Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kuantitatif

7310103023

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

3 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia

PLO-7

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang kaidah kaidah penelitian kuantitatif khususnya dalam bidang psikologi

Pustaka

Utama :

  1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Pendukung :

  1. Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
  2. Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
  3. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Dosen Pengampu

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. 1. Menerapkan Kontrak Belajar
  2. Pengantar metodologi

Kriteria:

mampu merespon dengan tepat pertanyaan seputar materi di pertemuan

small group discussion
150 menit

Materi: Kontrak belajar dan pengantar
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: pengantar metodologi penelitian
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.

Materi: pengantar metodologi penelitian
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
0%

2

Minggu ke 2

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi penelitian
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karakteristik penelitian
  3. 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe penelitian
  4. 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan paradigma penelitian
  5. 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah penelitian
  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi penelitian
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karakteristik penelitian
  3. 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe penelitian
  4. 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan paradigma penelitian
  5. 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah penelitian
Kriteria:
  1. 1. mampu membedakan penelitian kuantitatif dan kualitatif
  2. 2. mampu menuangkan ide sesuai karakteristik penelitian
  3. 3. mampu mencari 10 artikel sesuai dengan keyword yang diminati

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
discovery learning dan active learning
150 menit

Materi: Penelitian: sebagai sebuah cara berpikir dan sebagai sebuah proses
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mereview literatur (melakukan tinjauan pustaka)

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami alasan mereview literatur dalam penelitian
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami prosedur dalam mereview literatu
  3. 3. Mahasiswa mampu menuliskan hasil review literature
Kriteria:
  1. literatur yang dipilih sesuai dengan tema yang diminati
  2. jumlah literatur yang dipilih minimal 20 artikel jurnal bereputasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
self directed learning
150 menit

Materi: literature review
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  1. 1. mahasiswa mampu memahami pentingnya memformulasikan sebuah permasalahan penelitian
  2. 2. mahasiswa mampu mengidentifikasi sumber-sumber permasalahan penelitian
  3. 3. mahasiswa mampu memilih sebuah permasalahan penelitian
  4. 4. mahasiswa mampu memahami langkah-langkah dalam memformulasikan permasalahan penelitian
  5. 5. mahasiswa mampu memformulasikan tujuan penelitian
  6. 6. mahasiswa mampu membuat defnisi operasional
Kriteria:
  1. Formula penelitian ditulis dengan tepat
  2. Identifikasi sumber-sumber permasalahan yang dilakukan dengan tepat
  3. permasalahan penelitian yang dipilih sudah sesuai
  4. langkah-langkah dalam memformulasikan permasalahan penelitian sudah sesuai
  5. Formulasi tujuan penelitian yang dilakukan sudah sesui
  6. defnisi operasional yang dibuat sudah sesuai

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Memformulasi sebuah permasalahan penelitian
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: definisi operasional
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
5%

5

Minggu ke 5

memahami dan menganalisa perbedaan berbagai variabel penelitian agar mampu mengidentifikasi secara tepat dalam penelitian serta mampu memahami kaitan hipotesis dengan permasalahan

  1. 1. mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi konsep, konstruk, dan variabel
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan jenis-jenis variabel penelitian
  3. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi hipotesis
  4. 4. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara hipotesis dengan permasalahan
  5. 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kategori hipotesis
Kriteria:
  1. menuliskan dengan tepat definisi konssep, konstruk dan variabel
  2. Menuliskan dengan tepat variabel penelitian sesuai dengan rumusan masalah
  3. Mampu menuliskan hipotesis dengan tepat sesuai dengan formula rumusan masalah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
active learning, small group discussion
150

Materi: variabel penelitian
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: hipotesis
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengkonseptualisasikan sebuah desain penelitian

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami definisi desain penelitian
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami fungsi desain penelitian
  3. 3. mahasiswa mampumemahami jenis-jenis desain penelitian
Kriteria:

mampu menuliskan dengan tepat desain penelitian yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitiian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small group discussion dan active learning
150

Materi: desain penelitian
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menerapkan tehnik pengumpulan data

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengumpulan data dengan wawancara
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengumpulan data dengan pengamatan
Kriteria:

mampu merancang teknik analisis data dengan wawancara dan pengamatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
small group discussion, self directed learning
150

Materi: teknik pengumpulan data
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menerapkan tehnik pengumpulan data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

self directed learning dan small group discussion
100
Materi: instrumen penelitian
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
5%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Tes

self asesment
100
Materi: materi 1 -8
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: materi 1 dan 4
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.

Materi: materi 1 dan 7
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
15%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan konsep validitas dan reliabilitas alat ukur

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi validitas
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe validitas
  3. 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi reliabilitas
  4. 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tipe-tipe reliabilitas
Kriteria:
  1. Validitas yang dipilih sesuai dengan instrumen
  2. Reliabilitas yang digunakan sesuai dengan instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
small group discussion, self directed learning dan discovery learning
150

Materi: validitas
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: reliabilitas
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan konsep populasi dan teknik pengambilan sampel

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi populasi dan sampel
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dalam pengambilan sampel penelitian
  3. 3. Mahasiswa mampu memahami tujuan menyeleksi sampel
  4. 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tehnik pengambilan sampel
Kriteria:

populasi dan sampel yang dituliskan sesuai dengan desain penelitian, dan formulasi judul penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
active learning, small group discussion
150

Materi: Populasi, sampel dan teknik sampling
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
5%

12

Minggu ke 12

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisis data deskriptif
  2. 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data deskriptif
  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisi data deskriptif
  2. 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data deskriptif
Kriteria:
  1. Teknik analisis data deskriptif yang digunakan tepat
  2. interpretasi hasil teknik analisis data deskriptif sesuai dengan teknik analisis data yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
small group discussion dan self directed learning
150

Materi: teknik analisis data deskriptif
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.

Materi: interpretasi teknik analisis data deskriptif
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasi hasil analisis data

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisi data inferensial
  2. 2. Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data inferensial
Kriteria:
  1. teknik analisis data inferensial yang dipilih sesuai dengan hipotesis
  2. interpretasi hasil analisis data inferensial dilakukan dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
small group discussin dan self directed learning
150

Materi: teknik analisis data inferensial dan interpretasinya
Pustaka: Schinka, J.A., Velicer, W,F, Weiner, I,B. 2013.Handbook of Psychology 2: Research Methods In Psychology .Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
5%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
self directed learning dan small group discussion

Materi: proposal penelitian
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menuliskan hasil penelitian dan diskusi
  2. mahasiswa mamapu menuliskan kesimpulan dan saran penelitian
Kriteria:
  1. Hasil penelitian ditulis sesuai dengan teknik analisis data yang dipilih
  2. Diskusi sesuai dengan hasil penelitian
  3. kesimpulan dan saran ditulis sesuai hasil penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
self directed learning dan small group discussion
150

Materi: hasil penelitian, diskusi, kesimpulan dan saran penelitian
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

self directed learning
150
Materi: proposal penelitian
Pustaka: Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya, Sby: Unesa University Press.

Materi: hasil dan evaluasi penelitian
Pustaka: Morling, B., 2015. Research Methods In Psychology: Evaluating a world of information. New York: MW Norton & Company, Inc.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 77.5%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.