
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen SDM dan Kepemimpinan Olahraga |
8930103043 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
2 |
1 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Suryanto Agung Prabowo, S.Pd., M.Pd
|
Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd
|
EVA FERDITA YUHANTINI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis dan praktis dalam bidang pengetahuan manajemen olahraga secara mendalam. |
PLO-7 |
Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dan substansi serta aktivitas-aktivitas manajemen SDM yang dilakukan dalam suatu organisasi/perusahaan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengelolaan karyawan sebagaimana fungsi dari Manajemen SDM dalam perusahaan yang terdiri dari proses analisis jabatan, rekruitmen, seleksi, pengupahan, hingga pemberhentian karyawan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
- 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
- 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
- 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
- 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
CATUR SUPRIYANTO EVA FERDITA YUHANTINI HAPSARI SHINTA CITRA PUSPITA DEWI Catur Supriyanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. Catur Supriyanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. Hapsari Shinta Citra Puspita Dewi, S.E., M.M Hapsari Shinta Citra Puspita Dewi, S.E., M.M |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat memahami konsep dan evolusi MSDM |
- Mampu Mendefinisikan MSDM
- Mampu Menjelaskan evolusi dan aktivitas MSDM
- Mampu Mendeskripsikan MSDM saat ini dan y.a.d.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab interaktif dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Konsep dan evolusi MSDM Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Dapat mengkaji berbagai tantangan MSDM |
- Tantangan internal dan tantangan eksternal
- Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
- Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Tantangan internal dan eksternal Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Dapat memahami analisa jabatan |
- Mampu Mendefinisikan analisa jabatan
- 2. Mampu Menjelaskan aspek-aspek jabatan yang dianalisa
- 3. Menjelaskan teknik analisa jabatan
- 4. Menjelaskan hasil analisa jabatan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: Analisa jabatan Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Dapat memahami konsep perencanaan dan meramalkan kebutuhan SDM |
- Mampu Mendefinisikan perencanaan SDM
- Mampu Menjelaskan teknik dan model peramalan
- Mampu Menjelaskan permalan kebutuhan peramalan ketersediaan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Perencanaan kebutuhan SDM Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi |
- Mampu Mendefinisikan rekrutmen
- Mampu Menjelaskan, sumber dan proses rekrutmen
- Mampu Mendefinisikan seleksi
- Mampu Menjelaskan kendala seleksi
- Mampu Menjelaskan tahap-tahap seleksi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Rekrutmen dan proses seleksi Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan |
- Mampu mendefinisikan orientasi
- Mampu menjelaskan materi program orientasi
- Mampu menjelaskan keputusan penempatan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Program orientasi dan keputusan penempatan Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Dapat memahami konsep dan teknik penilaian kinerja |
Mampu mendefinisikan penilaian kinerja, elemen-elemen teknik dan pendekatan |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Konsep dan teknik penilaian kinerja Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Tes 3x50 |
|
Materi: USS Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Dapat memahami kebutuhan, jenis, metode dan evaluasi pengembangan SDM |
- Mampu mendefinisikan pengembangan SDM
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan SDM
- Mampu menjelaskan jenis dan metode serta evaluasi pengembangan SDM, isu-isu pengembangan SDM
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Pengembangan SDM Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir |
- Mampu mendefinisikan perencanaan karir
- Mampu menjelaskan implementasi perencanaan karir
- Mampu menjelaskan pengembangan karir
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi |
- Mampu mendefinisikan kompensasi
- Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
- Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi |
- Mampu mendefinisikan kompensasi
- Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
- Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: Konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan |
- Mampu mendefinisikan hub internal kekaryawanan
- Mampu menjelaskan aktivitas-aktivitas hub industrial, Serikat kerja, Surat perjanjian kerja, KKB
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat memahami program K3 |
- Mampu menjelaskan pengertian program K3
- Mampu Mendeskripsikan penyebab kecelakaan kerja
- Mampu menjelaskan upaya mencegah kecelakaan kerja
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Program K3 Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM |
- Mampu mendefinisikan audit MSDM
- Mampu menjelaskan lingkup audit MSDM
- Mampu menjelaskan deskripsi tugas tim audit MSDM
- Mampu menjelaskan laporan audit MSDM
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3X50 |
|
Materi: Konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Tes |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tes 3x50 |
|
Materi: SDM Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
20% |