
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Sumber Daya Manusia |
6920102091 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
15 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim MBKM
|
Tim MBKM
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya; |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis kebutuhan tenaga kerja, budaya organisasi, dan hubungan industrial untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam praktik manajemen sumber daya manusia.
|
PO - 2 |
Mampu mengevaluasi fungsi HR seperti perekrutan dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian kinerja untuk memastikan efektivitas, keadilan, dan keselarasan dengan tujuan organisasi.
|
PO - 3 |
Mengevaluasi sistem pengembangan karir dan pelatihan berdasarkan teori sosiologi organisasi (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia memberikan pemahaman tentang pengelolaan manusia dalam organisasi dari perspektif sosiologis. Isi mata kuliah meliputi perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, sistem kompensasi, serta hubungan industrial. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan untuk menganalisis dinamika sosial dalam pengelolaan SDM, memahami hubungan antara struktur organisasi dan praktik SDM, serta mengidentifikasi isu-isu kontemporer seperti diversitas, etika, dan perubahan organisasi. Ruang lingkup mencakup analisis peran SDM dalam mencapai tujuan organisasi, studi kasus praktik SDM di berbagai sektor, serta implikasi sosial dan budaya dari kebijakan SDM. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
- Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
- Rivai, V., & Sagala, E. J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
|
Pendukung : |
|
- Anistyasari, Yeni & Muslim, Supari. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 30–36.
- Deselec, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
- Dessler, Gary. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson
- Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
- HRM Practices and Organizational Performance: Mediation Effect of Innovation. Lejla Turulja et al. South East European Journal of Economics and Business, 18(1), 2023.
- Informal Learning in Business Internships in Higher Education – Findings from a Diary Study. Vocations and Learning, 17, 433–458, 2024
- Rivai, V., & Sagala, E. J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Turhamun, T., Alfizi, & Rizky, Faizal Y. (2024). Open Employee Recruitment Strategy to Improve the Quality of Human Resources at PT Sanga Group Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 4(4)
|
Dosen Pengampu
|
PAMBUDI HANDOYO DIYAH UTAMI Diyah Utami, S.Sos., M.M. Diyah Utami, S.Sos., M.M. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar MSDM |
- Mampu menjelaskan konsep dasar MSDM
- Mampu mengidentifikasi fungsi MSDM dalam organisasi sosial
- Mampu menerapkan prinsip MSDM dalam studi kasus organisasi sosial
- Mampu menganalisis dampak penerapan MSDM terhadap kinerja organisasi
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi. 100 |
|
Materi: Pengertian dan ruang lingkup MSDM, Fungsi-fungsi MSDM: perencanaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, Peran MSDM dalam organisasi sosial, Studi kasus penerapan MSDM di organisasi nirlaba Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Analisis kebutuhan tenaga kerja |
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik unik organisasi sosial yang mempengaruhi penerapan MSDM
- Mahasiswa mampu merancang program rekrutmen dan seleksi yang sesuai untuk organisasi sosial
- Mahasiswa dapat mengembangkan skema pelatihan dan pengembangan berbasis nilai-nilai sosial
- Mahasiswa mampu merumuskan sistem penghargaan dan motivasi yang relevan dengan konteks organisasi nirlaba
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, presentasi, dan pembelajaran berbasis proyek. 100 |
|
Materi: Karakteristik organisasi sosial dan dampaknya terhadap praktik MSDM, Penerapan fungsi rekrutmen dan seleksi dalam organisasi nirlaba, Pengembangan program pelatihan berbasis nilai dan misi sosial, Sistem kompensasi dan motivasi untuk relawan dan staf organisasi sosial, Manajemen kinerja dalam konteks organisasi berbasis komunitas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis proses rekrutmen dan seleksi melalui lensa sosiologis, mengkritisi praktik yang ada, dan mengusulkan perbaikan berbasis prinsip keadilan sosial. |
- Mampu mengidentifikasi faktor sosiologis yang mempengaruhi rekrutmen dan seleksi
- Mampu menganalisis dampak proses seleksi terhadap keadilan dan keberagaman organisasi
- Mampu mengevaluasi efektivitas proses rekrutmen dari perspektif sosiologis
- Mampu memberikan rekomendasi perbaikan proses berdasarkan analisis sosiologis
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis berbasis literatur sosiologis. 100 |
|
Materi: Konsep dasar sosiologi dalam konteks organisasi, Faktor-faktor sosiologis dalam rekrutmen (seperti bias sosial, jaringan, dan budaya), Dampak proses seleksi terhadap keadilan dan inklusi, Studi kasus praktik rekrutmen dan seleksi di berbagai organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Rekrutmen & seleksi |
- Mampu mengidentifikasi elemen sosiologis dalam proses rekrutmen dan seleksi
- Mampu menganalisis pengaruh struktur sosial, budaya, dan norma terhadap praktik rekrutmen
- Mampu mengevaluasi dampak ketidaksetaraan sosial dalam seleksi kandidat
- Mampu mengusulkan solusi berbasis analisis sosiologis untuk perbaikan proses
|
Kriteria:
Produk dokumen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, role play 100 |
|
Materi: Konsep dasar sosiologi dalam MSDM, Teori sosiologis terkait rekrutmen dan seleksi (misalnya: teori konflik, fungsionalisme), Pengaruh struktur sosial, kelas, gender, dan etnis dalam proses seleksi, Studi kasus organisasi dengan pendekatan sosiologis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pelatihan & pengembangan |
Kesesuaian isi & tujuan |
Kriteria:
Produk modul Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem. 100 |
|
Materi: Konsep dasar teori sosiologi organisasi (struktur, budaya, kekuasaan), Sistem pengembangan karir: desain, implementasi, dan evaluasi, Program pelatihan: kebutuhan, efektivitas, dan dampak sosial, Analisis kontekstual organisasi menggunakan perspektif sosiologis, Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan sistem Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Evaluasi pelatihan & kinerja |
Ketepatan evaluasi |
Kriteria:
Paper analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem. 100 |
|
Materi: Konsep dasar teori sosiologi organisasi (struktur, budaya, kekuasaan), Sistem pengembangan karir: desain, implementasi, dan evaluasi, Program pelatihan: kebutuhan, efektivitas, dan dampak sosial, Analisis kontekstual organisasi menggunakan perspektif sosiologis, Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan sistem Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Hubungan industrial |
Argumentasi & solusi konflik |
Kriteria:
Rubrik simulasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program. 100 |
|
Materi: Konsep motivasi dan reward system dalam MSDM, Hubungan budaya organisasi dengan program motivasi, Teknik perancangan program yang adaptif dengan budaya, Studi kasus organisasi dengan budaya berbeda Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas sistem pengembangan karir dan pelatihan menggunakan lensa sosiologi organisasi, termasuk menganalisis faktor sosial, budaya, dan struktural yang mempengaruhinya. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen sistem pengembangan karir dan pelatihan yang relevan dengan teori sosiologi organisasi
- Kemampuan menganalisis dampak sosial dan budaya dari sistem pengembangan karir dalam konteks organisasi
- Kemampuan mengevaluasi kesesuaian sistem dengan teori sosiologi organisasi dan memberikan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi. 100 |
|
Materi: Konsep dasar pengembangan karir dan pelatihan dalam organisasi, Teori sosiologi organisasi (misalnya, teori birokrasi Weber, teori konflik, teori fungsionalisme), Analisis sistem pengembangan karir melalui perspektif sosiologis, Studi kasus evaluasi sistem pengembangan karir dalam berbagai jenis organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat merancang program motivasi dan sistem reward yang selaras dengan nilai-nilai budaya organisasi dan mampu mengimplementasikannya dalam konteks nyata |
- Kemampuan menganalisis karakteristik budaya organisasi
- Kemampuan merancang program motivasi yang sesuai dengan budaya
- Kemampuan mendesain sistem reward yang efektif dan kontekstual
- Kemampuan menyusun rencana implementasi program
|
Kriteria:
Paper analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program. 100 |
Project Based Assignment, Mahasiswa membuat desain lengkap program motivasi dan reward system untuk organisasi pilihan mereka, termasuk analisis budaya, desain program, dan rencana implementasi
|
Materi: Konsep dasar motivasi dan reward system, Analisis budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap motivasi, Prinsip-prinsip desain program motivasi berbasis budaya, Teknik implementasi dan evaluasi program reward, Studi kasus program motivasi di berbagai jenis budaya organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan merumuskan implikasi perubahan sosial terhadap kebijakan MSDM dalam organisasi. |
- Kemampuan mengidentifikasi faktor perubahan sosial yang relevan
- Kemampuan menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kebijakan MSDM
- Kemampuan merumuskan rekomendasi kebijakan MSDM yang adaptif
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur. 100 |
|
Materi: Konsep perubahan sosial dan tren global, Dampak perubahan demografi terhadap MSDM, Pengaruh teknologi dan digitalisasi pada kebijakan MSDM, Respons MSDM terhadap perubahan nilai dan norma sosial, Studi kasus implementasi kebijakan MSDM adaptif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap sistem penilaian kinerja berdasarkan prinsip keadilan sosial seperti kesetaraan, non-diskriminasi, dan keadilan distributif. |
Kedalaman analisis |
Kriteria:
Paper singkat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi sistem. 100 |
|
Materi: Konsep dasar keadilan sosial dalam MSDM, Prinsip-prinsip keadilan dalam penilaian kinerja, Teknik evaluasi sistem penilaian kinerja, Studi kasus sistem penilaian kinerja yang adil dan tidak adil Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik manajemen konflik berdasarkan teori sosiologi untuk menyelesaikan masalah hubungan industrial secara efektif dan konstruktif. |
- Mampu mengidentifikasi sumber konflik dalam hubungan industrial menggunakan perspektif sosiologis
- Mampu menganalisis dinamika konflik berdasarkan teori sosiologi organisasi
- Mampu menerapkan teknik mediasi dan negosiasi dalam penyelesaian konflik industrial
- Mampu merancang strategi pencegahan konflik berdasarkan analisis sosiologis
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, simulasi konflik, presentasi, dan pembelajaran berbasis proyek. 100 |
Analisis Studi Kasus Konflik Industrial, Mahasiswa menganalisis studi kasus konflik industrial nyata dan menyusun rekomendasi penyelesaian berdasarkan perspektif sosiologis
|
Materi: Teori konflik dalam perspektif sologiologis, Teknik identifikasi dan analisis konflik industrial, Metode mediasi dan negosiasi dalam hubungan industrial, Strategi pencegahan dan resolusi konflik berbasis sosiologi, Studi kasus konflik industrial di berbagai sektor Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi model manajemen SDM yang mendukung diversitas dan inklusi sosial dalam organisasi. |
Kelengkapan dokumen |
Kriteria:
Produk dokumen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi perancangan model. 100 |
|
Materi: Konsep diversitas dan inklusi dalam manajemen SDM, Prinsip-prinsip model SDM responsif terhadap diversitas, Studi kasus organisasi dengan praktik diversitas dan inklusi yang baik, Teknik perancangan dan evaluasi model SDM inklusif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Analisis data SDM |
Ketepatan analisis |
Kriteria:
Produk analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur. 100 |
|
Materi: Konsep struktur sosial dalam organisasi, Sistem kompensasi: teori dan praktik, Hubungan antara struktur sosial dan sistem kompensasi, Studi kasus organisasi dengan berbagai struktur sosial Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menilai dan merekomendasikan perbaikan kebijakan K3 berdasarkan tinjauan sosiologis terhadap interaksi, norma, dan struktur sosial di lingkungan kerja. |
- Kemampuan menganalisis faktor sosiologis lingkungan kerja yang mempengaruhi kebijakan K3
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas kebijakan K3 berdasarkan temuan analisis sosiologis
- Kemampuan menyusun rekomendasi perbaikan kebijakan K3 yang relevan dengan konteks sosiologis
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis dokumen kebijakan. 100 |
|
Materi: Konsep dasar sosiologi lingkungan kerja, Analisis sosiologis terhadap implementasi kebijakan K3, Teknik evaluasi kebijakan berbasis pendekatan sosiologis, Studi kasus kebijakan K3 dalam berbagai sektor industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menganalisis karakteristik budaya organisasi dan merancang sistem motivasi serta reward yang sesuai untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen budaya organisasi yang relevan
- Kemampuan merancang program motivasi yang sesuai dengan budaya
- Kemampuan mengembangkan sistem reward yang selaras dengan nilai organisasi
- Kemampuan mempresentasikan desain program secara sistematis
|
Kriteria:
disiplin dan etika kerja, pemahaman konsep MSDM, keterampilan teknis, kemampuan analisis dan problem solving, komunikasi dan kolaborasi, serta kualitas laporan dan presentasi hasil magang Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi desain program. 100 |
|
Materi: Konsep budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap motivasi, Prinsip-prinsip desain program motivasi berbasis budaya, Jenis-jenis reward system dan implementasinya, Studi kasus organisasi dengan budaya yang berbeda-beda Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |