Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

SISTEM KOMUNIKASI ANAK DISABILITAS RUNGU

8620202454

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

27 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wagino, M.Pd; Diah Ekasari, M.Pd; Eryana Fatimasari Retno Budiati, M.Pd




Prof. Dr. Wagino, M.Pd




KHOFIDOTUR ROFIAH

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus

PLO-9

Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK

PLO-10

Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup sistem komunikasi ATR dalam konteks pendidikan luar biasa, termasuk jenis-jenis komunikasi (metode oral, metode maternal reflektif (MMR), komunikasi total(KOMTAL), bahasa isyarat/SIBI/BISINDO, auditori verbal therapy (AVT), augmentativ and alternative communication (AAC) untuk PDBK.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran kritis dan kolaboratif dalam mempresentasikan serta mensimulasikan berbagai bentuk sistem komunikasi untuk PDBK.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan sistem komunikasi ATR secara empatik dan inklusif melalui kegiatan praktik lapangan bersama PDBK dan pihak terkait.

PO - 4

Mahasiswa mampu membuat laporan hasil observasi di lapangan serta artikel berita jurnalistik sebagai hasil dari kegiatan praktik di lapangan, dengan menunjukkan tanggung jawab dan sikap profesional.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah sistem komunikasi anak tunarungu merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang dampak ketunarunguan terhadap kemampuan komunikasi, peran dan fungsi bahasa dalam kehidupan manusia, metode komunikasi (metode manual, oral, dan kombinasi) perkembangan sistem komunikasi total koponen komtal, berbicara, membaca ujaran, isarat abjad jari, dan system isarat bahasa Indonedosia. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
  2. Lany Bunawan. 1996. Sistem Komunikasi Total . Jakarta: Depdikbud.
  3. Depdikbud. 2001. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia . Jakarta: Depdikbud.
  4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
  5. Budiati, E. F. R., Yuliati, Pamuji, & Sartinah, E. P. 2025. Panduan bidang pengembangan bahasa: Menyimak dan berbicara untuk anak tunarungu (hard of hearing) di taman kanak-kanak luar biasa tunarungu (TKLB-B). Surabaya: CV. Daya Niaga Adikarya.

Pendukung :

  1. Wagino, W., Abidin, Z., Anggara, O. F., Sujarwanto, S., & Penehafo, A. E. (2024). Android application for smart diagnosis of children with disabilities and its correlation to neuroscience: Definition, literature review with bibliometric analysis, and experiments. Indonesian Journal of Science and Technology, 9(2), 497-526.
  2. Eksasari, D., Wagino, W., Dwirisnanda, D. A., Abidin, Z., & Penehafo, A. E. (2025). The use of assistive technology applications in improving the learning outcomes of students with hearing disabilities. Journal of Engineering Science and Technology, 20(2), 31-38.
  3. Ekasari, D. (2025). A CASE STUDY SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU REMAJA TUNARUNGU DENGAN DISABILITAS MAJEMUK YANG BERPRESTASI NASIONAL. Jurnal Pendidikan Khusus, 20(02).
  4. Budiati, E. F. R., Nursalim, M., Mardliyah, S., Sartinah, E. P., & Oktafiolita, A. (2025). Development of a receptive and expressive language handbook for hard-of-hearing disabilities in TKLB-B. Edelweiss Applied Science and Technology, 9(2), 2318-2330.
  5. Budiati, E. F. R., Andajani, S. J., Sartinah, E. P., & Ashar, M. N. (2020, August). The Development of Guidance in Language Development Field: Listening and Speaking for Deaf Child (Hard of Hearing) in Special Kindergarten Schools for Deaf. In 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019) (pp. 565-568). Atlantis Press.

Dosen Pengampu

WAGINO

DIAH EKASARI

Eryana Fatimasari Retno Budiati , M.Pd.

Prof. Dr. Wagino, M.Pd.

Prof. Dr. Wagino, M.Pd.

Diah Ekasari, M.Pd.

Diah Ekasari, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak belajar, penyampaian topik inti selama satu semester kedepan, pengantar perkuliahan dasar tentang sistem komunikasi ATR

Kontrak belajar, penyampaian topik inti selama satu semester kedepan, pengantar perkuliahan dasar tentang sistem komunikasi ATR

Kriteria:

Kriteria : ketepatatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Tanya jawab, Brainstorming
2x50

Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran sistem komunikasi ATR dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah

Memahami ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran sistem komunikasi ATR dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah

Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Tanya jawab, Brainstorming
2x50

Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode oral dan MMR

  1. Menjelaskan konsep dasar komunikasi oral dan MMR.
  2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode oral dan MMR.
  3. Memberi contoh penerapan metode oral dan MMR dalam pendidikan untuk PDBK.
  4. Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode oral dan MMR.
  5. Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode oral dan MMR.
Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
presentasi dan diskusi kelompok
2x50

Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode KOMTAL

  1. Menjelaskan konsep dasar metode KOMTAL
  2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode KOMTAL
  3. Memberi contoh penerapan metode KOMTAL dalam pendidikan untuk PDBK.
  4. Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode KOMTAL
  5. Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode KOMTAL
Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
presentasi dan diskusi kelompok
2x50

Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO

  1. Menjelaskan konsep dasar metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
  2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
  3. Memberi contoh penerapan metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO dalam pendidikan untuk PDBK.
  4. Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
  5. Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode bahasa isyarat SIBI dan BISINDO
Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
presentasi dan diskusi kelompok
2x50

Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode AVT

  1. Menjelaskan konsep dasar metode AVT
  2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode AVT
  3. Memberi contoh penerapan metode AVT dalam pendidikan untuk PDBK.
  4. Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode AVT
  5. Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode AVT
Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
presentasi dan diskusi kelompok
2x50

Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mempresentasikan konsep, kelebihan, kekurangan, serta aplikasi sistem komunikasi untuk PDBK secara kolaboratif metode AAC

  1. Menjelaskan konsep dasar metode AAC
  2. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode AAC
  3. Memberi contoh penerapan metode AAC dalam pendidikan untuk PDBK.
  4. Menjelaskan Tujuan, manfaat, karakteristik dan langkah-langkah pelaksanaan metode AAC
  5. Menjelaskan Syarat penggunaan metode komunikasi metode AAC
Kriteria:

Kriteria: Isi materi tepat, lengkap, dan sesuai topik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
presentasi dan diskusi kelompok
2x50

Materi: konsep komunikasi verbal, jenis komunikasi verbal, karakteristik komunikasi verbal
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
2x50

Materi: konsep teori sistem komunikasi unsur komunikasi dan fungsi komunikasi klasifikasi bahasa, bicara, dan komunikasi jenis komunikasi etika komunikasi
Pustaka: 1. Evans. 1982. Total Communichation Struture and Strategy. Washington DC: Gallaudet Colleg press
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mempersiapkan kegiatan observasi lapangan melalui pembentukan kelompok kerja, pengurusan administrasi perizinan, serta koordinasi dengan mahasiswa Tuli dan dosen pengampu terkait.

Mahasiswa mampu mengelola administrasi kegiatan lapangan secara mandiri dan bertanggung jawab, serta menjalin komunikasi dan kerja sama yang efektif dengan pihak terkait, termasuk mahasiswa Tuli dan dosen pengampu, sebagai bagian dari pembelajaran berbasis pengalaman

Kriteria:

Kriteria: Penilaian dokumen administratif dan laporan komunikasi (bertemu langsung)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Auditory Verbal Therapy (AVT) hubungannya dengan teknologi alat bantu dengar
Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mempersiapkan kegiatan observasi lapangan melalui pembentukan kelompok kerja, pengurusan administrasi perizinan, serta koordinasi dengan mahasiswa Tuli dan dosen pengampu terkait.

Mahasiswa mampu mengelola administrasi kegiatan lapangan secara mandiri dan bertanggung jawab, serta menjalin komunikasi dan kerja sama yang efektif dengan pihak terkait, termasuk mahasiswa Tuli dan dosen pengampu, sebagai bagian dari pembelajaran berbasis pengalaman

Kriteria:

Kriteria: Penilaian dokumen administratif dan laporan komunikasi (bertemu langsung)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Auditory Verbal Therapy (AVT) hubungannya dengan teknologi alat bantu dengar
Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya.

  1. Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
  2. Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
  3. Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
  4. Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
  5. Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
  6. Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
  7. Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
  8. Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
Kriteria:

Kriteria: observasi dan evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran
Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya.

  1. Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
  2. Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
  3. Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
  4. Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
  5. Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
  6. Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
  7. Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
  8. Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
Kriteria:

Kriteria: observasi dan evaluasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran
Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan praktik pendampingan langsung kepada mahasiswa tuli dengan memilih salah satu dari keenam metode komunikasi ATR yang telah dipelajari sebelumnya.

  1. Mencantumkan identitas lengkap dan data observasi secara jelas.
  2. Menjelaskan tujuan dan latar belakang observasi secara singkat.
  3. Mendeskripsikan profil singkat mahasiswa Tuli dan metode komunikasinya.
  4. Mendeskripsikan kegiatan komunikasi yang diamati secara faktual.
  5. Mengidentifikasi metode komunikasi ATR yang digunakan dan menilai efektivitasnya.
  6. Menguraikan hambatan komunikasi dan dukungan dari lingkungan sekitar.
  7. Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran selama observasi.
  8. Menyimpulkan hasil observasi dan dokumentasi serta memberikan saran untuk komunikasi inklusif.
Kriteria:

Kriteria: observasi dan evaluasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Treatment anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran Supporting system bagi anak yang memanfaatkan teknologi pendengaran
Pustaka: 4. Moores, Donald F. 2001. Educating The Deaf, Psychology, Principles, and Practices. Boston: Gallaudet University.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun laporan akhir dan menulis berita jurnalistik tentang kegiatan pendampingan mahasiswa Tuli dengan sistem komunikasi ATR secara runtut, faktual, dan komunikatif.

  1. Menyusun laporan akhir kegiatan pendampingan secara sistematis dan lengkap.
  2. Secara berkelompok menulis berita jurnalistik atau kecemedia dan sejenisnya untuk berita pendampingan sebagai tugas akhir mata kuliah Sistem Komunikasi ATR, dengan menyusun informasi berdasarkan struktur jurnalistik (5W 1H) yang baik dan benar.
Kriteria:

Kriteria: laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Menyusun laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun laporan akhir dan menulis berita jurnalistik tentang kegiatan pendampingan mahasiswa Tuli dengan sistem komunikasi ATR secara runtut, faktual, dan komunikatif.

  1. Menyusun laporan akhir kegiatan pendampingan secara sistematis dan lengkap.
  2. Secara berkelompok menulis berita jurnalistik atau kecemedia dan sejenisnya untuk berita pendampingan sebagai tugas akhir mata kuliah Sistem Komunikasi ATR, dengan menyusun informasi berdasarkan struktur jurnalistik (5W 1H) yang baik dan benar.
Kriteria:

Kriteria: laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Project Based Learning (PjBL)
2x50

Materi: Menyusun laporan hasil observasi dan hasil karya menulis berita
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
2x50

Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.