Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

KKN Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan

1000003070

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

23 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, teliti, dan objektif dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar secara mandiri, serta mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (sikap).

CPMK - 2

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, teliti, dan objektif dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar secara mandiri, serta mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (sikap).

CPMK - 3

Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi secara mandiri (ket umum)

CPMK - 4

Mampu mengembangkan laporan asistensi mengajar secara tepat, teliti, dan jelas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas rancangan penelitian yang telah dibuat. (ket khusus)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini mencakup penjelasan tentang mengenai pokok bahasan yang harus dikuasai mahasiswa sebelum mengikuti kegiatan di lokasi KKN. Materi yang dberikan sesuai bidang keilmuan akan diberikan dalam pembekalan fakultas yang meliputi bidang kompetensi program studi / jurusan dalam menghadapi berbagai permasalahan masyarakat di dilokasi KKN yang dituangkan Dalam program keilmuan. Mahasiswa juga diharapkan bisa berkolaborasi dengan jurusan lain untuk membuat program multidisiplin dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat

Pustaka

Utama :

  1. Slamet, Margono R. 1985. Mahasiswa dalam Membangun: Materi Pembekalan KKN. Lampung: Universitas Lampung.
  2. Tim Unesa. 1999. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unesa 2000. Surabaya: Unesa University Press
  3. Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.
  4. Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pendukung :

  1. Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. John W Creswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dosen Pengampu

Dr. Yuri Lolita, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning

Materi: Beberapa contoh laporan proyek
Pustaka: Tim Unesa. 1999. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unesa 2000. Surabaya: Unesa University Press
5%

2

Minggu ke 2

Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Beberapa contoh laporan proyek
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu: halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel/bagan/gambar, daftar istilah dan singkatan)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu: halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel/bagan/gambar, daftar istilah dan singkatan)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Slamet, Margono R. 1985. Mahasiswa dalam Membangun: Materi Pembekalan KKN. Lampung: Universitas Lampung.
5%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
10%

9

Minggu ke 9

Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.

Materi: Utama
Pustaka: Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Utama
Pustaka: Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

11

Minggu ke 11

Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.

Materi: Utama
Pustaka: John W Creswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
5%

12

Minggu ke 12

Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5%

13

Minggu ke 13

Membuat ringkasan laporan asistensi mengajar

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.
5%

14

Minggu ke 14

Melakukan presentasi laporan asistensi mengajar

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.

Materi: Utama
Pustaka: Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

15

Minggu ke 15

Melakukan presentasi laporan asistensi mengajar

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Utama
Pustaka: Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Utama
Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 95%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 23 April 2025 Jam 14:06 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa