Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bolavoli

8520802069

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

2

2 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes.




Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.




Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-7

Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)

PLO-11

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami sejarah bolavoli

PO - 2

Mampu menguasai dan pemahaman peraturan permainan

PO - 3

Mampu menguasai tanggung jawab petugas pertandingan dan hand sygnal

PO - 4

Mampu menguasai dan memahami score sheet bolavoli

PO - 5

Mampu menguasai statistik permainan dan system pertandingan

PO - 6

Mampu merancang peraturan dan permainan bolavoli indoor

PO - 7

Mampu mengidentifikasi gerakan passing atas secara berurutan

PO - 8

Mampu mengidentifikasi gerakan serve secara berurutan

PO - 9

Ujian Tengah Semester - UTS

PO - 10

Mampu mengidentifikasi gerakan block secara berurutan

PO - 11

Mampu mengidentifikasi gerakan spike secara berurutan

PO - 12

Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, terima spike)

PO - 13

Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima block/cover spike)

PO - 14

Mampu mengidentifikasi penyerangan secara berurutan (penyerangan serve dan spike)

PO - 15

Mampu mengidentifikasi penyerangan secara berurutan (penyerangan serve dan spike)

PO - 16

UAS- Ujian Akhir Semester

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7PLO-11
PO-1
PO-2   
PO-3  
PO-4   
PO-5   
PO-6  
PO-7   
PO-8   
PO-9  
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   
PO-16   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas Pemahaman pengetahuan pembelajaran taktik dan strategi permainan bolavoli. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, ptaktik, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya.
  2. 2.Tawakal, I. (2020). Buku Jago Bola Voli. Ilmu Cemerlang Group.
  3. 3.Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.
  4. 4.Listina, R. (2012). Mengenal Olahraga Bola Voli. PT Balai Pustaka (Persero). Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta
  5. 5.Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta

Pendukung :

  1. Pranopik, M. R. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal Prestasi, 1(1).

Dosen Pengampu

Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

IDZAM KHOLID AKBAR

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami sejarah bolavoli Mampu menguasai dan pemahaman peraturan permainan

  1. 1.1Menjelaskan sejarah bolavoli di dunia
  2. 1.2Menjelaskan sejarah bolavoli di Indonesia
  3. 1.3 Memahami pengertian bolavoli
Kriteria:
  1. Tes
  2. Tes Tertulis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

mencari literatur terkait sejarah bolavoli
2x50 menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa
Tugas mandiri mencari literatur terkait sejarah bolavoli
2x60 menit
Materi: -sejarah bolavoli di dunia -sejarah bolavoli di Indonesia pengertian bolavoli
Pustaka: 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya.
5%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Tes 2.5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.