Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tesis

6310607023

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=7

P=0

ECTS=15.68

3

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si,




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si




TJITJIK RAHAJU

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

PLO-12

Mampu mempublikasikan hasil penelitian

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menyusun Pendahuluan Bidang Administrasi Publik dalam bentuk Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

PO - 2

Menyusun Kerangka Teori Administrasi Publik dalam bentuk Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

PO - 3

Melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan dan metode penelitian ilmiah secara tepat dalam pengumpulan dan analisis data penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

PO - 4

Menyusun tesis yang sistematis, orisinal, dan bermakna secara akademik maupun praktis

PO - 5

Mempublikasikan hasil penelitian

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-12
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan tugas akhir dari proses pembelajaran di Program Magister Administrasi Publik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk menyusun dan mempertahankan hasil penelitian mandiri yang sistematis dan sesuai dengan kaidah akademik dalam bentuk tesis. Tesis ditujukan untuk menjawab suatu permasalahan aktual dalam bidang administrasi publik berdasarkan pendekatan ilmiah, baik kualitatif, kuantitatif, maupun campuran. Mahasiswa merancang, melaksanakan, dan menuliskan hasil penelitian berdasarkan permasalahan administrasi publik dengan pendekatan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan etis.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
  2. Wilkinson, David and Peter Birmingham.2003. Using Research Instruments A Guide For Researchers.London. RoutledgeFalmer. Taylor&Francis Group.
  3. Gastel, Barbara and Robert A. Day. 2022. How to Write and Publish a Scientific Paper. Nine Edition.California. Greenwood
  4. Hartley, James.2008.Academic Writing and Publishing: A Practical Hanbook.New York.Routledge.

Pendukung :

Dosen Pengampu

PRASETYO ISBANDONO

TJITJIK RAHAJU

ANANG KISTYANTO

WENI ROSDIANA

FIRRE AN SUPRAPTO

SUCI MEGAWATI

Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si.

Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.

Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun Pendahuluan Bidang Administrasi Publik dalam bentuk Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Pendahuluan Penelitian Bidang Administrasi Publik

Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi masalah penelitian Penelitian Bidang Administrasi Publik
  2. Ketepatan perumusan masalah penelitian Bidang Administrasi Publik
  3. Ketepatan penyusunan latar belakang penelitian Bidang Administrasi Publik
  4. Ketepatan uraian tujuan penelitian Bidang Administrasi Publik
  5. Ketepatan uraian manfaat Penelitian Bidang Administrasi Publik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 1
8.5 jam

Materi: The Selection of Research Approach
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
5%

2

Minggu ke 2

Menyusun Teori Administrasi Publik dalam bentuk Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Teori Administrasi Publik

Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi Teori Administrasi Publik
  2. Ketepatan Review Teori Administrasi Publik
  3. Ketepatan Uraian analisis Teori Administrasi Publik
  4. Ketepatan Penyusunan Kerangka Pikir Penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 2
8.5 jam

Materi: Review of Literature
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun metode penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

5%

4

Minggu ke 4

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
5%

5

Minggu ke 5

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

6

Minggu ke 6

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

7

Minggu ke 7

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

8

Minggu ke 8

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

9

Minggu ke 9

Melaksanakan penelitian Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya yang relevan dengan penelitian bidang administrasi publik

Metode Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Pendekatan Penelitian
  2. Ketepatan Jenis Penelitian
  3. Ketepatan Penyusunan Lokasi Penelitian
  4. Ketepatan Penyusunan Fokus atau Definisi Operasional Penelitian
  5. Ketepatan Pengumpulan Data Penelitian
  6. Ketepatan Analisis Data Penelitian
  7. Ketepatan Penyusunan Pedoman Wawancara atau instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 3
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

10

Minggu ke 10

Menyusun Hasil dan Pembahasan Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Hasil Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Hasil Penelitian
  2. Kedalaman Hasil Penelitian
  3. Ketepatan Analisis Penelitian
  4. Kedalaman Analisis Penelitian
  5. Ketepatan Teknik Penulisan
  6. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan
  7. Referensi yang berkualitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 4
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
4%

11

Minggu ke 11

Menyusun Hasil dan Pembahasan Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Hasil Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Hasil Penelitian
  2. Kedalaman Hasil Penelitian
  3. Ketepatan Analisis Penelitian
  4. Kedalaman Analisis Penelitian
  5. Ketepatan Teknik Penulisan
  6. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan
  7. Referensi yang berkualitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 4
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
4%

12

Minggu ke 12

Menyusun Hasil dan Pembahasan Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Hasil Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Hasil Penelitian
  2. Kedalaman Hasil Penelitian
  3. Ketepatan Analisis Penelitian
  4. Kedalaman Analisis Penelitian
  5. Ketepatan Teknik Penulisan
  6. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan
  7. Referensi yang berkualitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 4
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
4%

13

Minggu ke 13

Menyusun Kesimpulan dan Saran Tesis atau Tugas Akhir bentuk lainnya

Kesimpulan Penelitian

Kriteria:
  1. Ketepatan Kesimpulan Penelitian
  2. Ketajaman Kesimpulan Penelitian
  3. Kesesuaian Kesimpulan dengan rumusan masalah Penelitian
  4. Ketepatan Saran Penelitian
  5. Relevansi saran dengan temuan penelitian
  6. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Menyusun Bab 5
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
3%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan tesis dalam ujian tesis

Pedoman Penilaian Tugas Akhir Unesa

Kriteria:
  1. Penguasaan Materi
  2. Ketepatan Penyajian
  3. Kemampuan mempertahankan
  4. Sikap yang etis dan bertanggung jawab
  5. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Responsi, Konsultasi, Menyiapkan Berkas sidang , Menyusun Bahan presentasi
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
15%

15

Minggu ke 15

Merevisi tesis sesuai berita acara pelaksanaan sidang tesis atau tugas akhir lainnya

Pedoman Penilaian Tugas Akhir

Kriteria:
  1. Penguasaan Materi
  2. Ketepatan Penyajian
  3. Kesesuaian Kesimpulan dengan rumusan masalah Penelitian
  4. Kemampuan mempertahankan
  5. Sikap yang etis dan bertanggung jawab
  6. Kesesuaian Bahasa Indonesia Baku yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi, Konsultasi, Merevisi
8.5 jam

Materi: Designing Research
Pustaka: Creswell,John W and J. David Cresweel. 2018. Research Design : Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approach, Fifth Edition. London.SAGE Publications
15%

16

Minggu ke 16

Kriteria:
  1. Ketepatan Jurnal
  2. Kesesuain Jurnal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Mengunggah tesis atau tugas akhir pada repositori Unesa
Mensubmit artikel pada jurnal

Materi: How to Write and Publish A Scientific Paper
Pustaka: Gastel, Barbara and Robert A. Day. 2022. How to Write and Publish a Scientific Paper. Nine Edition.California. Greenwood

Materi: Academic Writing
Pustaka: Hartley, James.2008.Academic Writing and Publishing: A Practical Hanbook.New York.Routledge.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 82.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.