Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian

7310105001

T=3

P=2

ECTS=11.2

1

8 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengatasi masalah spesifik dalam bidang keahlian (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan penelitian untuk memilih metode yang paling efektif berdasarkan kriteria ilmiah (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metodologi (C6)

PO - 4

Menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis (C3)

PO - 5

Mengevaluasi keefektifan metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)

PO - 6

Menciptakan laporan penelitian yang memenuhi standar publikasi ilmiah nasional dan internasional (C6)

PO - 7

Menganalisis hasil penelitian untuk mengidentifikasi implikasi praktis dan teoritis dari temuan (C4)

PO - 8

Menerapkan keterampilan kolaborasi dalam tim penelitian untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi penelitian (C3)

PO - 9

Mengevaluasi dan merefleksikan perkembangan pribadi dalam konteks penelitian untuk pembelajaran berkelanjutan (C5)

PO - 10

Mengkomunikasikan hasil penelitian secara efektif di forum akademik dan kepada masyarakat luas (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang penelitian sebagai kegiatan ilmiah, menjabarkan mengenai langkah- langkah pokok penelitian dalam berbagai metode (Kuantitatif non eksperimen, kuantitatif eksperimen dan kualitatif), teknik penelitian sampai dengan bagaimana melakukan analisis dan menghasilkan penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers
  2. Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
  3. Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.
  4. Ibrahim, A. et al. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
  5. Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
  6. Ferrero, I., & Pinto, J. (2023). “Research Ethics for the Social and Behavioral Sciences,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
  7. Festinger, D.S., et al. (2023). “Informed Consent to Research,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
  8. Denson, T.F., Anderson, C.A. (2023). “Experimental Methods,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
  9. Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.
  10. Leppink, J. (2019). Statistical Methods for Experimental Research in Education and Psychology. Switzerland: Nature Springer.
  11. Allen, G., & Muurlink, O. (2024). “Research Ethics for Human Research and Legal Issues,” in Advanced Research Methods for Applied Psychology, ed. Bough, P. Routledge.
  12. Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres.
  13. Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
  14. Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
  15. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage
  16. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press

Pendukung :

  1. Rukminingsih., et al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
  2. Bajuri, M.Z.J., et al. (2024). Referensi Kunci, State of the Art, dan Novelty dalam Pelaksanaan Penelitian Bahasa. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 12-23.
  3. Jeka, F., et al. (2023). Kajian Literatur dalam Menyusun Referensi Kunci, State Of The Art, dan Keterbaharuan Penelitian (Novelty). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26466-26474.

Dosen Pengampu

Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog.

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa menerapkan kontrak perkuliahan dan memahami konsep utama metodologi penelitian

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kontrak perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu memahami pengantar pendekatan kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu memahami alur atau tahapan penelitian kuantitatif
  4. Mahasiswa mampu mengetahui ragam penelitian kuantitatif
  5. Mahasiswa mampu memahami karakteristik penelitian kuantitatif
Kriteria:

Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
Diskusi
5 x 50

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Rukminingsih., et al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu menemukan dan memahami permasalahan dalam penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu menyusun perumusan masalah ilmiah dalam penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu menentukan fokus penelitian dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

Penilaian Hasil Literature Review


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.

Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian
Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi referensi kunci dalam penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menyusun state of art dalam penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu menentukan keterbaruan penelitian (novelty) dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

Penilaian Hasil Literature Review


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif
Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif
Pustaka: Bajuri, M.Z.J., et al. (2024). Referensi Kunci, State of the Art, dan Novelty dalam Pelaksanaan Penelitian Bahasa. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 12-23.

Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif
Pustaka: Jeka, F., et al. (2023). Kajian Literatur dalam Menyusun Referensi Kunci, State Of The Art, dan Keterbaharuan Penelitian (Novelty). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26466-26474.
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami metode-metode ilmiah penelitian psikologi

  1. Mahasiswa mampu memahami pengertian metode ilmiah
  2. Mahasiswa mampu memahami berbagai macam metode ilmiah
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  4. Mahasiswa mampu memahami cara kerja metode ilmiah
Kriteria:

Penilaian hasil project metode penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Metode ilmiah penelitian
Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Materi: Metode ilmiah penelitian
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Metode ilmiah penelitian
Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press

Materi: Metode ilmiah penelitian
Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres.
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami penentuan populasi, sampel penelitian, dan pengumpulan data penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu memahami populasi dalam penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu memahami sampel dalam penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu memahami teknik sampling dalam penelitian kuantitatif
  4. Mahasiswa mampu menentukan ukuran sampel dalam penelitian kuantitatif
  5. Mahasiswa mampu mendefinisikan data dalam penelitian kuantitatif
  6. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan data dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

Penilaian hasil project penentuan populasi dan sampel penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.

Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data
Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami metode penelitian eksperimen

  1. Mahasiswa mampu memahami pengertian metode penelitian eksperimen
  2. Mahasiswa mampu memahami karakteristik penelitian eksperimen
  3. Mahasiswa mampu memahami prosedur penelitian eksperimen
  4. Mahasiswa mampu memahami desain penelitian eksperimen
  5. Mahasiswa mampu memahami proses penelitian eksperimen
Kriteria:

Penilaian hasil project contoh penelitian eksperimen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Ibrahim, A. et al. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Denson, T.F., Anderson, C.A. (2023). “Experimental Methods,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Leppink, J. (2019). Statistical Methods for Experimental Research in Education and Psychology. Switzerland: Nature Springer.

Materi: Metode penelitian eksperimen
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan menguasai etika penelitian (research ethics)

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip etika penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami research misconduct
Kriteria:

Penilaian hasil contoh etika penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL)
5x50

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Ferrero, I., & Pinto, J. (2023). “Research Ethics for the Social and Behavioral Sciences,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Festinger, D.S., et al. (2023). “Informed Consent to Research,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Allen, G., & Muurlink, O. (2024). “Research Ethics for Human Research and Legal Issues,” in Advanced Research Methods for Applied Psychology, ed. Bough, P. Routledge.

Materi: Etika penelitian
Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres.
6%

8

Minggu ke 8

UTS

Mahasiswa mampu menyelesaikan ujian tengah semester yang telah diberikan

Kriteria:

Penilaian hasil UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

UTS
5x50
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis.

  1. Pemahaman teknik analisis data
  2. Kemampuan menginterpretasikan data penelitian
  3. Kemampuan menerapkan teknik analisis secara sistematis
Kriteria:

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring/Offline
4 jam

Materi: Pengenalan teknik analisis data, Penerapan teknik analisis data dalam penelitian, Interpretasi hasil analisis data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.
Pustaka:

Materi: PErbedaan metode kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif

Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lurng presentasi analisis data

Materi: Mencermati artikel penelitian kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif

Materi: Mencermati artikel penelitian kualitatif
Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

Materi: Mahasiswa mampu menulis artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif
Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

Luring

Materi: Mahasiswa mampmenulis artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif
Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

Materi: Mahasiswa mampu menulist artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif
Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
6%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

UAS
Materi: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 8%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 89.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.