
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan |
6220103159 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
8 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.
|
Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.
|
ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai etika di bidang akuntansi dan keuangan dalam melaksanakan tugasnya dalam manajemen strategik
|
PO - 2 |
Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk merancang serta membuat keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis data
|
PO - 3 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | PO-3 | | | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat
- David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition)
- Robinson, Richard B & Pearce, John. 2021. Strategic Management (13th Edition)
|
Pendukung : |
|
- Jurnal Manajemen Strategik Konsep dan Implementasi
|
Dosen Pengampu
|
LINTANG VENUSITA MADE DUDY SATYAWAN ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS BAYU RAMA LAKSONO INSYIRAH PUTIKADEA Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. Bayu Rama Laksono, M.Ak. Bayu Rama Laksono, M.Ak. Insyirah Putikadea , S.E., M.A. Insyirah Putikadea , S.E., M.A. Dr. Lintang Venusita, S.E., M.Si., Ak. Dr. Lintang Venusita, S.E., M.Si., Ak. Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak. Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan : manajemen strategi, proses manajemen strategi dan mengetahui perkembangan manajemen strategi. |
- Ketepatan dalam menjelaskan ruang lingkup manajemen strategik
- Ketepatan dalam menjelaskan perkembangan manajemen strategik
|
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: Chapter 1 Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menyusun VMTS |
Ketepatan dalam menjelaskan makna visi, menyusun dan mengkomunikasikan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: VMTS Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami VMTS |
Ketepatan dalam menjelaskan makna misi, menyusun dan mengkomunikasikan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: VMTS Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyusun VMTS |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menyusun Strategi dalam Tindakan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: VMTS Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menetapkan tujuan organisasi |
Ketepatan dalam menyusun forecasting dengan menggunakan trend analysis , logistic trend, expenontial trend, statistic dan analisa regresi |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: menetapkan tujuan organisasi Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan dan menerapkan pentingnya strategi, tentang corporate strategy, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategy |
Ketepatan dalam mengklasifikasikan dan menyusun struktur organisasi bisnis. |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: corporate strategy, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategy Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Memahami pentingnya startegi, tentang corporate strategi, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategi |
- Ketepatan dalam Menjelaskan dan membuat Analisa SWOT
- Ketepatan dalam menjelaskan dan membuat five forces model
- Ketepatan dalam menjelaskan dan membuat BCG matrix
|
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Project Base Membuat Analisis SWOT, Five Force Model, BCG Matrix untuk perusahaan
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: corporate strategy, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategy Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
25% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN TENGAH SEMESTER 2 X 50 |
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan |
Ketepatan dalam Mampu menjelaskan dan mengkategorikan metode-metode analisa industry dan persaingan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: industri, persaingan dan lingkungan perusahaan Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan |
Ketepatan dalam melakukan analisa SWOT, kekuatan persaingan, dan analisa biaya |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: industri, persaingan dan lingkungan perusahaan Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis penerapan strategi organisasi |
Ketepatan dalam menjelaskan organization building, bugets, support sistem |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: penerapan strategi organisasi Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Akumulasi Biaya untuk dasar pengambilan keputusan |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang commitment culture dan leadership strategy |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: akumulasi biaya untuk dasar pengambilan keputusan Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi |
Ketepatan dalam menjelasakan tentang kinerja, evaluasi kinerja , koreksi terhadap strategi dan sasaran, perubahan lingkungan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: pengendalian manajemen strategi Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi |
Ketepatan dalam menyusun evaluasi kinerja, koreksi terhadap strategi dan sasaran, serta menganalisa strategi dan kinerja terhadap perubahan lingkungan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: pengendalian manajemen strategi Pustaka: David, Fred. R., 2016. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjelaskan dan menerapkan strategic manajemen di organisasi nir laba |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menyusun strategi manajemen pada organisasi nirlaba |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Project Base Membuat strategik manajemen pada perusahaan nirlaba
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: strategic manajemen di organisasi nirlaba Pustaka: David, Fred. R.. 2021. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts (16th Edition) |
25% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN AKHIR SEMESTER 2 X 50 |
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|
10% |