
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
SISTEM KOMUNIKASI ANAK DISABILITAS RUNGU |
8620202454 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
27 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wagino, M.Pd; Diah Ekasari, M.Pd; Eryana Fatimasari Retno Budiati, M.Pd
|
Prof. Dr. Wagino, M.Pd
|
KHOFIDOTUR ROFIAH |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus |
PLO-9 |
Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK |
PLO-10 |
Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup sistem komunikasi ATR dalam konteks pendidikan luar biasa, termasuk jenis-jenis komunikasi (metode oral, metode maternal reflektif (MMR), komunikasi total(KOMTAL), bahasa isyarat/SIBI/BISINDO, auditori verbal therapy (AVT), augmentativ and alternative communication (AAC) untuk PDBK.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran kritis dan kolaboratif dalam mempresentasikan serta mensimulasikan berbagai bentuk sistem komunikasi untuk PDBK.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan sistem komunikasi ATR secara empatik dan inklusif melalui kegiatan praktik lapangan bersama PDBK dan pihak terkait.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu membuat laporan hasil observasi di lapangan serta artikel berita jurnalistik sebagai hasil dari kegiatan praktik di lapangan, dengan menunjukkan tanggung jawab dan sikap profesional.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah sistem komunikasi anak tunarungu merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman
kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang dampak ketunarunguan terhadap kemampuan komunikasi, peran dan fungsi
bahasa dalam kehidupan manusia, metode komunikasi (metode manual, oral, dan kombinasi) perkembangan sistem komunikasi total
koponen komtal, berbicara, membaca ujaran, isarat abjad jari, dan system isarat bahasa Indonedosia. Perkuliahan dilaksanakan dengan
sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
- Lany Bunawan. 1996. Sistem Komunikasi Total . Jakarta: Depdikbud.
- Depdikbud. 2001. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia . Jakarta: Depdikbud.
- Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
- Budiati, E. F. R., Yuliati, Pamuji, & Sartinah, E. P. 2025. Panduan bidang pengembangan bahasa: Menyimak dan berbicara untuk anak tunarungu (hard of hearing) di taman kanak-kanak luar biasa tunarungu (TKLB-B). Surabaya: CV. Daya Niaga Adikarya.
|
Pendukung : |
|
- Wagino, W., Abidin, Z., Anggara, O. F., Sujarwanto, S., & Penehafo, A. E. (2024). Android application for smart diagnosis of children with disabilities and its correlation to neuroscience: Definition, literature review with bibliometric analysis, and experiments. Indonesian Journal of Science and Technology, 9(2), 497-526.
- Eksasari, D., Wagino, W., Dwirisnanda, D. A., Abidin, Z., & Penehafo, A. E. (2025). The use of assistive technology applications in improving the learning outcomes of students with hearing disabilities. Journal of Engineering Science and Technology, 20(2), 31-38.
- Ekasari, D. (2025). A CASE STUDY SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU REMAJA TUNARUNGU DENGAN DISABILITAS MAJEMUK YANG BERPRESTASI NASIONAL. Jurnal Pendidikan Khusus, 20(02).
- Budiati, E. F. R., Nursalim, M., Mardliyah, S., Sartinah, E. P., & Oktafiolita, A. (2025). Development of a receptive and expressive language handbook for hard-of-hearing disabilities in TKLB-B. Edelweiss Applied Science and Technology, 9(2), 2318-2330.
- Budiati, E. F. R., Andajani, S. J., Sartinah, E. P., & Ashar, M. N. (2020, August). The Development of Guidance in Language Development Field: Listening and Speaking for Deaf Child (Hard of Hearing) in Special Kindergarten Schools for Deaf. In 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019) (pp. 565-568). Atlantis Press.
|
Dosen Pengampu
|
WAGINO DIAH EKASARI Eryana Fatimasari Retno Budiati , M.Pd. Prof. Dr. Wagino, M.Pd. Prof. Dr. Wagino, M.Pd. Diah Ekasari, M.Pd. Diah Ekasari, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak belajar, penyampaian topik inti selama satu semester kedepan, pengantar perkuliahan dasar tentang sistem komunikasi ATR |
Kontrak belajar, penyampaian topik inti selama satu semester kedepan, pengantar perkuliahan dasar tentang sistem komunikasi ATR |
Kriteria:
Kriteria : ketepatatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Tanya jawab, Brainstorming 2x50 |
|
Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran sistem komunikasi ATR dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah |
Memahami ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran sistem komunikasi ATR dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah |
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Tanya jawab, Brainstorming 2x50 |
|
Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode oral dan MMR |
- Menjelaskan konsep dasar komunikasi oral dan MMR.
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode oral dan MMR.
- Memberi contoh penerapan metode oral dan MMR dalam pendidikan untuk PDBK.
- Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode oral dan MMR.
- Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode oral dan MMR.
|
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode KOMTAL |
- Menjelaskan konsep dasar metode KOMTAL
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode KOMTAL
- Memberi contoh penerapan metode KOMTAL dalam pendidikan untuk PDBK.
- Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode KOMTAL
- Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode KOMTAL
|
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO |
- Menjelaskan konsep dasar metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
- Memberi contoh penerapan metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO dalam pendidikan untuk PDBK.
- Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
- Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
|
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode AVT |
- Menjelaskan konsep dasar metode AVT
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode AVT
- Memberi contoh penerapan metode AVT dalam pendidikan untuk PDBK.
- Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode AVT
- Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode AVT
|
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode AAC |
- Menjelaskan konsep dasar metode AAC
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode AAC
- Memberi contoh penerapan metode AAC dalam pendidikan untuk PDBK.
- Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode AAC
- Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode AAC
|
Kriteria:
Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 2x50 |
|
Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mempersiapkan kegiatan observasi lapangan melalui pembentukan kelompok kerja, pengurusan administrasi perizinan, serta koordinasi dengan mahasiswa Tuli dan dosen pengampu terkait. |
Mahasiswa mampu mengelola administrasi kegiatan lapangan secara mandiri dan bertanggung jawab, serta menjalin komunikasi dan kerja sama yang efektif dengan pihak terkait, termasuk mahasiswa Tuli dan dosen pengampu, sebagai bagian dari pembelajaran berbasis pengalaman |
Kriteria:
Kriteria: Penilaian dokumen administratif dan laporan komunikasi (bertemu langsung) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Auditory Verbal Therapy (AVT) hubungannya dengan teknologi alat bantu dengar Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mempersiapkan kegiatan observasi lapangan melalui pembentukan kelompok kerja, pengurusan administrasi perizinan, serta koordinasi dengan mahasiswa Tuli dan dosen pengampu terkait. |
Mahasiswa mampu mengelola administrasi kegiatan lapangan secara mandiri dan bertanggung jawab, serta menjalin komunikasi dan kerja sama yang efektif dengan pihak terkait, termasuk mahasiswa Tuli dan dosen pengampu, sebagai bagian dari pembelajaran berbasis pengalaman |
Kriteria:
Kriteria: Penilaian dokumen administratif dan laporan komunikasi (bertemu langsung) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Auditory Verbal Therapy (AVT) hubungannya dengan teknologi alat bantu dengar Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya. |
- Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
- Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
- Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
- Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
- Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
- Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
- Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
- Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
|
Kriteria:
Kriteria: observasi dan evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya. |
- Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
- Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
- Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
- Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
- Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
- Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
- Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
- Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
|
Kriteria:
Kriteria: observasi dan evaluasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya. |
- Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
- Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
- Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
- Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
- Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
- Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
- Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
- Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
|
Kriteria:
Kriteria: observasi dan evaluasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan akhir dan menulis berita jurnalistik tentang kegiatan pendampingan mahasiswa Tuli dengan sistem komunikasi ATR secara runtut, faktual, dan komunikatif. |
- Menyusun laporan akhir kegiatan pendampingan secara sistematis dan lengkap.
- Secara berkelompok menulis berita jurnalistik atau kecemedia dan sejenisnya untuk berita pendampingan sebagai tugas akhir mata kuliah Sistem Komunikasi ATR, dengan menyusun informasi berdasarkan struktur jurnalistik (5W 1H) yang baik dan benar.
|
Kriteria:
Kriteria: laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Menyusun laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan akhir dan menulis berita jurnalistik tentang kegiatan pendampingan mahasiswa Tuli dengan sistem komunikasi ATR secara runtut, faktual, dan komunikatif. |
- Menyusun laporan akhir kegiatan pendampingan secara sistematis dan lengkap.
- Secara berkelompok menulis berita jurnalistik atau kecemedia dan sejenisnya untuk berita pendampingan sebagai tugas akhir mata kuliah Sistem Komunikasi ATR, dengan menyusun informasi berdasarkan struktur jurnalistik (5W 1H) yang baik dan benar.
|
Kriteria:
Kriteria: laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Project Based Learning (PjBL) 2x50 |
|
Materi: Menyusun laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 2x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
30% |