
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN |
1000002047 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MKWU
|
TIM MKWU
|
Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CLO)
|
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Pendidikan jasmani merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman dan penguasaan tentang hakikat, fungsi, dan tujuan pendidikan jasmani. Memberikan pengenalan dan pengalaman melaksanakan berbagai cabang olahraga dan aktivitas permainan untuk digunakan dalam rangka meningkatkan tingkat aktivitas fisik sesuai dengan rekomendasi berbagai riset dan WHO. Selain itu, mahasiswa dapat pengalaman menyusun program pendidikan jasmani untuk diri mereka masing-masing untuk upaya meningkatkan dan memelihara kebugaran jasmani. Mahasiswa memiliki pengalaman dalam melaksanakan pengukuran tingkat kebugaran jasmani menggunakan berbagai metode pengukuran. Mahasiswa memiliki pemahaman dan pengalaman dalam menentukan indikator dan pengukuran bentuk tubuh ideal berdasarkan berbagai metode. Sebagai kompetensi tambahan, mahasiswa belajar dalam memanajemen olahraga dan sistem pertandingan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
|
Pendukung : |
|
- Dugan, S. A., Gabriel, K. P., Lange-Maia, B. S., & Karvonen-Gutierrez, C. (2018). Physical Activity and Physical Function: Moving and Aging. Obstetrics and Gynecology Clinics of North America, 45(4), 723–736. https://doi.org/10.1016/J.OGC.2018.07.009
- Griera, J. L., Manzanares, J. M., Barbany, M., Contreras, J., Amigó, P., & Salas-Salvadó, J. (2007). Physical activity, energy balance and obesity. Public Health Nutrition, 10(10A), 1194-1199.
- Lopes, V. P., Malina, R. M., Gomez-Campos, R., Cossio-Bolaños, M., Arruda, M. de, & Hobold, E. (2019). Body mass index and physical fitness in Brazilian adolescents. Jornal de Pediatria, 95(3), 358–365. https://doi.org/10.1016/J.JPED.2018.04.003
- Luís Griera, J., María Manzanares, J., Barbany, M., Contreras, J., Amigó, P., & Salas-Salvado, J. (2007). Physical activity, energy balance and obesity. Public Health Nutrition, 10(10 A), 1194–1199. https://doi.org/10.1017/S1368980007000705
- Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani) . Surabaya: Unesa University Press.
- Sallis, J. F., McKenzie, T. L., Alcaraz, J. E., Kolody, B., Faucette, N., & Hovell, M. F. (1997). The effects of a 2-year physical education program (SPARK) on physical activity and fitness in elementary school students. American Journal of Public Health, 87(8), 1328–1334. https://doi.org/10.2105/AJPH.87.8.1328
- SCY, Hartati, dkk. 2013. Permainan Kecil. Malang: Wineka Media.
- WHO. (2010). Global Recommendations on Physical Activity for Health. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/44399/9789241599979_eng.pdf;jsessionid=E3D59CC040D39FAC27896A08EEB9AC4C?sequence=1
- World Health Organization. (2010). Global recommendations on physical activity for health. In WHO Press. Retrieved from http://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/44399/9789241599979_eng.pdf;jsessionid=23CAE902DD510DBA1B49929E261460D2?sequence=1
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd. Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO. Testa Adi Nugraha, S.Pd., M.Pd. Shery Iris Zalillah, S.Pd..M.Kes. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan memiliki pengetahuan tentang dasar hukum penyelenggaraan pendidikan Jasmani dan falsafah pendidikan jasmani (BAB I dan II) serta persiapan tes kebugaran jasmani |
- Menjelaskan pengertian dan manfaat Pendidikan jasmani dengan benar
- Menjelaskan tujuan dan fungsi Pendidikan Jasmani dengan benar
- Menyebutkan tiga perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga dengan benar.
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: berbasis masalah. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: pengetahuan tentang dasar hukum penyelenggaraan pendidikan Jasmani Pustaka: Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan arti kesegaran jasmani, komponen kesegaran jasmani, program latihan sebagai upaya menuju hidup sehat, dan cara mengukur kebugaran jasmani (III dan IV) |
- Menjelaskan pengertian dan manfaat kesegaran jasmani dengan benar
- Menjelaskan minimal lima komponen kesegaran jasmani dengan benar
- Menganalisis intensitas latihan berdasarkan denyut nadi latihan
- Menjelaskan jenis-jenis tes kebugaran jasmani dan cara menginterpretasi hasilnya
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: ekspositori. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: arti kesegaran jasmani, komponen kesegaran jasmani, program latihan Pustaka: Dugan, S. A., Gabriel, K. P., Lange-Maia, B. S., & Karvonen-Gutierrez, C. (2018). Physical Activity and Physical Function: Moving and Aging. Obstetrics and Gynecology Clinics of North America, 45(4), 723–736. https://doi.org/... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengikuti tes kebugaran jasmani terpilih |
- Melakukan tes kebugaran jasmani terpilih
- Memiliki catatan cara melakukan tes kebugaran jasmani terpilih
- Memiliki catatan hasil tes kebugaran jasmani terpilih
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: tes kebugaran jasmani Pustaka: Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengembangkan nilai kepribadian yang terkandung dalam olahraga rekreasi dengan melakukan permainan tradisional (tanpa alat). |
- Melakukan beberapa permainan tradisional (tanpa alat).
- Menampilkan sikap kerja sama, tolong-menolong, dan sportivitas.
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan melakukan aktivitas permainan tradisional tanpa alat terpilih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga rekreasi dengan melakukan permainan tradisional (tanpa alat). Pustaka: Luís Griera, J., María Manzanares, J., Barbany, M., Contreras, J., Amigó, P., & Salas-Salvado, J. (2007). Physical activity, energy balance and obesity. Public Health Nutrition, 10(10 A), 1194–1199. https://doi.org/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengembangkan nilai kepribadian yang terkandung dalam olahraga rekreasi dengan melakukan permainan tradisional (menggunakan alat). |
- Melakukan beberapa permainan tradisional (menggunakan alat).
- Menampilkan sikap kerja sama, tolong-menolong, dan sportivitas.
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan melakukan aktivitas permainan tradisional menggunakan alat terpilih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga rekreasi dengan melakukan permainan tradisional (menggunakan alat). Pustaka: Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengembangkan nilai kepribadian yang terkandung dalam olahraga rekreasi dengan melakukan permainan tradisional (menggunakan alat). |
- Melakukan beberapa permainan tradisional (menggunakan alat).
- Menampilkan sikap kerja sama, tolong-menolong, dan sportivitas.
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan melakukan aktivitas permainan tradisional menggunakan alat terpilih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga rekreasi Pustaka: Sallis, J. F., McKenzie, T. L., Alcaraz, J. E., Kolody, B., Faucette, N., & Hovell, M. F. (1997). The effects of a 2-year physical education program (SPARK) on physical activity and fitness in elementary school students. American Journal of Public Health, 87(8), 1328–1334. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami dan mempraktikkan pola umum olahraga dan senam aerobik. |
- Menjelaskan tentang sistematika senam aerobik
- Menjelaskan tujuan aktivitas senam aerobik
- Mempraktekkan gerakan senam aerobik
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan melakukan senam aerobik |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga dan senam aerobik Pustaka: Luís Griera, J., María Manzanares, J., Barbany, M., Contreras, J., Amigó, P., & Salas-Salvado, J. (2007). Physical activity, energy balance and obesity. Public Health Nutrition, 10(10 A), 1194–1199. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UTS Praktek 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan mempraktikkan salah satu olahraga pilihan-1 (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain) serta mempelajari sistem pertandingannya |
- Menjelaskan tentang dasar-dasar permainan olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
- Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan olahraga terpilih (sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
- Menjelaskan sistem pertandingan yang berlaku dalam olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan dalam permainan olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga pilihan-1 (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain) Pustaka: Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani) . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami dan mempraktikkan salah satu olahraga pilihan-1 (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain) serta mempelajari sistem pertandingannya |
- Menjelaskan tentang dasar-dasar permainan olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
- Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan olahraga terpilih (sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
- Menjelaskan sistem pertandingan yang berlaku dalam olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan dalam permainan olahraga terpilih (kelompok: sepakbola, futsal, bolavoli, dan lain-lain) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan mempraktikkan salah satu olahraga pilihan-2 (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) serta mempelajari sistem pertandingannya |
- Menjelaskan tentang dasar-dasar permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
- Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
- Menjelaskan sistem pertandingan yang berlaku dalam olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan dalam permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga pilihan-2 (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) Pustaka: Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani) . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan mempraktikkan salah satu olahraga pilihan-2 (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) serta mempelajari sistem pertandingannya |
- Menjelaskan tentang dasar-dasar permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
- Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
- Menjelaskan sistem pertandingan yang berlaku dalam olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mendapatkan hasil tes keterampilan dalam permainan olahraga terpilih (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: olahraga pilihan-2 (individu: atletik, renang, senam, dan lain-lain) Pustaka: Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani) . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merencanakan festival olahraga (class-meeting) |
- Merancang kegiatan festival olahraga (class-meeting)
- Memilih jenis permainan olahraga untuk kegiatan festival olahraga (class-meeting)
- Membuat sistem pertandingan untuk jenis olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan festivasl olahraga (class-meeting)
- Menentukan penghargaan untuk pemenang festival olahraga (class-meeting)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mampu menyelesaikan rancangan festival olahraga (class-meeting) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: estival olahraga (class-meeting) Pustaka: WHO. (2010). Global Recommendations on Physical Activity for Health. https://apps.who.int/... |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merencanakan festival olahraga (class-meeting) |
- Merancang kegiatan festival olahraga (class-meeting)
- Memilih jenis permainan olahraga untuk kegiatan festival olahraga (class-meeting)
- Membuat sistem pertandingan untuk jenis olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan festivasl olahraga (class-meeting)
- Menentukan penghargaan untuk pemenang festival olahraga (class-meeting)
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan umum= mahasiswa mampu menyelesaikan rancangan festival olahraga (class-meeting) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: estival olahraga (class-meeting) Pustaka: Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengikuti tes kebugaran jasmani terpilih di pertemuan ke-3 |
- Melakukan tes kebugaran jasmani terpilih di pertemuan ke-3
- Memiliki catatan cara melakukan tes kebugaran jasmani terpilih di pertemuan ke-3
- Memiliki catatan hasil tes kebugaran jasmani terpilih di pertemuan ke-3
|
Kriteria:
Sikap Disiplin: Mahasiswa dianggap masuk apabila hadir. Bagi yang tidak hadir memiliki dispensasi. Izin resmi, dan/ atau surat dokter (bagi yang sakit).Pengetahuan klasikal: mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen secara klasikalKeterampilan khusus= mahasiswa mendapatkan hasil tes kebugaran jasmani dan mencatat hasil tes kebugaran jasmani Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pendekatan saintifik/ metode: demonstrasi, diskusi, dan ceramah / model: cooperative learning/ strategi: kontekstual. 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: estival olahraga (class-meeting) Pustaka: Kristiyandaru, A., dkk. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS 2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
|
15% |