Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat

1000004090

T=4

P=0

ECTS=6.36

5

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mampu mengembangkan perangkat program kewirausahan dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan daerah; saling menghargai dan menguntungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

CPMK - 2

Menguasai konsep teoretis secara umum dan khusus dalam mengembangkan perangkat program kewirausahan dengan mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

CPMK - 3

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan perangkat program kewirausahan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

CPMK - 4

Mampu mengembangkan perangkat program kewirausahan dan mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4

Deskripsi Singkat MK

Pada matakuliah ini, mahasiswa mampu menguasai konsep pengembangan perangkat pendukung kewirausahaan, mengidentifikasi, memformulasikan dan merumuskan perangkat pendukung kewirausahaan yang dipilih di antaranya (a) mengembangkan usaha kuliner, (b) mengembangkan usaha teknologi sederhana, (c) mengembangkan sistem pemasaran secara online bidang usaha masyarakat desa, dan lain lain dengan rasa tanggung jawab, beretika professional serta mampu berkomunikasi secara efektif, melalui diskusi, penugasan/proyek, praktik dan presentasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Christiawan, Rio. 2021. Hukum Bisnis Kontemporer. Depok: Rajawali Pers 
  2. 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish
  3. 3. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish
  4. 4. Dimyati, Mohamad. 2019. Metodologi Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM). Bogor: Mitra Wacana Media
  5. 5. Dyanasari & Asnah. 2018. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Depublish
  6. 6. Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
  7. 7.Kasmir, Jakfar. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-3. Jakarta: Prenada Media

Pendukung :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
  2. Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS

Dosen Pengampu

Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.

Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.E., M.E.

Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah, S.Pd., M.SE.

Nurul Hanifa, S.E., M.Si.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasi dan menguasai dasar hukum dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan berdasarkan asas legalitas.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Aspek hukum pengembangan kewirausahaan
Pustaka: 5. Dyanasari & Asnah. 2018. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Program pengembangan kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi dan menguasai dasar hukum dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan berdasarkan asas legalitas.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: 3. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Program kewirausaahan
Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi dan menguasai norma dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan berdasarkan asas kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan daerah; saling menghargai dan menguntungkan.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Program kewirausaahan
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: 6. Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
0%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi dan menguasai norma dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan berdasarkan asas kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan daerah; saling menghargai dan menguntungkan.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Project Based Learning

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS

Materi: Pengembangan Kewirausahaan
Pustaka: 5. Dyanasari & Asnah. 2018. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Depublish
0%

5

Minggu ke 5

Mampu mencari dan mengumpulkan referensi terkait pengembangan program untuk mengembangkan perangkat program kewirausahaan dan berdasarkan asas kejelasan tujuan dan hasil.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Referensi pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Sistematika laporan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

6

Minggu ke 6

Mampu mencari dan mengumpulkan referensi terkait pengembangan program untuk mengembangkan perangkat program kewirausahaan dan berdasarkan asas kejelasan tujuan dan hasil.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: 4. Dimyati, Mohamad. 2019. Metodologi Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM). Bogor: Mitra Wacana Media

Materi: Referensi pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: 6. Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
0%

7

Minggu ke 7

Mampu mencari dan mengumpulkan referensi terkait pengembangan program untuk mengembangkan perangkat program kewirausahaan dan berdasarkan asas kejelasan tujuan dan hasil.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Pengembangan perangkat
Pustaka: 4. Dimyati, Mohamad. 2019. Metodologi Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM). Bogor: Mitra Wacana Media

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish
0%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Materi 1-7
Pustaka: 5. Dyanasari & Asnah. 2018. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Depublish
0%

9

Minggu ke 9

Mampu menyusun materi sosialisasi pengembangan program kewirausahaan dan berdasarkan asas terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Pengembangan program berdasarkan asas
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

10

Minggu ke 10

Mampu menyusun materi sosialisasi pengembangan program kewirausahaan dan berdasarkan asas terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Sosialisasi kewirausahaan
Pustaka: 6. Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

11

Minggu ke 11

Mampu menyusun materi edukasi pengembangan program kewirausahaan berdasarkan asas terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Edukasi pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS

Materi: Penyusunan materi edukasi
Pustaka: 3. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish
0%

12

Minggu ke 12

Mampu menyusun materi edukasi pengembangan program kewirausahaan berdasarkan asas terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Edukasi pengembangan program kewirausahaan
Pustaka: 5. Dyanasari & Asnah. 2018. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Depublish
0%

13

Minggu ke 13

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan untuk kepentingan nasional dan daerah; serta menjunjung asas; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Penggunaan IPTEK dalam pengembangan kewirausahaan
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Panduan penggunaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

14

Minggu ke 14

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan untuk kepentingan nasional dan daerah; serta menjunjung asas; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Penggunaan IPTEK dalam pengembangan kewirausahaan
Pustaka: 2. Dewi, Ika Sari & Sihombing, I.K. 2019. Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan. Yogyakarta: Depublish

Materi: Panduan penggunaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

15

Minggu ke 15

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengembangkan perangkat program kewirausahaan untuk kepentingan nasional dan daerah; serta menjunjung asas; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

Project Based Learning

Materi: Pengembangan IPTEK
Pustaka: 4. Dimyati, Mohamad. 2019. Metodologi Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM). Bogor: Mitra Wacana Media

Materi: Program kewirausahaan
Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning

Materi: Materi 9-14
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS
100%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 15 April 2025 Jam 19:29 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa