Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar-dasar Pemisahan Kimia

8420403331

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

17 Mei 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Rusmini, S.Pd., M.Si.




Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si




UTIYA AZIZAH

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi bahan kimia

PLO-11

Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar dan penerapan cara pemisahan kimia secara destilasi

PO - 2

Mahasiswa menganalisis konsep dasar dan penerapan metode pemisahan kimia secara ekstraksi

PO - 3

Mahasiswa menerapkan pemisahan kimia, meliputi metode destilasi, ekstraksi, kromatografi, elektrogravimetri dan pemisahan dengan membran

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar dan penerapan cara pemisahan kimia secara kromatografi

PO - 5

Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar dan penerapan cara pemisahan kimia secara elektrogravimetri

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar dan penerapan cara pemisahan kimia secara membran

PO - 7

mahasiswa mengevaluasi metode pemisahan dengan destilasi, ekstraksi dan kromatografi

PO - 8

mahasiswa mengevaluasi metode pemisahan dengan elektrogravimetri dan membran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang teknik-teknik pemisahan kimia ditinjau dari struktur kimia, energetika dan analisis kimia meliputi teknik destilasi, ekstraksi, kromatografi, membran dan elektroanalisis diikuti dengan kegiatan laboratorium yang menunjang sehingga mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep terkait, terampil menggunakan alat, mampu bekerjasama dan bertanggungjawab serta dapat mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilannya secara ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
  2. Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill
  3. Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
  4. Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
  5. Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.
  6. Braithwaite and Smith, 1999, Chromatographic Methods fifth edition, London: Kluwer Academic Publishers

Pendukung :

Dosen Pengampu

UTIYA AZIZAH

SUKARMIN

RUSMINI

INDAH ARDININGSIH

ROSALINA EKA PERMATASARI

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Dr. Rusmini, S.Pd., M.Si.

Dr. Rusmini, S.Pd., M.Si.

Dr. Indah Ardiningsih, S.Si, M.Sc.

Dr. Indah Ardiningsih, S.Si, M.Sc.

Dr. Sukarmin, M.Pd.

Dr. Sukarmin, M.Pd.

Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.

Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis konsep dasar pemisahan kimia dan prinsip-prinsip dasar yang mendasarinya

  1. mengklasifikasi dasar- dasar pemisahan
  2. membedakan berbagai metode pemisahan
Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas
3 X 50 menit

Materi: destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: membran
Pustaka: Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.

Materi: elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons

Materi: kromatografi
Pustaka: Braithwaite and Smith, 1999, Chromatographic Methods fifth edition, London: Kluwer Academic Publishers
0%

2

Minggu ke 2

Mengklasifikasikan destilasi, destilasi tunggal, destilasi ber tingkat (fraksional), dan dapat melakukan pemisahan dengan cara destilasi

mengklasifikasi destilasi, destilasi Tunggal dan destilasi bertingkat

Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas
3 X 50 menit

Materi: destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
0%

3

Minggu ke 3

mengklasifikasikan jenis – jenis destilasi dan aplikasinya dalam pemisahan campuran

  1. mengklasifikasikan jenis – jenis destilasi dan aplikasinya dalam pemisahan campuran
  2. menganalisis artikel pemisahan dengan destilasi
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, tugas, studi kasus, latihan soal
3 X 50 menit

Materi: destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
10%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis konsep dan prinsip dasar ekstraksi, jenis dan syarat pelarut ideal, dan jenis jenis ektraksi
  2. Menghitung Koefisien Distribusi (KD) dan Persen Terekstraksi (% E)
  1. Menganalisis konsep dan prinsip dasar ekstraksi, jenis dan syarat pelarut ideal, dan jenis jenis ektraksi
  2. menghitung Koefisien Distribusi (KD) dan Persen Terekstraksi (% E)
  3. menganalisis artikel pemisahan dengan ekstraksi
Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
0%

5

Minggu ke 5

menerapkan perhitungan dalam ekstraksi, ekstraksi berturut-turut. Ekstraksi ion logam dengan kelat, ekstraksi Craig

  1. membedakan macam-macam ektraksi
  2. menghitung persen terekstraksi
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, tugas, studi kasus
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
10%

6

Minggu ke 6

  1. mengklasifikasikan teori dasar kromatografi
  2. menganalisis pemisahan dengan kromatografi
  1. Menyebutkan tujuan, manfaat dasar- dasar pemisahan dengan kromatografi
  2. mengklasifikasikan macam-macam kromatografi
Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: kromatografi
Pustaka: Braithwaite and Smith, 1999, Chromatographic Methods fifth edition, London: Kluwer Academic Publishers

Materi: kromatografi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
0%

7

Minggu ke 7

menganalisis data kualitatif dan kuantitatif dengan kromatografi

  1. menghitung nilai Rf
  2. menganalisis data kualitatif
  3. menganalisis data kualitatif
  4. menganalisis artikel pemisahan dengan kromatografi
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah , tanya jawab, studi kasus, diskusi
3 X 50 menit

Materi: kromatografi
Pustaka: Braithwaite and Smith, 1999, Chromatographic Methods fifth edition, London: Kluwer Academic Publishers

Materi: kromatografi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
10%

8

Minggu ke 8

mengevaluasi pemisahan dengan destilasi, ekstraksi dan kromatografi (UTS)

mengevaluasi pemisahan dengan destilasi, ekstraksi dan kromatografi

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
3 X 50 menit

Materi: Kromatografi
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill

Materi: destilasi, ekstraksi dan kromatografi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
15%

9

Minggu ke 9

menerapkan destilasi, ekstraksi dan kromatografi pada pemisahan sampel

  1. menerapkan destilasi dalam pemisahan sampel
  2. menerapkan esktraksi dalam pemisahan sampel
  3. menerapkan kromatografi lapis tipis dalam pemisahan sampel
  4. melaporkan hasil praktikum destilasi, ekstraksi, dan kromatografi
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
praktikum dan laporan praktikum
3 X 50 menit

Materi: kromatografi
Pustaka: Braithwaite and Smith, 1999, Chromatographic Methods fifth edition, London: Kluwer Academic Publishers

Materi: ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: destilasi, ekstraksi dan kromatografi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
15%

10

Minggu ke 10

menerapkan pemisahan elektrogravimetri dan membran dalam pemisahan sampel

  1. menerapkan pemisahan dengan elektrogravimetri terhadap sampel
  2. menerapkan pemisahan dengan membran terhadap sampel
  3. mengkomunikasikan hasil praktikum elektrogravimetri dan membran
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
praktikum dan laporan praktikum
3 X 50 menit

Materi: Kromatografi
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill

Materi: elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons

Materi: membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
10%

11

Minggu ke 11

menganalisis pemisahan dengan cara elektrogravimetri dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektrogravimetri

  1. Menjelaskan dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis
  2. menganalisis pemisahan sampel dengan elektrogravimetri
Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas, latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
0%

12

Minggu ke 12

Menganalisis pemisahan dengan cara elektrogravimetri,

menganalisis hasil pemisahan sampel dengan elektrogravimetri

Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas, latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
0%

13

Minggu ke 13

mengevaluasi pemisahan dengan cara elektrogravimetri

  1. mengevaluasi hasil pemisahan dengan elektrogravimetri
  2. menganalisis artikel pemisahan dengan elektrogravimetri
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, tugas, latihan soal, studi kasus
3 X 50 menit

Materi: membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
10%

14

Minggu ke 14

Menganalisis konsep dasar pemisahan dengan membran

  1. Menjelaskan konsep dasar pemisahan dengan membran.
  2. mengklasifikasikan berbagai jenis membran
Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya jawab, tugas, latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Membran
Pustaka: Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.
0%

15

Minggu ke 15

menganalisis pemisahan dengan membran

  1. mengaplikasikan membrane dalam kehidupan sehari-hari
  2. mengevaluasi hasil pemisahan dengan membran
  3. menganalisis artikel pemisahan dengan membran
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, tugas, latihan soal, studi kasus
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Membran
Pustaka: Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.
10%

16

Minggu ke 16

mengevaluasi pemisahan dengan elektrogravimetri dan membran (UAS)

mengevaluasi pemisahan dengan elektrogravimetri dan membran

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Tes
tes tulis
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: elektrogravimetri
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill

Materi: elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Praktikum 25%
3. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.