Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Pengembangan Kepribadian

8620102220

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

29 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd.




.......................................




AMARIA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-6

Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

CPMK - 2

menggunakan teori-teori kepribadian dari berbagai perspektif pendekatan sebagai kerangka kerja konseptual guna memahami perilaku dan mengembangkan hipotesis permasalahan peserta didik sebagai landasan untuk merancang program bantuan bimbingan dan konseling yang efektif.

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-1CPL-6
CPMK-1 
CPMK-2

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori-teori kepribadian dari pendekatan psikodinamika, pendekatan sifat, pendekatan humanistik, pendekatan kognitif, pendekatan perilaku, dan pendekatan kontemporer serta penerapannya untuk memahami perilaku dan permasalahan peserta didik (konseli) dalam konteks praktek bimbingan dan konseling di sekolah. Teori kepribadian yang dikaji dari penekatan psikodinamika adalah teori psikoanalisa dari Sigmund Freud, teori psikoanalitik dari Carl Gustaf Jung, dan teori psikologi individual dari Alfred Adler. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May. Teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi dari ceramah, tanya jawab, diskusi, contoh, latihan, dan tugas rumah dan dibantu dengan menggunakan teknologi multimedia sebagai alat bantu penyampaian. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa didasarkan pada nilai partisipasi dalam mengikuti perkuliahan, nilai tugas terstruktur dan tugas akhir, nilai UTS dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Arend, Richard I. BelajarUntuk Mengajar. Buku I. 2013.Jakarta: Salemba Empat
  2. Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku I. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  3. Criuckshank,Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K Metcalf.Perilaku Mengajar. Buku II. 2014. Jakarta. Salemba Empat
  4. Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  5. Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
  6. Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju      
  7. Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
  8. Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia
  9. Ryckman, M, R. 2008. Theories of Personality (ninth edition). USA: Thompson Wadsworth.
  10. Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.
  11. Jung, C. (2014). The Development of Personality. Britania Raya: Taylor & Francis.

Pendukung :

  1. Handriatno. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.
  2. Fudyartanta, K. 2012. Psikologi Kepribadian Berbagai Pendekatan: Eksistensial, Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus Respon (SR) dan Biobudaya Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Nursalim, M., Wiyono, B. D., Nuryono, W., Rahmasari, D., & Laksmiwati, H. (2021). Development of the Psychoeducation Model to Decrease Academic Stress When Learning from Home (LFH). Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1492-1502.
  4. Wiyono, B. D., Nurhidayah, N., Ramli, M., Atmoko, A., & Shafie, M. a. A. (2023). SMIOC Strategic Model to Improve the Achievement Motivation of Students: Literature review. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research (pp. 1341–1350). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-152-4_136
  5. Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2016). Theories of personality. Cengage Learning.
  6. Cervone, D., & Pervin, L. A. (2022). Personality: Theory and research. John Wiley & Sons.
  7. Issues in Perception, Cognition, Development, and Personality: 2013 Edition. (2013). Amerika Serikat: ScholarlyEditions.
  8. McAdams, D. P., Shiner, R. L., & Tackett, J. L. (2021). Handbook of Personality Development. Guilford Publications.
  9. Personality Development: Theoretical, Empirical, and Clinical Investigations of Loevinger's Conception of Ego Development. (2013). Amerika Serikat: Taylor & Francis.
  10. Organizer, R. (n.d.). Personality Development. www.academia.edu. [online] Available at: https://www.academia.edu/3771399/Personality_Development [Accessed 11 Sep. 2023]

Dosen Pengampu

ELISABETH CHRISTIANA

BAMBANG DIBYO WIYONO

Dr. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan Hakekat teori Kepribadian: pengertian, studi dalam teori kepribadian, peran kepribadian dalam praktek bimbingan dan konseling

Dapat Menjelaskan Hakekat teori Kepribadian: pengertian, studi dalam teori kepribadian, peran kepribadian dalam praktek bimbingan dan konseling

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut
  2. Benar 1 nilai 25Benar 2 nilai 50Benar 3 nilai 75 Benar 4 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Ceramah, membaca literatur, berdiskusi, Self assessment
2 X 50

Materi: Kasus-kasus pada konselor sekolah
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip, perkembangan kepribadian, teknik asesmen, contoh asesmen kasus

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip,

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Benar 1 nilai 35Benar 2 nilai 70 Benar 3 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
2 X 50

Materi: Analisis masalah kepribadian konselor
Pustaka: Kartini,Kartono. Teori Kepribadian. 2005. Bandung: Mandar Maju
3%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip, perkembangan kepribadian, teknik asesmen, contoh asesmen kasus

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian psikoanalisa: sejarah perkembangan, konsep dan prinsip

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. 1. Benar 1 nilai 20
  3. 2. Benar 2 nilai 40
  4. 3. Benar 3 nilai 60
  5. 4. Benar 4 nilai 75
  6. 5. Benar 5 nilai 85
  7. 6. Benar 6 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, membaca literatur, berdiskusi
4 X 50

Materi: merancang peningkatan kepribadian konselor
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
3%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Kriteria:

Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study

Materi: Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
3%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. 1. Benar 1 nilai 25
  3. 2. Benar 2 nilai 50
  4. 3. Benar 3 nilai 75
  5. 4. Benar 4 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Case study
2 X 50

Materi: Mengenal bakat
Pustaka: Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia
3%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Benar 1 nilai 25Benar 2 nilai 50Benar 3 nilai 75 Benar 4 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study
2 X 50

Materi: Mengenal intelegensi
Pustaka: Sobur, Alex. Psikologi Umum. 2010. Bandung: PustakaSetia
3%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Benar 1 nilai 20Benar 2 nilai 40Benar 3 nilai 60benar 4 nilai 80 Benar 5 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study
2 X 50

Materi: Konsep sikap dan perilaku
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
4%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Mahasiswa mengerjakan soal dan tugas dengan baik dan benar

Kriteria:

Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

2 X 50

Materi: Teori kepribadian
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly

Dapat Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  3. Benar 1 nilai 35Benar 2 nilai 70 Benar 3 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Case study
2 X 50

Materi: Konsep dasar pendidikan
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
4%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly

Dapat Menjelaskan teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly

Kriteria:

Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
2 X 50

Materi: Kompetensi guru
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
4%

11

Minggu ke 11

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. 1. Benar 1 nilai 50
  3. 2. Benar 2 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Case study
2 X 50

Materi: Etika guru
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
3%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. 1. Benar 1 nilai 25
  3. 2. Benar 2 nilai 50
  4. 3. Benar 3 nilai 75
  5. 4. Benar 4 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Case study
4 X 50

Materi: Pengelolaan kelas
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
4%

13

Minggu ke 13

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Kriteria:

Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pengalaman , proyek kerja
2x50

Materi: Teori dan praktek pendidikan
Pustaka: Roesminingsih dan Hadi Susarno, Lamijan. 2013. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: LembagaPengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Unesa
4%

14

Minggu ke 14

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.

Kriteria:
  1. Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut:
  2. 1. Benar 1 nilai 25
  3. 2. Benar 2 nilai 50
  4. 3. Benar 3 nilai 75
  5. 4. Benar 4 nilai 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, diskusi dan presentasi
4 X 50

Materi: Pendekatan perilaku
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
4%

15

Minggu ke 15

Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram

Dapat Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram

Kriteria:

Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pengalaman , proyek kerja
2x50

Materi: teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura.
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku II. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mengerjakan soal dan tugas dengan baik dan benar

Kriteria:

Semakin lengkap dan benar semakin sempurna nilainya


Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

Materi: Menjelaskan Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc.
Pustaka: Feist,Jess., Greorgy J. Feist. Teori Kepribadian. Buku I. 2012. Jakarta: SalembaHumanika
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40.16%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 14.66%
3. Penilaian Portofolio 5.16%
4. Tes 40%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal 4 Maret 2024

Koordinator Program Studi S1 Kimia


AMARIA
NIDN 0029066401
UPM Program Studi S1 Kimia



NIDN 0002098101


File PDF ini digenerate pada tanggal 29 Oktober 2025 Jam 03:00 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa