Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT *)

8620506226

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

21 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




RIVO NUGROHO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. A. A. Tambunan, A. Purwoko, W. Rambe, dan M. I. Bahri, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata Kampoeng Lama,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 8, no. 1, 2024.
  2. M. Murni, M. Masniar, N. W. A. K., dan A. Rahmatullah, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengurangi Kemiskinan Ekstrem melalui Pariwisata Berkelanjutan (Studi Kasus Tanjung Kasuari),” Jurnal (UIN Suska), 2022.
  3. “Empowering Communities to Act for a Change: A Review of Community Empowerment Programmes and Approaches,” Sustainability (MDPI), vol. 16, 2024. (tinjauan literatur/publikasi internasional relevan untuk strategi dan praktik pemberdayaan).
  4. K. Kruahong et al., “Community empowerment: A concept analysis,” Journal of Advanced Nursing, 2023. (konsep & implikasi untuk praktik pemberdayaan berbasis layanan kesehatan/komunitas).
  5. “Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program gerakan …” (studi kasus desa) — Tamkin / UIN Sunan Gunung Djati (terbit 2025/awal 2025). (berguna sebagai studi kasus implementasi).
  6. “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Daerah Pesisir di Kota Tarakan,” Jurnal Jureka (artikel studi kasus), 2025 (atau 2024–2025 tergantung edisi). (relevan untuk pemberdayaan komunitas pesisir—bagus untuk studi kasus).
  7. Berita / kegiatan & buku hasil kerjasama PNF (contoh: FKIP Untirta — penyerahan buku hasil kerjasama PNF, 2024). (sumber praktis program pemberdayaan berbasis PNF dan modul pelatihan).
  8. “Analisis Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program …” — Jurnal lokal/jerkin, 2024 (kumpulan artikel penelitian Pemberdayaan di sektor pertanian/UMKM).
  9. J. Ife dan F. Tesoriero, Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi — edisi terjemahan/publikasi yang direferensikan dalam materi pemberdayaan modern (referensi teori yang sering dikutip; gunakan edisi terbaru yang tersedia di perpustakaan Anda). (buku dasar yang sering dikutip pada literatur pemberdayaan masyarakat).

Pendukung :

  1. Yulianingsih, W., Lestari, G. D., Soedjarwo, S., Atmaja, I. K., Susanto, S. F., & Lutviatiani, M. (2023). Assistance in the management of entrepreneurship-based nonformal educational institutions and institutional digital marketing. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 376-384.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



Materi: Assistance in the management of entrepreneurship-based nonformal educational institutions and institutional digital marketing
Pustaka: Yulianingsih, W., Lestari, G. D., Soedjarwo, S., Atmaja, I. K., Susanto, S. F., & Lutviatiani, M. (2023). Assistance in the management of entrepreneurship-based nonformal educational institutions and institutional digital marketing. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 376-384.
0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.