
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan |
6220103159 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
8 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai etika di bidang akuntansi dan keuangan dalam melaksanakan tugasnya dalam manajemen strategik
|
PO - 2 |
Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk merancang serta membuat keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis data
|
PO - 3 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-8 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat.
- Thompson dan Strickland . 1940. Concept and Cases Strategic Management Fifth Edition. Better Graphic Inc.
- Stahl, Michael J . 1991. Strategic Management for Decision Making. New England Book Components IncH.
- Nawawi, Hadari. 2000. Manajemen Strategic Oganisassi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Solihin, Ismail . 2002. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Lintang Venusita, S.E., M.Si., Ak. Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak. Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. Bayu Rama Laksono, M.Ak. Insyirah Putikadea , S.E., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami apa yang dimaksud dengan : manajemen strategi, proses manajemen strategi dan mengetahui perkembangan manajemen strategi. |
- Ketepatan dalam menjelaskan ruang lingkup manajemen strategik
- Ketepatan dalam menjelaskan perkembangan manajemen strategik
|
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: Ch 1 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami VMTS |
Ketepatan dalam Memahami makna visi dan membuat dan mengkomunikasikan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: Ch 2 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami VMTS |
Ketepatan dalam Memahami makna visi dan membuat dan mengkomunikasikan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: Ch3 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami VMTS |
Ketepatan dalam menjelasakan Strategi dalam Tindakan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: Ch3 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menetapkan tujuan organisasi |
Ketepatan dalam Menyusun forecasting dengan menggunakan trend analysis , logistic trend, expenontial trend, statistic dan analisa regresi |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 4 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. Materi: Mampu menetapkan tujuan organisasi Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Memahami pentingnya startegi, tentang corporate strategi, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategi |
Ketepatan dalam Menjelaskan struktur organisasi bisnis. |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 5 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Memahami pentingnya startegi, tentang corporate strategi, bisnis strategy, fungsional area strategy, operating strategi |
- Ketepatan dalam Menjelaskan Analisa SWOT
- Ketepatan dalam menjelaskan five forces model
- Ketepatan dalam menjelaskan BCG matrix
|
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Project Base Membuat Analisis SWOT, Five Force Model, BCG Matrix untuk perusahaan
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 5 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
25% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN TENGAH SEMESTER 2 X 50 |
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan |
Ketepatan dalam Mampu menjelaskan metode metode analisa industry dan persaingan, analisa SWOT, kekuatan persaingan, dan analisa biaya |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 6 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisa tentang : industry dan persaingan , serta lingkungan perusahaan |
Ketepatan dalam menjelaskan metode metode analisa industry dan persaingan, analisa SWOT, kekuatan persaingan, dan analisa biaya |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 6 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis penerapan strategi organisasi |
Ketepatan dalam menjelaskan organization building, bugets, support sistem |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 9-10 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Akumulasi Biaya untuk dasar pengambilan keputusan |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang commitment culture dan leadership strategy |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 9-10 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi |
Ketepatan dalam menjelasakan tentang kinerja, evaluasi kinerja , koreksi terhadap strategi dan sasaran, perubahan lingkungan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 9-10 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami arti penting pengendalian manajemen strategi |
Ketepatan dalam menjelasakan tentang kinerja, evaluasi kinerja , koreksi terhadap strategi dan sasaran, perubahan lingkungan |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 9-10 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami penerapan strategic manajemen di organisasi nir laba |
Ketepatan dalam menjelaskan strategi manajemen pada organisasi nirlaba |
Kriteria:
Kriteria: 1. aktif menjawab nilai 80 2. tidak aktif menjawab tidak mendapat nilai, 3. jawaban tes tulis benar semua nilai 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
1. Project Base Membuat strategik manajemen pada perusahaan nirlaba
2. Membuat power point presentation
Estimasi waktu
2 SKS (1 x 2 x 50’)
TM: Presentasi dan Diskusi
2 SKS (1 x 2 x 60’)
BM: Pemahaman Materi
2 SKS (1 x 2
x 60’)
PT: Penugasan Terstruktur – Mahasiswa meresume materi 2 X 50 |
ViLearning: SIDIA 2 x 50 |
Materi: David & David Ch 11 Pustaka: Fred R David dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik (e15):Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Salemba Empat. |
25% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN AKHIR SEMESTER 2 X 50 |
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|
10% |