
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Antena dan Propagasi Gelombang |
8320102006 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
2 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
FENDI ACHMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan kejuruan teknik elektro yang relevan dengan perkembangan industri global (Pendidikan). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukan gambaran umum antenna, Mekanisme radiasi dan distribusi arus.
|
PO - 2 |
Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian materi antena dan propagasi
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang antena dan propagasi
|
PO - 4 |
Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas antena dan propagasi yang berhubungan dengan bidang teknik elektro.
|
PO - 5 |
Mampu bertanggungjawab kepada masyarakat dengan mematuhi norma agama, etika profesi dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan antena dan propagasi
|
PO - 6 |
Mahasiswa memiliki sifat tanggung jawab dalam menjelaskan desain antena dan aplikasi antena yang dibuat.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | | PO-1 | | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | | | PO-5 | ✔ | | | | | PO-6 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-4 | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang gambaran umum antenna dan propagasi gelombang, Mekanisme radiasi dan distribusi arus, tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya, kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi, Beamwidth dan directivity, Numerical Teknik, Gain, Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetik, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna, merancang Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole, Spiral Antenna, log periodic, Fraactal antenna, Antenna Horn dan Antenna Mikrostrip, Planar dan Circular Array, Desain dan karakteristik 3 dimensi untuk N element array, MIMO antenna, smart antenna, simulasi antena dan pengukuran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
- Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley
- Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
- B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill
- G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC
- R.L.Haupt.2010. Antenna Arrays : A Computational Approach . John Wiley & Sons, Inc
|
Pendukung : |
|
- R.L.Haupt, Antenna Arrays : A Computational Approach. John Wiley & Sons, Inc, 2010.G. Ray,
- K.Kumar, Broadband Microstrip Antennas. British: ARTECH HOUSE, INC, 2003.
|
Dosen Pengampu
|
NURHAYATI Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T. Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menggambarkan gambaran umum antenna |
· Menggambarkan konsep dasar antenna · Menjelaskan Mekanisme radiasi dan distribusi arus Menjelaskan saluran transmisi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dengan melihat:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menunjukan menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya |
· Mengidentifikasikan jenis-jenis antena dan aplikasinya · menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilihat dari aspek:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL) 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 2 Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley Materi: ANTENA SUPER-WIDEBAND(SWB) UNTUK PERTAHANAN KEAMANAN Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasikan kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi |
Menggambarkan tentang Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilihat dari:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
· Model Pembelajaran Langsung dan Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 3 Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley Materi: Referensi Penelitian: RECONFIGURABLE ANTENA UWB COPLANAR VIVALDI UNTUK APLIKASI COGNITIVE RADIO Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna. |
Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi Menentukan Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan istrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field,Memaparkan Rangkaian elektronika modulator dan demodulator analog. Menjelaskan Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilihat dari aspek:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL) 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 4 Pustaka: B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill Materi: Referensi Penelitian: PENINGKATAN POLA RADIASI DAN PEMODELAN MUTUAL COUPLING ANTENNA ARRAY VIVALDI COPLANAR UNTUK APLIKASI RADAR Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna. |
Mendeskripsikan Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi Menentukan Impedansi Input, sumber potensial arus dan medan istrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field,Memaparkan Rangkaian elektronika modulator dan demodulator analog. Menjelaskan Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna. |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dengan melihat:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL) 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 5 Pustaka: G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC Materi: Referensi Penelitian: ANTENA UWB COPLANAR VIVALDI UNTUK APLIKASI GROUND PENETRATING RADAR (GPR) Pustaka: B. Gross. 2011. Frontiers in Antennas Next Generation Design & Engineering . Mc Graw Hill |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna dan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular |
Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna Menunjukkan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dengan melihat:
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan presentasi, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Larning 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 6 Pustaka: K.Kumar, Broadband Microstrip Antennas. British: ARTECH HOUSE, INC, 2003. Materi: Referensi Penelitian: PENINGKATAN BANDWIDTH DAN GAIN ANTENA ARRAY MONOPOLE DENGAN MODIFIKASI GROUND PLANE DAN PATCH UNTUK APLIKASI ULTRA WIDE BAND Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna dan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular |
Mendeskripsikan Linear,Planar dan Circular Array, N element array,MIMO antenna, smart antenna Menunjukkan Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilihat dari:
- 1. Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan presentasi, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5)
- 2. Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 5)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Larning 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 7 Pustaka: R.L.Haupt, Antenna Arrays : A Computational Approach. John Wiley & Sons, Inc, 2010.G. Ray, |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Memahami konsep antena dan propagasi gelombang
- Memahami tipe-tipe antena
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes/Kuis 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1-7 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menunjukkan Bow Tie,Cylinder,Folded Dipole |
· Menjelaskan Bow Tie,Cylinder,Folded Dipole |
Kriteria:
- Rubrik Evaluasi(bobot 2)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 9 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Menunjukkan software pendukung desain antena |
Menunjukkan software pendukung desain antena |
Kriteria:
- Rubrik Evaluasi(5)
- Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menunjukan hasil desain, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 10 Pustaka: Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran dan Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar |
· Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar |
Kriteria:
Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 5) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, Project Based Learning, refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 11 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran dan Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar |
· Simulasi antena beserta aplikasi dan pengukuran Desain dan analisa kinerja Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Antena planar |
Kriteria:
- Rubrik Evaluasi
- Partisipasi dilihat dari keaktifan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dan berdiskusi mengemukaan pendapat(bobot 5)
- Tugas : dilakukan disetiap indikator (bobot 3)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
DiskusiPBL 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 12 Pustaka: Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Desain dan analisa kinerja antena mikostrip, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole |
Mampu mendesain dan analisa kinerja antena mikostrip, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole |
Kriteria:
- Rubrik Evaluasi
- Tugas: Mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan indikator
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
presentasi, diskusi kelompk dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 13 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore Materi: Materi pertemuan 13 Pustaka: |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna, Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO |
Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO |
Kriteria:
Partisipasi :keaktifan mahasiswa dalam menunjukan hasil desain, menjawab permecahan permasalahan, berdiskusi (bobot 5) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi PBL 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 14 Pustaka: G. Ray, K.Kumar.2003. Broadband Microstrip Antennas . British.ARTECH HOUSE, INC |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna, Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO |
Desain dan analisa kinerja Spiral Antenna.log periodic, Fraactal antenna Desain dan analisa kinerja Antenna array, MIMO |
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi PBL 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 15 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Dapat memahami dan melakukan desain antena serta analisa hasil |
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UAS 2 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1-15 Pustaka: John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore |
30% |