Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Hak Asasi Manusia

8720502037

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

1 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Dr Wahyudi, M.Si (Han), Siti Maizul Habibah, S.Pd, M.A




Dr. Rr Nanik Setyowati, M.Si




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-5

Mampu menguasai konsep dasar dan teori bidang ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang meliputi kajian. politik, hukum, sosial, humaniora, nilai-moral Pancasila, dan Pedagogik

CPL-7

Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan.

CPL-8

Mampu menyajikan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan, sosial, politik, dan hukum kewarganegaraan

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk menelusuri data/informasi dalam rangka menemukenali dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan HAM.

CPMK - 2

Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang HAM.

CPMK - 3

Membuat keputusan menganalisa berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM.

CPMK - 4

Membuat keputusan dengan berpedoman pada konsep teoritis HAM untuk menyelesaikan permasalahan yang relevan di masyarakat, bangsa dan negara.

CPMK - 5

Memiliki sikap bertanggungjawa batas pemikiran kritis berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-2CPL-5CPL-7CPL-8
CPMK-1   
CPMK-2   
CPMK-3   
CPMK-4   
CPMK-5   

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5

Deskripsi Singkat MK

Pemahaman dan pengkajian materi tentang hakikat hak asasi manusia, pengertian, sejarah perkembangan dan pelaksanaan HAM di dunia dan Indonesia. Proses belajar dan mengajar di kelas menggunakan metode yang bervariasi, termasuk ceramah, pemutaran film dan dokumenter, tugas individu, Tugas pengamatan lapangan, diskusi kelompok, presentasi, dan lain-lain. Mahasiswa ditantang berpartisipasi aktif di kelas.Untuk mendukung partisipasi tersebut, mahasiswa harus membaca bahan-bahan bacaan yang telah disediakan.

Pustaka

Utama :

  1. Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.

Pendukung :

  1. [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
  2. [2] Asplund, Knut dkk. 2008. Hukum Hak Asasi Manusia.Yogyakarta:PUSHAM UII
  3. [3] Christie, Kenneth and Denny Roy. 2001. The Politics of Human Right in East Asia. London. Pluto Press
  4. [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM
  5. [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.
  6. [6] Falk, Richard. 2009. Achieving Human Right. New York. Routledge
  7. [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.
  8. [8] Perry, Michael. 2007. Toward a Theory of Human Right. New York: Cambridge University Press
  9. [9] Unicef. 2004. Aku Anak Dunia; Hak-hak Anak bagi Anak. Jakarta: Yayasan Aulia Unicef. 2004. Medan Declaration to Combat Trafficking of Children for Sexual Purposes in Southeast Asia. Medan-Indonesia: PT. Citra Grafika
  10. [10] Unesco. Unicef Pemerintah RI. 2003. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan Anak. Citra Grafika Pratama
  11. [11] United Nation. 2006. The Core International Human Rights Treaties. New York: Office of UN’s High Commissioner for Human Right.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si.

Budi Santosa, S.Pd.I., M.S.I.

Dr. Wahyudi, S.Pd., M.Si. (Han).

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami latar belakang kebebasan dasar manusia dengan baik

  1. Mahasiswa mampu menganalisis kebebasan individu dengan baik
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang kebebasan kolektif dengan baik
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan HAM yang melekat pada kodrat manusia dengan baik
Kriteria:

Mahasiswaa mampu menyampaikan indikator dengan baik secara langsung dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Kebebasan Dasar Manusia
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Kebebasan Dasar Manusia
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Kebebasan Dasar Manusia
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Kebebasan Dasar Manusia
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjabarkan konsep pengertian dan istilah HAM serta prinsip-prinsip dasar HAM dengan baik

  1. Mahasiswa mmpu menjelaskan pengertian HAM dengan benar
  2. Mahasiswa dapat menganalisis istilah-istilah HAM yang dipergunakan oleh berbagai bangsa dan negara dengan benar
  3. Mahasiswa mmpu mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar HAM dengan jelas
Kriteria:

Mahasiswaa mampu menyampaikan indikator dengan baik secara langsung dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Pengertian dan istilah HAM serta prinsip-prinsip dasar HAM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Pengertian dan istilah HAM serta prinsip-prinsip dasar HAM
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Pengertian dan istilah HAM serta prinsip-prinsip dasar HAM
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Prinsip-prinsip Dasar HAM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep HAM dan Warganegara dengan baik.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan status kewarganegaraan seseorang dengan jelas
  2. Mahasiswa mmpu mengidentifikasi HAM kewarganegaraan seseorang dengan baik
  3. Mahasiswa mapu menganalisis keterikatan warganegara terhadap segala ketentuan yang dibuat negara dengan baik
Kriteria:
  1. Skor
  2. 4
  3. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media pptsesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  4. 3
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, namun kurang dalam beberapa pemahaman konsep, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 2
  7. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap beberapa konsep, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 1
  9. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap banyak konsep, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

Materi: HAM dan Warganegara
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: HAM dan Warganegara
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: HAM dan Warganegara
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: HAM dan Warga Negara
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep macam-macam Hak Asasi Manusia;

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam HAM dengan baik
  2. Mahasiswa mampu memberikan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari tentang pelaksanaan macam-macam HAM di masyarakat
Kriteria:
  1. RubrikPresentasiKelas
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media pptsesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, namun kurang dalam beberapa pemahaman konsep, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap beberapa konsep, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap banyak konsep, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  12. Untuk tes tertulis jika dijawab secara jelas maka mendapat poin 15 (bagia dari UTS)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

Materi: Macam-macam Hak Asasi Manusia
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Macam-macam Hak Asasi Manusia
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Macam-macam Hak Asasi Manusia
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Macam-macam Hak Asasi Manusia
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mendeskripsikan HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik

  1. - Mahasiswa dapat menganalisis HAM dalam perspektif agama dengan jelas
  2. - Mahasiswa dapat membandingkan HAM dan relavitas budaya dengan tepat
  3. Mahasiswa dapat membandingkan HAM dalam politik internasional dengan jelas
Kriteria:

Jawaban dengan ketentuan sangat baik antara 85-100 jika jawaban benar, lengkap, jelas dan sistematis. 75-84 jika jawaban benar, lengkap, kurang jelas dan sistematis, 65- 74 jika benar, kurang lengkap dan kurang jelas. Dibawah 65 jika kurang benar, kurang lengkap, kurang jelas dan belum sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pemutaran film dan dokumenter, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik
Pustaka: [8] Perry, Michael. 2007. Toward a Theory of Human Right. New York: Cambridge University Press

Materi: HAM dalam perspektif agama, budaya dan politik
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu mengidentifikasi penegakan HAM

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penegakan hukum dan HAM dengan jelas
  2. Mahasiswa ma mpu menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penegakan hukum dengan baik
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan peran institusi dan LSM dengan jelas
  4. Mahasiswa mampu memberikan contoh implementasi penegakan hukum dan HAM di Indonesia dengan baik
Kriteria:
  1. RubrikPresentasiKelas
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media pptsesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, namun kurang dalam beberapa pemahaman konsep, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap beberapa konsep, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap banyak konsep, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, PjBL, dan Discovery. Penugasan Mahasiswa:
Mahasiswa mengerjakan tugas proyek 1 berupa hasil observasi yang akan disampaikan pada yertemuan 7
2 X 50

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Penegakan HAM, strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat dan peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengidentifikasi penegakan HAM

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penegakan hukum dan HAM dengan jelas
  2. Mahasiswa ma mpu menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penegakan hukum dengan baik
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan peran institusi dan LSM dengan jelas
  4. Mahasiswa mampu memberikan contoh implementasi penegakan hukum dan HAM di Indonesia dengan baik
Kriteria:
  1. RubrikPresentasiKelas
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media pptsesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, namun kurang dalam beberapa pemahaman konsep, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap beberapa konsep, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap banyak konsep, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Riset lapangan, diskusi, dan tanya-jawab
2 X 50

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Penegakan HAM strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Penegakan HAM, strategi sosialisasi HAM di tengah masyarakat dan peran institusi penegakan HAM dan LSM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

8

Minggu ke 8

  1. UTS
  2. Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk menelusuri data/informasi dalam rangka menemukenali dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan HAM.
  3. Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang HAM.
  4. Membuat keputusan menganalisa berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM.
  5. Membuat keputusan dengan berpedoman pada konsep teoritis HAM untuk menyelesaikan permasalahan yang relevan di masyarakat, bangsa dan negara.
  6. Memiliki sikap bertanggungjawa batas pemikiran kritis berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM

UTS

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar, lengkap, sistematis dan jelas 20. Jika jawaban benar, lengkap dan tidak sistematis 15, jika jawban kurang lengkap, dan sistematis 10, jika jawaban kurang tepat 5. Ada 5 soal nilai maksimal 100
  2. Secara tertulis

Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

Materi: Semua materi dari pertemuan 1-7
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen HAM dengan baik

  1. Mampu menyebutkan instrumen internasional dan nasional yang telah diratifikasi dengan baik
  2. Mampu membandingkan internasional covenant on civil and political right dengan international covenant on economic, social, and cultural right dengan tepat
  3. Mampu mendeskripsikan instrumen nasional HAM yaitu UU no. 39/1999 dan UU no 26/2000
Kriteria:
  1. RubrikPresentasiKelas
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, namun kurang dalam beberapa pemahaman konsep, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap beberapa konsep, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau menunjukkan kekurang pahaman terhadap banyak konsep, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya-jawab
2 X 50

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [8] Perry, Michael. 2007. Toward a Theory of Human Right. New York: Cambridge University Press

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [11] United Nation. 2006. The Core International Human Rights Treaties. New York: Office of UN’s High Commissioner for Human Right.

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen HAM dengan baik

  1. Mampu menyebutkan instrumen internasional dan nasional yang telah diratifikasi dengan baik
  2. Mampu membandingkan internasional covenant on civil and political right dengan international covenant on economic, social, and cultural right dengan baik
  3. Mampu mendeskripsikan instrumen nasional HAM yaitu UU no. 39/1999 dan UU no 26/2000
Kriteria:

Jika jawaban benar maka poin nya 20 (Bagian dari UAS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanyajawab
4 X 50

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [8] Perry, Michael. 2007. Toward a Theory of Human Right. New York: Cambridge University Press

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: [11] United Nation. 2006. The Core International Human Rights Treaties. New York: Office of UN’s High Commissioner for Human Right.

Materi: Instrumen internasional dan nasional tentang HAM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menguraikan sejarah Perkembangan HAM Periode-periode HAM di dunia dengan baik

  1. Mampu mendeskripsikan sejarah HAM dengan jelas
  2. Mampu menjelaskan periode-periode perkembang an HAM : Piagam Madinah, Magna Charta, Petition of Right, Bill of Rights, Declaration of Independence Amerika, Declaration des droit de l’homme et du citoyen Perancis, Universal Declaration of Human Rights, Konvensi Eropa, Kovenan Internasional dengan tepat
Kriteria:

Jika jawaban benar maka poin nya 20 (Bagian dari UAS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan tanyajawab
4 X 50

Materi: Sejarah Perkembangan HAM Periode-periode HAM
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Sejarah Perkembangan HAM Periode-periode HAM
Pustaka: [4] R Bina HAM. 2004. Kurikulum HAM Perguruan Tinggi Monopolitik dan Integratif. Jakarta:Departemen Kehakiman dan HAM

Materi: Sejarah Perkembangan HAM Periode-periode HAM
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Sejarah Perkembangan HAM Periode-periode HAM
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai persoalan HAM di Indonesia

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan HAM pada periode UUD NRI Tahun 1945-1949 dengan jelas
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan HAM pada Orde Lama dengan jelas
  3. Mahasiswa dapat menganalisis HAM pada periode Orde Baru dengan baik
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan HAM pada era reformasi dengan baik
  5. Mampu menjelaskan HAM pada pasca reformasi dengan baik
Kriteria:

Pedoman penskoran untuk esa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, PBL, dan case method. Penugasan Mahasiswa:
Mahasiswa mengerjakan tugas proyek 2 yang akan dikumpulkan pada pertemuan 16
2 X 50

Materi: Sejarah dan penegakan HAM di Indonesia
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Sejarah dan penegakan HAM di Indonesia
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Sejarah dan penegakan HAM di Indonesia
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Sejarah dan penegakan HAM di Indonesia
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis persoalan HAM di Indonesia dengan baik

  1. Mahasiswa dapat menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam keluarga dengan baik
  2. Mahasiswa dapat menganalisis kasus pelanggaran HAM dalam masyarakat dengan jelas
  3. Mampu menganalisis kasus pelanggaran yang dilakukan negara terhadap warga negara dengan baik
Kriteria:

Jika jawaban benar maka akan mendapat poin 20 (bagian dari UAS)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, PBL, Discovery
2 X 50

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [3] Christie, Kenneth and Denny Roy. 2001. The Politics of Human Right in East Asia. London. Pluto Press

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis persoalan HAM di Indonesia dengan baik

  1. Mahasiswa dapat menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam keluarga dengan baik
  2. Mahasiswa dapat menganalisis kasus pelanggaran HAM dalam masyarakat dengan jelas
  3. Mampu menganalisis kasus pelanggaran yang dilakukan negara terhadap warga negara dengan baik
Kriteria:

Jika jawaban benar maka akan mendapat poin 20 (bagian dari UAS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, PBL, Discovery
2 X 50

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [3] Christie, Kenneth and Denny Roy. 2001. The Politics of Human Right in East Asia. London. Pluto Press

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [5] Effendi, Masyhur. 1994. Hak Asasi Manusia dalam Hukum Nasional dan Internasional, Cetakan I. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: [7] Muladi. 2009. Hak Asasi Manusia; Hakekat, Konsep dan implikasinya dalam Prespektif Hukum dan Masyarakat Indonesia; PT RefikaAditama.

Materi: Berbagai persoalan HAM di Indonesia
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran dan fungsi Konvensi-konvensi dengan baik

  1. Mampu menjelaskan konsep korupsi dengan jelas
  2. Mampu menganalisis fungsi dan implementasi Konvensi Hak Anak dengan baik
  3. Mampu menganalisis fungsi dan implementasi Konvensi tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita (CEDAW) dengan tepat
  4. Mampu menganalisis fungsi dan implementasi Konvensi tentang Penyiksaan (The Troture Convention) dengan baik
Kriteria:

Jika jawaban benar maka akan mendapat poin 15 (merupakan bagian dari UAS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

Materi: Peran dan fungsi Konvensi-konvensi
Pustaka: [1] Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2005. Hak Asasi Manusia. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Materi: Peran dan fungsi Konvensi-konvensi
Pustaka: [9] Unicef. 2004. Aku Anak Dunia; Hak-hak Anak bagi Anak. Jakarta: Yayasan Aulia Unicef. 2004. Medan Declaration to Combat Trafficking of Children for Sexual Purposes in Southeast Asia. Medan-Indonesia: PT. Citra Grafika

Materi: Peran dan fungsi Konvensi-konvensi
Pustaka: [10] Unesco. Unicef Pemerintah RI. 2003. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan Anak. Citra Grafika Pratama

Materi: Peran dan fungsi Konvensi-konvensi
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:
  1. Tes tertulis
  2. Jika jawaban benar, lengkap, sistematis dan jelas 20. Jika jawaban benar, lengkap dan tidak sistematis 15, jika jawaban kurang lengkap, dan sistematis 10, jika jawaban kurang tepat 5. Ada 5 soal nilai maksimal 100

Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: Semua materi dari pertemuan 1-15
Pustaka: Setyowati, Rr Nanik dan Siti Maizul Habibah. 2016. HAM. Surabaya: Unipress.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 30%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal 21 November 2024

Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan


Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0020027505
UPM Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan


Dr. Wahyudi, S.Pd., M.Si. (Han).
NIDN 0023049109


File PDF ini digenerate pada tanggal 12 April 2025 Jam 17:22 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa