Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain dan Strategi Pembelajaran

8620320240

T=2

P=4

ECTS=9.54

2

17 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr.Fajar Arianto, M.Pd




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi

PLO-9

Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengidentifikasi berbagai jenis model desain pembelajaran

PO - 2

mampu membuat perencanaan dan analisis desain pembelajaran

PO - 3

Mampu menentukan strategi pembelajaran berdasarkan pada tujuan pembelajaran

PO - 4

Mampu mendesain dan mengembangkan desain pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kulian ini mengkaji tentang berbagai jenis desain pengembangan pembelajaran dan strategi pembelajaran serta menyusun rencana pembelajaran berdasarkan langkah-langkah desain pengembangan dan menetapkan strategi pembelajaran dengan tepat melalui kegiatan project.

Pustaka

Utama :

  1. Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ,
  2. Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media
  3. Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing
  4. John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse
  5. Rita C. Richey, James D. Klein, et al. 2010. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice.
  6. William J. Rothwell, Bud Benscoter, Marsha King, Stephen B. King. 2016. Mastering the Instructional Design Process: A Systematic Approach. Pfeiffer
  7. Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill
  8. David H. Jonassen, Martin Tessmer, Wallace H. Hannum. 1998. Task Analysis Methods for Instructional Design. Routledge
  9. Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson
  10. Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education
  11. Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
  12. Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
  13. Jay McTighe; Harvey F. Silver. 2020. Teaching for Deeper Learning: Tools to Engage Students in Meaning Making. ASCD

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mampu mengidentifikasi berbagai jenis desain pembelajaran dari para ahli

  1. mampu menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
  2. mampu menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
  3. mampu menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
  4. mampu menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
  2. ketepatan dalam menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
  3. keteptan dalam menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
  4. ketepatan dalam menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji berbagai jenis desain pembelajaran untuk menemukan kesamaan dan perbekdaan serta kelebihan dan kelemahan nya melalui kegiatan project
200‘
mahasiswa secara berkelompok mengkaji desain pembelajaran dari para ahli untuk menemukan persamaan dan perbedaan, serta kelemaan dan kelebihannya, dan menjelaskan tiap langkah desain pembelajaran melalui project
400‘
Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ,

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson
5%

2

Minggu ke 2

mampu mengidentifikasi berbagai jenis desain pembelajaran dari para ahli

  1. mampu menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
  2. mampu menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
  3. mampu menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
  4. mampu menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menjelaskan karateristik tiap desain pembelajaran dari para ahli
  2. ketepatan dalam menjelaskan tiap tahap dari desain pembelajaran
  3. keteptan dalam menentukan kesamaan dan perbedaan tiap model desain pembelajaran
  4. ketepatan dalam menentukan kelemahan dan kelebihan tiap model desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji berbagai jenis desain pembelajaran untuk menemukan kesamaan dan perbekdaan serta kelebihan dan kelemahan nya melalui kegiatan project
200‘
mahasiswa secara berkelompok mengkaji desain pembelajaran dari para ahli untuk menemukan persamaan dan perbedaan, serta kelemaan dan kelebihannya, dan menjelaskan tiap langkah desain pembelajaran melalui project
400‘
Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Gary R. Morrison, Jerrold E. Kemp. 2011. Designing effective instruction. John Willey & Sons, Hoboken, NJ,

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Tonia A Dousay, Robert Maribe Branch. 2022. Survey of Instructional Design Models. Brill

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The Systematic Design of Instruction. Pearson
5%

3

Minggu ke 3

mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum

  1. mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum
  2. mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
  3. mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
  4. mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran
Kriteria:

mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok
200
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi
400
Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge

Materi: prinsip pembelajaan
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse
5%

4

Minggu ke 4

  1. mampu menentukan analisis kebutuhan
  2. mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran
  3. mampu menentukan karateristik sasaran dan lingkungan
  4. mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
  5. mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
  6. mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran

mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum

Kriteria:

ketepatan dalam menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok
200
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi
400
Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge

Materi: prinsip pembelajaan
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse
5%

5

Minggu ke 5

  1. mampu menentukan analisis kebutuhan
  2. mampu menganalisis data dari pengumpulan data untuk desain pembelajaran
  3. mampu menentukan karateristik sasaran dan lingkungan
  4. mampu menentukan teknik analisis dalam mengembangkan materi pembelajaran
  5. mampu menentukan penggunaan media dalam pembelajaran
  6. mamapu menentukan teknik penilaian dalam desain pembelajaran

mampu menyusun tiap langkah dari desain instruksional berdasarkan pada analisis kebutuhan dan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji tahapan dalam desain pembelajaran dan kegiatan yang hartus dilakukannya melalui diskusi berkelompok
300
mahasiswa menyusun tiap langkah dalam desain pembelajaran melalui tugas project didasarkan pada hasil observasi
300
Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge

Materi: prinsip pembelajaan
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse
5%

6

Minggu ke 6

  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi
300‘
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project
300
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
5%

7

Minggu ke 7

  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi
300‘
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project
300
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
5%

8

Minggu ke 8

  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi
300‘
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project
300
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
5%

9

Minggu ke 9

  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi
300‘
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project
300
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
5%

10

Minggu ke 10

  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
  1. mampu menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. mampu menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  2. ketepatan dalam menjelasakan karateristik strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa
  3. ketapatan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat pada desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji strategi pembelajaran dan mengidentifikasi karateristinya melalui kegiatan berdiskusi
300‘
mahasiwa mengidentifikasi strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa beeserta karatersitiknya serta langkah-langkahnya melelui kegiatan project
300
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Larson, Bruce E. 2013. Instructional Strategies for Middle and High School. Oxon: Routledge
5%

11

Minggu ke 11

  1. mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
  2. mampu mengorganisasi program pembelajaran
  3. mampu merancang intervensi pembelajaran
  4. mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
  5. mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran

mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)

Kriteria:

ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi
200‘
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project
400
Materi: prinsip pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
10%

12

Minggu ke 12

  1. mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
  2. mampu mengorganisasi program pembelajaran
  3. mampu merancang intervensi pembelajaran
  4. mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
  5. mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran

mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)

Kriteria:

ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi
200‘
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project
400
Materi: prinsip pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
10%

13

Minggu ke 13

  1. mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
  2. mampu mengorganisasi program pembelajaran
  3. mampu merancang intervensi pembelajaran
  4. mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
  5. mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran

mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)

Kriteria:

ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi
200‘
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project
400
Materi: prinsip pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
10%

14

Minggu ke 14

  1. mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
  2. mampu mengorganisasi program pembelajaran
  3. mampu merancang intervensi pembelajaran
  4. mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
  5. mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran

mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)

Kriteria:

ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi
200‘
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project
400
Materi: prinsip pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
10%

15

Minggu ke 15

  1. mampu menggunakan pedekatan proses dalam desain pembelajaran
  2. mampu mengorganisasi program pembelajaran
  3. mampu merancang intervensi pembelajaran
  4. mampu menyeleksi atau memodifikasi serta mengembangkan bahan ajar
  5. mampu mengembangkan desain penilaian pembelajaran

mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)

Kriteria:

ketepata dalam mampu membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model beserta kelengkapannya (bahan ajar, media, dan penilaian)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiwa mengkaji desain dan pengembangan dalam desain intruksional melalui kegiatan beridiskusi
200‘
mahaiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran melalui kegiatan project
400
Materi: prinsip pembelajaran
Pustaka: Robert M. Gagne, Walter W. Wager, Katharine Golas, John M. Keller. 2004. Principles of Instructional Design. London: Wadsworth Publishing

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Carey, James O.; Carey, Lou; Dick, Walter. Systematic Design of Instruction: an Introductory Text for the 21st Century. Pearson education

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: Fajar Arianto, Fahlulia Rahma Shofiana. 2024. Desain sistem pembelajaran dan implementasi. malang: CV. Madza Media

Materi: desain pembelajaran
Pustaka: John S. Hoffman. 2013. Instructional Design—Step by Step: Nine Easy Steps for Designing Lean, Effective, and Motivational Instruction. iUniverse

Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Kenneth D. Moore. 2014. Effective Instructional Strategy. From Theory to Practice. Sage
10%

16

Minggu ke 16

UAS

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.