
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
filsafat ilmu |
7310102004 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si., Psikolog.
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
PLO-9 |
Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar filsafat ilmu dan relevansinya bagi psikologi.
|
PO - 2 |
Menganalisis isu-isu ontologis dalam psikologi (misal: hakikat pikiran, kesadaran, perilaku).
|
PO - 3 |
Menguraikan berbagai pendekatan epistemologis dan aksiologi dalam penelitian psikologi (misal: positivisme, konstruktivisme, realisme kritis).
|
PO - 4 |
Dapat membuat rancangan sederhana berupa pendahuluan penelitian psikologi berdasarkan filsafat ilmu psikologi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-6 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang dasar-dasar filsafat, sejarah filsaftat, epistemologi, ontologi, dan aksiologi dalam konteks psikologi, serta berbagai aliran pemikiran filosofis yang memengaruhi teori, metodologi, dan praktik psikologi dan implikasi etis dari berbagai pendekatan dalam psikologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press
|
Pendukung : |
|
- Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan 1. Kompetensi materi perkuliahan
- Mahasiswa mampu memahami isi materi perkuliahan
|
- Ketepatan menjelaskan kompetensi perkuliahan, isi perkuliahan dan struktur materi perkuliahan
- Ketepatan menjelaskan tugas-tugas mahasiswa
- Pembentukan pembagian tugas kelompok presentasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi, dan presentasi 100 menit |
|
Materi: Hakikat filsafat ilmu Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya Materi: sejarah singkat filsat ilmu dan pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme. |
identifikasi Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme. |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi, presentasi 100 menit |
|
Materi: Ontologi Psikologi: Hakikat Pikiran, Kesadaran, dan Tubuh. Monisme vs. Dualisme. Reduksionisme vs. Holisme. Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Epistemologi Psikologi (Bagian 1): Positivisme, Falsifikasionisme (Popper), dan Rasionalisme Kritis |
Ketepatan identifikasi Epistemologi Psikologi (Bagian 1): Positivisme, Falsifikasionisme (Popper), dan Rasionalisme Kritis |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif 100 |
|
Materi: Epistemologi Psikologi Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika. |
Pengertian hakikat filsafat ilmu |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Kuliah interaktif : Epistemologi Psikologi (Bagian 2): Konstruktivisme Sosial, Interpretivisme, dan Hermeneutika. 100 |
|
Materi: Epistemologi Psikologi Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyarakat |
identifikasi Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyaraka |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Aksiologi Psikologi: Nilai dan Tujuan Ilmu Psikologi. Peran Ilmuwan Psikologi dalam Masyaraka Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah dan diskusi dalam kelompok kecil analisis etis dalam ilmu psikologi 100 menit |
|
Materi: Aksiologi dalam psikologi Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes). |
Mampu memahami dan menjelaskan tentang Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes). |
Kriteria:
Ketepatan pemahaman aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 1): Empirisme (Locke, Hume) & Asosiasionisme. Rasionalisme (Descartes). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
presentasi dan diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: aliran filosofis dan psikologi Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Aliran Filosofis dan Psikologi (Bagian 2): Fenomenologi (Husserl, Merleau-Ponty) & Eksistensialisme (Kierkegaard, Heidegger, Sartre) dan Implikasinya pada Psikologi Humanistik. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
kuliah interaktif 100 menit |
|
Materi: aliran filosofis dan psikologi Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Status Ilmu Psikologi: Perdebatan Psikologi sebagai Ilmu Alam vs. Ilmu Manusia/Budaya (Dilthey, Rickert). |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
kuliah intreraktif 100 menit |
|
Materi: Status Ilmu Psikologi : Perdebatan antara ilmu Alam vs Ilmu manusia / budaya Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kuantitatif: Validitas, Reliabilitas, Generalisasi, Pengukuran. |
mampu merespon dengan tepat pertanyaan seputar materi di pertemuan |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kuantitatif: Validitas, Reliabilitas, Generalisasi, Pengukuran. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
kuliah intraktif 100 |
|
Materi: Filsafat ilmu dan penelitian kuantitatif Psikologi Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Filsafat ilmu penelitian fenomenologi dalam ilmu psikologi |
|
Kriteria:
ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kualitatif: Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif 100 menit |
|
Materi: Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kualitatif: Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas. Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental. |
|
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif 100 |
|
Materi: Kritik Filosofis terhadap Behaviorisme: Asumsi Mekanistik, Reduksionisme, dan Penolakan Mental. Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen |
identifikasi Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
kuliah interaktif 100 menit |
|
Materi: Kritik Filosofis terhadap Psikologi Kognitif: Metafora Komputer, Problem Kesadaran, dan Isu Embodimen Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya |
|
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif 100 |
|
Materi: Filsafat Ilmu dan Psikologi Perkembangan/Sosial: Isu Nature vs Nurture, Relativisme Budaya Pustaka: Sprevak, M., & Kallestrup, J. (2021). An introduction to the philosophy of psychology. Polity Press |
0% |
14
Minggu ke 14 |
sikologi dan Neurofilosofi: Hubungan Otak-Pikiran, Kesadaran, Kehendak Bebas dari Perspektif Neurofilosofi |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif
|
|
Materi: Psikologi dan Neurofilosofi: Hubungan Otak-Pikiran, Kesadaran, Kehendak Bebas dari Perspektif Neurofilosofi Pustaka: Colombo, M., & Wright, C. (Eds.). (2021). Philosophy of psychology. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan |
|
Kriteria:
Ketepatan integrasi Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
KUliah intreraktif 100 menit |
|
Materi: Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
25% |
16
Minggu ke 16 |
Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan |
Identifikasi Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan |
Kriteria:
Ketepatan Identifikasi Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah kolaborataif 100 menit |
|
Materi: Penerapan Integrasi Konsep, Implikasi bagi Praktik dan Riset Psikologi Masa Depan Pustaka: Hanurawan, F. & Suhariadi, F. 2019. Filsafat Ilmu Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya |
5% |