Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Material Sistem Komunikasi RADAR

4520102286

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

22 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Frida Ulfah Ermawati




ZA Imam Supardi




MUNASIR

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjabarkan prosedur sintesis serbuk, metode fabrikasi material dielektrik keramik dan karakterisasinya sebagai material resonator (dielectric resonator, DR) pada modul DRO (Dielectric Resonator Oscillator)

PO - 2

Mahasiswa mampu menguraikan sistem kerja RADAR, dan peran penting yang diambil oleh material DR di dalam sistem RADAR

PO - 3

Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik penting sebuah osilator senyap (silent oscillator) pada sistem RADAR, dan menerapkannya pada sebuah modul DRO berbasis material DR

PO - 4

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil review terhadap performa beberapa komposisi material dielektrik sebagai material DR pada modul DRO sistem RADAR yang telah dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi terkini, serta melakukan perbandingan dengan performa beberapa modul DRO komersial yang bekerja pada pita gelombang mikro (microwave bands) yang sama

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah Material Sistem Komunikasi RADAR ini dimaksudkan untuk mengenalkan beberapa komposisi material fungsional maju (advanced functional materials) dielektrik keramik untuk aplikasi komunikasi pada daerah gelombang mikro (microwaves), serta memberikan contoh konkrit berupa beberapa publikasi terbaru (pada jurnal internasional bereputasi) dari Dosen Pengampu MK ini tentang unjuk kerja dari beberapa material fungsional dielektrik keramik yang dimaksud. Untuk itu materi kuliah ini akan disajikan secara urut dan runtut dalam empat tahap mulai dari hulu hingga hilir, yaitu: PERTAMA, dimulai dari sintesis serbuk, fabrikasi keramik dielektrik dan karakterisasinya sebagai material resonator (dielectric resonator, DR) pada modul DRO (Dielectric Resonator Oscillator) sebuah sistem RADAR. KEDUA, bagaimana sistem RADAR bekerja, dan peran penting apa yang diambil oleh material DR di dalam sistem RADAR? KETIGA, karakteristik penting apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah modul DRO berbasis material DR tersebut agar dapat disebut sebagai osilator senyap (silent oscillator)?, serta KEEMPAT, beberapa contoh konkrit hasil unjuk kerja (performa) yang sejauh ini telah dicapai oleh material DR tersebut di atas, serta perbandingannya dengan performa beberapa modul DRO komersial yang bekerja pada pita gelombang mikro (microwave bands) yang sama. Melalui pendekatan Project-based learning, pemahaman mahasiswa terhadap semua materi kuliah di atas akan dibangun.

Pustaka

Utama :

  1. Ermawati, F.U. (2017). Fisika Bahan Keramik . UNESA University Press. ISBN: 978-602-449-047-8
  2. Ermawati, F.U. (2019). Struktur Kristal Bahan Keramik. UNESA University Press. ISBN: 978-602-449-375-2
  3. Rahaman MN. Ceramic Processing and Sintering [Internet]. 2nd ed. Boca Raton: CRC Press; 2017. Available from: https://doi.org/10.1201/9781315274126
  4. Moulson, A.J., Herbert, J.M. (2003). Electroceramics: Materials, Properties and Applications. 2nd ed. John Wiley & Sons Ltd, The Atrium, Southern Gate, Chichester, West Sussex PO19 8SQ, England. https://doi.org/10.1002/0470867965 ; https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/10.1002/0470867965
  5. DROs: https://www.quanticmwd.com/blog-everything-you-need-to-know-about-dielectric-resonator-oscillators-dros/
  6. Microwave Resonators: https://web.archive.org/web/20040506203907id_/http://doppler.unl.edu:80/~rockee/microwave/resonator2.pdf
  7. Radar: https://www.noaa.gov/jetstream/doppler/how-radar-works
  8. Spectrum Analyzer: https://www.keysight.com/us/en/products/spectrum-analyzers-signal-analyzers.html
  9. Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori dan Analisis Data Eksperimen. UNESA University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
  10. Corporation SM. Dielectric Resonator Oscillator Surface Mount Model: SDRO1500-8XT [Internet]. Synergy Microwave Corporation. 2024 [cited 2024 Aug 2]. Available from: https://cdn.everythingrf.com/live/SDRO1500_8XT_638251739089161056.pdf
  11. Raditek Inc. Dielectric Resonant Oscillators “A” 8.0-10.7 GHz [Internet]. Raditek.Inc. 2018 [cited 2024 Aug 5]. Available from: https://raditek.com/IC-OSCILLATORS/DRO/RDRO-A-8.0-10.7-14d-8-18v-E-a1.pdf
  12. Qualwave Inc. Dielectric Resonator Oscillator QDO-6550-13 6.55GHz, 13dBm [Internet]. Qualwave Inc. 2016 [cited 2024 Jul 20]. Available from: http://www.qualwave.com/products/files/dros/QDO-6550-13.pdf

Pendukung :

  1. https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-025-14435-5
  2. https://link.springer.com/article/10.1007/s10854-023-10890-0

Dosen Pengampu

FRIDA ULFAH ERMAWATI

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mengenal semua tahapan sintesis serbuk dielektrik keramik secara umum. Secara khusus, memahami bahwa serbuk dapat disintesis dari starting materials dengan metode tertentu, serta mengindentifikasi fasa kristalin yang terkandung di dalam serbuk kristalin yang dhasilkan

  1. Mahasiswa mampu: Menyusun file stoikiometri sebuah komposisi serbuk keramik tertentu
  2. Menguraikan prosedur sintesis serbuk keramik dengan metode pencampuran larutan
  3. Menjelaskan tujuan kalsinasi dan mampu membedakannya dengan tujuan sinter
  4. Mendemonstrasikan cara kompaksi serbuk, menggunakan die press dan hydraulic press
  5. Menjelaskan semua mekanisme sinter dan tujuan dari masing-masing mekanisme tersebut
Kriteria:

Penilaian maksimal diberikan apabila mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami semua materi di atas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Stoikiometri komposisi keramik uji b. Tahapan sintesis serbuk dengan metode pencampuran larutan c. Kalsinasi d. Binder dan liquid aditive agents e. Fabrikasi dielektrik keramik: kompaksi serbuk & sinter f. Mekanisme sinter: Solid state sintering (SSS), Liquid phase sintering (LPS), dan Spark plasma sintering (LPS)
Pustaka: Ermawati, F.U. (2017). Fisika Bahan Keramik . Unesa Univerity Press. ISBN: 978-602-449-047-8
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengenal semua tahapan sintesis serbuk dielektrik keramik secara umum. Secara khusus, memahami bahwa serbuk dapat disintesis dari starting materials dengan metode tertentu, serta mengindentifikasi fasa kristalin yang terkandung di dalam serbuk kristalin yang dihasilkan

  1. Menguasai analisis komposisi fasa dengan metode Rietveld
  2. Mikrostrain, ukuran butir
Kriteria:
  1. Mampu mendemonstrasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif tentang analisis komposisi fasa menggunakan Metode Rietveld
  2. Menganalisis hasil pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif tentang analisis mikrostrain dan ukuran butir menggunakan W-H Plot

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Analisis struktur b. Metode Rietveld c. Mikrostrain, ukuran butir d. W-H Plot
Pustaka: Ermawati, F.U. (2018). Difraksi Sinar-X: Teori dan Analisis Data Eksperimen. UNESA University Press. ISBN: 978-602-449-209-0
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dielectric resonator oscillator (DRO), material dielectric resonator (DR) dan mencari beberapa contoh modul DRO komersial.

  1. Mempresentasikan konsep material dielektrik resonator, dielektrik resonator osilator (DRO)
  2. Menelusuri modul DRO komersial
Kriteria:
  1. Mampu mendemonstrasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif tentang konsep material dielektrik resonator, dielektrik resonator osilator (DRO)
  2. Menganalisis hasil pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif tentang Fundamental mode DRO
  3. Memperoleh hasil penelusuran tentang modul DRO komersial

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Microwave dielectric resonator (DR) b. Dielectric Resonator Oscillator (DRO) c. Fundamental mode DRO d. Higher order mode DRO
Pustaka: DROs: https://www.quanticmwd.com/...

Materi: DRO commercials
Pustaka: Microwave Resonators: https://web.archive.org/...
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menguraikan karakterisasi modul DRO berbasis material DR

  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan project berupa uraian tentang Karakteristik DRO
  2. Prinsip kerja Spectrum Analyzer
Kriteria:

Hasil-hasil project tersebut di atas benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline

Materi: a. Stabilitas frekuensi resonansi, output power, bandwidth, phase noise, high-Q factor b. Spectrum Anayzer c. TE01 mode
Pustaka: DROs: https://www.quanticmwd.com/...
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mengenal sistem RADAR, bagian-bagian utama dan prinsip kerjanya

  1. Menjabarkan sistem RADAR dan komponen-komponennya
  2. Menjabarkan prinsip kerja sistem RADAR
  3. Mengetahui berbagai aplikasi sistem RADAR
Kriteria:

Hasil project yang dipresentasikan benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Sistem RADAR b. Bagian-bagian utama RADAR c. Prinsip kerja RADAR d. Aplikasi RADAR
Pustaka: Radar: https://www.noaa.gov/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Mahasiswa mampu menjelaskan komponen DRO dan fungsinya masing-masing

Kriteria:

Penjelasan tentang komponen DRO da fungsinya yang diberikan benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Modul DRO b. Macam dan Fungsi DRO
Pustaka: DROs: https://www.quanticmwd.com/...
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Menghasilkan produk berupa ppt tentang peran modul DRO pada sistem RADAR

Kriteria:

Produk berupa ppt tentang peran modul DRO pada sistem RADAR yang dihasilkan benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: Peran modul DRO pada sistem RADAR
Pustaka: https://link.springer.com/...
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa memahami peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Menguasai pengetahuan tentang teknologi peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Kriteria:

Menyelesaikan persoalan tentang peran vital material DR dalam modul DRO sistem RADAR dengan benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline
2 x 50 menit

Materi: Peran modul DRO pada sistem RADAR
Pustaka: https://link.springer.com/......

Materi: Peran modul DRO pada sistem RADAR
Pustaka: DROs: https://www.quanticmwd.com/...
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Menguasai pengetahuan tentang teknologi peran vital material DR di dalam modul DRO sebuah sistem RADAR

Kriteria:

Menyelesaikan persoalan tentang peran vital material DR dalam modul DRO sistem RADAR dengan benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: DRO berbasis material DR
Pustaka: https://link.springer.com/...

Materi: DRO berbasis material DR
Pustaka: https://link.springer.com/...
8%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami konsep silent oscillator

  1. Mahasiswa memahami pengertian silent oscillator
  2. Mahasiswa memahami persyaratan silent oscillator
Kriteria:

Menghasilkan produk berupa ppt tentang pengertian silent oscillator dan persyaratannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. DRO sebagai silent oscillator b. Syarat-syarat silent oscillator
Pustaka: https://link.springer.com/...
8%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami peran modul DRO sebagai osillator senyap

Memahami peran modul DRO sebagai osilator senyap pada sistem RADAR

Kriteria:

Menghasilkan produk berupa ppt tentang peran modul DRO sebagai osilator senyap pada sistem RADAR


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Peran penting modul DRO berbasis material DR sebagai osilator senyap
Pustaka: https://link.springer.com/...
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menemukan publikasi-publikasi terbaru tentang performa modul DRO berbasis material DR

Hasil penelusuran referensi-referensi

Kriteria:

Produk hasil penelusuran referensi berupa ppt mengandung data/informasi yang benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Penelusuran referensi tentang performa beberapa macam modul DRO berbasis material DR pada sistem RADAR
Pustaka: https://link.springer.com/...
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menemukan publikasi-publikasi terbaru tentang performa modul DRO berbasis material DR

Review hasil penelusuran referensi-referensi terkini

Kriteria:

Produk hasil penelusuran referensi berupa ppt mengandung data/informasi yang benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: a. Penelusuran referensi tentang performa beberapa macam modul DRO berbasis material DR pada sistem RADAR
Pustaka: https://link.springer.com/...
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa menelusuri berbagai modul DRO komersial yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro

Menelusuri berbagai modul DRO komersial

Kriteria:

Produk hasil penelusuran referensi tentang berbagai modul DRO komersial berupa ppt mengandung data/informasi yang benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: Menelusuri berbagai modul DRO yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro
Pustaka: Corporation SM. Dielectric Resonator Oscillator Surface Mount Model: SDRO1500-8XT [Internet]. Synergy Microwave Corporation. 2024 [cited 2024 Aug 2]. Available from: https://cdn.everythingrf.com/...
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa menelusuri berbagai modul DRO komersial yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro

Menelusuri berbagai modul DRO komersial

Kriteria:

Produk hasil penelusuran referensi tentang berbagai modul DRO komersial yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro berupa ppt mengandung data/informasi yang benar dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50 menit

Materi: Menelusuri berbagai modul DRO yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro
Pustaka: Corporation SM. Dielectric Resonator Oscillator Surface Mount Model: SDRO1500-8XT [Internet]. Synergy Microwave Corporation. 2024 [cited 2024 Aug 2]. Available from: https://cdn.everythingrf.com/......

Materi: Mempresentasikan hasil penelusuran modul DRO komersial dan membandingkannya dengan modul DRO yang dilaporkan pada publikasi terkini di JIB
Pustaka: Raditek Inc. Dielectric Resonant Oscillators “A” 8.0-10.7 GHz [Internet]. Raditek.Inc. 2018 [cited 2024 Aug 5]. Available from: https://raditek.com/...

Materi: Mempresentasikan hasil penelusuran modul DRO komersial dan membandingkannya dengan modul DRO yang dilaporkan pada publikasi terkini di JIB
Pustaka: Qualwave Inc. Dielectric Resonator Oscillator QDO-6550-13 6.55GHz, 13dBm [Internet]. Qualwave Inc. 2016 [cited 2024 Jul 20]. Available from: http://www.qualwave.com/...
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa menelusuri berbagai modul DRO komersial yang bekerja pada beberapa macam pita gelombang mikro

Menelusuri berbagai modul DRO komersial yang bekerja pada beberapa microwave bands berbeda

Kriteria:

Penilian maksimal diberikan apabila mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya tsb dengan benar dan efektif


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline
2 x 50 menit

Materi: Mempresentasikan hasil penelusuran modul DRO komersial dan membandingkannya dengan modul DRO yang dilaporkan pada publikasi terkini di JIB
Pustaka: Raditek Inc. Dielectric Resonant Oscillators “A” 8.0-10.7 GHz [Internet]. Raditek.Inc. 2018 [cited 2024 Aug 5]. Available from: https://raditek.com/......

Materi: Mempresentasikan hasil penelusuran modul DRO komersial dan membandingkannya dengan modul DRO yang dilaporkan pada publikasi terkini di JIB
Pustaka: Qualwave Inc. Dielectric Resonator Oscillator QDO-6550-13 6.55GHz, 13dBm [Internet]. Qualwave Inc. 2016 [cited 2024 Jul 20]. Available from: http://www.qualwave.com/......

Materi: Ujian akhir semester
Pustaka: https://link.springer.com/...
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 64.5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.