Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Antena dan Propagasi Gelombang

8320102006

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

2 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




FENDI ACHMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan kejuruan teknik elektro yang relevan dengan perkembangan industri global (Pendidikan).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukan gambaran umum antenna, Mekanisme radiasi dan distribusi arus.

PO - 2

Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian materi antena dan propagasi

PO - 3

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang antena dan propagasi

PO - 4

Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas antena dan propagasi yang berhubungan dengan bidang teknik elektro.

PO - 5

Mampu bertanggungjawab kepada masyarakat dengan mematuhi norma agama, etika profesi dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan antena dan propagasi

PO - 6

Mahasiswa memiliki sifat tanggung jawab dalam menjelaskan desain antena dan aplikasi antena yang dibuat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang gambaran umum antenna dan propagasi gelombang, Mekanisme radiasi dan distribusi arus, tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya, kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi, Beamwidth dan directivity, Numerical Teknik, Gain, Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetik, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna, merancang Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole, Spiral Antenna, log periodic, Fraactal antenna, Antenna Horn dan Antenna Mikrostrip, Planar dan Circular Array, Desain dan karakteristik 3 dimensi untuk N element array, MIMO antenna, smart antenna, simulasi antena dan pengukuran.

Pustaka

Utama :

  1. John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
  2. Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley
  3. Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
  4. B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill
  5. G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC
  6. R.L.Haupt.2010. Antenna Arrays : A Computational Approach . John Wiley & Sons, Inc

Pendukung :

  1. R.L.Haupt, Antenna Arrays : A Computational Approach. John Wiley & Sons, Inc, 2010.G. Ray,
  2. K.Kumar, Broadband Microstrip Antennas. British: ARTECH HOUSE, INC, 2003.

Dosen Pengampu

NURHAYATI

Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menggambarkan gambaran umum antenna

· Menggambarkan konsep dasar antenna · Menjelaskan Mekanisme radiasi dan distribusi arus Menjelaskan saluran transmisi

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dengan melihat:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok, diskusi
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
3%

2

Minggu ke 2

Menunjukan menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya

· Mengidentifikasikan jenis-jenis antena dan aplikasinya · menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilihat dari aspek:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL)
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 2
Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley

Materi: ANTENA SUPER-WIDEBAND(SWB) UNTUK PERTAHANAN KEAMANAN
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasikan kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi

Menggambarkan tentang Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilihat dari:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
· Model Pembelajaran Langsung dan Kooperatif
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 3
Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley

Materi: Referensi Penelitian: RECONFIGURABLE ANTENA UWB COPLANAR VIVALDI UNTUK APLIKASI COGNITIVE RADIO
Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
3%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna.

Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi Menentukan Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan istrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field,Memaparkan Rangkaian elektronika modulator dan demodulator analog. Menjelaskan Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilihat dari aspek:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 4
Pustaka: B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill

Materi: Referensi Penelitian: PENINGKATAN POLA RADIASI DAN PEMODELAN MUTUAL COUPLING ANTENNA ARRAY VIVALDI COPLANAR UNTUK APLIKASI RADAR
Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
3%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna.

Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi Menentukan Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan istrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field,Memaparkan Rangkaian elektronika modulator dan demodulator analog. Menjelaskan Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dengan melihat:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 5
Pustaka: G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC

Materi: Referensi Penelitian: ANTENA UWB COPLANAR VIVALDI UNTUK APLIKASI GROUND PENETRATING RADAR (GPR)
Pustaka: B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill
2%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna dan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular

Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna Menunjukkan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dengan melihat:
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan presentasi, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Larning
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 6
Pustaka: K.Kumar, Broadband Microstrip Antennas. British: ARTECH HOUSE, INC, 2003.

Materi: Referensi Penelitian: PENINGKATAN BANDWIDTH DAN GAIN ANTENA ARRAY MONOPOLE DENGAN MODIFIKASI GROUND PLANE DAN PATCH UNTUK APLIKASI ULTRA WIDE BAND
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
4%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna dan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular

Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna Menunjukkan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilihat dari:
  2. 1. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan presentasi, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5)
  3. 2. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 5)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Larning
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 7
Pustaka: R.L.Haupt, Antenna Arrays : A Computational Approach. John Wiley & Sons, Inc, 2010.G. Ray,
5%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. Memahami konsep antena dan propagasi gelombang
  2. Memahami tipe-tipe antena
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes/Kuis
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
20%

9

Minggu ke 9

Menunjukkan Bow Tie,Cylinder,Folded Dipole

· Menjelaskan Bow Tie,Cylinder,Folded Dipole

Kriteria:
  1. Rubrik Evaluasi(bobot 2)
  2. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 9
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
3%

10

Minggu ke 10

Menunjukkan software pendukung desain antena

Menunjukkan software pendukung desain antena

Kriteria:
  1. Rubrik Evaluasi(5)
  2. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menunjukan hasil desain, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan refleksi
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 10
Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley
3%

11

Minggu ke 11

Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran dan Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar

· Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar

Kriteria:

Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 5)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, Project Based Learning, refleksi
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 11
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
5%

12

Minggu ke 12

Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran dan Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar

· Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar

Kriteria:
  1. Rubrik Evaluasi
  2. Partisipasi dilihat dari keaktifan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dan berdiskusi mengemukaan pendapat(bobot 5)
  3. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
DiskusiPBL
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 12
Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
3%

13

Minggu ke 13

Desain dan analisa kinerja antena mikostrip, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole

Mampu mendesain dan analisa kinerja antena mikostrip, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole

Kriteria:
  1. Rubrik Evaluasi
  2. Tugas: Mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan indikator

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
presentasi, diskusi kelompk dan refleksi
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 13
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore

Materi: Materi pertemuan 13
Pustaka:
3%

14

Minggu ke 14

Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna, Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO

Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO

Kriteria:

Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menunjukan hasil desain, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi PBL
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 14
Pustaka: G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC
5%

15

Minggu ke 15

Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna, Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO

Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi PBL
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 15
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Dapat memahami dan melakukan desain antena serta analisa hasil

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UAS
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-15
Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 37.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32.34%
3. Penilaian Portofolio 1.67%
4. Penilaian Praktikum 2%
5. Praktik / Unjuk Kerja 9.17%
6. Tes 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.