
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Inovasi Muatan Lokal di Pendidikan Dasar |
8612203664 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-5 |
Mampu menganalisis praksis dan teori secara kritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum atau pembelajaran di bidang pendidikan dasar berbasis etnopedagogi dan literasi global yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan dasar berbasis literasi global dengan pendekatan interdisipliner berbasis pemecahan masalah melalui riset dan pengabdian berbasis etnopedagogi. |
PLO-7 |
Mampu mengelola riset dan pengembangan secara inovatif dalam bidang pendidikan dasar berbasis etnopedagogi dan literasi global dengan pendekatan interdisipliner untuk meningkatkan mutu peradaban yang inklusif. |
PLO-9 |
Mampu memberikan pertimbangan dan/atau pendampingan pengelolaan dan pengembangan kelembagaan secara multiliterate dan etnopedagogi di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan interdisipliner yang bisa dipertanggung jawabkan secara etika akademik berdasar hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar
|
PO - 3 |
Mendesain kurikulum pendidikan dasar berbasis muatan lokal
|
PO - 4 |
Mengevaluasi penerapan pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar
|
PO - 5 |
Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mampu menggali dan menginteprestasikan tentang penerapan muatan lokal pada konteks pembelajaran di pendidikan dasar. Aktivitas pada mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis reflektif kritis dan inovasi pada muatan lokal dalam pembelajaran di pendidikan dasar. Mata kuliah ini membahas tentang (1) Landasan Teoritis, filosofis, dan yuridis tentang muatan lokal jenjang pendidikan dasar, (2) mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar, dan (3) mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal, (4) mengevaluasi penerapan pembelajaran berbasis muatan lokal, dan (5) meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar. Pendekatan pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan project based learning dengan menggunakan penilaian produk. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press.
- Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47.
- Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128.
- Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255.
- Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62.
|
Pendukung : |
|
- Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).
- Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heru Subrata, M.Si. Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis dan menggali muatan lokal pada pembelajaran di pendidikan dasar melalui landasan teoritis, filosofis, dan yuridis dan konteks lingkungan belajar |
Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Memetakan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Mengintegrasikan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
|
Materi: Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis dan menggali muatan lokal pada pembelajaran di pendidikan dasar melalui landasan teoritis, filosofis, dan yuridis dan konteks lingkungan belajar |
Menganalisis landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Memetakan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar Mengintegrasikan landasan teoritis, filosofis, dan yuridis muatan lokal pada konteks lingkungan belajar di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian landasan filosofis, teoritis, dan yuridis
(3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
|
Materi: Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar |
Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar |
Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan pemahaman terhadap praktik pembelajaran muatan lokal yang sesuai dengan konteks lingkungan belajar |
Memaksimalkan Pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Memperjelas pemahaman konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar Meningkatkan konteks muatan lokal dalam lingkungan belajar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian praktik pembelajaran muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint praktik pembelajaran muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Menganalisis desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Menganalisis desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang desain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mendesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
Materi: Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Pustaka: Asra, S., & Mahatir, T. (2021, September). Local content curriculum and standardized national examination in Indonesia. In 2nd International Conference on Science, Technology, and Modern Society (ICSTMS 2020) (pp. 348-352). Atlantis Press. Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The development of e-module for batik local content in pekalongan elementary school. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40-47. Muna, S., & Ichsan, A. S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Jawa dalam Muatan Lokal Batik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 111-128. Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245-255. Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Menganalisis pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Mengevaluasi pembelajaran berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian pembelajaran berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint pembelajaran berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar |
Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27 Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar |
Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27 Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar |
Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27 Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Meredesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar |
Menganalisis redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar Merancang redesain kurikulum pendidikan berbasis muatan lokal di pendidikan dasar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, pengamatan, dan presentasi
(3 X 50)
Tugas terstruktur: Powerpoint kajian redesain kurikulum berbasis muatan lokal
(3x60)
Belajar Mandiri:
Membaca literatur
(3x60)
|
Sinkronus: Zoom
Meeting
(3 X 50)
Asinkronus:
Vinesa
Tugas terstruktur: Powerpoint redesain kurikulum berbasis muatan lokal (3x60)
Belajar Mandiri: Membaca literatur
(3x60)
|
Materi: Samsul, H. A. D. I., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 19(82), 45-62. Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27 Pustaka: Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1). Riska Fita Lestari, F. (2023). Pengembangan Buku Bahasa Madura Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15-27. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa mampu menghasilkan desain muatan lokal |
Kriteria:
Produk Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring 2 x 50 menit |
daring 2 x 50 menit |
|
20% |