
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian |
7310105001 |
|
T=3 |
P=2 |
ECTS=11.2 |
1 |
8 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengatasi masalah spesifik dalam bidang keahlian (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan penelitian untuk memilih metode yang paling efektif berdasarkan kriteria ilmiah (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metodologi (C6)
|
PO - 4 |
Menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis (C3)
|
PO - 5 |
Mengevaluasi keefektifan metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)
|
PO - 6 |
Menciptakan laporan penelitian yang memenuhi standar publikasi ilmiah nasional dan internasional (C6)
|
PO - 7 |
Menganalisis hasil penelitian untuk mengidentifikasi implikasi praktis dan teoritis dari temuan (C4)
|
PO - 8 |
Menerapkan keterampilan kolaborasi dalam tim penelitian untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi penelitian (C3)
|
PO - 9 |
Mengevaluasi dan merefleksikan perkembangan pribadi dalam konteks penelitian untuk pembelajaran berkelanjutan (C5)
|
PO - 10 |
Mengkomunikasikan hasil penelitian secara efektif di forum akademik dan kepada masyarakat luas (C3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | | PO-5 | | PO-6 | | PO-7 | | PO-8 | | PO-9 | | PO-10 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang penelitian sebagai kegiatan ilmiah, menjabarkan mengenai langkah- langkah pokok penelitian dalam berbagai metode (Kuantitatif non eksperimen, kuantitatif eksperimen dan kualitatif), teknik penelitian sampai dengan bagaimana melakukan analisis dan menghasilkan penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers
- Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
- Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.
- Ibrahim, A. et al. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
- Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
- Ferrero, I., & Pinto, J. (2023). “Research Ethics for the Social and Behavioral Sciences,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
- Festinger, D.S., et al. (2023). “Informed Consent to Research,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
- Denson, T.F., Anderson, C.A. (2023). “Experimental Methods,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press.
- Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press.
- Leppink, J. (2019). Statistical Methods for Experimental Research in Education and Psychology. Switzerland: Nature Springer.
- Allen, G., & Muurlink, O. (2024). “Research Ethics for Human Research and Legal Issues,” in Advanced Research Methods for Applied Psychology, ed. Bough, P. Routledge.
- Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres.
- Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage.
- Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press.
- Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage
- Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press
|
Pendukung : |
|
- Rukminingsih., et al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
- Bajuri, M.Z.J., et al. (2024). Referensi Kunci, State of the Art, dan Novelty dalam Pelaksanaan Penelitian Bahasa. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 12-23.
- Jeka, F., et al. (2023). Kajian Literatur dalam Menyusun Referensi Kunci, State Of The Art, dan Keterbaharuan Penelitian (Novelty). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26466-26474.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menerapkan kontrak perkuliahan dan memahami konsep utama metodologi penelitian |
- Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kontrak perkuliahan
- Mahasiswa mampu memahami pengantar pendekatan kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami alur atau tahapan penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu mengetahui ragam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami karakteristik penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah
Diskusi 5 x 50 |
|
Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Rukminingsih., et al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama. Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Konsep Metodologi Penelitian Kuantitatif Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa mampu menemukan dan memahami permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu menyusun perumusan masalah ilmiah dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu menentukan fokus penelitian dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Literature Review Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press. Materi: Permasalahan penelitian, rumusan masalah, fokus penelitian Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi referensi kunci dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami dan menyusun state of art dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu menentukan keterbaruan penelitian (novelty) dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Literature Review Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif Pustaka: Bajuri, M.Z.J., et al. (2024). Referensi Kunci, State of the Art, dan Novelty dalam Pelaksanaan Penelitian Bahasa. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 12-23. Materi: Kajian literatur penelitian kuantitatif Pustaka: Jeka, F., et al. (2023). Kajian Literatur dalam Menyusun Referensi Kunci, State Of The Art, dan Keterbaharuan Penelitian (Novelty). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26466-26474. |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami metode-metode ilmiah penelitian psikologi |
- Mahasiswa mampu memahami pengertian metode ilmiah
- Mahasiswa mampu memahami berbagai macam metode ilmiah
- Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mahasiswa mampu memahami cara kerja metode ilmiah
|
Kriteria:
Penilaian hasil project metode penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Metode ilmiah penelitian Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Materi: Metode ilmiah penelitian Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Metode ilmiah penelitian Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press Materi: Metode ilmiah penelitian Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami penentuan populasi, sampel penelitian, dan pengumpulan data penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa mampu memahami populasi dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami sampel dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami teknik sampling dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu menentukan ukuran sampel dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu mendefinisikan data dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu mengklasifikasikan data dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
Penilaian hasil project penentuan populasi dan sampel penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. Materi: Populasi, sampel, pengumpulan data Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami metode penelitian eksperimen |
- Mahasiswa mampu memahami pengertian metode penelitian eksperimen
- Mahasiswa mampu memahami karakteristik penelitian eksperimen
- Mahasiswa mampu memahami prosedur penelitian eksperimen
- Mahasiswa mampu memahami desain penelitian eksperimen
- Mahasiswa mampu memahami proses penelitian eksperimen
|
Kriteria:
Penilaian hasil project contoh penelitian eksperimen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Ibrahim, A. et al. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu. Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Denson, T.F., Anderson, C.A. (2023). “Experimental Methods,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press. Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Leppink, J. (2019). Statistical Methods for Experimental Research in Education and Psychology. Switzerland: Nature Springer. Materi: Metode penelitian eksperimen Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai etika penelitian (research ethics) |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip etika penelitian
- Mahasiswa mampu memahami research misconduct
|
Kriteria:
Penilaian hasil contoh etika penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI)
Problem Based Learning and Inquiry (PBL) 5x50 |
|
Materi: Etika penelitian Pustaka: Ferrero, I., & Pinto, J. (2023). “Research Ethics for the Social and Behavioral Sciences,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press. Materi: Etika penelitian Pustaka: Festinger, D.S., et al. (2023). “Informed Consent to Research,” in The Cambridge Handbook of Research Methods and Statistics for the Social and Behavioral Sciences, ed. Nichols, A.L., & Edlund, J.E. United Kingdom: Cambridge University Press. Materi: Etika penelitian Pustaka: Howitt, D., & Cramer, D. (2020). Research Methods in Psychology. United Kingdom: Pearson. Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage. Brondolo, E. (2021). Psychology Research Methods: A Writing Intensive Approach. Elsevier: Academic Press. Materi: Etika penelitian Pustaka: Mertens, D.M. (2024). Research and Evaluation in Education and Psychology (6th ed). USA: Sage Materi: Etika penelitian Pustaka: Allen, G., & Muurlink, O. (2024). “Research Ethics for Human Research and Legal Issues,” in Advanced Research Methods for Applied Psychology, ed. Bough, P. Routledge. Materi: Etika penelitian Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mahasiswa mampu menyelesaikan ujian tengah semester yang telah diberikan |
Kriteria:
Penilaian hasil UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
UTS 5x50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis. |
- Pemahaman teknik analisis data
- Kemampuan menginterpretasikan data penelitian
- Kemampuan menerapkan teknik analisis secara sistematis
|
Kriteria:
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan data penelitian secara sistematis. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring/Offline 4 jam |
|
Materi: Pengenalan teknik analisis data, Penerapan teknik analisis data dalam penelitian, Interpretasi hasil analisis data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami literature review seperti; permasalahan penelitian, perumusan masalah dan fokus penelitian dalam penelitian kualitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Pustaka: Materi: PErbedaan metode kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif |
Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami kajian literatur dalam penelitian kulitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lurng presentasi analisis data
|
|
Materi: Mencermati artikel penelitian kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis data dalam metode penelitian kualitatif
|
|
Materi: Mencermati artikel penelitian kualitatif Pustaka: Schweigert, W.A. (2021). Research Methods in Psychology: A Handbook (4th ed). Illinois: Waveland Pres. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
|
Materi: Mahasiswa mampu menulis artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
Luring
|
|
Materi: Mahasiswa mampmenulis artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Pustaka: Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed). The Guilford Press. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
|
Materi: Mahasiswa mampu menulist artikel penelitian dengan pendekatan kualitatif Pustaka: Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed). California: Sage. |
6% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
UAS
|
Materi: Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Pustaka: |
25% |