
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Pengembangan Kepribadian |
8620102220 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
29 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
AMARIA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
CPL-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
CPL-6 |
Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
|
CPMK - 2 |
menggunakan teori-teori kepribadian dari berbagai perspektif pendekatan sebagai kerangka kerja konseptual guna memahami perilaku dan mengembangkan hipotesis permasalahan peserta didik sebagai landasan untuk merancang program bantuan bimbingan dan konseling yang efektif.
|
Matrik CPL - CPMK |
| |
| CPMK | CPL-1 | CPL-6 | | CPMK-1 | ✔ | | | CPMK-2 | ✔ | ✔ |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
| |
| CPMK |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| CPMK-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | CPMK-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori-teori kepribadian dari pendekatan psikodinamika, pendekatan sifat, pendekatan humanistik, pendekatan kognitif, pendekatan perilaku, dan pendekatan kontemporer serta penerapannya untuk memahami perilaku dan permasalahan peserta didik (konseli) dalam konteks praktek bimbingan dan konseling di sekolah. Teori kepribadian yang dikaji dari penekatan psikodinamika adalah teori psikoanalisa dari Sigmund Freud, teori psikoanalitik dari Carl Gustaf Jung, dan teori psikologi individual dari Alfred Adler. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May. Teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi dari ceramah, tanya jawab, diskusi, contoh, latihan, dan tugas rumah dan dibantu dengan menggunakan teknologi multimedia sebagai alat bantu penyampaian. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa didasarkan pada nilai partisipasi dalam mengikuti perkuliahan, nilai tugas terstruktur dan tugas akhir, nilai UTS dan UAS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arend, Richard I. BelajarUntuk Mengajar. Buku I. 2013.Jakarta: Salemba Empat
- Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku I. 2014. Jakarta. Salemba Empat
- Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku II. 2014. Jakarta. Salemba Empat
- Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
- Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
- Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju
- Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
- Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia
- Ryckman, M, R. 2008. Theories of Personality (ninth edition). USA: Thompson Wadsworth.
- Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.
- Jung, C. (2014). The Development of Personality. Britania Raya: Taylor & Francis.
|
Pendukung : |
|
- Handriatno. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.
- Fudyartanta, K. 2012. Psikologi Kepribadian Berbagai Pendekatan: Eksistensial, Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus Respon (SR) dan Biobudaya Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Nursalim, M., Wiyono, B. D., Nuryono, W., Rahmasari, D., & Laksmiwati, H. (2021). Development of the Psychoeducation Model to Decrease Academic Stress When Learning from Home (LFH). Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1492-1502.
- Wiyono, B. D., Nurhidayah, N., Ramli, M., Atmoko, A., & Shafie, M. a. A. (2023). SMIOC Strategic Model to Improve the Achievement Motivation of Students: Literature review. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research (pp. 1341–1350). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-152-4_136
- Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2016). Theories of personality. Cengage Learning.
- Cervone, D., & Pervin, L. A. (2022). Personality: Theory and research. John Wiley & Sons.
- Issues in Perception, Cognition, Development, and Personality: 2013 Edition. (2013). Amerika Serikat: ScholarlyEditions.
- McAdams, D. P., Shiner, R. L., & Tackett, J. L. (2021). Handbook of Personality Development. Guilford Publications.
- Personality Development: Theoretical, Empirical, and Clinical Investigations of Loevinger's Conception of Ego Development. (2013). Amerika Serikat: Taylor & Francis.
- Organizer, R. (n.d.). Personality Development. www.academia.edu. [online] Available at: https://www.academia.edu/3771399/Personality_Development [Accessed 11 Sep. 2023]
|
Dosen Pengampu
|
ELISABETH CHRISTIANA BAMBANG DIBYO WIYONO Dr. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd. Dr. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd. Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan Hakekat teori Kepribadian: pengertian, studi dalam teori kepribadian, peran kepribadian dalam praktek bimbingan dan konseling |
Dapat Menjelaskan Hakekat teori Kepribadian: pengertian, studi dalam teori kepribadian, peran kepribadian dalam praktek bimbingan dan konseling |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut
- Benar 1 nilai 25Benar 2 nilai 50Benar 3 nilai 75 Benar 4 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Ceramah, membaca literatur, berdiskusi, Self assessment 2 X 50 |
|
Materi: Kasus-kasus pada konselor sekolah Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip, perkembangan kepribadian, teknik asesmen, contoh asesmen kasus |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip, |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- Benar 1 nilai 35Benar 2 nilai 70 Benar 3 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Analisis masalah kepribadian konselor Pustaka: Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip, perkembangan kepribadian, teknik asesmen, contoh asesmen kasus |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- 1. Benar 1 nilai 20
- 2. Benar 2 nilai 40
- 3. Benar 3 nilai 60
- 4. Benar 4 nilai 75
- 5. Benar 5 nilai 85
- 6. Benar 6 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, membaca literatur, berdiskusi 4 X 50 |
|
Materi: merancang peningkatan kepribadian konselor Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Kriteria:
Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study
|
|
Materi: Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- 1. Benar 1 nilai 25
- 2. Benar 2 nilai 50
- 3. Benar 3 nilai 75
- 4. Benar 4 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Mengenal bakat Pustaka: Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- Benar 1 nilai 25Benar 2 nilai 50Benar 3 nilai 75 Benar 4 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Mengenal intelegensi Pustaka: Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- Benar 1 nilai 20Benar 2 nilai 40Benar 3 nilai 60benar 4 nilai 80 Benar 5 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Konsep sikap dan perilaku Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
Mahasiswa mengerjakan soal dan tugas dengan baik dan benar |
Kriteria:
Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 X 50 |
|
Materi: Teori kepribadian Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly |
Dapat Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- Benar 1 nilai 35Benar 2 nilai 70 Benar 3 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar pendidikan Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly |
Dapat Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly |
Kriteria:
Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Kompetensi guru Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- 1. Benar 1 nilai 50
- 2. Benar 2 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Case study 2 X 50 |
|
Materi: Etika guru Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- 1. Benar 1 nilai 25
- 2. Benar 2 nilai 50
- 3. Benar 3 nilai 75
- 4. Benar 4 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Case study 4 X 50 |
|
Materi: Pengelolaan kelas Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Kriteria:
Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pengalaman , proyek kerja 2x50 |
|
Materi: Teori dan praktek pendidikan Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. |
Kriteria:
- Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
- 1. Benar 1 nilai 25
- 2. Benar 2 nilai 50
- 3. Benar 3 nilai 75
- 4. Benar 4 nilai 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, diskusi dan presentasi 4 X 50 |
|
Materi: Pendekatan perilaku Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram |
Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram |
Kriteria:
Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pengalaman , proyek kerja 2x50 |
|
Materi: teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mengerjakan soal dan tugas dengan baik dan benar |
Kriteria:
Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika |
30% |