
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bolavoli |
8520802069 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
2 |
2 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.
|
Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1) |
PLO-9 |
Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5) |
PLO-11 |
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2) |
PLO-12 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1). |
PLO-13 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis sejarah dan pengertian bolavoli
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi Bolavoli secara berurutan
|
PO - 3 |
Mampu menguasai tanggung jawab petugas pertandingan dan hand sygnal
|
PO - 4 |
Mampu menguasai dan memahami score sheet bolavoli
|
PO - 5 |
Mampu menguasai statistik permainan dan system pertandingan
|
PO - 6 |
Mampu merancang peraturan dan permainan bolavoli indoor
|
PO - 7 |
Mampu mengidentifikasi gerakan passing atas secara berurutan
|
PO - 8 |
Mampu mengidentifikasi gerakan serve secara berurutan
|
PO - 9 |
Ujian Tengah Semester - UTS
|
PO - 10 |
Mampu mengidentifikasi gerakan block secara berurutan
|
PO - 11 |
Mampu mengidentifikasi gerakan spike secara berurutan
|
PO - 12 |
Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, terima spike)
|
PO - 13 |
Mampu mengidentifikasi strategi posisi pemain (pertahanan menerima block/cover spike)
|
PO - 14 |
Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)
|
PO - 15 |
Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)
|
PO - 16 |
UAS- Ujian Akhir Semester - (Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-9 | PLO-11 | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | | PO-6 | | | ✔ | | | | | PO-7 | | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | ✔ | | | | PO-9 | | | ✔ | | | | | PO-10 | | | | ✔ | | | | PO-11 | | | ✔ | | | | | PO-12 | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | ✔ | PO-14 | | | | | | | ✔ | PO-15 | | | | | ✔ | | | PO-16 | | | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas Pemahaman pengetahuan pembelajaran taktik dan strategi permainan bolavoli. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, ptaktik, tes tulis dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya.
- 2.Tawakal, I. (2020). Buku Jago Bola Voli. Ilmu Cemerlang Group.
- 3.Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.
- 4.Listina, R. (2012). Mengenal Olahraga Bola Voli. PT Balai Pustaka (Persero). Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta
- 5.Peraturan bolavoli resmi 2021-2024 PBVSI, Jakarta
|
Pendukung : |
|
- Pranopik, M. R. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal Prestasi, 1(1).
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes. IDZAM KHOLID AKBAR |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis sejarah dan pengertian bolavoli |
- 1.1Menjelaskan sejarah bolavoli di dunia
- 1.2Menjelaskan sejarah bolavoli di Indonesia
- 1.3 Memahami pengertian bolavoli
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
mencari literatur terkait sejarah bolavoli 2x50 menit |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa
Tugas mandiri mencari literatur terkait sejarah bolavoli 2x60 menit |
Materi: -sejarah bolavoli di dunia -sejarah bolavoli di Indonesia pengertian bolavoli Pustaka: 1.Hidayat, Dkk. 2015 bolavoli, unesa University press surabaya. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi Bolavoli secara berurutan |
2.1 Menjelaskan peraturan permainan bolavoli |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
mencari literatur peraturan permainan bolavoli 2x50 menit |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
mencari literatur peraturan permainan bolavoli 2x60 menit |
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai tanggung jawab petugas pertandingan dan memahami hand signal pada bolavoli |
- 3.1 Menjelaskan apa saja tanggung jawab petugas pertandingan
- 3.2 Mendeskripsikan dan memahami hand signal pada bolavoli
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
mencari literatur tanggung jawab petugas pertandingan dan hand signal dalam bolavoli 2x50 menit |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami scorer sheet dalam bolavoli |
- 4.1 Menjelaskan scorer sheet dalam bolavoli
- 4.2 Memahami scorer sheet dalam bolavoli
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Tugas mandiri mencari literatur scorer sheet 2x50 menit |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai statistik permainan dan sistem pertandingan |
5.1 Menjelaskan statistik permainan dan sistem pertandingan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project based learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar Dosen bertanya: Bagaimana menyelenggarakan sebuah pertandingan? Mahasiswa merespons pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang sebuah pertandingan bolavoli dan ditulis dalam bentuk buku penyelenggaraan bolavoli sebagai luarannya dan di Haki-kan Mahasiswa menentukan pemain dan taktik serangan serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas pertadingan dalam bentuk buku Taktik dan Strategi bermain Bolavoli
• Fase3: Menyusun Jadwal Dosen membuat kesepakatan waktu simulasi pertandingan Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek penyelenggaraan pertandingan
• Fase 4: Monitoring Dosen memonitor proses simulasi pertandingan. Mahasiswa melaksanakan simulasi pertandingan sesuai dengan kesepakatan
• Fase 5: Evaluasi Pengalaman Dosen memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan simulasi pertandingan bolavoli
|
Project based learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar Dosen bertanya: Bagaimana menyelenggarakan sebuah pertandingan? Mahasiswa merespons pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang sebuah pertandingan bolavoli dan ditulis dalam bentuk buku penyelenggaraan bolavoli sebagai luarannya dan di Haki-kan Mahasiswa menentukan pemain dan taktik serangan serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas pertadingan dalam bentuk buku Taktik dan Strategi bermain Bolavoli
• Fase3: Menyusun Jadwal Dosen membuat kesepakatan waktu simulasi pertandingan Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek penyelenggaraan pertandingan
• Fase 4: Monitoring Dosen memonitor proses simulasi pertandingan. Mahasiswa melaksanakan simulasi pertandingan sesuai dengan kesepakatan
• Fase 5: Evaluasi Pengalaman Dosen memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan simulasi pertandingan bolavoli
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang peraturan dan permainan bolavoli indoor |
- 6.1 Menjelaskan macam-macam gerakan bolavoli
- 6.2 Mengklasifikasi gerakan bolavoli
- 6.3 Menganalisis gerakan bolavoli
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penerapan gerakan dalam bolavoli secara berurutan.
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penerapan gerakan dalam bolavoli secara berurutan
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
mengidentifikasi gerakan passing atas secara berurutan |
Tes |
Kriteria:
- 7.1 Menjelaskan gerakan passing bawah dan passing atas
- 7.2 Mengklasifikasikan passing bawah dan gerakan passing atas
- 7.3 Menganalisis gerakan passing bawah dan passing atas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan passing atas secara berurutan
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan passing atas secara berurutan
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- 8.1 Menjelaskan gerakan serve (overhead, underhand, side hand)
- 8.2 Menganalisis gerakan serve (overhead, underhand, side hand)
|
Kriteria:
Tes tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan serve secara berurutan
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan serve secara berurutan
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengidentifikasi penerangan secara berurutan penerangan serve dan spike |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menjelaskan tanggung jawab petugas pertandingan dan mampu mendeskripsikan hand signal bolavoli |
- 10.1 Menjelaskan gerakan block (cross step dan side step
- 10.2 Mempraktekkan gerakan block (cross step dan side step)
|
Kriteria:
- Tes
- Tes tertulis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswaTugas mandiri Praktik gerakan block secara berurutan
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswaTugas mandiri Praktik gerakan block secara berurutan
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menguasai score sheet bolavoli |
- 11.1 Menjelaskan gerakan spike
- 11.2 Mempraktek kan gerakan spike
|
Kriteria:
- Tes
- Tes tertulis
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan spike secara berurutan
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik gerakan spike secara berurutan
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai permainan dan pertandingan bolavoli |
12.1 Menjelaskan strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike) |
Kriteria:
- Tes
- tes tertulis
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan) |
12.1 Menjelaskan strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike) |
Kriteria:
- Tes
- tes tertulis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan) |
- 14.1 Mengidentifikasi penyerangan secara berurutan
- 14.2 Menganalisis penyerangan secara berurutan
- 14.3 Mempraktekkan penyerangan secara berurutan
|
Kriteria:
- Tes
- Tes tertulis
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan) |
- 14.1 Mengidentifikasi penyerangan secara berurutan
- 14.2 Menganalisis penyerangan secara berurutan
- 14.3 Mempraktekkan penyerangan secara berurutan
|
Kriteria:
- Tes
- Tes tertulis
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
|
Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab
Penugasan mahasiswa Tugas mandiri Praktik penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS Menjalankan Event Bolavoli antar SMA SeKaresidenan Madiun Raya (Magetan) |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
20% |