Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Sumber Daya Manusia

6920102091

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

15 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim MBKM




Tim MBKM




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis kebutuhan tenaga kerja, budaya organisasi, dan hubungan industrial untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam praktik manajemen sumber daya manusia.

PO - 2

Mampu mengevaluasi fungsi HR seperti perekrutan dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian kinerja untuk memastikan efektivitas, keadilan, dan keselarasan dengan tujuan organisasi.

PO - 3

Mengevaluasi sistem pengembangan karir dan pelatihan berdasarkan teori sosiologi organisasi (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia memberikan pemahaman tentang pengelolaan manusia dalam organisasi dari perspektif sosiologis. Isi mata kuliah meliputi perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, sistem kompensasi, serta hubungan industrial. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan untuk menganalisis dinamika sosial dalam pengelolaan SDM, memahami hubungan antara struktur organisasi dan praktik SDM, serta mengidentifikasi isu-isu kontemporer seperti diversitas, etika, dan perubahan organisasi. Ruang lingkup mencakup analisis peran SDM dalam mencapai tujuan organisasi, studi kasus praktik SDM di berbagai sektor, serta implikasi sosial dan budaya dari kebijakan SDM.

Pustaka

Utama :

  1. Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
  2. Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Rivai, V., & Sagala, E. J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pendukung :

  1. Anistyasari, Yeni & Muslim, Supari. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 30–36.
  2. Deselec, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
  3. Dessler, Gary. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson
  4. Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. HRM Practices and Organizational Performance: Mediation Effect of Innovation. Lejla Turulja et al. South East European Journal of Economics and Business, 18(1), 2023.
  6. Informal Learning in Business Internships in Higher Education – Findings from a Diary Study. Vocations and Learning, 17, 433–458, 2024
  7. Rivai, V., & Sagala, E. J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Turhamun, T., Alfizi, & Rizky, Faizal Y. (2024). Open Employee Recruitment Strategy to Improve the Quality of Human Resources at PT Sanga Group Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 4(4)

Dosen Pengampu

PAMBUDI HANDOYO

DIYAH UTAMI

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar MSDM

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar MSDM
  2. Mampu mengidentifikasi fungsi MSDM dalam organisasi sosial
  3. Mampu menerapkan prinsip MSDM dalam studi kasus organisasi sosial
  4. Mampu menganalisis dampak penerapan MSDM terhadap kinerja organisasi
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi.
100

Materi: Pengertian dan ruang lingkup MSDM, Fungsi-fungsi MSDM: perencanaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, Peran MSDM dalam organisasi sosial, Studi kasus penerapan MSDM di organisasi nirlaba
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Analisis kebutuhan tenaga kerja

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik unik organisasi sosial yang mempengaruhi penerapan MSDM
  2. Mahasiswa mampu merancang program rekrutmen dan seleksi yang sesuai untuk organisasi sosial
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan skema pelatihan dan pengembangan berbasis nilai-nilai sosial
  4. Mahasiswa mampu merumuskan sistem penghargaan dan motivasi yang relevan dengan konteks organisasi nirlaba
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, presentasi, dan pembelajaran berbasis proyek.
100

Materi: Karakteristik organisasi sosial dan dampaknya terhadap praktik MSDM, Penerapan fungsi rekrutmen dan seleksi dalam organisasi nirlaba, Pengembangan program pelatihan berbasis nilai dan misi sosial, Sistem kompensasi dan motivasi untuk relawan dan staf organisasi sosial, Manajemen kinerja dalam konteks organisasi berbasis komunitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menganalisis proses rekrutmen dan seleksi melalui lensa sosiologis, mengkritisi praktik yang ada, dan mengusulkan perbaikan berbasis prinsip keadilan sosial.

  1. Mampu mengidentifikasi faktor sosiologis yang mempengaruhi rekrutmen dan seleksi
  2. Mampu menganalisis dampak proses seleksi terhadap keadilan dan keberagaman organisasi
  3. Mampu mengevaluasi efektivitas proses rekrutmen dari perspektif sosiologis
  4. Mampu memberikan rekomendasi perbaikan proses berdasarkan analisis sosiologis
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis berbasis literatur sosiologis.
100

Materi: Konsep dasar sosiologi dalam konteks organisasi, Faktor-faktor sosiologis dalam rekrutmen (seperti bias sosial, jaringan, dan budaya), Dampak proses seleksi terhadap keadilan dan inklusi, Studi kasus praktik rekrutmen dan seleksi di berbagai organisasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Rekrutmen & seleksi

  1. Mampu mengidentifikasi elemen sosiologis dalam proses rekrutmen dan seleksi
  2. Mampu menganalisis pengaruh struktur sosial, budaya, dan norma terhadap praktik rekrutmen
  3. Mampu mengevaluasi dampak ketidaksetaraan sosial dalam seleksi kandidat
  4. Mampu mengusulkan solusi berbasis analisis sosiologis untuk perbaikan proses
Kriteria:

Produk dokumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, role play
100

Materi: Konsep dasar sosiologi dalam MSDM, Teori sosiologis terkait rekrutmen dan seleksi (misalnya: teori konflik, fungsionalisme), Pengaruh struktur sosial, kelas, gender, dan etnis dalam proses seleksi, Studi kasus organisasi dengan pendekatan sosiologis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Pelatihan & pengembangan

Kesesuaian isi & tujuan

Kriteria:

Produk modul


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem.
100

Materi: Konsep dasar teori sosiologi organisasi (struktur, budaya, kekuasaan), Sistem pengembangan karir: desain, implementasi, dan evaluasi, Program pelatihan: kebutuhan, efektivitas, dan dampak sosial, Analisis kontekstual organisasi menggunakan perspektif sosiologis, Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan sistem
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Evaluasi pelatihan & kinerja

Ketepatan evaluasi

Kriteria:

Paper analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem.
100

Materi: Konsep dasar teori sosiologi organisasi (struktur, budaya, kekuasaan), Sistem pengembangan karir: desain, implementasi, dan evaluasi, Program pelatihan: kebutuhan, efektivitas, dan dampak sosial, Analisis kontekstual organisasi menggunakan perspektif sosiologis, Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan sistem
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Hubungan industrial

Argumentasi & solusi konflik

Kriteria:

Rubrik simulasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program.
100

Materi: Konsep motivasi dan reward system dalam MSDM, Hubungan budaya organisasi dengan program motivasi, Teknik perancangan program yang adaptif dengan budaya, Studi kasus organisasi dengan budaya berbeda
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas sistem pengembangan karir dan pelatihan menggunakan lensa sosiologi organisasi, termasuk menganalisis faktor sosial, budaya, dan struktural yang mempengaruhinya.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen sistem pengembangan karir dan pelatihan yang relevan dengan teori sosiologi organisasi
  2. Kemampuan menganalisis dampak sosial dan budaya dari sistem pengembangan karir dalam konteks organisasi
  3. Kemampuan mengevaluasi kesesuaian sistem dengan teori sosiologi organisasi dan memberikan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
100

Materi: Konsep dasar pengembangan karir dan pelatihan dalam organisasi, Teori sosiologi organisasi (misalnya, teori birokrasi Weber, teori konflik, teori fungsionalisme), Analisis sistem pengembangan karir melalui perspektif sosiologis, Studi kasus evaluasi sistem pengembangan karir dalam berbagai jenis organisasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat merancang program motivasi dan sistem reward yang selaras dengan nilai-nilai budaya organisasi dan mampu mengimplementasikannya dalam konteks nyata

  1. Kemampuan menganalisis karakteristik budaya organisasi
  2. Kemampuan merancang program motivasi yang sesuai dengan budaya
  3. Kemampuan mendesain sistem reward yang efektif dan kontekstual
  4. Kemampuan menyusun rencana implementasi program
Kriteria:

Paper analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program.
100
Project Based Assignment, Mahasiswa membuat desain lengkap program motivasi dan reward system untuk organisasi pilihan mereka, termasuk analisis budaya, desain program, dan rencana implementasi
Materi: Konsep dasar motivasi dan reward system, Analisis budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap motivasi, Prinsip-prinsip desain program motivasi berbasis budaya, Teknik implementasi dan evaluasi program reward, Studi kasus program motivasi di berbagai jenis budaya organisasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan merumuskan implikasi perubahan sosial terhadap kebijakan MSDM dalam organisasi.

  1. Kemampuan mengidentifikasi faktor perubahan sosial yang relevan
  2. Kemampuan menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kebijakan MSDM
  3. Kemampuan merumuskan rekomendasi kebijakan MSDM yang adaptif
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur.
100

Materi: Konsep perubahan sosial dan tren global, Dampak perubahan demografi terhadap MSDM, Pengaruh teknologi dan digitalisasi pada kebijakan MSDM, Respons MSDM terhadap perubahan nilai dan norma sosial, Studi kasus implementasi kebijakan MSDM adaptif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap sistem penilaian kinerja berdasarkan prinsip keadilan sosial seperti kesetaraan, non-diskriminasi, dan keadilan distributif.

Kedalaman analisis

Kriteria:

Paper singkat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem.
100

Materi: Konsep dasar keadilan sosial dalam MSDM, Prinsip-prinsip keadilan dalam penilaian kinerja, Teknik evaluasi sistem penilaian kinerja, Studi kasus sistem penilaian kinerja yang adil dan tidak adil
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik manajemen konflik berdasarkan teori sosiologi untuk menyelesaikan masalah hubungan industrial secara efektif dan konstruktif.

  1. Mampu mengidentifikasi sumber konflik dalam hubungan industrial menggunakan perspektif sosiologis
  2. Mampu menganalisis dinamika konflik berdasarkan teori sosiologi organisasi
  3. Mampu menerapkan teknik mediasi dan negosiasi dalam penyelesaian konflik industrial
  4. Mampu merancang strategi pencegahan konflik berdasarkan analisis sosiologis
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, simulasi konflik, presentasi, dan pembelajaran berbasis proyek.
100
Analisis Studi Kasus Konflik Industrial, Mahasiswa menganalisis studi kasus konflik industrial nyata dan menyusun rekomendasi penyelesaian berdasarkan perspektif sosiologis
Materi: Teori konflik dalam perspektif sologiologis, Teknik identifikasi dan analisis konflik industrial, Metode mediasi dan negosiasi dalam hubungan industrial, Strategi pencegahan dan resolusi konflik berbasis sosiologi, Studi kasus konflik industrial di berbagai sektor
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi model manajemen SDM yang mendukung diversitas dan inklusi sosial dalam organisasi.

Kelengkapan dokumen

Kriteria:

Produk dokumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi perancangan model.
100

Materi: Konsep diversitas dan inklusi dalam manajemen SDM, Prinsip-prinsip model SDM responsif terhadap diversitas, Studi kasus organisasi dengan praktik diversitas dan inklusi yang baik, Teknik perancangan dan evaluasi model SDM inklusif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Analisis data SDM

Ketepatan analisis

Kriteria:

Produk analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur.
100

Materi: Konsep struktur sosial dalam organisasi, Sistem kompensasi: teori dan praktik, Hubungan antara struktur sosial dan sistem kompensasi, Studi kasus organisasi dengan berbagai struktur sosial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menilai dan merekomendasikan perbaikan kebijakan K3 berdasarkan tinjauan sosiologis terhadap interaksi, norma, dan struktur sosial di lingkungan kerja.

  1. Kemampuan menganalisis faktor sosiologis lingkungan kerja yang mempengaruhi kebijakan K3
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas kebijakan K3 berdasarkan temuan analisis sosiologis
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi perbaikan kebijakan K3 yang relevan dengan konteks sosiologis
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis dokumen kebijakan.
100

Materi: Konsep dasar sosiologi lingkungan kerja, Analisis sosiologis terhadap implementasi kebijakan K3, Teknik evaluasi kebijakan berbasis pendekatan sosiologis, Studi kasus kebijakan K3 dalam berbagai sektor industri
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menganalisis karakteristik budaya organisasi dan merancang sistem motivasi serta reward yang sesuai untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen budaya organisasi yang relevan
  2. Kemampuan merancang program motivasi yang sesuai dengan budaya
  3. Kemampuan mengembangkan sistem reward yang selaras dengan nilai organisasi
  4. Kemampuan mempresentasikan desain program secara sistematis
Kriteria:

disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program.
100

Materi: Konsep budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap motivasi, Prinsip-prinsip desain program motivasi berbasis budaya, Jenis-jenis reward system dan implementasinya, Studi kasus organisasi dengan budaya yang berbeda-beda
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.