
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain dan Strategi Pembelajaran |
8620320240 |
|
T=2 |
P=4 |
ECTS=9.54 |
2 |
17 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Fajar Arianto, M.Pd
|
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
PLO-9 |
Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengidentifikasi berbagai jenis model desain pembelajaran
|
PO - 2 |
mampu membuat perencanaan dan analisis desain pembelajaran
|
PO - 3 |
Mampu menentukan strategi pembelajaran berdasarkan pada tujuan pembelajaran
|
PO - 4 |
Mampu mendesain dan mengembangkan desain pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kulian ini mengkaji tentang berbagai jenis desain pengembangan pembelajaran dan strategi pembelajaran serta menyusun rencana pembelajaran berdasarkan langkah-langkah desain pengembangan dan menetapkan strategi pembelajaran dengan tepat melalui kegiatan project. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ,
- Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media
- Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing
- John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse
- Rita C. Richey, James D. Klein, et al. 2010. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice.
- William J. Rothwell, Bud Benscoter, Marsha King, Stephen B. King. 2016. Mastering the Instructional Design Process: A Systematic Approach. Pfeiffer
- Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill
- David H. Jonassen, Martin Tessmer, Wallace H. Hannum. 1998. Task Analysis Methods for Instructional Design. Routledge
- Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson
- Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education
- Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
- Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
- Jay McTighe; Harvey F. Silver. 2020. Teaching for Deeper Learning: Tools to Engage Students in Meaning Making. ASCD
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mampu mengidentifikasi berbagai jenis desain pembelajaran dari para ahli |
- mampu menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
- mampu menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
- mampu menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
- mampu menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
- ketepatan dalam menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
- keteptan dalam menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
- ketepatan dalam menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji berbagai jenis desain pembelajaran untuk menemukan kesamaan dan perbekdaan serta kelebihan dan kelemahan nya melalui kegiatan project 200‘ |
mahasiswa secara berkelompok mengkaji desain pembelajaran dari para ahli untuk menemukan persamaan dan perbedaan, serta kelemaan dan kelebihannya, dan menjelaskan tiap langkah desain pembelajaran melalui project 400‘ |
Materi: desain pembelajaran Pustaka: Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ, Materi: desain pembelajaran Pustaka: Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill Materi: desain pembelajaran Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson |
5% |
2
Minggu ke 2 |
mampu mengidentifikasi berbagai jenis desain pembelajaran dari para ahli |
- mampu menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
- mampu menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
- mampu menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
- mampu menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
- ketepatan dalam menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
- keteptan dalam menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
- ketepatan dalam menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji berbagai jenis desain pembelajaran untuk menemukan kesamaan dan perbekdaan serta kelebihan dan kelemahan nya melalui kegiatan project 200‘ |
mahasiswa secara berkelompok mengkaji desain pembelajaran dari para ahli untuk menemukan persamaan dan perbedaan, serta kelemaan dan kelebihannya, dan menjelaskan tiap langkah desain pembelajaran melalui project 400‘ |
Materi: desain pembelajaran Pustaka: Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ, Materi: desain pembelajaran Pustaka: Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill Materi: desain pembelajaran Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum |
- mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum
- mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
- mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
- mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran
|
Kriteria:
mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok 200 |
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi 400 |
Materi: desain pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge Materi: prinsip pembelajaan Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- mampu menentukan analisis kebutuhan
- mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran
- mampu menentukan karateristik sasaran dan lingkungan
- mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
- mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
- mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran
|
mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum |
Kriteria:
ketepatan dalam menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok 200 |
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi 400 |
Materi: desain pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge Materi: prinsip pembelajaan Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- mampu menentukan analisis kebutuhan
- mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran
- mampu menentukan karateristik sasaran dan lingkungan
- mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
- mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
- mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran
|
mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok 300 |
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi 300 |
Materi: desain pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge Materi: prinsip pembelajaan Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi 300‘ |
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project 300 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi 300‘ |
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project 300 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi 300‘ |
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project 300 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge |
5% |
9
Minggu ke 9 |
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi 300‘ |
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project 300 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
|
Kriteria:
- ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
- ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi 300‘ |
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project 300 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
- mampu mengorganisasi program pembelajaran
- mampu merancang intervensi pembelajaran
- mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
- mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran
|
mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) |
Kriteria:
ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi 200‘ |
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project 400 |
Materi: prinsip pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education Materi: desain pembelajaran Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
- mampu mengorganisasi program pembelajaran
- mampu merancang intervensi pembelajaran
- mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
- mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran
|
mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) |
Kriteria:
ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi 200‘ |
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project 400 |
Materi: prinsip pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education Materi: desain pembelajaran Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
- mampu mengorganisasi program pembelajaran
- mampu merancang intervensi pembelajaran
- mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
- mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran
|
mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) |
Kriteria:
ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi 200‘ |
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project 400 |
Materi: prinsip pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education Materi: desain pembelajaran Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
- mampu mengorganisasi program pembelajaran
- mampu merancang intervensi pembelajaran
- mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
- mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran
|
mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) |
Kriteria:
ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi 200‘ |
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project 400 |
Materi: prinsip pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education Materi: desain pembelajaran Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage |
10% |
15
Minggu ke 15 |
- mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
- mampu mengorganisasi program pembelajaran
- mampu merancang intervensi pembelajaran
- mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
- mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran
|
mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) |
Kriteria:
ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi 200‘ |
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project 400 |
Materi: prinsip pembelajaran Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing Materi: desain pembelajaran Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education Materi: desain pembelajaran Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media Materi: desain pembelajaran Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
UAS
|
|
|
0% |