Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

8720903059

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

21 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Matakuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar perancangan pembelajaran dan implementasinya di sekolah yang meliputi program tahunan, program semester, dan perangkat pembelajaran untuk sekolah menengah kejuruan yang meliputi pengembangan: Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan alat evaluasi berdasarkan standar proses pendidikan yang berlaku. Perkuliahan ini menggunakan model pembelajaran langsung , kooperatif dan problem based learning (PBL). Strategi pembelajaran yang digunakan adalah student centered learning (SCL).

Pustaka

Utama :

  1. Arend,Richard I. 2012.Learning to Teach. Ninth Edition.New York:McGraw-Hill. 2. Arend,Richard I. and Kilcher Ann. 2010.Teaching for Student Learning, Becoming anAccomplished Teacher.New York: Taylor & Francis.
  2. Asril,Zainal. 2012.Micro Teaching, Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan.Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  3. KementerianPendidikan dan Kebudayaan RI. 2013.Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Kurikulum 2013 Mata Pelajaran AKUNTANSI.Jakarta: Direktorat JenderalPendidikan Dasar,Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
  4. _______. 2013.Panduan Supervisi Klinis.Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanDasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
  5. _______. 2014.Permendikbud RI Nomor 103Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan RI.
  6. _______. 2014.Permendikbud RI Nomor 104Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasardan Pendidikan Menengah.Jakarta: KementerianPendidikan dan KebudayaanRI.

Pendukung :

Dosen Pengampu

JONI SUSILOWIBOWO

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengkaji konsep dasar dan membandingkan kurikulum SMK Program Keahlian Akuntansi

1.1 Mengidentifikasi pengertian kurikulum 1.2 Menganalisis isi KTSP tahun 2006 , kurikulum 2013, standar kompetensi dan kompetensi dasar akuntansi SMK 1.3 Membandingkan KTSP tahun 2006 dengan kurikulum 2013 untuk akuntansi SMK 1.4 Mengembangkan kompetensi dasar akuntansi SMK

Kriteria:
  1. Nilai penuh jika seluruh soal terisi dengan benar
  2. NIlai maksimal 100
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu mengkaji konsep dasar dan membandingkan kurikulum SMK Program Keahlian Akuntansi

1.1 Mengidentifikasi pengertian kurikulum 1.2 Menganalisis isi KTSP tahun 2006 , kurikulum 2013, standar kompetensi dan kompetensi dasar akuntansi SMK 1.3 Membandingkan KTSP tahun 2006 dengan kurikulum 2013 untuk akuntansi SMK 1.4 Mengembangkan kompetensi dasar akuntansi SMK

Kriteria:
  1. Nilai penuh jika seluruh soal terisi dengan benar
  2. NIlai maksimal 100
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu mengkaji dan mendesain silabus pembelajaran dan komponennya

1. Menjelaskan pengertian silabus2. Menguraikan prinsip-prinsip silabus pembelajaran3. Menjelaskan teknis pengembangan silabusmata pelajaran akuntansi SMK4. Merancang silabus mata pelajaran akuntansi SMK

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
  2. Tertulis maksimal : 100
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu mengkaji dan menetapkan model desain pembelajaran akuntansi SMK

1. Menjelaskan pengertian model pembelajaran2. Menguraikan unsur-unsur model pembelajaran3. Menjelaskan contoh model pembelajaran4. Mengembangkan model pembelajaran

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: Tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan strategi dan skenario pembelajaran akuntansi SMK

1. Menjelaskan pengertian pendekatan dan strategi pembelajaran2. Mengidentifikasi unsur-unsur pendekatan danstrategi pembelajaran3. Mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran akuntansi SMK4. Menjelaskan pengertian skenario pembelajaran5. Menguraikan unsur-unsur skenario pembelajaran kegiatan pembelajaran6. Mengidentifikasi unsur‐unsur kegiatanbelajar mengajar7. Mengembangkan skenario pembelajaran akuntansi SMK

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
  2. Tertulis maksimal 100%
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan bahan pembelajaran akuntansi SMK

Menjelaskan pengertian bahan ajar pembelajaran akuntansi SMKMenguraikan karakteristik bahan ajar pembelajaran akuntansi SMKMengembangkan bahan ajar akuntansi SMK

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
  2. Tertulis maksimal 100%
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan media pembelajaran akuntansi SMK

1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran2. Menguraikan manfaat media pembelajaran akuntansi3. Menjelaskan macam-macam media pembelajaran akuntansi SMK4. Memberi contoh media pembelajaran akuntansi SMK5. Mengembangkan media pembelajaran akuntansi SMK

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran akuntansi SMK

    1. Menjelaskan pengertian alat evaluasi akuntansi SMK2. Menguraikan jenis dan bentuk alat evaluasi akuntansi SMK3. Mengembangkan alat evaluasi akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu menyusun dan mengembangkan program semester (Promes) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    . Menjelaskan rencana program semester akuntansi SMK. Menguraikan unsur-unsur Program Semester akuntansi SMK. Menyusun dan mengembangkan Program Semester akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Mampu menyusun dan mengembangkan program semester (Promes) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    1. Menjelaskan rencana program semester akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur Program Semester akuntansi SMK3. Menyusun dan mengembangkan Program Semester akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK

    1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar

    Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

      Kriteria:

      Nilai penuh jika mengerjakan semua soal dengan benar


      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



      File PDF ini digenerate pada tanggal 21 April 2025 Jam 18:19 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa