Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan

6220103159

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

8 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai etika di bidang akuntansi dan keuangan dalam melaksanakan tugasnya dalam manajemen strategik

PO - 2

Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk merancang serta membuat keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis data

PO - 3

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh.

Pustaka

Utama :

  1. Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
  2. Thompson dan Strickland . 1940. Concept and Cases Strategic Management Fifth Edition. Better Graphic Inc.
  3. Stahl, Michael J . 1991. Strategic Management for Decision Making. New England Book Components IncH.
  4. Nawawi, Hadari. 2000. Manajemen Strategic Oganisassi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  5. Solihin, Ismail . 2002. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Lintang Venusita, S.E., M.Si., Ak.

Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak.

Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Bayu Rama Laksono, M.Ak.

Insyirah Putikadea , S.E., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami apa yang dimaksud dengan : manajemen strategi, proses manajemen strategi dan mengetahui perkembangan manajemen strategi.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan ruang lingkup manajemen strategik
  2. Ketepatan dalam menjelaskan perkembangan manajemen strategik
Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: Ch 1
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami VMTS

Ketepatan dalam Memahami makna visi dan membuat dan mengkomunikasikan

Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: Ch 2
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
2%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami VMTS

Ketepatan dalam Memahami makna visi dan membuat dan mengkomunikasikan

Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: Ch3
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
2%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami VMTS

Ketepatan dalam menjelasakan Strategi dalam Tindakan

Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: Ch3
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu menetapkan tujuan organisasi

Ketepatan dalam Menyusun forecasting dengan menggunakan trend analysis , logistic trend, expenontial trend, statistic dan analisa regresi

Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: David & David Ch 4
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.

Materi: Mampu menetapkan tujuan organisasi
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu Memahami pentingnya startegi, tentang corporate strategi, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategi

Ketepatan dalam Menjelaskan struktur organisasi bisnis.

Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: David & David Ch 5
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
4%

7

Minggu ke 7

Mampu Memahami pentingnya startegi, tentang corporate strategi, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategi

  1. Ketepatan dalam Menjelaskan Analisa SWOT
  2. Ketepatan dalam menjelaskan five forces model
  3. Ketepatan dalam menjelaskan BCG matrix
Kriteria:

Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
1. Project Base Membuat Analisis SWOT, Five Force Model, BCG Matrix untuk perusahaan
2. Membuat power point presentation

Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi

2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi

2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 x 50
Materi: David & David Ch 5
Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
25%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    2 X 50
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan

    Ketepatan dalam Mampu menjelaskan metode metode analisa industry dan persaingan, analisa SWOT, kekuatan persaingan, dan analisa biaya

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 6
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    2%

    10

    Minggu ke 10

    Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan

    Ketepatan dalam menjelaskan metode metode analisa industry dan persaingan, analisa SWOT, kekuatan persaingan, dan analisa biaya

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 6
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    2%

    11

    Minggu ke 11

    Menganalisis penerapan strategi organisasi

    Ketepatan dalam menjelaskan organization building, bugets, support sistem

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 9-10
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    3%

    12

    Minggu ke 12

    Mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Akumulasi Biaya untuk dasar pengambilan keputusan

    Ketepatan dalam menjelaskan tentang commitment culture dan leadership strategy

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 9-10
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    2%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi

    Ketepatan dalam menjelasakan tentang kinerja, evaluasi kinerja , koreksi terhadap strategi dan sasaran, perubahan lingkungan

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 9-10
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    2%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi

    Ketepatan dalam menjelasakan tentang kinerja, evaluasi kinerja , koreksi terhadap strategi dan sasaran, perubahan lingkungan

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Membuat ringkasan materi kuliah.
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 9-10
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    2%

    15

    Minggu ke 15

    Mampu memahami penerapan strategic manajemen di organisasi nir laba

    Ketepatan dalam menjelaskan strategi manajemen pada organisasi nirlaba

    Kriteria:

    Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Bentuk Pembelajaran
    1. Kuliah
    2. Responsi dan tutorial

    Metode Pembelajaran
    Project-based Learning

    Penugasan Mahasiswa
    1. Project Base Membuat strategik manajemen pada perusahaan nirlaba
    2. Membuat power point presentation

    Estimasi waktu
    2 SKS (1 x 2 x 50’)
    TM: Presentasi dan Diskusi

    2 SKS (1 x 2 x 60’)
    BM: Pemahaman Materi

    2 SKS (1 x 2
    x 60’)
    PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 x 50
    Materi: David & David Ch 11
    Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
    25%

    16

    Minggu ke 16

    UJIAN AKHIR SEMESTER


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    2 X 50
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 10%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
    4. Tes 20%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.