Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran

1000003052

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

11 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mahasiswa mampu menganalisis proses pengembangan rencana pembelajaran

CPMK - 2

Mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran yang telah dibuat ke dalam pembelajaran yang dijalankan

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK
CPMK-1
CPMK-2

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar mampu menganalisis dan mengembangkan rencana pembelajaran dalam kegiatan PLP perkuliahan dilakukan dengan materi dan praktik. mahasiswa diterjunkan ke lapangan untuk mengajar yaitu di institusi pendidikan non formal agar mahasiswa memiliki pengalaman yang aktual mengenai pembelajaran. indikator keberhasilannya adalah jika mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran dan dapat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan non formal.

Pustaka

Utama :

  1. Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
  2. Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
  3. 1. Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT) .
  4. 2. Anderson, W. Orin dan David R. Krathwohl. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assesing. a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives . New York: Longman.
  5. 3. Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum . Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. 4. McGregor, Debra. (2007). Developing Thinking; Developing Learning . A guide to thinking skills in eduation . England: McGraw_Hill Education
  7. 5. Miller, Jhon P, Seller, Wayne. 1985. Curriculum prespective and practice . New York: Longman
  8. 6. Riyanto, Yatim. 2007. Pengembangan Kurikulum . Surabaya: Unesa University Press.
  9. 7. Sukmadinata, Nana S. 2006. Pengembangan Kurikulum, teori dan praktek . Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. 8. Tyler, Ralph W. 1980. Basic Principles of Cirriculum and Instruction . Chicago: The University of Chicago Press

Pendukung :

  1. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2941883&val=26029&title=SOSIALIASI%20PELAKSANAAN%20PENGENALAN%20LAPANGAN%20PERSEKOLAHAN%20I%20TAHUN%20AJARAN%2020202021

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si.

Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Dr. Wahyudi, S.Pd., M.Si. (Han).

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. praktik kerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: kontrak kuliah
Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
2%

2

Minggu ke 2

memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. praktik kerja

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
penugasan
3x50
penugasan
3x50
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
2%

3

Minggu ke 3

memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. praktik kerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
penugasan
3x50
penugasan
3x50
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan
Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
2%

4

Minggu ke 4

memahami konsep pengenalan lapangan persekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahann

Kriteria:

Kriteria Penilaian Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
penugasan
3x50
penugasan
3x50
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan
Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
4%

5

Minggu ke 5

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolah

Kriteria:

kriteria penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
5%

6

Minggu ke 6

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:

kriteria penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
5%

7

Minggu ke 7

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. hasil project

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
5%

8

Minggu ke 8

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Hasil project

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50

Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
10%

9

Minggu ke 9

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Hasil Project

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
4x50
ceramah
4x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
5%

10

Minggu ke 10

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Hasil Project

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
5%

11

Minggu ke 11

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

menganalisis kinerja pengenalan lapangan persekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Unjuk kerja

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/...
5%

12

Minggu ke 12

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Unjuk kerja

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
5%

13

Minggu ke 13

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Unjuk Kerja

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
10%

14

Minggu ke 14

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

Kriteria:
  1. kriteria penilaian partisipasi
  2. Unjuk Kerja

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah
3x50
ceramah
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
3%

15

Minggu ke 15

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan persekolahan

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Hasil Produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah
3X50
ceramah
3X50
Materi: materi pengenalan lapangan persekolahan
Pustaka: Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar (pp. 171–172). PT. Bumi Aksara
2%

16

Minggu ke 16

memahami dan mamou menerapkan teknik pengenalan persekolahan

memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan persekolahan

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Hasil Produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
TES
3x50
TES
3x50
Materi: memahami dan mampu menerapkan teknik pengenalan pesekolahan
Pustaka: Zainal, A. (2020). Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT Raja Grafindo Persada.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 26%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 11 April 2025 Jam 07:14 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa