Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN EKONOMI DIGITAL

8700302011

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

3 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital

PO - 2

Mampu memahami peranan Peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi

PO - 3

Mampu memahami Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

PO - 4

Mampu marancang Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi

PO - 5

Mampu meneliti Kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1   
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang pengembangan pendidikan ekonomi digital yang berfokus pada penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran ekonomi. Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep dasar ekonomi digital, peran teknologi digital dalam pendidikan ekonomi, serta strategi pengembangan pendidikan ekonomi digital yang efektif.

Pustaka

Utama :

  1. Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. W.W. Norton & Company.
  2. Tapscott, D. (2015). The Digital Economy: Rethinking Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. McGraw-Hill Education.
  3. Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.
  4. Christensen, C. M. (2008). Disrupting Class: How Disruptive Innovation Will Change the Way the World Learns. McGraw-Hill.
  5. Moore, G. A. (2014). Crossing the Chasm: Marketing and Selling Disruptive Products to Mainstream Customers. Harper Business.

Pendukung :

  1. Artikel Jurnal Internasional yang relevan, antara lain: Artikel Ilmiah Internasional (Terindeks Scopus dan WoS) 1. Gimpel, H., Hosseini, S., Huber, R., & Probst, L. (2018). Digital Transformation in Education: A Review of Emerging Trends. Computers in Human Behavior, 89, 101-115. 2. Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation. Harvard Business Review Press. 3. Selwyn, N. (2016). Digital Education: Opportunities for Teaching and Learning in an Information Age. Routledge. 4. Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom: Hopeful Essays for 21st Century Learning. Corwin Press. 5. Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2013). Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.
  2. Artikel Ilmiah Nasional (Terindeks Sinta) antara lain: 1. Setiawan, A., & Kusnadi, R. (2021). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Studi Kasus di Universitas Negeri Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 123-138. 2. Nugroho, D., & Putri, S. (2020). Peran Teknologi Digital dalam Pembelajaran Ekonomi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Digital, 5(1), 45-62. 3. Wibowo, R. (2022). Implementasi Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Ekonomi Digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(3), 89-102
  3. Referensi lain yang relevan

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital

  1. Mampu menjelaskan konsep dan karakteristik ekonomi digital,
  2. Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ekonomi digital dan
  3. Mampu menganalisis perbedaan ekonomi digital dengan ekonomi konvensional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis Konsep Dasar Ekonomi Digital

  1. Ekosistem ekonomi digital: Platform digital, e-commerce, fintech, dan sharing economy
  2. Dampak ekonomi digital terhadap perekonomian global dan nasional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi

  1. Transformasi pendidikan ekonomi di era digital
  2. Teknologi utama dalam pendidikan ekonomi: AI, Big Data, Blockchain, IoT
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi

  1. Learning Management System (LMS) dan pendidikan berbasis cloud
  2. Pengaruh digitalisasi terhadap pedagogi dalam pendidikan ekonomi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis peran Teknologi Digital dalam Pendidikan Ekonomi

  1. Kasus implementasi teknologi digital dalam pendidikan ekonomi di berbagai negara
  2. Hambatan dan tantangan dalam penerapan teknologi digital
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

  1. Model pembelajaran berbasis digital dalam pendidikan ekonomi
  2. Blended learning, flipped classroom, dan adaptive learning
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

  1. Model pembelajaran berbasis digital dalam pendidikan ekonomi
  2. Blended learning, flipped classroom, dan adaptive learning
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
10%

8

Minggu ke 8

Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis Strategi Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

  1. Pengembangan keterampilan ekonomi digital bagi pendidik dan mahasiswa
  2. Model kompetensi digital bagi lulusan pendidikan ekonomi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi

  1. Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran ekonomi
  2. Chatbot dan asisten virtual dalam pendidikan ekonomi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi

  1. Gamifikasi dalam pembelajaran ekonomi digital
  2. Studi kasus penggunaan simulasi bisnis berbasis digital
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami Penerapan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Ekonomi

  1. Integrasi fintech dan literasi keuangan digital dalam pendidikan ekonomi
  2. Studi kasus penerapan fintech dalam kurikulum ekonomi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

  1. Studi kasus digitalisasi dalam pendidikan ekonomi di Indonesia
  2. Evaluasi efektivitas program ekonomi digital di universitas
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

  1. Analisis dampak ekonomi digital terhadap tenaga kerja dan industri pendidikan ekonomi
  2. Best practices pengembangan pendidikan ekonomi berbasis digital
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis kasus-Kasus Pengembangan Pendidikan Ekonomi Digital

Evaluasi, refleksi, dan prospek masa depan ekonomi digital dalam pendidikan ekonomi

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah (PBL), diskusi dan tanya jawab

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Materi: U1, 2, U3, U4, U5 dan P1 dan P2
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.