
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Umum |
8420103074 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
3 Februari 2020 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Beni Setiawan, Ph.D.; Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.; Martini, S.Pd., M.Pd.; Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.; Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.; Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Beni Setiawan, Ph.D.
|
ERMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep-konsep dasar kimia untuk menyelesikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kimia.
|
PO - 2 |
Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan pengetahuan sesuai program studinya.
|
PO - 3 |
Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah dalam kegiatan laboratorium yang sesuai
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang penerapan berbagai sumber belajar, media pembelajaran, dan kegiatan laboratorium yang sesuai untuk mendukung penguasaan konsep: Metode Ilmiah, Sifat-sifat Materi, Stoikhiometri, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Wujud Zat, Energetika, Larutan, Sistem Koloid, Kimia Karbon dan Biokimia. Pembelajaran disajikan dalam bentuk teori, praktikum dan pemberian tugas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
- Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.
- Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
- Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
|
Dosen Pengampu
|
MARTINI ERMAN SITI NURUL HIDAYATI BENI SETIAWAN WAHYU BUDI SABTIAWAN ERNITA VIKA AULIA Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Prof. Dr. Erman, M.Pd. Prof. Dr. Erman, M.Pd. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd. Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd. Dra. Martini, M.Pd. Dra. Martini, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul |
- Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
- Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
- Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul |
- Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
- Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
- Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam); Mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls) |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam).
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls).
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Ikatan Kimia.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
Indikator penilaian dari Pertemuan 1 s.d 7 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) |
UTS (Paper-pencil test) 2 x 50‘ |
UTS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA) 2 x 50‘ |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs; Menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Energitika Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Energitika Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Energitika Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Energitika Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan konsep senyawa karbon; Mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia |
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep senyawa karbon.
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Indikator penilaian dari Pertemuan 9 s.d 15 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) |
UAS (Paper-pencil test) 2 x 50‘ |
UAS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA) 2 x 50‘ |
|
0% |