Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bolavoli

8520802069

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

2

2 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes.




Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.




Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-9

Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)

PLO-11

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)

PLO-12

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).

PLO-13

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis sejarah dan pengertian bolavoli

PO - 2

Mengidentifikasi Bolavoli secara berurutan

PO - 3

Mampu menguasai tanggung jawab petugas pertandingan dan hand sygnal

PO - 4

Mampu menguasai dan memahami score sheet bolavoli

PO - 5

Mampu menguasai statistik permainan dan system pertandingan

PO - 6

Mampu merancang peraturan dan permainan bolavoli indoor

PO - 7

Mampu mengidentifikasi gerakan passing atas secara berurutan

PO - 8

Mampu mengidentifikasi gerakan serve secara berurutan

PO - 9

Ujian Tengah Semester - UTS

PO - 10

Mampu mengidentifikasi gerakan block secara berurutan

PO - 11

Mampu mengidentifikasi gerakan spike secara berurutan

PO - 12

Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, terima spike)

PO - 13

Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima block/cover spike)

PO - 14

Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

PO - 15

Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

PO - 16

UAS- Ujian Akhir Semester - (Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-5PLO-9PLO-11PLO-12PLO-13
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      
PO-7      
PO-8      
PO-9      
PO-10      
PO-11      
PO-12      
PO-13      
PO-14      
PO-15      
PO-16      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas Pemahaman pengetahuan pembelajaran taktik dan strategi permainan bolavoli. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, ptaktik, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya.
  2. 2.Tawakal, I. (2020). Buku Jago Bola Voli. Ilmu Cemerlang Group.
  3. 3.Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.
  4. 4.Listina, R. (2012). Mengenal Olahraga Bola Voli. PT Balai Pustaka (Persero). Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta
  5. 5.Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta

Pendukung :

  1. Pranopik, M. R. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal Prestasi, 1(1).

Dosen Pengampu

Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

IDZAM KHOLID AKBAR

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis sejarah dan pengertian bolavoli

  1. 1.1Menjelaskan sejarah bolavoli di dunia
  2. 1.2Menjelaskan sejarah bolavoli di Indonesia
  3. 1.3 Memahami pengertian bolavoli
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

mencari literatur terkait sejarah bolavoli
2x50 menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa
Tugas mandiri mencari literatur terkait sejarah bolavoli
2x60 menit
Materi: -sejarah bolavoli di dunia -sejarah bolavoli di Indonesia pengertian bolavoli
Pustaka: 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya.
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi Bolavoli secara berurutan

2.1 Menjelaskan peraturan permainan bolavoli

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

mencari literatur peraturan permainan bolavoli
2x50 menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

mencari literatur peraturan permainan bolavoli
2x60 menit
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai tanggung jawab petugas pertandingan dan memahami hand signal pada bolavoli

  1. 3.1 Menjelaskan apa saja tanggung jawab petugas pertandingan
  2. 3.2 Mendeskripsikan dan memahami hand signal pada bolavoli
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

mencari literatur tanggung jawab petugas pertandingan dan hand signal dalam bolavoli
2x50 menit

5%

4

Minggu ke 4

Memahami scorer sheet dalam bolavoli

  1. 4.1 Menjelaskan scorer sheet dalam bolavoli
  2. 4.2 Memahami scorer sheet dalam bolavoli
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

Tugas mandiri mencari literatur scorer sheet
2x50 menit

5%

5

Minggu ke 5

Menguasai statistik permainan dan sistem pertandingan

5.1 Menjelaskan statistik permainan dan sistem pertandingan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project based learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar Dosen bertanya: Bagaimana menyelenggarakan sebuah pertandingan? Mahasiswa merespons pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang sebuah pertandingan bolavoli dan ditulis dalam bentuk buku penyelenggaraan bolavoli sebagai luarannya dan di Haki-kan Mahasiswa menentukan pemain dan taktik serangan serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas pertadingan dalam bentuk buku Taktik dan Strategi bermain Bolavoli
• Fase3: Menyusun Jadwal Dosen membuat kesepakatan waktu simulasi pertandingan Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek penyelenggaraan pertandingan
• Fase 4: Monitoring Dosen memonitor proses simulasi pertandingan. Mahasiswa melaksanakan simulasi pertandingan sesuai dengan kesepakatan
• Fase 5: Evaluasi Pengalaman Dosen memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan simulasi pertandingan bolavoli
Project based learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar Dosen bertanya: Bagaimana menyelenggarakan sebuah pertandingan? Mahasiswa merespons pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang sebuah pertandingan bolavoli dan ditulis dalam bentuk buku penyelenggaraan bolavoli sebagai luarannya dan di Haki-kan Mahasiswa menentukan pemain dan taktik serangan serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas pertadingan dalam bentuk buku Taktik dan Strategi bermain Bolavoli
• Fase3: Menyusun Jadwal Dosen membuat kesepakatan waktu simulasi pertandingan Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek penyelenggaraan pertandingan
• Fase 4: Monitoring Dosen memonitor proses simulasi pertandingan. Mahasiswa melaksanakan simulasi pertandingan sesuai dengan kesepakatan
• Fase 5: Evaluasi Pengalaman Dosen memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan simulasi pertandingan bolavoli
5%

6

Minggu ke 6

Merancang peraturan dan permainan bolavoli indoor

  1. 6.1 Menjelaskan macam-macam gerakan bolavoli
  2. 6.2 Mengklasifikasi gerakan bolavoli
  3. 6.3 Menganalisis gerakan bolavoli
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penerapan gerakan dalam bolavoli secara berurutan.
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penerapan gerakan dalam bolavoli secara berurutan
5%

7

Minggu ke 7

mengidentifikasi gerakan passing atas secara berurutan

Tes

Kriteria:
  1. 7.1 Menjelaskan gerakan passing bawah dan passing atas
  2. 7.2 Mengklasifikasikan passing bawah dan gerakan passing atas
  3. 7.3 Menganalisis gerakan passing bawah dan passing atas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan passing atas secara berurutan
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan passing atas secara berurutan
5%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. 8.1 Menjelaskan gerakan serve (overhead, underhand, side hand)
  2. 8.2 Menganalisis gerakan serve (overhead, underhand, side hand)
Kriteria:

Tes tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan serve secara berurutan
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan serve secara berurutan
10%

9

Minggu ke 9

Mampu mengidentifikasi penerangan secara berurutan penerangan serve dan spike


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

10

Minggu ke 10

Mampu menjelaskan tanggung jawab petugas pertandingan dan mampu mendeskripsikan hand signal bolavoli

  1. 10.1 Menjelaskan gerakan block (cross step dan side step
  2. 10.2 Mempraktekkan gerakan block (cross step dan side step)
Kriteria:
  1. Tes
  2. Tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswaTugas mandiri Praktik gerakan block secara berurutan
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswaTugas mandiri Praktik gerakan block secara berurutan
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menguasai score sheet bolavoli

  1. 11.1 Menjelaskan gerakan spike
  2. 11.2 Mempraktek kan gerakan spike
Kriteria:
  1. Tes
  2. Tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan spike secara berurutan
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan spike secara berurutan
5%

12

Minggu ke 12

Menguasai permainan dan pertandingan bolavoli

12.1 Menjelaskan strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike)

Kriteria:
  1. Tes
  2. tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
5%

13

Minggu ke 13

Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

12.1 Menjelaskan strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike)

Kriteria:
  1. Tes
  2. tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
5%

14

Minggu ke 14

Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

  1. 14.1 Mengidentifikasi penyerangan secara berurutan
  2. 14.2 Menganalisis penyerangan secara berurutan
  3. 14.3 Mempraktekkan penyerangan secara berurutan
Kriteria:
  1. Tes
  2. Tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
5%

15

Minggu ke 15

Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)

  1. 14.1 Mengidentifikasi penyerangan secara berurutan
  2. 14.2 Menganalisis penyerangan secara berurutan
  3. 14.3 Mempraktekkan penyerangan secara berurutan
Kriteria:
  1. Tes
  2. Tes tertulis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab

Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
5%

16

Minggu ke 16

UAS Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30.42%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.5%
3. Penilaian Praktikum 2.92%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5.42%
5. Tes 8.75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.