Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program

1000003086

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

26 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab pada evaluasi program proyek kemanusiaan secara mandiri berdasarkan asas asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan dsaerah; saling menghargai dan mengunbtungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

CPMK - 2

Mampu menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi program proyek kemanusiaan

CPMK - 3

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

CPMK - 4

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi program proyek kemanusiaan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan

CPMK - 5

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program proyek kemanusiaan dengan model evaluasi program yang tepat

CPMK - 6

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam pelaksanaan evaluasi program proyek kemanusiaan

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6

Deskripsi Singkat MK

MK Matakuliah ini membahas tentang pengertian evaluasi proyek, kriteria evaluasi, model evaluasi, perencanaan evaluasi, pengumpulan dan pengolahan data evaluasi dan rekomendasi.

Pustaka

Utama :

  1.  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Pendukung :

  1.  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dosen Pengampu

Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Menganalisis tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Case based learning
100 menit

3 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Menganalisis tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Case based learning
100 menit

3 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Menerapkan prinsip evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menerapkan bentuk evaluasi program proyek kemanusiaan c. Menerapkan tenik evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

6 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Menerapkan prinsip evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menerapkan bentuk evaluasi program proyek kemanusiaan c. Menerapkan tenik evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

6 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan

a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan

a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan

a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
100 menit

Materi: UTS
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3%

10

Minggu ke 10

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3%

11

Minggu ke 11

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3%

12

Minggu ke 12

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100 menit

9 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3%

13

Minggu ke 13

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan

a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning
100 menit

6 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3%

14

Minggu ke 14

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan

a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning
100 menit

6 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan

a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan

Kriteria:

Portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning
100 menit

6 x 50
Materi: utama
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Materi: pendukung
Pustaka:  Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.  Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.  Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer  Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
100 menit

Materi: UAS
Pustaka:  Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa  -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.67%
3. Penilaian Portofolio 35.17%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 26 April 2025 Jam 22:56 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa