
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran |
1000003052 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
11 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis proses pengembangan rencana pembelajaran
|
CPMK - 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran yang telah dibuat ke dalam pembelajaran yang dijalankan
|
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | CPMK-2 | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar mampu menganalisis dan mengembangkan rencana pembelajaran dalam kegiatan PLP
perkuliahan dilakukan dengan materi dan praktik. mahasiswa diterjunkan ke lapangan untuk mengajar yaitu di institusi pendidikan non formal agar mahasiswa memiliki pengalaman yang aktual mengenai pembelajaran.
indikator keberhasilannya adalah jika mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran dan dapat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan non formal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
- Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
- 1. Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT) .
- 2. Anderson, W. Orin dan David R. Krathwohl. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assesing. a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives . New York: Longman.
- 3. Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum . Bandung: Remaja Rosdakarya
- 4. McGregor, Debra. (2007). Developing Thinking; Developing Learning . A guide to thinking skills in eduation . England: McGraw_Hill Education
- 5. Miller, Jhon P, Seller, Wayne. 1985. Curriculum prespective and practice . New York: Longman
- 6. Riyanto, Yatim. 2007. Pengembangan Kurikulum . Surabaya: Unesa University Press.
- 7. Sukmadinata, Nana S. 2006. Pengembangan Kurikulum, teori dan praktek . Bandung: Remaja Rosdakarya.
- 8. Tyler, Ralph W. 1980. Basic Principles of Cirriculum and Instruction . Chicago: The University of Chicago Press
|
Pendukung : |
|
- http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2941883&val=26029&title=SOSIALIASI%20PELAKSANAAN%20PENGENALAN%20LAPANGAN%20PERSEKOLAHAN%20I%20TAHUN%20AJARAN%2020202021
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si. Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. Dr. Wahyudi, S.Pd., M.Si. (Han). |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann |
Kriteria:
- Kriteria Penilaian Partisipasi
- praktik kerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: kontrak kuliah Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara |
2% |
2
Minggu ke 2 |
memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann |
Kriteria:
- Kriteria Penilaian Partisipasi
- praktik kerja
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
penugasan 3x50 |
penugasan 3x50 |
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann |
Kriteria:
- Kriteria Penilaian Partisipasi
- praktik kerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
penugasan 3x50 |
penugasan 3x50 |
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara |
2% |
4
Minggu ke 4 |
memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann |
Kriteria:
Kriteria Penilaian Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
penugasan 3x50 |
penugasan 3x50 |
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara |
4% |
5
Minggu ke 5 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolah |
Kriteria:
kriteria penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
kriteria penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- hasil project
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Hasil project
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
|
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Hasil Project
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 4x50 |
ceramah 4x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Hasil Project
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Unjuk kerja
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/... |
5% |
12
Minggu ke 12 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Unjuk kerja
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara |
5% |
13
Minggu ke 13 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
Kriteria:
- kriteria penilaian partisipasi
- Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah 3x50 |
ceramah 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan persekolahan |
Kriteria:
- Kriteria Penilaian Partisipasi
- Hasil Produk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah 3X50 |
ceramah 3X50 |
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara |
2% |
16
Minggu ke 16 |
memahami dan mamou menerapkan teknik pengenalan persekolahan |
memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan persekolahan |
Kriteria:
- Kriteria Penilaian Partisipasi
- Hasil Produk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
TES 3x50 |
TES 3x50 |
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada. |
30% |