Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Proses Bisnis

5720103147

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-10

Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang.

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami dasar pemodelan proses bisnis dan berpikir sistematis terhadap alur bisnis pada sebuah organisasi

PO - 2

Mampu memahami daur hidup manajemen proses bisnis

PO - 3

Mampu membuat diagram proses bisnis (as-is dan to-be) menggunakan diagram BPMN untuk kebutuhan organisasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-10PLO-15
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan untuk membuat alur proses bisnis yang sistematis yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi, menganalisis, dan memodelkan proses bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Pendukung :

  1. Mahendrawathi ER, PhD. 2018. Business Process Management (Konsep dan Implementasi). Andi, Yogyakarta.

Dosen Pengampu

DWI FATRIANTO SUYATNO

BERLIAN MAULIDYA IZZATI

Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom.

Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom.

Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.

Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dan pengertian proses bisnis

Mahasiswa mampu memahami konsep dan pengertian proses bisnis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
10%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar penerapan proses bisnis pada organisasi

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penerapan proses bisnis pada organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
10%

3

Minggu ke 3

Memahami dasar-dasar pemodelan proses bisnis (1)

Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pemodelan proses bisnis (1)

Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
10%

4

Minggu ke 4

Memahami dasar-dasar pemodelan proses bisnis (2)

Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pemodelan proses bisnis (2)

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
10%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep process identification pada BPM Lifecycle (1)

Mahasiswa mampu memahami konsep process identification pada BPM Lifecycle (1)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep process identification pada BPM Lifecycle (2)

Mahasiswa mampu memahami konsep process identification pada BPM Lifecycle (2)

Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami konsep process discovery pada BPM Lifecycle

Mahasiswa mampu memahami konsep process discovery pada BPM Lifecycle

Ceramah dan Diskusi
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
10%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS Pilihan Ganda dan Essay


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ujian Tertulis
3 x 50

Materi: UTS
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

9

Minggu ke 9

Memahami proses quality assurance (1)

Mahasiswa mampu memahami proses quality assurance (1)

Kriteria:

Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Process Quality Assurance
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

10

Minggu ke 10

Memahami proses quality assurance (2)

Mahasiswa mampu memahami proses quality assurance (2)

Kriteria:

Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50

Materi: Process Quality Assurance
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep qualitative analysis (1)

Mahasiswa mampu memahami konsep qualitative analysis (1)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3 x 50

Materi: Qualitative Analysis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

12

Minggu ke 12

Memahami konsep qualitative analysis (2)

Mahasiswa mampu memahami konsep qualitative analysis (2)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3 x 50

Materi: Qualitative Analysis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

13

Minggu ke 13

Membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi (1)

Mahasiswa mampu membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan Demonstrasi
3 x 50

10%

14

Minggu ke 14

Membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi (1)

Mahasiswa mampu membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan Demonstrasi
3 x 50

10%

15

Minggu ke 15

Membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi (1)

Mahasiswa mampu membuat diagram proses bisnis pada studi kasus organisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan Demonstrasi
3 x 50

10%

16

Minggu ke 16

UAS

Kemampuan Menjawab soal UAS

Kriteria:

Hasil Jawaban UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Presentasi Tugas

Materi: Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Pustaka: Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Penilaian Praktikum 5%
4. Tes 15%
75%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.