
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Kurikulum Pendidikan Sains (Science Education Curriculum Study) |
8410102246 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif. |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menelaah secara kritis asumsi-asumsi, teori pengembangan kurikulum, standar, metode pengembangan, model-model evaluasi dan hasil penelitian kurikulum pendidikan sains
|
PO - 2 |
Menganalisis hasil pengembangan kurikulum pendidikan sains di satuan pendidikan
|
PO - 3 |
Merancang kurikulum pendidikan sains sesuai dengan prinsip diversifikasi kurikulum, berpihak pada kondisi peserta didik dan potensi sekolah, dan sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian asumsi-asumsi, teori pengembangan kurikulum, standar, metode pengembangan, model-model evaluasi, dan hasil penelitian kurikulum pendidikan sains. Mata kuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk merancang kurikulum pendidikan sains. Perkuliahan dilakukan dengan metode seminar, workshop , dan project . Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk rancangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brady, Laurie. 1995. Curriculum Development Fifth Edition . New York: Prentice Hall
- Sukmadinata, N, S. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Bandung: Remaja Rosdakarya
- Hasan, S, H. 1998. Pengembangan Kurikulum: Perkembangan Ideologis dan Teoritik Pedagogis . Remaja Rosdakary
- Archer, E. 2017. Curriculum Development Principles and Practices. New York: College Publishing House.
- Fogarty, R. (1991) dan (2011). How to integrate the curricula . Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
- Permendikbud tentang SKL, SI, SP, SPen, dan KD.
- Permendikbud nomor 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
- Cambridge Syllabus https://www.cambridgeinternational.org/programmes-and-qualifications/cambridge-igcse-science-combined-0653/
- Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konteks kurikulum |
Menganalisis konteks kurikulum |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 X 50 |
Mempelajari bahan ajar dan referensi di SIDIA 2 X 50 |
Materi: Pengembangan kurikulum Pustaka: Brady, Laurie. 1995. Curriculum Development Fifth Edition . New York: Prentice Hall |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konteks kurikulum |
Menganalisis konteks kurikulum |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 X 50 |
Mempelajari, Melakukan analisis kasus, membuat PPT 2 X 50 |
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami proses pengembangan kurikulum |
1. Mendeskripsikan pengertian kurikulum ditinjau dari segi filosofi, psikologi, dan sosiologi 2. Menganalisis perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, Diskusi, Presentasi, dan Tanya jawab 2 X 50 |
Membuat PPT kajian dan mengunggah di SIDIA, presentasi dan diskusi online. 2 X 50 |
Materi: Standar Pustaka: Permendikbud tentang SKL, SI, SP, SPen, dan KD. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami proses pengembangan kurikulum |
1. Mendeskripsikan pengertian kurikulum ditinjau dari segi filosofi, psikologi, dan sosiologi 2. Menganalisis perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
|
Penugasan, Diskusi, Presentasi, dan Tanya jawab 2 X 50 |
Membuat PPT kajian dan mengunggah di SIDIA, presentasi dan diskusi online. 2 x 50 |
Materi: KTSP, KOSP Pustaka: Permendikbud nomor 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Menganalisis perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, Diskusi, Presentasi, dan Tanya jawab 2 X 50 |
Membuat PPT kajian dan mengunggah di SIDIA, presentasi dan diskusi online. 2 x 50 |
Materi: Standar tambahan Pustaka: Cambridge Syllabus https://www.cambridgeinternational.org/... |
9% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Menganalisis perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, Diskusi, Presentasi, dan Tanya jawab 2 X 50 |
Membuat PPT kajian dan mengunggah di SIDIA, presentasi dan diskusi online. 2 x 50 |
Materi: Pembelajaran IPA secara terpadu Pustaka: Fogarty, R. (1991) dan (2011). How to integrate the curricula . Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Menganalisis perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, Diskusi, Presentasi, dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Indikator 1 sampai 7 |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2 X 50 |
Tes tulis di SIDIA
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami manajemen kurikulum |
Mendeskripsikan pengembangan kurikulum |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami model evaluasi kurikulum |
Mendeskripsikan evaluasi kurikulum |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami model evaluasi kurikulum |
Mendeskripsikan evaluasi kurikulum dan evaluasi kurikulum yang diterapkan di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mengimple-mentasikan evaluasi kurikulum |
Merancang evaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi stake dan CIPP Melakukan evaluasi kurikulum sesuai dengan instrumen yang telah disiapkan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan dan Observasi lapangan 2 X 50 |
|
Materi: 5 Pustaka: |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengimple-mentasikan evaluasi kurikulum |
Merancang evaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi stake dan CIPP Melakukan evaluasi kurikulum sesuai dengan instrumen yang telah disiapkan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan dan Observasi lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menyajikan hasil evaluasi kurikulum |
Mendeskripsikan evaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi stake dan CIPP yang diterapkan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menyajikan hasil evaluasi kurikulum |
Mendeskripsikan evaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi stake dan CIPP yang diterapkan |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut.
- 1. Partisipasi dalam dari tingkat kehadiran perkuliahan, keaktifan (bobot 2)
- 2. Tugas terdiri dari tugas di kelas dan di lapangan (bobot 3).
- 3. UTS untuk mengakses indikator pertemuan 1 -7 (bobot 2)
- 4. UAS untuk mengakses semua indikator (bobot 3).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS
|
UAS
|
|
20% |