
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Rancangan Pembelajaran (Instructional Design) |
8410203180 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
4 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Masriyah, M.Pd.
|
Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
|
Dr. Agung Lukito, M.S. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika |
PLO-7 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis tentang perancangan pembelajaran matematika dan evaluasinya
|
PO - 2 |
Merancang pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif berdasarkan teori yang telah dipelajari
|
PO - 3 |
Menyajikan dan mendiskusikan hasil rancangan pembelajaran matematika secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji proses rancangan pembelajaran yang meliputi identifikasi kebutuhan pembelajaran, analisis karakteristik siswa dan analisis kontekstual, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran, penetapan urutan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, perancangan pesan pembelajaran, pengembangan bahan pembelajaran, dan pengembangan evaluasi pembelajaran |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
- Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Middleton, J. A. & Polly Goepfert. 1996. Inventive strategies for teaching mathematics: Implementing standards for reform. APA Book
- Rahayu, E.B. 2021. An Identification of Teachers’ Ability on Posing HOTS Mathematics Problems.
- National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Masriyah, M.Pd. Dr. Agung Lukito, M.S. Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami komponen proses rancangan pembelajaran |
Menjelaskan secara garis besar komponen-komponen proses rancangan pembelajaran |
Kriteria:
Ketepatan penjelasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi komponen proses dalam rancangan pembelajaran
Penjelasan tentang tugas kelompok untuk menelaah, presentasi, dan diskusi setiap proses rancangan pembelajaran dari sumber belajar utama
Penjelasan tentang tugas individual untuk merancang pembelajaran topik matematika pilihan sendiri 150 menit |
|
Materi: Why and What is Instructional Design Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Merumuskan ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran untuk bahan diskusi |
Mendaftar ide-ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran |
Kriteria:
Kelengkapan daftar ide-ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Menelaah bab yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan pengajaran dari sumber belajar utama 150 menit |
Materi: Overview of Our Design Model Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami proses identifikasi kebutuhan pengajaran |
Pemahaman mahasiswa tentang proses identifikasi kebutuhan pengajaran |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang proses identifikasi kebutuhan pengajaran 150 menit |
|
Materi: Identifying the Need for Instruction Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami proses analisis pebelajar dan kontekstual |
Mendaftar karakteristik penting pebelajar yang menjadi pertimbangan dalam rancangan pembelajaran |
Kriteria:
Kelengkapan daftar karakteristik penting pebelajar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang proses analisis pebelajar dan kontekstual 150 menit |
|
Materi: Student and Contextual Analysis Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses analisis tugas pembelajaran |
- Mendeskripsikan struktur konten pembelajaran yang meliputi fakta, konsep, prinsip dan aturan, prosedur, keterampilan iterpersonal, dan sikap sebagai hasil analisis topik
- Mendeskripsikan bagaimana melakukan analisis prosedural
- Mendeskripsikan bagaimana melakukan analisis kejadian kritis
|
Kriteria:
Ketepatan penjelasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang proses analisis tugas pembelajaran 150 menit |
|
Materi: Task analysis Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami proses penentuan tujuan pembelajaran |
- Mendeskripsikan batasan setiap subproses dari enam kategori proses kognitif dalam taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi
- Memberikan contoh tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tiap subproses kognitif dalam pembelejaran matematika
|
Kriteria:
- Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap subproses kognitif
- Ketepatan rumusan contoh tujuan pembelajaran matematika ditinjau dari deskripsi subproses kognitif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang proses penentuan tujuan pembelajaran 150 menit |
|
Materi: Instructional Objectives Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pembelajaran Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami bagaimana mengurutkan konten pembelajaran |
Menjelaskan penetapan urutan pembelajaran struktur konten |
Kriteria:
Ketepatan penggunaan kriteria pengurutan konten pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang kriteria pengurutan konten pembelajaran 150 menit |
|
Materi: Designing the Instruction: Sequencing Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami tentang pedoman pemilihan strategi pembelajaran konten |
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide |
Kriteria:
Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran suatu konten Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang pedoman pemilihan strategi pembelajaran konten 150 menit |
|
Materi: Designing the Instruction: Strategies Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: More or Less Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica. |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami bagaimana merancang pesan pembelajaran |
- Mendeskripsikan berbagai strategi prapengajaran
- Mendeskripsi berbagai pedoman merancang pesan pembelajaran
|
Kriteria:
- Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap strategi prapengajaran
- Keakuratan deskripsi pedoman rancangan pesan pengajaran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang bagaimana merancang pesan pembelajaran 150 menit |
|
Materi: Designing the Instructional Message Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: Patterns and Figures Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami bagaimana mengembangkan bahan pembelajaran |
Mampu menjelaskan proses pengembangan bahan pembelajaran |
Kriteria:
Ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang bagaimana merancang bahan pembelajaran 150 menit |
|
Materi: Developing Instructional Materials Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: Made to Measure Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami berbagai aspek evaluasi pembelajaran |
Mendeskripsikan berbagai aspek evaluasi pembelajaran |
Kriteria:
Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap aspek evaluasi pengajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang berbagai aspek evaluasi pembelajaran 150 menit |
|
Materi: The Many Faces of Evaluation Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: The Why, What, and When of Assessment Pustaka: Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran |
Mengembangkan butir asesmen untuk mengukur ketercapaian suatu tujuan pembelajaran |
Kriteria:
Ketepatan penggunaan butir asesmen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi tentang pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran 150 menit |
|
Materi: The Many Faces of Evaluation Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: The Why, What, and When of Assessment Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang pembelajaran suatu topik matematika |
Menghasilkan rancangan pembelajaran suatu topik matematika berbasis standar proses yang telah dipresentasikan dan didiskusikan |
Kriteria:
Ketepatan pelaksanaan proses rancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Kegiatan mandiri 150 menit |
Materi: . Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: . Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson Materi: . Pustaka: Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Materi: . Pustaka: Middleton, J. A. & Polly Goepfert. 1996. Inventive strategies for teaching mathematics: Implementing standards for reform. APA Book |
9% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang pembelajaran suatu topik matematika |
Menghasilkan rancangan pembelajaran suatu topik matematika berbasis standar proses yang telah dipresentasikan dan didiskusikan |
Kriteria:
Ketepatan pelaksanaan proses rancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Kegiatan mandiri 150 menit |
Materi: . Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: . Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson |
9% |
15
Minggu ke 15 |
Menyajikan dan mendiskusikan hasil individual rancangan pembelajaran suatu topik matematika |
Menjelaskan semua keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran |
Kriteria:
Ketepatan keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi hasil rancangan 150 menit |
|
Materi: . Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. Materi: . Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menyajikan dan mendiskusikan hasil individual rancangan pembelajaran suatu topik matematika |
Menjelaskan semua keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran |
Kriteria:
Ketepatan keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi hasil rancangan 150 menit |
|
Materi: . Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc. |
5% |