Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8720102217

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

19 Agustus 2021

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum. Corry Liana, S.Pd., M.Pd.Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.




Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.




WISNU

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah

PLO-6

Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam merancang dan melaksanakan simulasi pembelajaran sejarah melalui kegiatan mikroteaching.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang skenario pembelajaran sejarah yang sesuai dengan standar kompetensi pedagogis dan profesional guru.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui refleksi dan evaluasi diri, serta berkolaborasi dengan dosen dan teman sejawat untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam kegiatan mikroteaching

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran sejarah melalui praktik mikroteaching dengan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang relevan.

PO - 5

Mahasiswa mampu memecahkan kompleksitas permasalahan pembelajaran sejarah melalui pendekatan riset interdisipliner dan multidisipliner dalam praktik mikroteaching, serta mengintegrasikan hasil kajian ke dalam perbaikan pembelajaran.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran, Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan, Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan, Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.

Pustaka

Utama :

  1. Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.
  2. Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.
  3. Suherti, H. (2023). Micro Teaching: Sistematika Keterampilan Dasar Mengajar. Bayfa Cendekia Indonesia.
  4. Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama.
  5. Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta.
  6. Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.
  7. Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
  8. Lortie, D. C. (2023). Schoolteacher: A Sociological Study. University of Chicago Press.
  9. Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge.
  10. Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SUMARNO

ARTONO

NASUTION

AGUS SUPRIJONO

AGUS TRILAKSANA

SRI MASTUTI PURWANINGSIH

SEPTINA ALRIANINGRUM

CORRY LIANA

RIYADI

IZZATUL FAJRIYAH

DINAR RIZKY LISTYAPUTRI

Riyadi, S.Pd., M.A.

Riyadi, S.Pd., M.A.

Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.

Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.

Drs. Sumarno, M.Hum.

Drs. Sumarno, M.Hum.

Drs. Artono, M.Hum.

Drs. Artono, M.Hum.

Corry Liana, S.Pd., M.Pd.

Corry Liana, S.Pd., M.Pd.

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum.

Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum.

Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.

Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.

Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd.

Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd.

Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd.

Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menganalisis konsep keterampilan mengajar dan perannya dalam mikroteaching.
  2. Mengevaluasi urgensi pembelajaran mikro dalam pembentukan karakter guru sejarah.
  1. Mahasiswa mampu menguraikan hubungan teori dan praktik mikroteaching.
  2. Mahasiswa menilai kelebihan dan kekurangan pembelajaran mikro.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50
Small group discussion dan resitasi
Materi: Pengantar Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.

Materi: Pengantar Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Menganalisis kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian guru sejarah.
  2. Mengevaluasi implementasi peran guru dalam konteks kelas mikro.
  1. Mahasiswa mengidentifikasi aspek kompetensi guru.
  2. Mahasiswa memberikan contoh aplikasi nyata dalam praktik.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Kompetensi Guru dan Peran dalam Proses Pembelajaran
Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.

Materi: Kompetensi Guru dan Peran dalam Proses Pembelajaran
Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menganalisis teknik membuka pelajaran yang efektif sesuai tujuan pembelajaran sejarah.
  2. Merancang strategi menutup pelajaran dengan refleksi kritis.
  1. Mahasiswa menguraikan fungsi pembukaan dan penutupan pelajaran.
  2. Mahasiswa membuat contoh strategi penutup berbasis refleksi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.

Materi: Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis unsur-unsur penjelasan efektif dalam pembelajaran sejarah.
  2. Merancang skenario penjelasan materi dengan media pendukung.
  1. Mahasiswa menelaah kejelasan, sistematika, dan relevansi penjelasan.
  2. Mahasiswa menyusun contoh skenario pembelajaran.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

2X50
Materi: Keterampilan Menjelaskan Materi Pembelajaran
Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta.

Materi: Keterampilan Menjelaskan Materi Pembelajaran
Pustaka: Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis jenis-jenis pertanyaan (divergen, konvergen, probing).
  2. Merancang pertanyaan tingkat tinggi (HOTS) untuk kelas sejarah.
  1. Mahasiswa menguraikan perbedaan jenis pertanyaan
  2. Mahasiswa membuat daftar pertanyaan HOTS.
Kriteria:

non tes/simulasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Bertanya (Dasar dan Lanjut)
Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.

Materi: Keterampilan Bertanya (Dasar dan Lanjut)
Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mengevaluasi efektivitas penguatan verbal dan nonverbal.
  2. Merancang bentuk penguatan sesuai karakteristik siswa.
  1. Mahasiswa membedakan penguatan verbal vs nonverbal.
  2. Mahasiswa membuat contoh kalimat dan gesture penguatan.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Memberi Penguatan (Verbal dan Nonverbal)
Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.

Materi: Keterampilan Memberi Penguatan (Verbal dan Nonverbal)
Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis variasi metode, media, dan gaya mengajar.
  2. Merancang variasi strategi untuk mengatasi kejenuhan kelas.
  1. Mahasiswa mengidentifikasi jenis variasi pembelajaran.
  2. Mahasiswa membuat contoh variasi strategi.
Kriteria:

non tes/simulasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran
Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.

Materi: Keterampilan Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran
Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama.
5%

8

Minggu ke 8

USS

mampu menerapkan ketrampilan dasar mengajar

Kriteria:

simulasi mengajar


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

  1. Menganalisis prinsip pengelolaan kelas efektif.
  2. Merancang strategi mengatasi masalah kelas (disiplin, motivasi, konflik).
  1. Mahasiswa menjelaskan faktor-faktor pengelolaan kelas.
  2. Mahasiswa menyusun strategi solusi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Mengelola Kelas
Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta.

Materi: Keterampilan Mengelola Kelas
Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mengevaluasi dinamika diskusi kelompok kecil.
  2. Merancang panduan fasilitasi diskusi.
  1. Mahasiswa menilai efektivitas diskusi kelompok kecil.
  2. Mahasiswa membuat panduan diskusi.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.

Materi: Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Pustaka: Lortie, D. C. (2023). Schoolteacher: A Sociological Study. University of Chicago Press.
4%

11

Minggu ke 11

  1. Menganalisis kebutuhan belajar kelompok kecil vs individu.
  2. Merancang strategi diferensiasi pembelajaran.
  1. Mahasiswa membedakan kebutuhan kelompok kecil dan individu.
  2. Mahasiswa membuat skenario diferensiasi.
Kriteria:

Kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama.

Materi: Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mengevaluasi efektivitas media pembelajaran sejarah.
  2. Merancang media dan sumber belajar sesuai tujuan.
  1. Mahasiswa menilai kelebihan dan kelemahan media.
  2. Mahasiswa menghasilkan produk media.
Kriteria:

Kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Menggunakan Media dan Sumber Belajar
Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.

Materi: Keterampilan Menggunakan Media dan Sumber Belajar
Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menganalisis instrumen penilaian proses dan hasil belajar.
  2. Merancang rubrik penilaian berbasis kompetensi.
  1. Mahasiswa membedakan jenis instrumen.
  2. Mahasiswa membuat rubrik penilaian.
Kriteria:

Partisipasi dan Tugas


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50

Materi: Keterampilan Menilai Prestasi dan Proses Belajar Siswa
Pustaka: Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Keterampilan Menilai Prestasi dan Proses Belajar Siswa
Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Merancang skenario lengkap pembelajaran mikro.
  2. Melaksanakan simulasi dengan refleksi kritis.
  1. Mahasiswa menyusun RPP mikro lengkap.
  2. Mahasiswa melaksanakan simulasi.
Kriteria:

Kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50

Materi: Simulasi Pembelajaran Mikro: Perencanaan dan Pelaksanaan
Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd.

Materi: Simulasi Pembelajaran Mikro: Perencanaan dan Pelaksanaan
Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mengevaluasi praktik mikroteaching berdasarkan indikator kinerja.
  2. Merancang rekomendasi perbaikan berbasis refleksi kritis.
  1. Mahasiswa menilai kelemahan/kelebihan mikroteaching.
  2. Mahasiswa menyusun rekomendasi perbaikan.
Kriteria:

Kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Mikro
Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.

Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Mikro
Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

Kriteria:

Kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
16%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.