
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8720102217 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
19 Agustus 2021 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum. Corry Liana, S.Pd., M.Pd.Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.
|
Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si.
|
WISNU |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah |
PLO-6 |
Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam merancang dan melaksanakan simulasi pembelajaran sejarah melalui kegiatan mikroteaching.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang skenario pembelajaran sejarah yang sesuai dengan standar kompetensi pedagogis dan profesional guru.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui refleksi dan evaluasi diri, serta berkolaborasi dengan dosen dan teman sejawat untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam kegiatan mikroteaching
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran sejarah melalui praktik mikroteaching dengan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang relevan.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memecahkan kompleksitas permasalahan pembelajaran sejarah melalui pendekatan riset interdisipliner dan multidisipliner dalam praktik mikroteaching, serta mengintegrasikan hasil kajian ke dalam perbaikan pembelajaran.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran, Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan, Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan, Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media.
- Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital.
- Suherti, H. (2023). Micro Teaching: Sistematika Keterampilan Dasar Mengajar. Bayfa Cendekia Indonesia.
- Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama.
- Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta.
- Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.
- Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
- Lortie, D. C. (2023). Schoolteacher: A Sociological Study. University of Chicago Press.
- Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge.
- Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SUMARNO ARTONO NASUTION AGUS SUPRIJONO AGUS TRILAKSANA SRI MASTUTI PURWANINGSIH SEPTINA ALRIANINGRUM CORRY LIANA RIYADI IZZATUL FAJRIYAH DINAR RIZKY LISTYAPUTRI Riyadi, S.Pd., M.A. Riyadi, S.Pd., M.A. Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si. Prof. Dr. Agus Suprijono, M.Si. Drs. Agus Trilaksana, M.Hum. Drs. Agus Trilaksana, M.Hum. Drs. Sumarno, M.Hum. Drs. Sumarno, M.Hum. Drs. Artono, M.Hum. Drs. Artono, M.Hum. Corry Liana, S.Pd., M.Pd. Corry Liana, S.Pd., M.Pd. Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum. Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum. Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd. Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd. Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd. Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menganalisis konsep keterampilan mengajar dan perannya dalam mikroteaching.
- Mengevaluasi urgensi pembelajaran mikro dalam pembentukan karakter guru sejarah.
|
- Mahasiswa mampu menguraikan hubungan teori dan praktik mikroteaching.
- Mahasiswa menilai kelebihan dan kekurangan pembelajaran mikro.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
Small group discussion dan resitasi
|
Materi: Pengantar Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media. Materi: Pengantar Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menganalisis kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian guru sejarah.
- Mengevaluasi implementasi peran guru dalam konteks kelas mikro.
|
- Mahasiswa mengidentifikasi aspek kompetensi guru.
- Mahasiswa memberikan contoh aplikasi nyata dalam praktik.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Kompetensi Guru dan Peran dalam Proses Pembelajaran Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital. Materi: Kompetensi Guru dan Peran dalam Proses Pembelajaran Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalisis teknik membuka pelajaran yang efektif sesuai tujuan pembelajaran sejarah.
- Merancang strategi menutup pelajaran dengan refleksi kritis.
|
- Mahasiswa menguraikan fungsi pembukaan dan penutupan pelajaran.
- Mahasiswa membuat contoh strategi penutup berbasis refleksi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education. Materi: Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menganalisis unsur-unsur penjelasan efektif dalam pembelajaran sejarah.
- Merancang skenario penjelasan materi dengan media pendukung.
|
- Mahasiswa menelaah kejelasan, sistematika, dan relevansi penjelasan.
- Mahasiswa menyusun contoh skenario pembelajaran.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
2X50 |
Materi: Keterampilan Menjelaskan Materi Pembelajaran Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta. Materi: Keterampilan Menjelaskan Materi Pembelajaran Pustaka: Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis jenis-jenis pertanyaan (divergen, konvergen, probing).
- Merancang pertanyaan tingkat tinggi (HOTS) untuk kelas sejarah.
|
- Mahasiswa menguraikan perbedaan jenis pertanyaan
- Mahasiswa membuat daftar pertanyaan HOTS.
|
Kriteria:
non tes/simulasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Bertanya (Dasar dan Lanjut) Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital. Materi: Keterampilan Bertanya (Dasar dan Lanjut) Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mengevaluasi efektivitas penguatan verbal dan nonverbal.
- Merancang bentuk penguatan sesuai karakteristik siswa.
|
- Mahasiswa membedakan penguatan verbal vs nonverbal.
- Mahasiswa membuat contoh kalimat dan gesture penguatan.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Memberi Penguatan (Verbal dan Nonverbal) Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media. Materi: Keterampilan Memberi Penguatan (Verbal dan Nonverbal) Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis variasi metode, media, dan gaya mengajar.
- Merancang variasi strategi untuk mengatasi kejenuhan kelas.
|
- Mahasiswa mengidentifikasi jenis variasi pembelajaran.
- Mahasiswa membuat contoh variasi strategi.
|
Kriteria:
non tes/simulasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media. Materi: Keterampilan Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
USS |
mampu menerapkan ketrampilan dasar mengajar |
Kriteria:
simulasi mengajar Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Menganalisis prinsip pengelolaan kelas efektif.
- Merancang strategi mengatasi masalah kelas (disiplin, motivasi, konflik).
|
- Mahasiswa menjelaskan faktor-faktor pengelolaan kelas.
- Mahasiswa menyusun strategi solusi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Mengelola Kelas Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta. Materi: Keterampilan Mengelola Kelas Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mengevaluasi dinamika diskusi kelompok kecil.
- Merancang panduan fasilitasi diskusi.
|
- Mahasiswa menilai efektivitas diskusi kelompok kecil.
- Mahasiswa membuat panduan diskusi.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education. Materi: Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Pustaka: Lortie, D. C. (2023). Schoolteacher: A Sociological Study. University of Chicago Press. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis kebutuhan belajar kelompok kecil vs individu.
- Merancang strategi diferensiasi pembelajaran.
|
- Mahasiswa membedakan kebutuhan kelompok kecil dan individu.
- Mahasiswa membuat skenario diferensiasi.
|
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Pustaka: Heriyanti, D., & Irjayanti, Y. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Microteaching. Insight Mediatama. Materi: Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mengevaluasi efektivitas media pembelajaran sejarah.
- Merancang media dan sumber belajar sesuai tujuan.
|
- Mahasiswa menilai kelebihan dan kelemahan media.
- Mahasiswa menghasilkan produk media.
|
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Menggunakan Media dan Sumber Belajar Pustaka: Amri, M. (2022). Buku Ajar Microteaching: Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro. Mitra Cendekia Media. Materi: Keterampilan Menggunakan Media dan Sumber Belajar Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menganalisis instrumen penilaian proses dan hasil belajar.
- Merancang rubrik penilaian berbasis kompetensi.
|
- Mahasiswa membedakan jenis instrumen.
- Mahasiswa membuat rubrik penilaian.
|
Kriteria:
Partisipasi dan Tugas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan Menilai Prestasi dan Proses Belajar Siswa Pustaka: Arends, R. I. (2024). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Keterampilan Menilai Prestasi dan Proses Belajar Siswa Pustaka: Robiah, S. (2024). E-Book Buku Ajar Micro Teaching. Deepublish Digital. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Merancang skenario lengkap pembelajaran mikro.
- Melaksanakan simulasi dengan refleksi kritis.
|
- Mahasiswa menyusun RPP mikro lengkap.
- Mahasiswa melaksanakan simulasi.
|
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Simulasi Pembelajaran Mikro: Perencanaan dan Pelaksanaan Pustaka: Kumar, H. (2023). Micro Teaching and Teaching Skills. Neelkamal Publications Pvt Ltd. Materi: Simulasi Pembelajaran Mikro: Perencanaan dan Pelaksanaan Pustaka: Brownell, M. T., & Smith, S. W. (2023). Teaching and Learning in the Classroom: A Student-Centered Approach. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengevaluasi praktik mikroteaching berdasarkan indikator kinerja.
- Merancang rekomendasi perbaikan berbasis refleksi kritis.
|
- Mahasiswa menilai kelemahan/kelebihan mikroteaching.
- Mahasiswa menyusun rekomendasi perbaikan.
|
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Mikro Pustaka: Brown, H. D. (2023). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education. Materi: Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Mikro Pustaka: Setiawati, E. (2024). Buku Pedoman Microteaching. Universitas PGRI Yogyakarta. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
16% |