•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Sejarah
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  WISNU
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
  4. Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
  5. Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
  6. Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan  berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
  3. Menyebarluaskan inovasi  di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
  4. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.

Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah

CPL-6 Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin

CPL-7 Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Sejarah
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Sejarah 2024--2028

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720102021 DASAR-DASAR ILMU SEJARAH 2.00
    1000002005 DASAR-DASAR PENDIDIKAN 2.00
    8720102215 KURIKULUM SEKOLAH 2.00
    1000002018 PANCASILA 2.00
    8720102108 SEJARAH AFRIKA 2.00
    8720102227 SEJARAH EROPA-AMERIKA 3.00
    8720103263 SEJARAH INDONESIA MASA PRA AKSARA DAN HINDU BUDHA 3.00
    8720102162 SEJARAH PENDIDIKAN 2.00
    8720102210 TEORI BELAJAR 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    8720102264 BAHASA BELANDA 2.00
    8720102038 ILMU POLITIK 2.00
    1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
    8720102208 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
    8720102213 PERENCANAAN PEMBELAJARAN 2.00
    8720102122 SEJARAH ASIA TIMUR 2.00
    8720102138 SEJARAH INDONESIA MASA ISLAM 2.00
    8720102158 SEJARAH MARITIM 2.00
    8720102212 TEORI SOSIAL BUDAYA 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
    8720102216 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
    8720102032 FILSAFAT SEJARAH 2.00
    8720103279 METODOLOGI SEJARAH 3.00
    8720102115 SEJARAH ASIA BARAT 2.00
    8720102218 SEJARAH ASIA SELATAN DAN TENGGARA 2.00
    8720102265 SEJARAH INDONESIA MASA KOLONIAL 2.00
    8720102219 SEJARAH LOKAL DAN KEBUDAYAAN INDONESIA 2.00
    8720102226 SEJARAH SOSIAL EKONOMI 2.00
    8720102223 STATISTIK 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720102005 ARKEOLOGI 2.00
    8720102217 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO 2.00
    1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
    8720103222 METODE PENELITIAN 3.00
    8720102233 METODE SEJARAH 2.00
    1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
    8720102123 SEJARAH AUSTRALIA DAN OCEANIA 2.00
    8720102268 SEJARAH INDONESIA MASA KEMERDEKAAN SAMPAI REFORMASI 2.00
    8720102267 SEJARAH INDONESIA MASA PERGERAKAN NASIONAL 2.00
    8720102145 SEJARAH INTELEKTUAL 2.00
    8720102262 SEJARAH PUBLIK 2.00

    Semester ke 5

    Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
    • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (2 SKS)
    • Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
    Matakuliah Asistensi Mengajar
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720102288 ASISTENSI MENGAJAR ETIKA DAN KERJA SAMA 2.00
    Matakuliah Magang

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
    1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
    1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
    1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
    1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
    1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
    1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
    1000004056 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 4.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720102036 GEOHISTORI 2.00
    8720102278 KEPEMANDUAN WISATA SEJARAH 2.00
    8720102277 MANAJEMEN WISATA BUDAYA 2.00
    8720102273 MEDIA REKAM DAN KEPURBAKALAAN SEJARAH 2.00
    8720102065 MUSEOLOGI 2.00
    8720102275 PENGELOLAAN CAGAR BUDAYA 2.00
    8720102276 PENULISAN BUKU TEKS SEJARAH 2.00
    8720102271 PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN SEJARAH 2.00
    8720102111 SEJARAH AGRARIA 2.00
    8720102252 SEJARAH LISAN 2.00
    1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00
    8720102272 SEMINAR SEJARAH 3.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720104270 SKRIPSI 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
    Universitas Negeri Surabaya

    Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :  

    Kebutuhan dan Daya Saing Kerja

    Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.

    Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil

    Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.

    Perkembangan Industridan Kewirausahaan

    Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.

    Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):

    Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

    Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.

    Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7
    Sejarah Asia Barat 2 13.33% 40% 46.67% 100 %
    Ilmu Politik 2 20% 20% 60% 100 %
    Filsafat Sejarah 2 20% 20% 20% 40% 100 %
    Sejarah Australia dan Oceania 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Sejarah Maritim 2 12.5% 87.5% 100 %
    Sejarah Intelektual 2 23.81% 23.81% 28.57% 23.81% 100 %
    Teori Sosial Budaya 2 14.29% 85.71% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Pra Aksara dan Hindu Budha 4 40% 60% 100 %
    SEJARAH LISAN 2 24.24% 33.33% 33.33% 9.09% 99.99 %
    Pengelolaan Cagar Budaya 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN SEJARAH 4 50% 50% 100 %
    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2 28.57% 71.43% 100 %
    Sejarah Eropa-Amerika 3 34.62% 65.38% 100 %
    Sejarah Asia Timur 2 42.11% 57.89% 100 %
    Sejarah Pendidikan 2 50% 25% 25% 100 %
    Sejarah Agraria 2 10% 40% 50% 100 %
    Dasar-Dasar Ilmu Sejarah 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Arkeologi 2 14.29% 14.29% 71.43% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Kolonial 3 100% 100 %
    Geohistori 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Museologi 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Sejarah Indonesia Masa Islam 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Metodologi Sejarah dan Historiografi 3 100% 100 %
    Sejarah Afrika 2 40% 20% 40% 100 %
    Teori Belajar 2 30.56% 25% 44.44% 100 %
    Perencanaan Pembelajaran 2 40% 60% 100 %
    Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2 12.5% 12.5% 12.5% 50% 12.5% 100 %
    Kurikulum Sekolah 2 42.11% 15.79% 42.11% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan sampai Reformasi 4 100% 100 %
    Sejarah Sosial Ekonomi 2 4.76% 4.76% 4.76% 85.71% 99.99 %
    Museologi 3 21.74% 17.39% 60.87% 100 %
    Statistik 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional 4 100% 100 %
    Sejarah Asia selatan dan Tenggara 2 20% 40% 40% 100 %
    Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 42.31% 57.69% 100 %
    Metode Penelitian 3 21.74% 78.26% 100 %
    Bahasa Belanda 3 100% 100 %
    Metode Sejarah 2 25% 25% 50% 100 %
    Media Rekam Sejarah dan Kepurbakalaan 4 36.36% 63.64% 100 %
    Sejarah Lokal dan Kebudayaan Indonesia 2 18.18% 9.09% 18.18% 27.27% 27.27% 99.99 %
    Kepariwisataan Sejarah 4 12.5% 12.5% 37.5% 37.5% 100 %
    Metodologi Sejarah 3 33.33% 66.67% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Pra Aksara dan Hindu Budha 3 50% 50% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Kolonial 2 20% 20% 60% 100 %
    Bahasa Belanda 2 2.94% 2.94% 94.12% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan Sampai Reformasi 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Sejarah Publik 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Perpustakaan dan Kearsipan Sejarah 2 50% 50% 100 %
    Seminar Sejarah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Media Rekam dan Kepurbakalaan Sejarah 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Pengelolaan Cagar Budaya 2 22.22% 22.22% 22.22% 33.33% 99.99 %
    Penulisan Buku Teks Sejarah 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Manajemen Wisata Budaya 2 18.75% 31.25% 50% 100 %
    Kepemanduan Wisata Sejarah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Pelaksanaan Program 4 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Perencanaan Program 2 16.67% 16.67% 33.33% 33.33% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Pengembangan Perangkat 4 16.67% 16.67% 33.33% 33.33% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Evaluasi Program 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Etika Profesi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Public Speaking 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Berpikir Kritis 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Wisata Budaya dan Warisan-Kerja Sama dan Jejaring 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
    Asistensi Mengajar Etika dan Kerja Sama 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Filosofi

    Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.

    2. Landasan Sosiologis

    Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

    3. Landasan Historis

    Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .

    4. Landasan Yuridis.

    Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada 

    1. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
    2. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
    3. Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
    4. Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
    5. Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.