
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Asesmen Proses dan Hasil Belajar |
8820503006 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
6 Mei 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Pemahaman konsep dasar penilaian, merancang dan menguji instrumen penilaian hasil belajar, proses implementasi penilaian hasil belajar serta laporan hasil belajar dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Jepang. Pengkajian dilakukan lewat paparan konsep, penyajian contoh instrumen evaluasi, workshop pengembangan instrumen evaluasi oleh mahasiswa. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi penyusunan rancangan pembelajaran lengkap dengan instrumen evaluasi hasil belajar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Raja Grafindo Persada
- Nurgiyantoro, Burhan. 2006. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
- Supadi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Yokoyama, Noriko, dkk. 2011. Kokusai Koryukikin Nihongo Kyojuhou Shirizu 12: Gakushu wo Hyokasuru. Tokyo: Kokusai Koryukikin
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd. Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Tugas Pokok Guru dalam PembelajaraMemahami Penilaian Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013 |
- Tugas pokok guru dalam pembelajaran
- Pengembangan Kurikulum 2013 (K13)
- Konsep dasar K13
- Kerangka dasar K13
- Penilaian autentik dalam K13
- Pendekatan penilaian hasil belajar
- Karakteristik penilaian hasil belajar
- Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam K13
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian |
Project Base Learning (PJBL)Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep penilaian secara umum |
- Mendefinisikan konsep penilaian secara umum
- Mengidentifikasi teknik penilaian beserta instrumen dan mekanismenya
|
Kriteria:
Rubrik penilaian tes tulis |
Presentasi, diskusi, refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami langkah penyusunan tes |
- Mengidentifikasi jenis tes
- Mengidentifikasi langkah penyusunan tes
|
Kriteria:
Rubrik penilaian tes |
Presentasi, diskusi, refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep dan prinsip dalam tes kemampuan produktif, reseptif, dan kesastraan |
Mengidentifikasi konsep dan prinsip dalam tes kemampuan produktif, reseptif, dan kesastraan |
Kriteria:
Rubrik penilaian |
Presentasi, diskusi, refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep dan prinsip penilaian alat tes |
Mengidentifikasi konsep dan prinsip penilaian alat tes |
Kriteria:
Rubrik penilaian |
Presentasi, diskusi, refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konsep penilaian dalam KTSP dan penilaian autentik dalam K13 |
Mengidentifikasi konsep penilaian dalam KTSP dan penilaian autentik dalam K13 |
Kriteria:
Rubrik penilaian |
Diskusi, presentasi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
UTS (Mengerjakan tugas individu menyusun makalah/laporan tentang 1CPenyusunan Instrumen Penilaian 1D dengan lampiran berupa penyusunan instrument penilaian (tes) berdasarkan langkah-langkah penyusunan tes, lalu diujicobakan, diukur validitas dan reliabilitas-nya, serta diakhiri dengan analisis butir soal.) |
Mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Rubrik penilaian |
Tes Unjuk Kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
Menyusun penilaian observasi, penilaian diri dan antar teman, jurnal |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
Menyusun penilaian observasi, penilaian diri dan antar teman, jurnal |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
- Menyusun tes tulis, tes lisan
- Merancang penugasan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
- Menyusun tes tulis, tes lisan
- Merancang penugasan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
Menyusun penilaian keterampilan |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun instrumen penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan |
Menyusun penilaian keterampilan |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop penyusunan instrumen penilaian, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes |
Mampu memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop menskor dan menilai hasil tes, presentasi, diskusi dan refleksi. 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes |
Mampu memahami konsep dan prinsip dalam menskor dan menilai hasil tes |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Workshop menskor dan menilai hasil tes, presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS (Menyusun instrumen penilaian berdasarkan RPP sesuai tuntutan kurikulum 2004/KTSP dan K13 berdasarkan silabus RPP yg telah disusun pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran) |
Mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS) |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja |
Tes Unjuk Kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |