Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Positif dan Intervensi Psikopatologi

7310104020

T=4

P=0

ECTS=8.96

2

28 Mei 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Diana Rahmasari




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami keterkaitan antara psikologi positif, kesehatan mental, dan dinamika psikopatologi dalam berbagai konteks kehidupan.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis hubungan antara kekuatan psikologis (character strengths) dan proses pemulihan gangguan psikologis.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang intervensi psikologis berbasis psikologi positif yang terintegrasi dengan pendekatan psikopatologi untuk meningkatkan kesejahteraan individu.

PO - 4

Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi dan data berbasis ilmiah dalam merancang dan mengimplementasikan proyek intervensi psikologis.

PO - 5

Mahasiswa mampu bekerja secara kolaboratif dalam merancang dan melaksanakan proyek intervensi berbasis kekuatan individu dan konteks kultural.

PO - 6

Mahasiswa mampu merefleksikan proses pengembangan profesional dan pembelajaran mandiri melalui pelaksanaan proyek berbasis psikologi positif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengintegrasikan pendekatan psikologi positif dengan pemahaman dan penanganan psikopatologi. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep utama psikologi positif seperti kebahagiaan, makna hidup, kekuatan karakter, harapan, resiliensi, dan emosi positif, serta bagaimana konsep-konsep tersebut dapat digunakan sebagai sumber daya psikologis dalam proses penyembuhan gangguan mental.

Pustaka

Utama :

  1. Martin E. P. Seligman (2002). Authentic happiness: using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: THE FREE PRESS.
  2. Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc.
  3. C. R. Snyder & Shane J. Lopez (2002).Handbook of positive psychology. Oxford: Oxford University Press.
  4. Steve Baumgardner & Marie Crothers (2014). Positive Psychology. Edinbrugh: Pearson Education Limited.

Pendukung :

  1. Edward B. Davis, Sarah A. Schnitker, & Everett L. Worthington Jr. (Ed.) (2023) .Handbook of Positive Psychology, Religion, and Spirituality. Cham: Springer.
  2. Stephen Joseph (Ed.) (2015). Positive Psychology in Practice. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
  3. Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press.

Dosen Pengampu

Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami ruang lingkup psikologi positif dan kaitannya dengan psikopatologi

  1. Pemahaman materi
  2. Kemampuan identifikasi
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Akurasi identifikasi filosofis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pengantar, kontrak belajar, dan diskusi kelas

Materi: Pengantar Psikologi Positif dan Psikopatologi
Pustaka: Martin E. P. Seligman (2002). Authentic happiness: using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: THE FREE PRESS.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengenali berbagai kekuatan psikologis (character strengths) yang relevan dalam konteks klinis

  1. Kemampuan identifikasi
  2. Kemampuan klasifikasi
  3. Pemikiran kritis
Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi
  2. Akurasi klasifikasi
  3. Kedalaman analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah interaktif, komparasi artikel penelitian, dan diskusi kritis

Materi: Kekuatan Psikologis (optimisme, harapan, makna hidup)
Pustaka: Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc.
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami berbagai bentuk psikopatologi yang umum ditemui dan peluang intervensi positif

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan simulasi aplikatif
Kriteria:
  1. Relevansi konsep dan aplikasi
  2. Kesesuaian pemahaman

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian

Materi: Depresi, kecemasan, trauma, dsb.
Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press.
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa menganalisis studi kasus psikopatologi dengan pendekatan kekuatan

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan simulasi aplikatif
Kriteria:
  1. Relevansi konsep dan aplikasi
  2. Kesesuaian pemahaman

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian

Materi: Studi kasus berbasis gangguan umum (e.g. depresi)
Pustaka: Stephen Joseph (Ed.) (2015). Positive Psychology in Practice. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami prinsip dasar intervensi berbasis psikologi positif

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan klasifikasi
  3. Keaktifan diskusi
Kriteria:
  1. Ketepatan klasifikasi
  2. Kesesuaian pemahaman
  3. aktif berkontribusi pada jalannya diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas dan review book chapter

Materi: PERMA Model, terapi syukur, intervensi makna, dsb.
Pustaka: Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa menguasai metode asesmen psikologi positif dan klinis

  1. Pemilihan desain asesmen
  2. Perumusan masalah
Kriteria:
  1. Ketepatan pemilihan desain
  2. rasionalisasi pemilihan desain
  3. Ketepatan perumusan masalah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Perancangan proyek asesmen positif dan klinis

Materi: Asesmen psikologi positif dan klinis
Pustaka: Steve Baumgardner & Marie Crothers (2014). Positive Psychology. Edinbrugh: Pearson Education Limited.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengembangkan rancangan awal proyek intervensi berbasis psikologi positif

  1. Pemilihan desain asesmen
  2. Perumusan masalah
Kriteria:
  1. Ketepatan pemilihan desain
  2. rasionalisasi pemilihan desain
  3. Ketepatan perumusan masalah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Perancangan proyek intervensi berbasis psikologi positif

Materi: Desain proyek intervensi berbasis data dan kekuatan
Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press.
5%

8

Minggu ke 8

UTS (Format Presentasi Proposal Proyek)

  1. Kemampuan merancang proposal
  2. Penguasaan teori
Kriteria:
  1. Sistematika proposal
  2. Relevansi teori dan persoalan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Penugasan proyek proposal

15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa menyusun rencana implementasi dan pemantauan proyek

  1. Kemampuan merancang proposal
  2. Penguasaan teori
Kriteria:
  1. Sistematika proposal
  2. Relevansi teori dan persoalan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Penugasan proyek proposal

Materi: Strategi pelaksanaan & monitoring intervensi
Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memanfaatkan teknologi pendukung intervensi

Penguasaan proses coding

Kriteria:

Ketepatan dan relevansi penggunaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Proyek kelas

Materi: Aplikasi, media digital, CBT online, journaling tools
Pustaka: Edward B. Davis, Sarah A. Schnitker, & Everett L. Worthington Jr. (Ed.) (2023) .Handbook of Positive Psychology, Religion, and Spirituality. Cham: Springer.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mengimplementasikan proyek dalam skala kecil (simulasi atau komunitas terbatas)

  1. Pemahaman konsep
  2. Pemahaman aplikatif
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Ketepatan penerapan trianggulasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Proyek mahasiswa

Materi: Simulasi intervensi
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa melakukan evaluasi awal efektivitas intervensi

  1. Pemahaman konsep
  2. Kepekaan etika penelitian
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Ketepatan desain evaluasi efefktivitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif dan simulasi skenario etika riset

Materi: Teknik evaluasi berbasis data kuantitatif & kualitatif
Pustaka: C. R. Snyder & Shane J. Lopez (2002).Handbook of positive psychology. Oxford: Oxford University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun pendahuluan dan deskripsi metode penelitian kualitatif

Refleksi

Kriteria:

Kedalaman refleksi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi teoritis

Materi: Telling Your Qualitative Story: How the Purpose of Your Research Influences Your Reporting
Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa menyempurnakan proyek berdasarkan evaluasi & refleksi

  1. Narasi pelaporan
  2. Penyajian data, analisis, dan pembahasan
Kriteria:
  1. Keterbacaan dan kekayaan narasi reflektif
  2. Konsistensi penyajian data, analisis, dan pembahasan
Proyek mahasiswa

5%

15

Minggu ke 15

Menyusun Refleksi Peneliti dan Implikasi Penelitian

Ketersampaian materi

Kriteria:

Relevansi refleksi dan implikasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi

Materi: Writing a Qualitative Study
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
10%

16

Minggu ke 16

Menyajikan dan Mempresentasikan Laporan Penelitian

Penyampaian gagasan

Kriteria:

Kejelasan penyampaian gagasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengumpulan proyek lengkap

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 71%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2%
5. Tes 2%
95%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.