
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Big Data |
5720103154 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-12 |
Mampu memahami konsep, metode, teknik dan tahapan big data, data mining, dan kecerdasan buatan serta visualisasi data sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi informasi |
PLO-15 |
Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar, fenomena, framework, peluang dan tantangan Big Data
|
PO - 2 |
Mampu memilih dan melakukan aktivitas collection and ingestion data
|
PO - 3 |
Mampu menggunakan alat dan ekosistem analisis Big Data
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori dan menggunakan teknologi big data
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan cerdas berdasarkan hasil analisis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-12 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Analisis Big Data bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teknik, dan alat analisis yang digunakan dalam mengelola dan menganalisis data besar (big data). Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode analisis data, termasuk pengumpulan data, preprocessing, analisis statistik, machine learning, dan visualisasi data. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang big data, teknik analisis data, alat analisis data, serta penerapan analisis data dalam berbagai konteks bisnis dan teknologi. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengelola dan menganalisis data besar secara efektif untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley
- White, T. (2015). Hadoop: The Definitive Guide. O'Reilly Media
- Schmidt, A. G. (2016). Streaming Data: Understanding the Real-Time Pipeline. O'Reilly Media.
- Loshin, D. (2013). Big Data Analytics: From Strategic Planning to Enterprise Integration with Tools, Techniques, NoSQL, and Graph. Elsevier.
- Marz, N., & Warren, J. (2015). Big Data: Principles and Best Practices of Scalable Real-Time Data Systems. Manning Publications.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MONICA CINTHYA Monica Cinthya, M.Kom. Monica Cinthya, M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Pengertian, karakteristik, peluang dan tantangan dari keseluruhan aktivitas yang berhubungan dengan Big Data |
- Dapat memahami konsep big data dan pentingnya penelitian terkait big data
- Memahami karakteristik dari big data (5V's) dan mampu membedakannya dari basis data biasa
|
Kriteria:
Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi partisipatif 3 X 50 |
Diskusi daring 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar big data seperti volume, variety, velocity, dan veracity serta karakteristiknya. Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami teori dan framework dari analisis big data |
- Memahami bagaimana proses koleksi data
- Mampu mengklasifikasi jenis jenis data
- Mampu memahami sistem kompleks yang dibentuk oleh data (non singular solution)
|
Kriteria:
Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi partisipatif 3 X 50 |
Diskusi daring 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar big data seperti volume, variety, velocity, dan veracity serta karakteristiknya. Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori dan framework dari analisis big data |
- Memahami bagaimana proses koleksi data
- Mampu mengklasifikasi jenis jenis data
- Mampu memahami sistem kompleks yang dibentuk oleh data (non singular solution)
|
Kriteria:
Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi partisipatif 3 X 50 |
Diskusi daring 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar big data seperti volume, variety, velocity, dan veracity serta karakteristiknya. Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola data dan dapat mengambil pengetahuan dari data |
- Mampu mempelajari pola data
- Mampu mengambil kesimpulan dari suatu data
|
Kriteria:
Partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Latihan Studi Kasus 3 X 50 |
Ceramah, Diskusi, Latihan Studi Kasus 3 X 50 |
Materi: Konsep pemrosesan data termasuk batch processing dan stream processing. Pustaka: Smith, D. M. (2014). Data Processing and Analysis. Wiley. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami konsep dasar Framework Hadoop |
- Mampu menjelaskan tahapan dalam siklus hidup analisisi big data dari pengumpulan hingga visualisasi dan interpretasi
- Dapat memahami dan menerapkan teknik pemrosesan data batch
|
Kriteria:
Partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
Mendefinisikan Framework Hadoop dalam big data 3 X 50 |
Materi: Siklus hidup analisis big data dan teknik pemrosesan data secara batch seperti MapReduce Pustaka: Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business. O'Reilly Media. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami dan menerapkan teknik pengumpulan data secara real-time |
Mahasiswa mampu menerapkan teknologi big data untuk pengumpulan data dari berbagai sumber |
Kriteria:
Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktek melakukan crawling atau scrapping data 3 X 50 |
Praktek melakukan crawling atau scrapping data 3 X 50 |
Materi: Data Collection Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memproses pengumpulan data menggunakan teknik scrapping dari berbagai sumber data |
Mampu memahami data yang telah dikumpulkan dengan teknik scrapping |
Kriteria:
Partisipatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktek data collection 3 X 50 |
Praktek data collection 3 X 50 |
Materi: Data Collection Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
- Mampu menjelaskan setiap langkah dalam project UTS
- Menerapkan prinsip dan teknologi big data pada studi kasus yang dipilih
- Menerapkan minimal 2 dari 5 kriteria big data
|
Kriteria:
Partisifatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi Project UTS 3 X 50 |
Presentasi Progress Tugas Besar 3 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan menjelaskan kosep clustering dan teknik-teknik clustering seperto K-Means dan DBSCAN dalam analsiis big data |
- Dapat menjelaskan konsep dasar clustering dan perbedaannya dengan supervised learning
- Mampu memahami dan menerapkan algoritma K-Means dan DBSCAN untuk clustering data dalam jumlah besar
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Melakukan praktikum untuk mempelajari teknik clustering 3 X 50 |
Melakukan latihan tentang teknik clustering, serta mengerjakan tugas implementasi teknik clustering pada dataset. 3 X 50 |
Materi: Konsep clustering dan teknik seperti K-Means, DBSCAN, serta aplikasi dan algoritma lain dalam clustering. Pustaka: Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2016). Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques. Morgan Kaufmann. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Big Data di Python: Text Analysis, Exploring Socmed Sentiment Analysis and the Weather |
Mampu memahami eksplorasi big data menggunakan bahasa python |
Kriteria:
Partisifatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
Materi: Teknik pengurangan dimensi seperti Principal Component Analysis (PCA) dan t-Distributed Stochastic Neighbor Embedding (t-SNE). Pustaka: Berry, M. W., & Castellanos, M. (2009). Text Mining: Classification, Clustering, and Applications. Springer. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar text analytics dan berbagai tekniknya dalam analiis data teks |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep text analytics dan pentingnya analisis dalam big data |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Menerapkan teknik text analytics pada data teks 3 X 50 |
Melakukan praktikum tentang text analytics 3 X 50 |
Materi: Konsep text analytics dan teknik seperti term frequency-inverse document frequency (TF-IDF), dan topic modeling Pustaka: Berry, M. W., & Castellanos, M. (2009). Text Mining: Classification, Clustering, and Applications. Springer. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan menerapkan sentiment analysis pada data teks |
- Mampu memahami dan menjelaskan konsep sentiment analisis dan metode yang digunakan
- Ketepatan mahasiswa dalam menerapkan sentiment analysis untuk mengidentifikasi opini public dari data teks
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Melakukan raktikum tentang sentiment analysis 3 X 50 |
Melakukan praktikum tentang sentiment analysis 3 X 50 |
Materi: Teknik sentiment analysis dan penerapannya dalam menganalisis data teks. Pustaka: Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan & Claypool. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan algorotma supervised learning |
- Mampu memahami dan menjealskan konsep supervised learning dan perbedaannya dengan usupervised learning
- Ketepatan mahassiwa dalam menjelaskan algoritma
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Melakukan diskusi tentang supervised learning dan menganalisis serta mengimplementasikan algoritma supervised learning 3 X 50 |
Melakukan diskusi tentang supervised learning 3 X 50 |
Materi: Konsep dan algoritma dalam supervised learning seperti regresi linear, decision trees, dan SVM. Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning. MIT Press. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami osep dan algoritma unsupervised learning |
Mampu menjelaskan konsep unsupervised learning dan dapat menjelaskan algoritma clustering dan ssociation rules dalam konteks big data |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Melakukan diskusi tentang unsupervised learning 3 X 50 |
Melakukan diskusi tentang unsupervised learning 3 X 50 |
Materi: Konsep dan algoritma dalam unsupervised learning seperti clustering dan dimensionality reduction. Pustaka: Murphy, K. P. (2012). Machine Learning: A Probabilistic Perspective. MIT Press. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami dan menganalisisi dan memilih algoritma yang sesuai untuk jenis masalah dalam analisis big data |
- Mampu menganalisis masalah data daan memilih algoritma yang sesuai berdasarkan karasteristik data
- Ketepatan mahasiswa dalam mengevaluasi performa algoritma yan dipilih dan memberikan alasan utuk penggunaannya
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengerjakan studi kasus untuk menganalisis algoritma yang sesuai dengan masalah big data dan memilih algoritma untuk kasus yang diberikan. 3 X 50 |
Mengerjakan studi kasus untuk menganalisis algoritma yang sesuai untuk masalah big data dan memilih algoritma. 3 X 50 |
Materi: Analisis dan pemilihan algoritma berdasarkan jenis masalah dalam big data. Pustaka: Marz, N., & Warren, J. (2015). Big Data: Principles and Best Practices of Scalable Real-Time Data Systems. Manning Publications. |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan tugas akhir Big Data |
- Mampu menjelaskan arsitektur big data berdasarkan studi kasus yang dipilih
- Menghasilkan informasi berdasarkan data yang telah dikumpulkan
- Menerapkan algoritma machine learning untuk pemrosesan data
|
Kriteria:
Partisifatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 3 X 50 |
UAS 3 X 50 |
Materi: UAS Pustaka: |
30% |