Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Kriya Logam II *

8821003103

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

17 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mahasiswa dapat menganalisis bahan, alat, teknik, dan prosedur  pembuatan karya kriya logam

CPMK - 2

Mahasiswa dapat merancang penciptaan karya kriya logam berdasarkan pertimbangan fungsi ekspresi dan fungsi penunjang pembelajaran

CPMK - 3

Mahasiswa dapat membuat karya kriya logam berdasarkan pertimbangan fungsi ekspresi dan fungsi penunjang pembelajaran

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini berisi tentang pengetahuan bahan, alat dan berbagai macam teknik pembuatan karya kriya logam, hingga proses finishing, serta penerapannya, dalam rangka penguasaan keterampilan untuk mewujudkan karya kriya logam dua dimensional dengan teknik etsa dan teknik tekan. Strategi pembelajaran yang dilakukan melalui pemahaman teori/materi, praktek mendesain, dan praktek membuat karya kriya logam dua dimensi.

Pustaka

Utama :

  1. Timbul Haryono. 2002. LOGAM & PERADABAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF HISTORIS ARKEOLOGIS. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
  2. Sukani. 1985. PENGETAHUAN BAHAN & ALAT LOGAM. Yogyakarta : ISI Jurusan Desain Kriya
  3. Oppi Untracht. 1968. METAL TECNIQUES FOR CRAFTMEN. New York: Doubleyday& Company.
  4. Harun AR, George. 1986. TEORI & PRAKTEK KERJA LOGAM. Jakarta: Erlangga.
  5. Richard Hughes & Michael Rowe. 1994. THE COLOURING, BRONZING & PATINATION OF METALS. London: Thames & Hudson
  6. Indah Chrysanti Angge. 2002. KERAJINAN LOGAM. Surabaya: UPRESS
  7. Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak kuliah, pengetahuan tentang Kriya Logam

Kontrak kuliah, pengetahuan tentang Kriya Logam

Kriteria:
  1. -Nilai penuh diperoleh apabiladapat menjelaskan dengan baik dan benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat karya logam temik tekan dengan benar (80-100)
  3. B =Jika mahasiswa kurang mampu menjelaskan cara membuat karya logam temik tekan dengan benar (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu menjelaskan cara membuat karya logam temik tekan dengan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab
3 X 50

Materi: Tentang alat dan bahan logam
Pustaka: Sukani. 1985. PENGETAHUAN BAHAN & ALAT LOGAM. Yogyakarta : ISI Jurusan Desain Kriya

Materi: Pengetahuan tentang kriya logam Indonesia
Pustaka: Timbul Haryono. 2002. LOGAM & PERADABAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF HISTORIS ARKEOLOGIS. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
4%

2

Minggu ke 2

Mampu membuat desain Kriya logam teknik tekan

Membuat desain karya Kriya logam teknik tekan

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika desain dibuat sesuai dengan tema dan fungsi karya
  2. A = Jika mahasiswa mampu membuat desain karya logam temik tekan tema flora/ fauna (80-100)
  3. B =Jika mahasiswa kurang mampu membuat desain karya logam teknik tekan tema flora/fauna dengan benar (70-79)
  4. C= Jika mahasiswa tidak mampu membuat desain karya logam teknik tekan tema flora/fauna dengan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang karya teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2002. KERAJINAN LOGAM. Surabaya: UPRESS
7%

3

Minggu ke 3

Mampu membuat karya 2 kriya logam dengan teknik tekan.

Praktek memindah desain ke atas permukaan aluminium

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila desain yang dibuat sesuai dengan tema dan fungsi karya
  2. A = Jika mahasiswa mampu memindah desain keatas permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)
  3. B= Jika mahasiswa kurang mampu memindah desain keatas permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (70-79)
  4. C= Jika mahasiswa tdak mampu memindah desain keatas permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: teknik memindah desain di atas permukaan logam
Pustaka: Oppi Untracht. 1968. METAL TECNIQUES FOR CRAFTMEN. New York: Doubleyday& Company.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan

Melakukan proses membuat cekungan pada bagian negatif logam

Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat cekungan pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat cekungan pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (70-79)
  3. C= Jika mahasiswa tidak mampu membuat cekungan pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Materi tentang teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

5

Minggu ke 5

Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan

Merapikan bentuk cembung karya kriya logam teknik tekan sesuai desain flora/fauna yang dibuat

Kriteria:
  1. .Nilai penuh diperoleh apabila mahasiswa dapat merapikan bentuk cembung pada bagian positif logam dengan rapi dan benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu merapikan bentuk cembung pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (80-100)
  3. B= Jika mahasiswa kurang mampu merapikan bentuk cembung pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu merapikan bentuk cembung pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna (70-79)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Materi tentang teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

6

Minggu ke 6

Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan

Membuat tekstur pada karya kriya logam teknik tekan

Kriteria:

.Nilai penuh diperolehb apabila mahasiswa dapat melakukan proses pengelupasan bahan penutup desan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

7

Minggu ke 7

Mampu membuat tekstur pada karya kriya logam teknik tekan

Membuat berbagai macam tekstur pada karya kriya logam teknik tekan

Kriteria:
  1. .Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa dapat melakukan proses membuat tekstur sesuai dengan langkah kerja yang benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu membuat tekstur pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna dengan benar dan rapi (80-100)
  3. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat tekstur pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna dengan benar dan rapi (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu membuat tekstur pada karya logam temik tekan tema flora/ fauna dengan benar dan rapi (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

8

Minggu ke 8

Penguasaan materi Kriya Logam teknik tekan

Menguasai materi kriya logam meliputi bahan, alat, teknik dan finishing

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika nahasiswa dapat menjawab, menguraikan pertanyaan dengan baik dan benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu melakukan proses finishing sesuai prosedur dengan baik dan benar (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu melakukan proses finishing sesuai prosedur dengan baik dan benar (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu melakukan proses finishing sesuai prosedur dengan baik dan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, tanya jawab
3 X 50

Materi: materi tentang finishing logam
Pustaka: Richard Hughes & Michael Rowe. 1994. THE COLOURING, BRONZING & PATINATION OF METALS. London: Thames & Hudson
10%

9

Minggu ke 9

Mampu membuat karya kriya logam teknik etsa

Membuat desain karya kriya logam teknik etsa

Kriteria:
  1. .Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa bisa membuat desain karya teknik etsa dengan baik dan benar.
  2. A = Jika mahasiswa mampu membuat desain karya logam teknik etsa tema flora/ fauna (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu membuat desain karya logam teknik etsa tema flora/ fauna (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu membuat desain karya logam teknik etsa tema flora/ fauna (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek studio, tanya jawab dan diskusi
3 X 50

Materi: Materi tentang teknik tekan
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
10%

10

Minggu ke 10

Mampu membuat karya kriya logam teknik etsa

  1. Membuat karya kriya logam dengan teknik etsa.
  2. Persiapan bahan dan proses menutup logam dengan bahan penutup.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh bila mahasiswa dapat melakukan penutupan logam dengan isolasi dengan benar dan rapi.
  2. A = Jika mahasiswa mampu menutup isolasi pada permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu menutup isolasi pada permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu menutup isolasi pada permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
4%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat karya kriya logam teknik etsa

  1. Membuat karya kriya logam teknik etsa.
  2. Memindah desain di atas permukaan isolasi/ bahan penutup pada permukaan logam.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila mahasiswa mampu melakukan pemindahan desain di atas bahan penutup dengan baik dan benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu memindah desain keatas bahan penutup di permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu memindah desain keatas bahan penutup di permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu memindah desain keatas bahan penutup di permukaan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat karya kriya logam teknik etsa

Membuat karya kriya logam teknik etsa, proses pelepasan isolasi untuk bagian latar belakang motif

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa mampu melakukan proses pengelupasan isolasi pada bagian latar belakang gambar dengan rapi dan benar.
  2. A = jika mahasiswa mampu melakukan proses pengelupasan isolasi pada bagian latar belakang gambar dengan rapi dan benar. (80-100)
  3. B = jika mahasiswa kurang mampu melakukan proses pengelupasan isolasi pada bagian latar belakang gambar dengan rapi dan benar. (70-79)
  4. C = jika mahasiswa Tidak mampu melakukan proses pengelupasan isolasi pada bagian latar belakang gambar dengan rapi dan benar. (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

13

Minggu ke 13

Mampu membuat Finishing

  1. Membuat karya teknik etsa.
  2. Proses pengikisan logam.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa mampu melakukan proses pengikisan logam dengan baik dan benar
  2. A = Jika mahasiswa mampu melakukan proses pengikisan logam pada teknik etsa dengan baik dan benar (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu melakukan proses pengikisan logam pada teknik etsa dengan baik dan benar (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu melakukan proses pengikisan logam pada teknik etsa dengan baik dan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

14

Minggu ke 14

Mampu melakukan pemotongan logam pada karya kriya logam tenik etsa

Melakukan proses pemotongan logam dengan rapi

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa mampu melakukan pemotongan logam dengan rapi dan benar. (80-100)
  2. A = Jika mahasiswa mampu melakukan pemotongan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (80-100)
  3. B = Jika mahasiswa kurang mampu melakukan pemotongan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (70-79)
  4. C = Jika mahasiswa tidak mampu melakukan pemotongan logam aluminium dengan baik benar dan rapi (60-69)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Oppi Untracht. 1968. METAL TECNIQUES FOR CRAFTMEN. New York: Doubleyday& Company.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu melakukan proses finishing karya teknik etsa

Menerapkan proses finishing karya teknik etsa

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mahasiswa mampu melakukan finishing karya teknik etsa dengan rapi dan benar.
  2. A = jika mahasiswa mampu melakukan finishing karya teknik etsa dengan rapi dan benar. (80-100)
  3. B = jika mahasiswa kurang mampu melakukan finishing karya teknik etsa dengan rapi dan benar. (70-79)
  4. C =ika mahasiswa tidak mampu melakukan finishing karya teknik etsa dengan rapi dan benar. (60-79)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
praktek studio, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Materi tentang finishing logam
Pustaka: Richard Hughes & Michael Rowe. 1994. THE COLOURING, BRONZING & PATINATION OF METALS. London: Thames & Hudson

Materi: Materi tentang finishing logam
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
5%

16

Minggu ke 16

  1. UAS. Pertanggungjawaban karya
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan konsep dan pertanggung jawaban karya tenik tekan dan karya teknik etsa.
  1. Presentasi konsep dan pertanggungjawaban karya
  2. Pameran karya
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (80-100)
  2. B =Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (700-79)
  3. C =Jika mahasiswa tidak mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
presentasi dan tanya jawab
15 menit

Materi: Tentang teknik etsa
Pustaka: Indah Chrysanti Angge. 2016. DASAR-DASAR KRIYA LOGAM. Surabaya: UPRESS
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20.16%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29.5%
3. Penilaian Portofolio 1.33%
4. Penilaian Praktikum 13.17%
5. Praktik / Unjuk Kerja 27%
6. Tes 8.83%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal 7 Desember 2024

Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa


Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0005027911
UPM Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa


Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0024019104


File PDF ini digenerate pada tanggal 17 April 2025 Jam 15:35 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa