Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Manajemen penyelenggaraan Cabor Karate

8520204488

T=1

P=0

ECTS=1.59

7

22 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Matakuliah ini membahas konsep, model, sistem informasi manajemen dan teori kepemimpinan dalam manajemen olahraga, serta manajemen even olahraga Karate

Pustaka

Utama :

  1. Bucher, C.A. and Krotee, M.L. 1997. Management of Physical Education and Sport . McGraw-Hill Companie
  2. Harsuki, 2003. , Perkembangan olahraga Terkini , Jakarta . PT Raja Grafindo Perkasa
  3. ______, 2012. , Pengantar Manajemen Olahraga , Jakarta . PT Rajawali Pers
  4. Mullin, Hardy, Sutton, 1993. , Sport Marketing , USA . Human Kinetic Publishers
  5. Mutohir, Toho C, 2006. , Jejak Langkah Anak Bangsa Menjelajah Dunia Olahraga , Katalaog Dalam Terbitan (KTD) .
  6. Parkhouse, Bonnie L, 1991. , The Management Of Sport , USA . Mosby Year Book
  7. Terry, George R & Leslie W. Rue, 2000. , Dasar-dasar Manajemen : alih bahasa G . A Ticoalu, Jakarta
  8. UU RI Nomor : 3 Tahun 2005. tentang Sistem Keolahragaan Nasional .
  9. Robbin, Stephen P, 1996. , Perilaku Organisasi : Alih Bahasa Handyana Pujaatmaka, Jakarta . Prenhalindo

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wijono, M.Pd.

Dr. Afifan Yulfadinata, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Konsep, teori manajemen dan kontrak perkuliahan

  1. Tata tertib perkuliahan
  2. Menguasai konsep manajemen
Kriteria:

diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami Konsep, teori manajemen dan kontrak perkuliahan

  1. Tata tertib perkuliahan
  2. Menguasai konsep manajemen
Kriteria:

diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami Konsep, teori manajemen dan kontrak perkuliahan

  1. Tata tertib perkuliahan
  2. Menguasai konsep manajemen
Kriteria:

diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

fungsi manajemen olahraga Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

fungsi manajemen olahraga Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

fungsi manajemen olahraga Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

fungsi manajemen olahraga Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

fungsi manajemen olahraga Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

UTS

UTS

Kriteria:

UTS

UTS
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menejemen Penyelenggaraan Pertandingan Karate

mampu membuat perencanaan kegiatan atau even olahraga mampu mengorganisasi kegiatan even oalhraga mampu mengaktualiasi atau menggerakan kegiatan even olahraga mampu memonitor, mengevakluasi dan mengembangkan kegiatan even olahraga

Kriteria:

sesuai format unesa

Ceramah, diskusi, video, website atau media online
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS

UAS
4 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 22 April 2025 Jam 02:04 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa