Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)

8410203180

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

4 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Masriyah, M.Pd.




Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.




Dr. Agung Lukito, M.S.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika

PLO-7

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis tentang perancangan pembelajaran matematika dan evaluasinya

PO - 2

Merancang pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif berdasarkan teori yang telah dipelajari

PO - 3

Menyajikan dan mendiskusikan hasil rancangan pembelajaran matematika secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji proses rancangan pembelajaran yang meliputi identifikasi kebutuhan pembelajaran, analisis karakteristik siswa dan analisis kontekstual, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran, penetapan urutan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, perancangan pesan pembelajaran, pengembangan bahan pembelajaran, dan pengembangan evaluasi pembelajaran

Pustaka

Utama :

  1. Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Pendukung :

  1. Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
  2. Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  3. Middleton, J. A. & Polly Goepfert. 1996. Inventive strategies for teaching mathematics: Implementing standards for reform. APA Book
  4. Rahayu, E.B. 2021. An Identification of Teachers’ Ability on Posing HOTS Mathematics Problems.
  5. National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Masriyah, M.Pd.

Dr. Agung Lukito, M.S.

Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.

Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami komponen proses rancangan pembelajaran

Menjelaskan secara garis besar komponen-komponen proses rancangan pembelajaran

Kriteria:

Ketepatan penjelasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi komponen proses dalam rancangan pembelajaran
Penjelasan tentang tugas kelompok untuk menelaah, presentasi, dan diskusi setiap proses rancangan pembelajaran dari sumber belajar utama
Penjelasan tentang tugas individual untuk merancang pembelajaran topik matematika pilihan sendiri
150 menit

Materi: Why and What is Instructional Design
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

2

Minggu ke 2

Merumuskan ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran untuk bahan diskusi

Mendaftar ide-ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran

Kriteria:

Kelengkapan daftar ide-ide penting dalam identifikasi kebutuhan pengajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Menelaah bab yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan pengajaran dari sumber belajar utama
150 menit
Materi: Overview of Our Design Model
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

3

Minggu ke 3

Memahami proses identifikasi kebutuhan pengajaran

Pemahaman mahasiswa tentang proses identifikasi kebutuhan pengajaran

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang proses identifikasi kebutuhan pengajaran
150 menit

Materi: Identifying the Need for Instruction
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

4

Minggu ke 4

Memahami proses analisis pebelajar dan kontekstual

Mendaftar karakteristik penting pebelajar yang menjadi pertimbangan dalam rancangan pembelajaran

Kriteria:

Kelengkapan daftar karakteristik penting pebelajar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang proses analisis pebelajar dan kontekstual
150 menit

Materi: Student and Contextual Analysis
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

5

Minggu ke 5

Memahami proses analisis tugas pembelajaran

  1. Mendeskripsikan struktur konten pembelajaran yang meliputi fakta, konsep, prinsip dan aturan, prosedur, keterampilan iterpersonal, dan sikap sebagai hasil analisis topik
  2. Mendeskripsikan bagaimana melakukan analisis prosedural
  3. Mendeskripsikan bagaimana melakukan analisis kejadian kritis
Kriteria:

Ketepatan penjelasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang proses analisis tugas pembelajaran
150 menit

Materi: Task analysis
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

6

Minggu ke 6

Memahami proses penentuan tujuan pembelajaran

  1. Mendeskripsikan batasan setiap subproses dari enam kategori proses kognitif dalam taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi
  2. Memberikan contoh tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tiap subproses kognitif dalam pembelejaran matematika
Kriteria:
  1. Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap subproses kognitif
  2. Ketepatan rumusan contoh tujuan pembelajaran matematika ditinjau dari deskripsi subproses kognitif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang proses penentuan tujuan pembelajaran
150 menit

Materi: Instructional Objectives
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pembelajaran
Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
6%

7

Minggu ke 7

Memahami bagaimana mengurutkan konten pembelajaran

Menjelaskan penetapan urutan pembelajaran struktur konten

Kriteria:

Ketepatan penggunaan kriteria pengurutan konten pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang kriteria pengurutan konten pembelajaran
150 menit

Materi: Designing the Instruction: Sequencing
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
6%

8

Minggu ke 8

Memahami tentang pedoman pemilihan strategi pembelajaran konten

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide

Kriteria:

Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran suatu konten


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang pedoman pemilihan strategi pembelajaran konten
150 menit

Materi: Designing the Instruction: Strategies
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: More or Less
Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica.
6%

9

Minggu ke 9

Memahami bagaimana merancang pesan pembelajaran

  1. Mendeskripsikan berbagai strategi prapengajaran
  2. Mendeskripsi berbagai pedoman merancang pesan pembelajaran
Kriteria:
  1. Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap strategi prapengajaran
  2. Keakuratan deskripsi pedoman rancangan pesan pengajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang bagaimana merancang pesan pembelajaran
150 menit

Materi: Designing the Instructional Message
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Patterns and Figures
Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica.
6%

10

Minggu ke 10

Memahami bagaimana mengembangkan bahan pembelajaran

Mampu menjelaskan proses pengembangan bahan pembelajaran

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang bagaimana merancang bahan pembelajaran
150 menit

Materi: Developing Instructional Materials
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Made to Measure
Pustaka: National Science Foundation. 2010. Mathematics in Context. Encyclopedia Britannica.
6%

11

Minggu ke 11

Memahami berbagai aspek evaluasi pembelajaran

Mendeskripsikan berbagai aspek evaluasi pembelajaran

Kriteria:

Kelengkapan dan keakuratan deskripsi tiap aspek evaluasi pengajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang berbagai aspek evaluasi pembelajaran
150 menit

Materi: The Many Faces of Evaluation
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: The Why, What, and When of Assessment
Pustaka: Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
6%

12

Minggu ke 12

Memahami bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran

Mengembangkan butir asesmen untuk mengukur ketercapaian suatu tujuan pembelajaran

Kriteria:

Ketepatan penggunaan butir asesmen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi tentang pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran
150 menit

Materi: The Many Faces of Evaluation
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: The Why, What, and When of Assessment
Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
6%

13

Minggu ke 13

Merancang pembelajaran suatu topik matematika

Menghasilkan rancangan pembelajaran suatu topik matematika berbasis standar proses yang telah dipresentasikan dan didiskusikan

Kriteria:

Ketepatan pelaksanaan proses rancangan pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Kegiatan mandiri
150 menit
Materi: .
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: .
Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson

Materi: .
Pustaka: Anderson, L W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Materi: .
Pustaka: Middleton, J. A. & Polly Goepfert. 1996. Inventive strategies for teaching mathematics: Implementing standards for reform. APA Book
9%

14

Minggu ke 14

Merancang pembelajaran suatu topik matematika

Menghasilkan rancangan pembelajaran suatu topik matematika berbasis standar proses yang telah dipresentasikan dan didiskusikan

Kriteria:

Ketepatan pelaksanaan proses rancangan pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Kegiatan mandiri
150 menit
Materi: .
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: .
Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
9%

15

Minggu ke 15

Menyajikan dan mendiskusikan hasil individual rancangan pembelajaran suatu topik matematika

Menjelaskan semua keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran

Kriteria:

Ketepatan keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi hasil rancangan
150 menit

Materi: .
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.

Materi: .
Pustaka: Anderson, L. W. et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson
5%

16

Minggu ke 16

Menyajikan dan mendiskusikan hasil individual rancangan pembelajaran suatu topik matematika

Menjelaskan semua keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran

Kriteria:

Ketepatan keputusan tindakan yang dibuat dalam rancangan pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi hasil rancangan
150 menit

Materi: .
Pustaka: Morisson, G. R. et al. 2019. Designing Effective Instruction. John Wiley & Sons, Inc.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.