
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program |
1000003086 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
26 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab pada evaluasi program proyek kemanusiaan secara mandiri berdasarkan asas asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan dsaerah; saling menghargai dan mengunbtungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.
|
CPMK - 2 |
Mampu menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi program proyek kemanusiaan
|
CPMK - 3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah hasil evaluasi program proyek kemanusiaan
|
CPMK - 4 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi program proyek kemanusiaan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
|
CPMK - 5 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program proyek kemanusiaan dengan model evaluasi program yang tepat
|
CPMK - 6 |
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam pelaksanaan evaluasi program proyek kemanusiaan
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPMK-1 | CPMK-2 | CPMK-3 | CPMK-4 | CPMK-5 | CPMK-6 |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | | | | CPMK-3 | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | CPMK-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | CPMK-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | | CPMK-6 | | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat MK
|
MK Matakuliah ini membahas tentang pengertian evaluasi proyek, kriteria evaluasi, model evaluasi, perencanaan evaluasi, pengumpulan dan pengolahan data evaluasi dan rekomendasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
|
Pendukung : |
|
- Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
|
Dosen Pengampu
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Menganalisis tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Case based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Menganalisis tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun tujuan evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Case based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Menerapkan prinsip evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menerapkan bentuk evaluasi program proyek kemanusiaan c. Menerapkan tenik evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
6 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Menerapkan prinsip evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menerapkan bentuk evaluasi program proyek kemanusiaan c. Menerapkan tenik evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
6 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. menyusun kisi-kisi instrumen evaluasi program proyek kemanusiaan b. menyusun instrument evaluasi program proyek kemanusiaan c. menyusun pedoman penskoran instumen evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 100 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
a. Mengidentifikasi jenis data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menentukan teknik analisis data evaluasi program proyek kemanusiaan c. Mengolah data evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 menit |
9 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan |
a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning 100 menit |
6 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan |
a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning 100 menit |
6 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek kemanusiaan |
a. Menginterpresi data hasil evaluasi program proyek kemanusiaan b. Menyusun simpulan hasil evaluasi program proyek kemanusiaan |
Kriteria:
Portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning 100 menit |
6 x 50 |
Materi: utama Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Materi: pendukung Pustaka: Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 100 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. |
20% |