Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Media Pembelajaran di SD

8620602293

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

26 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ali Fakhrudin, M.Pd




Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd




PUTRI RACHMADYANTI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar media pembelajaran serta peranannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model dan strategi inovasi media pembelajaran berbasis teknologi digital yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang media pembelajaran inovatif yang berbasis proyek dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan validasi dan ujicoba terhadap media pembelajaran inovatif yang dikembangkan untuk menghasilkan media yang layak (Valid, Efektif dan Praktis)

PO - 5

Mahasiswa Mampu melakukan publikasi hasil Inovasi media pembelajaran di Sekolah Dasar kepada masyarakat secara luas

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan aplikasi inovasi media pembelajaran yang relevan untuk sekolah dasar, dengan penekanan pada penerapan teknologi digital dan keterampilan abad 21. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model dan strategi pembelajaran berbasis proyek yang memungkinkan mereka merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Perkuliahan dilaksanakan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pembelajaran aktif untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek yang melibatkan penggunaan perangkat lunak pendidikan, media digital, dan alat-alat interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hasil akhir dari mata kuliah ini adalah portofolio media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dasar, serta refleksi kritis terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Pustaka

Utama :

  1. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  2. Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
  3. Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
  4. Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
  5. Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pendukung :

  1. Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.

Dosen Pengampu

WAHYU SUKARTININGSIH

GANES GUNANSYAH

HENDRIK PANDU PAKSI

IKA RAHMAWATI

RICKY SETIAWAN

ULFI AMINATUZ ZAHROH

NURUL ISTIQ'FAROH

VIT ARDHYANTAMA

MUJAHIDIN FARID

ALI FAKHRUDIN

NANDA VERUNA ENUN KHARISMA

Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.

Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.

Nanda Veruna Enun Kharisma, S.Pd., M.Pd.

Nanda Veruna Enun Kharisma, S.Pd., M.Pd.

Vit Ardhyantama, M.Pd.

Vit Ardhyantama, M.Pd.

Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed.

Ricky Setiawan, S.Pd.SD., M.Ed.

Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd.

Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd.

Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd.

Ali Fakhrudin, M.Pd.

Ali Fakhrudin, M.Pd.

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.

Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Materi perkuliahan, sistem perkuliahan dan tagihan mata kuliah

Mahasiswa menyepakati kontrak perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami definisi dan macam-macam Media Pembelajaran abad 21

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian media pembelajaran abad 21 dan relevansinya dalam pendidikan.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan di abad 21.
  3. Mahasiswa dapat mengaitkan konsep media pembelajaran abad 21 dengan keterampilan abad 21 (kritikal thinking, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi).
Kriteria:
  1. Penilaian Keaktifan
  2. Penilaian Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami penerapan teknologi digital dalam membangun pendidikan berkelanjutan (SDGs) dalam kerangka TPACK

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep SDGs dalam pendidikan dan hubungan dengan teknologi digital.
  2. Mahasiswa dapat menganalisis penerapan prinsip TPACK dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.
  3. Mahasiswa dapat menggambarkan bagaimana teknologi digital mendukung tujuan pendidikan berkelanjutan di Sekolah Dasar.
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa menganalisis berbagai langkah pengembangan media pembelajaran inovatif berdasarkan para ahli

  1. Mahasiswa dapat menyusun argumen yang didasarkan pada teori dan praktik tentang bagaimana media pembelajaran dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam proses belajar mengajar.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah utama dalam pengembangan media pembelajaran inovatif menurut para ahli.
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
DiskusiKelompok,TugasProyek50 Menit

Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membuat desain pengembangan media pembelajaran inovatif Sekolah Dasar yang mendukung pembelajaran mendalam - 1

  1. Mahasiswa dapat menyusun tujuan pembelajaran yang jelas dalam desain media yang dibuat.
  2. Mahasiswa dapat merancang konsep media pembelajaran inovatif yang berfokus pada pembelajaran mendalam.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok, Tugas Proyek
50 Menit
Mengunggah tugas melalui Sidia
50 Menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu membuat desain pengembangan media pembelajaran inovatif Sekolah Dasar yang mendukung pembelajaran mendalam - 2

  1. Mahasiswa dapat mengembangkan desain media pembelajaran yang menyertakan elemen interaktif.
  2. Mahasiswa dapat menyusun alur pembelajaran yang mendalam dan mengintegrasikan teknologi secara efektif.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Seminar, Tanya Jawab
50 menit
Seminar, Tanya Jawab
50 menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memvalidasi rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif sekolah dasar

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi kriteria validasi untuk media pembelajaran yang inovatif.
  2. Mahasiswa dapat melibatkan pakar atau pengguna dalam proses validasi desain media.
  3. Mahasiswa dapat mendokumentasikan hasil validasi untuk perbaikan desain media.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif
50 menit
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif
50 menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif dihadapan audience (UTS)

Mahasiswa dapat mempresentasikan rancangan media pembelajaran secara jelas dan terstruktur.

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ujian Tengah Semester
100 menit
Ujian Tengah Semester
100 menit
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar - 1

  1. Mahasiswa dapat memulai proses pembuatan media pembelajaran yang inovatif, termasuk pembuatan konten dan elemen interaktif.
  2. Mahasiswa dapat merencanakan langkah-langkah yang jelas untuk pengembangan media pembelajaran.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek
50 menit
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar - 2

  1. Mahasiswa dapat mengembangkan media pembelajaran dengan fitur lanjutan, seperti gamifikasi atau pembelajaran adaptif.
  2. Mahasiswa dapat memodifikasi dan memperluas desain media pembelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan belajar siswa yang beragam, termasuk aspek inklusi dan keberagaman yang mendukung SDGs Pendidikan Berkualitas
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan instrumen validasi media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa dapat merancang instrumen validasi yang mengukur efektivitas media pembelajaran.
  2. Mahasiswa dapat merancang format umpan balik yang sesuai untuk mengukur keberhasilan penggunaan media.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tugas Proyek
50 menit
Diskusi, tugas Proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan validasi hasil pengembangan media pembelajaran sekolah dasar

  1. Mahasiswa dapat mengumpulkan umpan balik dari pengguna media untuk melakukan perbaikan.
  2. Mahasiswa dapat mengevaluasi apakah media yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD
Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan uji coba terbatas media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa dapat melakukan uji coba terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan melibatkan guru dan siswa.
  2. Mahasiswa mendokumentasikan kegiatan uji coba.
  3. Mahasiswa dapat mengumpulkan data dari hasil uji coba dan menganalisis efektivitas media pembelajaran yang telah diuji.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab
50 menit
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD
Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi dan revisi pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan media pembelajaran setelah uji coba terbatas.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas media.
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi
50 menit
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21
Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melaksanakan seminar hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil pengembangan media pembelajaran yang inovatif dengan jelas dan terstruktur.

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab
50 menit
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21
Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa melakukan publikasi hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar (UAS)

  1. Mahasiswa dapat mempublikasikan hasil pengembangan media dalam bentuk jurnal atau media yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat mendaftarkan hak cipta hasil pengembangan media pembelajaran inovatif.
  3. Mahasiswa melakukan pameran media pembelajaran inovatif sekolah dasar.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.