
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Positif dan Intervensi Psikopatologi |
7310104020 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
2 |
28 Mei 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diana Rahmasari
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami keterkaitan antara psikologi positif, kesehatan mental, dan dinamika psikopatologi dalam berbagai konteks kehidupan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis hubungan antara kekuatan psikologis (character strengths) dan proses pemulihan gangguan psikologis.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang intervensi psikologis berbasis psikologi positif yang terintegrasi dengan pendekatan psikopatologi untuk meningkatkan kesejahteraan individu.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi dan data berbasis ilmiah dalam merancang dan mengimplementasikan proyek intervensi psikologis.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu bekerja secara kolaboratif dalam merancang dan melaksanakan proyek intervensi berbasis kekuatan individu dan konteks kultural.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu merefleksikan proses pengembangan profesional dan pembelajaran mandiri melalui pelaksanaan proyek berbasis psikologi positif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengintegrasikan pendekatan psikologi positif dengan pemahaman dan penanganan psikopatologi. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep utama psikologi positif seperti kebahagiaan, makna hidup, kekuatan karakter, harapan, resiliensi, dan emosi positif, serta bagaimana konsep-konsep tersebut dapat digunakan sebagai sumber daya psikologis dalam proses penyembuhan gangguan mental. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Martin E. P. Seligman (2002). Authentic happiness: using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: THE FREE PRESS.
- Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc.
- C. R. Snyder & Shane J. Lopez (2002).Handbook of positive psychology. Oxford: Oxford University Press.
- Steve Baumgardner & Marie Crothers (2014). Positive Psychology. Edinbrugh: Pearson Education Limited.
|
Pendukung : |
|
- Edward B. Davis, Sarah A. Schnitker, & Everett L. Worthington Jr. (Ed.) (2023) .Handbook of Positive Psychology, Religion, and Spirituality. Cham: Springer.
- Stephen Joseph (Ed.) (2015). Positive Psychology in Practice. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
- Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup psikologi positif dan kaitannya dengan psikopatologi |
- Pemahaman materi
- Kemampuan identifikasi
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Akurasi identifikasi filosofis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pengantar, kontrak belajar, dan diskusi kelas
|
|
Materi: Pengantar Psikologi Positif dan Psikopatologi Pustaka: Martin E. P. Seligman (2002). Authentic happiness: using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: THE FREE PRESS. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mengenali berbagai kekuatan psikologis (character strengths) yang relevan dalam konteks klinis |
- Kemampuan identifikasi
- Kemampuan klasifikasi
- Pemikiran kritis
|
Kriteria:
- Ketepatan identifikasi
- Akurasi klasifikasi
- Kedalaman analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah interaktif, komparasi artikel penelitian, dan diskusi kritis
|
|
Materi: Kekuatan Psikologis (optimisme, harapan, makna hidup) Pustaka: Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami berbagai bentuk psikopatologi yang umum ditemui dan peluang intervensi positif |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan simulasi aplikatif
|
Kriteria:
- Relevansi konsep dan aplikasi
- Kesesuaian pemahaman
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian
|
|
Materi: Depresi, kecemasan, trauma, dsb. Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menganalisis studi kasus psikopatologi dengan pendekatan kekuatan |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan simulasi aplikatif
|
Kriteria:
- Relevansi konsep dan aplikasi
- Kesesuaian pemahaman
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian
|
|
Materi: Studi kasus berbasis gangguan umum (e.g. depresi) Pustaka: Stephen Joseph (Ed.) (2015). Positive Psychology in Practice. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami prinsip dasar intervensi berbasis psikologi positif |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan klasifikasi
- Keaktifan diskusi
|
Kriteria:
- Ketepatan klasifikasi
- Kesesuaian pemahaman
- aktif berkontribusi pada jalannya diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan review book chapter
|
|
Materi: PERMA Model, terapi syukur, intervensi makna, dsb. Pustaka: Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto Pedrotti, & C. R. Snyder (2014). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. New York: SAGE Publications, Inc. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa menguasai metode asesmen psikologi positif dan klinis |
- Pemilihan desain asesmen
- Perumusan masalah
|
Kriteria:
- Ketepatan pemilihan desain
- rasionalisasi pemilihan desain
- Ketepatan perumusan masalah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Perancangan proyek asesmen positif dan klinis
|
|
Materi: Asesmen psikologi positif dan klinis Pustaka: Steve Baumgardner & Marie Crothers (2014). Positive Psychology. Edinbrugh: Pearson Education Limited. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengembangkan rancangan awal proyek intervensi berbasis psikologi positif |
- Pemilihan desain asesmen
- Perumusan masalah
|
Kriteria:
- Ketepatan pemilihan desain
- rasionalisasi pemilihan desain
- Ketepatan perumusan masalah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Perancangan proyek intervensi berbasis psikologi positif
|
|
Materi: Desain proyek intervensi berbasis data dan kekuatan Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS (Format Presentasi Proposal Proyek) |
- Kemampuan merancang proposal
- Penguasaan teori
|
Kriteria:
- Sistematika proposal
- Relevansi teori dan persoalan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Penugasan proyek proposal
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menyusun rencana implementasi dan pemantauan proyek |
- Kemampuan merancang proposal
- Penguasaan teori
|
Kriteria:
- Sistematika proposal
- Relevansi teori dan persoalan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Penugasan proyek proposal
|
|
Materi: Strategi pelaksanaan & monitoring intervensi Pustaka: Kate Hefferon & Ilona Boniwell (2011). Positive Psychology: Theory, Research and Applications. New York: Open University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memanfaatkan teknologi pendukung intervensi |
Penguasaan proses coding |
Kriteria:
Ketepatan dan relevansi penggunaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Proyek kelas
|
|
Materi: Aplikasi, media digital, CBT online, journaling tools Pustaka: Edward B. Davis, Sarah A. Schnitker, & Everett L. Worthington Jr. (Ed.) (2023) .Handbook of Positive Psychology, Religion, and Spirituality. Cham: Springer. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mengimplementasikan proyek dalam skala kecil (simulasi atau komunitas terbatas) |
- Pemahaman konsep
- Pemahaman aplikatif
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Ketepatan penerapan trianggulasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Proyek mahasiswa
|
|
Materi: Simulasi intervensi Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa melakukan evaluasi awal efektivitas intervensi |
- Pemahaman konsep
- Kepekaan etika penelitian
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Ketepatan desain evaluasi efefktivitas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif dan simulasi skenario etika riset
|
|
Materi: Teknik evaluasi berbasis data kuantitatif & kualitatif Pustaka: C. R. Snyder & Shane J. Lopez (2002).Handbook of positive psychology. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun pendahuluan dan deskripsi metode penelitian kualitatif |
Refleksi |
Kriteria:
Kedalaman refleksi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi teoritis
|
|
Materi: Telling Your Qualitative Story: How the Purpose of Your Research Influences Your Reporting Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa menyempurnakan proyek berdasarkan evaluasi & refleksi |
- Narasi pelaporan
- Penyajian data, analisis, dan pembahasan
|
Kriteria:
- Keterbacaan dan kekayaan narasi reflektif
- Konsistensi penyajian data, analisis, dan pembahasan
|
Proyek mahasiswa
|
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun Refleksi Peneliti dan Implikasi Penelitian |
Ketersampaian materi |
Kriteria:
Relevansi refleksi dan implikasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi
|
|
Materi: Writing a Qualitative Study Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menyajikan dan Mempresentasikan Laporan Penelitian |
Penyampaian gagasan |
Kriteria:
Kejelasan penyampaian gagasan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengumpulan proyek lengkap
|
|
|
10% |