Moehji, Sjahmien. 2002. Ilmu Gizi . Jakarta: Erlangga.
  20. Dowshen, Steven A, dkk. 2002. Panduan Kesehatan Balita . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  21. Almatsier, Sunita. 2006. Prinsip Dasar Ilmu Gizi . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  22. Santoso, Soegeng. 2008. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Universitas Terbuka.

Pendukung :

  1. Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang hakikat sehat dan kesehatan

  1. Mahasiswa mampu mendefinisikan pengertian sehat dan kesehatan
  2. Mahasiswa mampu mengemukakan ciri-ciri anak sehat
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya kesehatan bagi anak
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Hakikat dan ilmu gizi
Pustaka: Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
5%

2

Minggu ke 2

Pemahaman tentang konsep dasar pengembangan anak usia dini secara holistik integratif

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengembangan AUD secara holistik integratif
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan program holistik integratif di lembaga PAUD
  3. Mahasiswa mampu memahami layanan holistik integratif di lembaga PAUD
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Program pengembangan PAUD HI
Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga

Materi: Program pengembangan PAUD HI
Pustaka: 3. Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga
5%

3

Minggu ke 3

Pemahaman tentang keamanan dan keselamatan anak

  1. Mahasiswa mampu memahami materi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS)
  2. Mahasiswa mampu memahami dan mendiskusikan tentang pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Konsep keamanan dan keselamatan anak usia dini
Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Pemahaman tentang pengukuran antropometri bagi AUD

  1. Mahasiswa dapat mengemukakan definisi pengukuran antropometri bagi AUD
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan cara mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu melakukan praktikum dengan sangat baik
  2. 3 = Mahasiswa mampu melakukan praktikum dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

Materi: Mahasiswa mampu memahami dan mendiskusikan tentang pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak
Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
5%

5

Minggu ke 5

Pemahaman tentang pengetahuan dasar kesehatan dan penyakit

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )
  2. Mahasiswa mampu mengemukakan pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi anak
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami materi mengenai dasar kesehatan dan penyakit pada anak usia dini dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Pemah aman kesehatan dan penyakit yang diderita oleh anak usia dini
Pustaka: Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
5%

6

Minggu ke 6

Pemahaman tentang penerapan PHBS pada anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan peningkatan kesehatan melalui pembiasaan cuci tangan yang benar
  2. Mahasiswa mampu menerapkan PHBS (Perilaku hidup bersih dan sehat) melalui pembiasaan cuci tangan
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami peningkatan kesehatan anak melalui deteksi dini dengan mengetahui penyakit pada anak dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Penerapan PHBS pada anak usia dini
Pustaka: Soegeng, Santosa dan Anne, Ranti Lies. 1996. Kesehatan dan Gizi . Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
5%

7

Minggu ke 7

Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui imunisasi

  1. Menjelaskan definisi imunisasi dan manfaatnya
  2. Menjelaskan macam-macam imunisasi
  3. Menjelaskan jadwal pemberian imunisasi
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. Mahasiswa tidak mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Peningkatan kesehatan anak melalui imunisasi
Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi Kesehatan dan Gizi AUD dari pertemuan 1-7

Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik

Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50

Materi: UTS
Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media.
15%

9

Minggu ke 9

Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui deteksi dini secara sederhana

Mahasiswa dapat menjelaskan penyakit-penyakit yang dialami AUD

Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Penyakit-penyakit anak
Pustaka: Adriani, Merryana dan Wirjatmadi, Bambang. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
5%

10

Minggu ke 10

Pemahaman tentang peningkatan kesehatan melalui deteksi dini secara sederhana

Mahasiswa dapat menjelaskan penyakit-penyakit yang dialami AUD

Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Peningkatan kesehatan anak sejak dini
Pustaka: Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Pemahaman pemberian ASI bagi tumbuh kembang AUD

Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya ASI bagi tumbuh kembang anak

Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak dan penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: ASI bagi anak usia dini
Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media.
5%

12

Minggu ke 12

Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makan AUD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
  3. Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Perencanaan makanan sehat bagi anak usia dini
Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga
5%

13

Minggu ke 13

Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makan AUD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
  3. Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
  2. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
  3. Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat
Pustaka: Catur, Adi Annis. 2012. Konsep Angka Kecukupan Gizi (AKG)-Recommended Daily Allowance (RDA) . Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan FKM Universitas Airlangga
5%

14

Minggu ke 14

Pemahaman tentang perencanaan dan penilaian komposisi makanan sehat untuk AUD dan mengembangkan pengenalan etika dalam makan dan sosialisasi makanan sehat

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pola makanan AUD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan makanan sehat untuk AUD
  3. Mahasiswa mampu merencanakan makanan bagi AUD dan keluarga
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
  2. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
  3. Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Menu Makanan Sehat Untuk Anak Usia Dini
Pustaka: Hasibuan, Rachma. 2017. Kesehatan, Gizi, Keamanan dan Keselamatan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Penguasaan dalam melaksanakan praktek menyusun menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun

Mahasiswa dapat melaksanakan proses pengolahan menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan sangat baik
  2. Mahasiswa mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik
  3. Mahasiswa tidak mampu merencanakan dan membuat hasil karya dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50

Materi: Materi kesehatan dan gizi secara keseluruhan
Pustaka: Ningrum, Mallevi Agustin. 2016. Pola Pengasuhan Anak Usia Dini . Surabaya: Unesa University Press.

Materi: Penguasaan dalam melaksanakan praktek menyusun menu makanan sehat untuk anak usia 0-6 tahun
Pustaka: Adriani, Merryana. 2014. Gizi dana Kesehatan Balita . Jakarta: Prenada Media.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi Kesehatan dan Gizi AUD

Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengerjakan ujian akhir semester

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan sangat baik
  2. Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan baik
  3. Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pernyataan tes tulis dengan baik

Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2X50

Materi: UAS
Pustaka: Chamidah, Atien Nur. 2012. Status Gizi Anak Usia Dini . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.