
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
7310103023 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
3 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang kaidah kaidah penelitian kuantitatif khususnya dalam bidang psikologi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
|
Pendukung : |
|
- Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
- Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
- Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- 1. Menerapkan Kontrak Belajar
- Pengantar metodologi
|
|
Kriteria:
mampu merespon dengan tepat pertanyaan seputar materi di pertemuan |
small group discussion 150 menit |
|
Materi: Kontrak belajar dan pengantar Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: pengantar metodologi penelitian Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. Materi: pengantar metodologi penelitian Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi penelitian
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karakteristik penelitian
- 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe penelitian
- 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan paradigma penelitian
- 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah penelitian
|
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi penelitian
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karakteristik penelitian
- 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe penelitian
- 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan paradigma penelitian
- 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah penelitian
|
Kriteria:
- 1. mampu membedakan penelitian kuantitatif dan kualitatif
- 2. mampu menuangkan ide sesuai karakteristik penelitian
- 3. mampu mencari 10 artikel sesuai dengan keyword yang diminati
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
discovery learning dan active learning 150 menit |
|
Materi: Penelitian: sebagai sebuah cara berpikir dan sebagai sebuah proses Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mereview literatur (melakukan tinjauan pustaka) |
- 1. Mahasiswa mampu memahami alasan mereview literatur dalam penelitian
- 2. Mahasiswa mampu memahami prosedur dalam mereview literatu
- 3. Mahasiswa mampu menuliskan hasil review literature
|
Kriteria:
- literatur yang dipilih sesuai dengan tema yang diminati
- jumlah literatur yang dipilih minimal 20 artikel jurnal bereputasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
self directed learning 150 menit |
|
Materi: literature review Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
|
- 1. mahasiswa mampu memahami pentingnya memformulasikan sebuah permasalahan penelitian
- 2. mahasiswa mampu mengidentifikasi sumber-sumber permasalahan penelitian
- 3. mahasiswa mampu memilih sebuah permasalahan penelitian
- 4. mahasiswa mampu memahami langkah-langkah dalam memformulasikan permasalahan penelitian
- 5. mahasiswa mampu memformulasikan tujuan penelitian
- 6. mahasiswa mampu membuat defnisi operasional
|
Kriteria:
- Formula penelitian ditulis dengan tepat
- Identifikasi sumber-sumber permasalahan yang dilakukan dengan tepat
- permasalahan penelitian yang dipilih sudah sesuai
- langkah-langkah dalam memformulasikan permasalahan penelitian sudah sesuai
- Formulasi tujuan penelitian yang dilakukan sudah sesui
- defnisi operasional yang dibuat sudah sesuai
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 |
|
Materi: Memformulasi sebuah permasalahan penelitian Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: definisi operasional Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
memahami dan menganalisa perbedaan berbagai variabel penelitian agar mampu mengidentifikasi secara tepat dalam penelitian serta mampu memahami kaitan hipotesis dengan permasalahan |
- 1. mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi konsep, konstruk, dan variabel
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan jenis-jenis variabel penelitian
- 3. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi hipotesis
- 4. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara hipotesis dengan permasalahan
- 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kategori hipotesis
|
Kriteria:
- menuliskan dengan tepat definisi konssep, konstruk dan variabel
- Menuliskan dengan tepat variabel penelitian sesuai dengan rumusan masalah
- Mampu menuliskan hipotesis dengan tepat sesuai dengan formula rumusan masalah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
active learning, small group discussion 150 |
|
Materi: variabel penelitian Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: hipotesis Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengkonseptualisasikan sebuah desain penelitian |
- 1. Mahasiswa mampu memahami definisi desain penelitian
- 2. Mahasiswa mampu memahami fungsi desain penelitian
- 3. mahasiswa mampumemahami jenis-jenis desain penelitian
|
Kriteria:
mampu menuliskan dengan tepat desain penelitian yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitiian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small group discussion dan active learning 150 |
|
Materi: desain penelitian Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menerapkan tehnik pengumpulan data |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengumpulan data dengan wawancara
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengumpulan data dengan pengamatan
|
Kriteria:
mampu merancang teknik analisis data dengan wawancara dan pengamatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
small group discussion, self directed learning 150 |
|
Materi: teknik pengumpulan data Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menerapkan tehnik pengumpulan data |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
self directed learning dan small group discussion 100 |
Materi: instrumen penelitian Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
self asesment 100 |
Materi: materi 1 -8 Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: materi 1 dan 4 Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. Materi: materi 1 dan 7 Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan konsep validitas dan reliabilitas alat ukur |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi validitas
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe validitas
- 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi reliabilitas
- 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe reliabilitas
|
Kriteria:
- Validitas yang dipilih sesuai dengan instrumen
- Reliabilitas yang digunakan sesuai dengan instrumen
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
small group discussion, self directed learning dan discovery learning 150 |
|
Materi: validitas Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: reliabilitas Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan konsep populasi dan teknik pengambilan sampel |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi populasi dan sampel
- 2. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dalam pengambilan sampel penelitian
- 3. Mahasiswa mampu memahami tujuan menyeleksi sampel
- 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengambilan sampel
|
Kriteria:
populasi dan sampel yang dituliskan sesuai dengan desain penelitian, dan formulasi judul penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
active learning, small group discussion 150 |
|
Materi: Populasi, sampel dan teknik sampling Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisis data deskriptif
- 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data deskriptif
|
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisi data deskriptif
- 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data deskriptif
|
Kriteria:
- Teknik analisis data deskriptif yang digunakan tepat
- interpretasi hasil teknik analisis data deskriptif sesuai dengan teknik analisis data yang digunakan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
small group discussion dan self directed learning 150 |
|
Materi: teknik analisis data deskriptif Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. Materi: interpretasi teknik analisis data deskriptif Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasi hasil analisis data |
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisi data inferensial
- 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data inferensial
|
Kriteria:
- teknik analisis data inferensial yang dipilih sesuai dengan hipotesis
- interpretasi hasil analisis data inferensial dilakukan dengan tepat
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
small group discussin dan self directed learning 150 |
|
Materi: teknik analisis data inferensial dan interpretasinya Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
self directed learning dan small group discussion
|
|
Materi: proposal penelitian Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
- Mahasiswa mampu menuliskan hasil penelitian dan diskusi
- mahasiswa mamapu menuliskan kesimpulan dan saran penelitian
|
Kriteria:
- Hasil penelitian ditulis sesuai dengan teknik analisis data yang dipilih
- Diskusi sesuai dengan hasil penelitian
- kesimpulan dan saran ditulis sesuai hasil penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
self directed learning dan small group discussion 150 |
|
Materi: hasil penelitian, diskusi, kesimpulan dan saran penelitian Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
self directed learning 150 |
Materi: proposal penelitian Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press. Materi: hasil dan evaluasi penelitian Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc. |
20% |