Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Asesmen Proses dan Hasil Belajar

8820503006

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

6 Mei 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Pemahaman konsep dasar penilaian, merancang dan menguji instrumen penilaian hasil belajar, proses implementasi penilaian hasil belajar serta laporan hasil belajar dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Jepang. Pengkajian dilakukan lewat paparan konsep, penyajian contoh instrumen evaluasi, workshop pengembangan instrumen evaluasi oleh mahasiswa. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi penyusunan rancangan pembelajaran lengkap dengan instrumen evaluasi hasil belajar.

Pustaka

Utama :

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Raja Grafindo Persada
  3. Nurgiyantoro, Burhan. 2006. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
  4. Supadi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  5. Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Yokoyama, Noriko, dkk. 2011. Kokusai Koryukikin Nihongo Kyojuhou Shirizu 12: Gakushu wo Hyokasuru. Tokyo: Kokusai Koryukikin

Pendukung :

Dosen Pengampu

Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd.

Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd.

Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Tugas Pokok Guru dalam PembelajaraMemahami Penilaian Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013

  1. Tugas pokok guru dalam pembelajaran
  2. Pengembangan Kurikulum 2013 (K13)
  3. Konsep dasar K13
  4. Kerangka dasar K13
  5. Penilaian autentik dalam K13
  6. Pendekatan penilaian hasil belajar
  7. Karakteristik penilaian hasil belajar
  8. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam K13
Kriteria:

Rubrik Penilaian

Project Base Learning (PJBL)Diskusi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep penilaian secara umum

  1. Mendefinisikan konsep penilaian secara umum
  2. Mengidentifikasi teknik penilaian beserta instrumen dan mekanismenya
Kriteria:

Rubrik penilaian tes tulis

Presentasi, diskusi, refleksi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami langkah penyusunan tes

  1. Mengidentifikasi jenis tes
  2. Mengidentifikasi langkah penyusunan tes
Kriteria:

Rubrik penilaian tes

Presentasi, diskusi, refleksi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep dan prinsip dalam tes kemampuan produktif, reseptif, dan kesastraan

Mengidentifikasi konsep dan prinsip dalam tes kemampuan produktif, reseptif, dan kesastraan

Kriteria:

Rubrik penilaian

Presentasi, diskusi, refleksi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep dan prinsip penilaian alat tes

Mengidentifikasi konsep dan prinsip penilaian alat tes

Kriteria:

Rubrik penilaian

Presentasi, diskusi, refleksi
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep penilaian dalam KTSP dan penilaian autentik dalam K13

Mengidentifikasi konsep penilaian dalam KTSP dan penilaian autentik dalam K13

Kriteria:

Rubrik penilaian

Diskusi, presentasi dan refleksi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

UTS (Mengerjakan tugas individu menyusun makalah/laporan tentang 1CPenyusunan Instrumen Penilaian 1D dengan lampiran berupa penyusunan instrument penilaian (tes) berdasarkan langkah-langkah penyusunan tes, lalu diujicobakan, diukur validitas dan reliabilitas-nya, serta diakhiri dengan analisis butir soal.)

Mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Rubrik penilaian

Tes Unjuk Kinerja
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

Menyusun penilaian observasi, penilaian diri dan antar teman, jurnal

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

Menyusun penilaian observasi, penilaian diri dan antar teman, jurnal

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

  1. Menyusun tes tulis, tes lisan
  2. Merancang penugasan
Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

  1. Menyusun tes tulis, tes lisan
  2. Merancang penugasan
Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

Menyusun penilaian keterampilan

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan

Menyusun penilaian keterampilan

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes

Mampu memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop menskor dan menilai hasil tes, presentasi, diskusi dan refleksi.
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes

Mampu memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Workshop menskor dan menilai hasil tes, presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS (Menyusun instrumen penilaian berdasarkan RPP sesuai tuntutan kurikulum 2004/KTSP dan K13 berdasarkan silabus RPP yg telah disusun pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran)

Mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS)

Kriteria:

Rubrik penilaian kinerja

Tes Unjuk Kinerja
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 6 Mei 2025 Jam 20:23 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa