
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN EKONOMI DIGITAL |
8700302011 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
1 |
3 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital
|
PO - 2 |
Mampu memahami peranan Peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi
|
PO - 3 |
Mampu memahami Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital
|
PO - 4 |
Mampu marancang Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi
|
PO - 5 |
Mampu meneliti Kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengembangan pendidikan ekonomi digital yang berfokus pada penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran ekonomi. Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep dasar ekonomi digital, peran teknologi digital dalam pendidikan ekonomi, serta strategi pengembangan pendidikan ekonomi digital yang efektif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. W.W. Norton & Company.
- Tapscott, D. (2015). The Digital Economy: Rethinking Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. McGraw-Hill Education.
- Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.
- Christensen, C. M. (2008). Disrupting Class: How Disruptive Innovation Will Change the Way the World Learns. McGraw-Hill.
- Moore, G. A. (2014). Crossing the Chasm: Marketing and Selling Disruptive Products to Mainstream Customers. Harper Business.
|
Pendukung : |
|
- Artikel Jurnal Internasional yang relevan, antara lain: Artikel Ilmiah Internasional (Terindeks Scopus dan WoS) 1. Gimpel, H., Hosseini, S., Huber, R., & Probst, L. (2018). Digital Transformation in Education: A Review of Emerging Trends. Computers in Human Behavior, 89, 101-115. 2. Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation. Harvard Business Review Press. 3. Selwyn, N. (2016). Digital Education: Opportunities for Teaching and Learning in an Information Age. Routledge. 4. Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom: Hopeful Essays for 21st Century Learning. Corwin Press. 5. Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2013). Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.
- Artikel Ilmiah Nasional (Terindeks Sinta) antara lain: 1. Setiawan, A., & Kusnadi, R. (2021). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Studi Kasus di Universitas Negeri Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 123-138. 2. Nugroho, D., & Putri, S. (2020). Peran Teknologi Digital dalam Pembelajaran Ekonomi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Digital, 5(1), 45-62. 3. Wibowo, R. (2022). Implementasi Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Ekonomi Digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(3), 89-102
- Referensi lain yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital |
- Mampu menjelaskan konsep dan karakteristik ekonomi digital,
- Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ekonomi digital dan
- Mampu menganalisis perbedaan ekonomi digital dengan ekonomi konvensional
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital |
- Ekosistem ekonomi digital: Platform digital, e-commerce, fintech, dan sharing economy
- Dampak ekonomi digital terhadap perekonomian global dan nasional
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi |
- Transformasi pendidikan ekonomi di era digital
- Teknologi utama dalam pendidikan ekonomi: AI, Big Data, Blockchain, IoT
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi |
- Learning Management System (LMS) dan pendidikan berbasis cloud
- Pengaruh digitalisasi terhadap pedagogi dalam pendidikan ekonomi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi |
- Kasus implementasi teknologi digital dalam pendidikan ekonomi di berbagai negara
- Hambatan dan tantangan dalam penerapan teknologi digital
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
- Model pembelajaran berbasis digital dalam pendidikan ekonomi
- Blended learning, flipped classroom, dan adaptive learning
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
- Model pembelajaran berbasis digital dalam pendidikan ekonomi
- Blended learning, flipped classroom, dan adaptive learning
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
- Pengembangan keterampilan ekonomi digital bagi pendidik dan mahasiswa
- Model kompetensi digital bagi lulusan pendidikan ekonomi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi |
- Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran ekonomi
- Chatbot dan asisten virtual dalam pendidikan ekonomi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi |
- Gamifikasi dalam pembelajaran ekonomi digital
- Studi kasus penggunaan simulasi bisnis berbasis digital
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi |
- Integrasi fintech dan literasi keuangan digital dalam pendidikan ekonomi
- Studi kasus penerapan fintech dalam kurikulum ekonomi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
- Studi kasus digitalisasi dalam pendidikan ekonomi di Indonesia
- Evaluasi efektivitas program ekonomi digital di universitas
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
- Analisis dampak ekonomi digital terhadap tenaga kerja dan industri pendidikan ekonomi
- Best practices pengembangan pendidikan ekonomi berbasis digital
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital |
Evaluasi, refleksi, dan prospek masa depan ekonomi digital dalam pendidikan ekonomi |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
|
|
Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2 Pustaka: |
10% |