Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Muatan Lokal di Pendidikan Dasar

8612203664

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Mampu menganalisis praksis dan teori secara kritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum atau pembelajaran di bidang pendidikan dasar berbasis etnopedagogi dan literasi global yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif.

PLO-6

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan dasar berbasis literasi global dengan pendekatan interdisipliner berbasis pemecahan masalah melalui riset dan pengabdian berbasis etnopedagogi.

PLO-7

Mampu mengelola riset dan pengembangan secara inovatif dalam bidang pendidikan dasar berbasis etnopedagogi dan literasi global dengan pendekatan interdisipliner untuk meningkatkan mutu peradaban yang inklusif.

PLO-9

Mampu memberikan pertimbangan dan/atau pendampingan pengelolaan dan pengembangan kelembagaan secara multiliterate dan etnopedagogi di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan interdisipliner yang bisa dipertanggung jawabkan secara etika akademik berdasar hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar

PO - 2

Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar

PO - 3

Mendesain kurikulum pendidikan dasar berbasis muatan lokal

PO - 4

Mengevaluasi penerapan pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

PO - 5

Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mampu menggali dan menginteprestasikan tentang penerapan muatan lokal pada konteks pembelajaran di pendidikan dasar. Aktivitas pada mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis reflektif kritis dan inovasi pada muatan lokal dalam pembelajaran di pendidikan dasar. Mata kuliah ini membahas tentang (1) Landasan Teoritis, filosofis, dan yuridis tentang muatan lokal jenjang pendidikan dasar, (2) mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar, dan (3) mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal, (4) mengevaluasi penerapan pembelajaran berbasis muatan lokal, dan (5) meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar. Pendekatan pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan project based learning dengan menggunakan penilaian produk.

Pustaka

Utama :

  1. Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press.
  2. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47.
  3. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128.
  4. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
  5. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.

Pendukung :

  1. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).
  2. Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.

Dosen Pengampu

Dr. Heru Subrata, M.Si.

Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis dan menggali muatan lokal pada pembelajaran di pendidikan dasar melalui landasan teoritis, filosofis, dan yuridis dan konteks lingkungan belajar

Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Memetakan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Mengintegrasikan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
Materi: Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
4%

2

Minggu ke 2

Menganalisis dan menggali muatan lokal pada pembelajaran di pendidikan dasar melalui landasan teoritis, filosofis, dan yuridis dan konteks lingkungan belajar

Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Memetakan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Mengintegrasikan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
Materi: Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
4%

3

Minggu ke 3

Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar

Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)

Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020)
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
4%

4

Minggu ke 4

Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar

Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)

Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020)
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
4%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar

Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)

Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020)
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
4%

6

Minggu ke 6

Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

Menganalisis desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
5%

7

Minggu ke 7

Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

Menganalisis desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)

Tugas terstruktur: Powerpoint kajian kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)

Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)

Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
5%

8

Minggu ke 8

Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes


    Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
    Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
    20%

    9

    Minggu ke 9

    Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    4%

    10

    Minggu ke 10

    Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    4%

    11

    Minggu ke 11

    Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    4%

    12

    Minggu ke 12

    Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar

    Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    4%

    13

    Minggu ke 13

    Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar

    Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    4%

    14

    Minggu ke 14

    Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar

    Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar

    Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar

    Kriteria:

    Rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi, pengamatan, dan presentasi
    (3 X 50)

    Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
    (3x60)

    Belajar Mandiri:
    Membaca literatur
    (3x60)
    Sinkronus: Zoom
    Meeting
    (3 X 50)

    Asinkronus:
    Vinesa
    Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)

    Belajar Mandiri: Membaca literatur
    (3x60)
    Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27
    Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
    5%

    16

    Minggu ke 16

    Mahasiswa mampu menghasilkan desain muatan lokal

    Kriteria:

    Produk


    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Luring
    2 x 50 menit
    daring
    2 x 50 menit
    20%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 54.5%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15.5%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
    4. Tes 20%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.