
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
KKN Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan |
1000003070 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
23 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, teliti, dan objektif dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar secara mandiri, serta mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (sikap).
|
CPMK - 2 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, teliti, dan objektif dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar secara mandiri, serta mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (sikap).
|
CPMK - 3 |
Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam mengembangkan laporan asistensi mengajar, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi secara mandiri (ket umum)
|
CPMK - 4 |
Mampu mengembangkan laporan asistensi mengajar secara tepat, teliti, dan jelas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas rancangan penelitian yang telah dibuat. (ket khusus)
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPMK-1 | CPMK-2 | CPMK-3 | CPMK-4 |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah ini mencakup penjelasan tentang mengenai pokok bahasan yang harus dikuasai mahasiswa sebelum mengikuti kegiatan di lokasi KKN. Materi yang dberikan sesuai bidang keilmuan akan diberikan dalam pembekalan fakultas yang meliputi bidang kompetensi program studi / jurusan dalam menghadapi berbagai permasalahan masyarakat di dilokasi KKN yang dituangkan Dalam program keilmuan. Mahasiswa juga diharapkan bisa berkolaborasi dengan jurusan lain untuk membuat program multidisiplin dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Slamet, Margono R. 1985. Mahasiswa dalam Membangun: Materi Pembekalan KKN. Lampung: Universitas Lampung.
- Tim Unesa. 1999. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unesa 2000. Surabaya: Unesa University Press
- Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.
- Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
|
Pendukung : |
|
- Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- John W Creswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
- Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yuri Lolita, S.Pd., M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning
|
|
Materi: Beberapa contoh laporan proyek Pustaka: Tim Unesa. 1999. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unesa 2000. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Beberapa contoh laporan proyek Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu: halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel/bagan/gambar, daftar istilah dan singkatan) |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu: halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel/bagan/gambar, daftar istilah dan singkatan) |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Slamet, Margono R. 1985. Mahasiswa dalam Membangun: Materi Pembekalan KKN. Lampung: Universitas Lampung. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. Materi: Utama Pustaka: Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Materi: Utama Pustaka: Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. Materi: Utama Pustaka: John W Creswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat ringkasan laporan asistensi mengajar |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan presentasi laporan asistensi mengajar |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. Materi: Utama Pustaka: Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Melakukan presentasi laporan asistensi mengajar |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Materi: Utama Pustaka: Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Materi: Utama Pustaka: Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa. |
20% |