Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

filsafat ilmu

7310102004

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si., Psikolog.




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

PLO-9

Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar filsafat ilmu dan relevansinya bagi psikologi.

PO - 2

Menganalisis isu-isu ontologis dalam psikologi (misal: hakikat pikiran, kesadaran, perilaku).

PO - 3

Menguraikan berbagai pendekatan epistemologis dan aksiologi dalam penelitian psikologi (misal: positivisme, konstruktivisme, realisme kritis).

PO - 4

Dapat membuat rancangan sederhana berupa pendahuluan penelitian psikologi berdasarkan filsafat ilmu psikologi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-6PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang dasar-dasar filsafat, sejarah filsaftat, epistemologi, ontologi, dan aksiologi dalam konteks psikologi, serta berbagai aliran pemikiran filosofis yang memengaruhi teori, metodologi, dan praktik psikologi dan implikasi etis dari berbagai pendekatan dalam psikologi.

Pustaka

Utama :

  1. Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
  2. Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press

Pendukung :

  1. Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.

Dosen Pengampu

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan 1. Kompetensi materi perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu memahami isi materi perkuliahan
  1. Ketepatan menjelaskan kompetensi perkuliahan, isi perkuliahan dan struktur materi perkuliahan
  2. Ketepatan menjelaskan tugas-tugas mahasiswa
  3. Pembentukan pembagian tugas kelompok presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi, dan presentasi
100 menit

Materi: Hakikat filsafat ilmu
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Materi: sejarah singkat filsat ilmu dan pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan
Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press
5%

2

Minggu ke 2

Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme.

identifikasi Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme.

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi, presentasi
100 menit

Materi: Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme.
Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press
5%

3

Minggu ke 3

Epistemologi Psikologi (Bagian 1): Positivisme, Falsifikasionisme (Popper), dan Rasionalisme Kritis

Ketepatan identifikasi Epistemologi Psikologi (Bagian 1): Positivisme, Falsifikasionisme (Popper), dan Rasionalisme Kritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah interaktif
100

Materi: Epistemologi Psikologi
Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika.

Pengertian hakikat filsafat ilmu

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah interaktif : Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika.
100

Materi: Epistemologi Psikologi
Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
5%

5

Minggu ke 5

Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyarakat

identifikasi Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyaraka

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyaraka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan diskusi dalam kelompok kecil analisis etis dalam ilmu psikologi
100 menit

Materi: Aksiologi dalam psikologi
Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press
5%

6

Minggu ke 6

Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes).

Mampu memahami dan menjelaskan tentang Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes).

Kriteria:

Ketepatan pemahaman aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
presentasi dan diskusi kelompok
100 menit

Materi: aliran filosofis dan psikologi
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
5%

7

Minggu ke 7

Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 2): Fenomenologi (Husserl, Merleau-Ponty) & Eksistensialisme (Kierkegaard, Heidegger, Sartre) dan Implikasinya pada Psikologi Humanistik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kuliah interaktif
100 menit

Materi: aliran filosofis dan psikologi
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
5%

8

Minggu ke 8

Status Ilmu Psikologi: Perdebatan Psikologi sebagai Ilmu Alam vs. Ilmu Manusia/Budaya (Dilthey, Rickert).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
kuliah intreraktif
100 menit

Materi: Status Ilmu Psikologi : Perdebatan antara ilmu Alam vs Ilmu manusia / budaya
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
10%

9

Minggu ke 9

Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kuantitatif: Validitas, Reliabilitas, Generalisasi, Pengukuran.

mampu merespon dengan tepat pertanyaan seputar materi di pertemuan

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kuantitatif: Validitas, Reliabilitas, Generalisasi, Pengukuran.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
kuliah intraktif
100

Materi: Filsafat ilmu dan penelitian kuantitatif Psikologi
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
5%

10

Minggu ke 10

Filsafat ilmu penelitian fenomenologi dalam ilmu psikologi

Kriteria:

ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kualitatif: Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah interaktif
100 menit

Materi: Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kualitatif: Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas.
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
5%

11

Minggu ke 11

Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental.

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah interaktif
100

Materi: Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental.
Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen

identifikasi Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kuliah interaktif
100 menit

Materi: Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen
Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya

Kriteria:

Ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah interaktif
100

Materi: Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya
Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press
0%

14

Minggu ke 14

sikologi dan Neurofilosofi: Hubungan Otak-Pikiran, Kesadaran, Kehendak Bebas dari Perspektif Neurofilosofi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah interaktif

Materi: Psikologi dan Neurofilosofi: Hubungan Otak-Pikiran, Kesadaran, Kehendak Bebas dari Perspektif Neurofilosofi
Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan

Kriteria:

Ketepatan integrasi Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
KUliah intreraktif
100 menit

Materi: Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
25%

16

Minggu ke 16

Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan

Identifikasi Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan

Kriteria:

Ketepatan Identifikasi Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah kolaborataif
100 menit

Materi: Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan
Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.