
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
8720903059 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
21 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Rochmawati, S.Pd., M.Ak. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Matakuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar perancangan pembelajaran dan implementasinya di sekolah yang meliputi program tahunan, program semester, dan perangkat pembelajaran untuk sekolah menengah kejuruan yang meliputi pengembangan: Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan alat evaluasi berdasarkan standar proses pendidikan yang berlaku. Perkuliahan ini menggunakan model pembelajaran langsung , kooperatif dan problem based learning (PBL). Strategi pembelajaran yang digunakan adalah student centered learning (SCL). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arend,Richard I. 2012.Learning to Teach. Ninth Edition.New York:McGraw-Hill. 2. Arend,Richard I. and Kilcher Ann. 2010.Teaching for Student Learning, Becoming anAccomplished Teacher.New York: Taylor & Francis.
- Asril,Zainal. 2012.Micro Teaching, Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan.Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- KementerianPendidikan dan Kebudayaan RI. 2013.Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Kurikulum 2013 Mata Pelajaran AKUNTANSI.Jakarta: Direktorat JenderalPendidikan Dasar,Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
- _______. 2013.Panduan Supervisi Klinis.Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanDasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
- _______. 2014.Permendikbud RI Nomor 103Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan RI.
- _______. 2014.Permendikbud RI Nomor 104Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasardan Pendidikan Menengah.Jakarta: KementerianPendidikan dan KebudayaanRI.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
JONI SUSILOWIBOWO Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengkaji konsep dasar dan membandingkan kurikulum SMK Program Keahlian Akuntansi |
1.1 Mengidentifikasi pengertian kurikulum 1.2 Menganalisis isi KTSP tahun 2006 , kurikulum 2013, standar kompetensi dan kompetensi dasar akuntansi SMK 1.3 Membandingkan KTSP tahun 2006 dengan kurikulum 2013 untuk akuntansi SMK 1.4 Mengembangkan kompetensi dasar akuntansi SMK |
Kriteria:
- Nilai penuh jika seluruh soal terisi dengan benar
- NIlai maksimal 100
|
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengkaji konsep dasar dan membandingkan kurikulum SMK Program Keahlian Akuntansi |
1.1 Mengidentifikasi pengertian kurikulum 1.2 Menganalisis isi KTSP tahun 2006 , kurikulum 2013, standar kompetensi dan kompetensi dasar akuntansi SMK 1.3 Membandingkan KTSP tahun 2006 dengan kurikulum 2013 untuk akuntansi SMK 1.4 Mengembangkan kompetensi dasar akuntansi SMK |
Kriteria:
- Nilai penuh jika seluruh soal terisi dengan benar
- NIlai maksimal 100
|
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengkaji dan mendesain silabus pembelajaran dan komponennya |
1. Menjelaskan pengertian silabus2. Menguraikan prinsip-prinsip silabus pembelajaran3. Menjelaskan teknis pengembangan silabusmata pelajaran akuntansi SMK4. Merancang silabus mata pelajaran akuntansi SMK |
Kriteria:
- Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
- Tertulis maksimal : 100
|
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengkaji dan menetapkan model desain pembelajaran akuntansi SMK |
1. Menjelaskan pengertian model pembelajaran2. Menguraikan unsur-unsur model pembelajaran3. Menjelaskan contoh model pembelajaran4. Mengembangkan model pembelajaran |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: Tanya Jawab, dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan strategi dan skenario pembelajaran akuntansi SMK |
1. Menjelaskan pengertian pendekatan dan strategi pembelajaran2. Mengidentifikasi unsur-unsur pendekatan danstrategi pembelajaran3. Mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran akuntansi SMK4. Menjelaskan pengertian skenario pembelajaran5. Menguraikan unsur-unsur skenario pembelajaran kegiatan pembelajaran6. Mengidentifikasi unsurāunsur kegiatanbelajar mengajar7. Mengembangkan skenario pembelajaran akuntansi SMK |
Kriteria:
- Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
- Tertulis maksimal 100%
|
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan bahan pembelajaran akuntansi SMK |
Menjelaskan pengertian bahan ajar pembelajaran akuntansi SMKMenguraikan karakteristik bahan ajar pembelajaran akuntansi SMKMengembangkan bahan ajar akuntansi SMK |
Kriteria:
- Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
- Tertulis maksimal 100%
|
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan media pembelajaran akuntansi SMK |
1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran2. Menguraikan manfaat media pembelajaran akuntansi3. Menjelaskan macam-macam media pembelajaran akuntansi SMK4. Memberi contoh media pembelajaran akuntansi SMK5. Mengembangkan media pembelajaran akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Problem Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memilih, menetapkan dan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran akuntansi SMK |
1. Menjelaskan pengertian alat evaluasi akuntansi SMK2. Menguraikan jenis dan bentuk alat evaluasi akuntansi SMK3. Mengembangkan alat evaluasi akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyusun dan mengembangkan program semester (Promes) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
. Menjelaskan rencana program semester akuntansi SMK. Menguraikan unsur-unsur Program Semester akuntansi SMK. Menyusun dan mengembangkan Program Semester akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: ceramah, tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyusun dan mengembangkan program semester (Promes) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
1. Menjelaskan rencana program semester akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur Program Semester akuntansi SMK3. Menyusun dan mengembangkan Program Semester akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran Akuntansi SMK |
1. Menjelaskan rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi SMK2. Menguraikan unsur-unsur RPP akuntansi SMK3. Mengembangkan RPP akuntansi SMK |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua tugas dengan benar |
Berpusat kepada mahasiswa (Student centered approach) dengan metode pembelajaran: tanya Jawab, diskusi dan penugasan Model pembelajaran: Project Based Learning 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Kriteria:
Nilai penuh jika mengerjakan semua soal dengan benar |
3 X 50 |
|
|
0% |